In Berita Dari Jepang

Keitai Denwa? No No No!


Hari ini, dewan pendidikan prefektur Osaka secara resmi melarang murid-murid SD dan SMP untuk membawa hape ke sekolah mereka!

Peraturan ini akan berlaku efektif mulai pada tahun ajaran 2009 sampai seterusnya. Mereka bilang kalau mereka terpaksa membuat keputusan ini setelah mereka melakukan survei yang menunjukan bahwa sebagian besar para murid telah kecanduan hape!

Wah, wah, wah... ini pasti akan membuat para murid kecewa berat.

jepang

Ryu Shionoya, menteri pendidikan, kebudayaan, olahraga, ilmu pengetahuan dan teknologi Jepang (buset, nama jabatannya panjang banget ya?) bahkan merasa heran kalau prefektur Osaka melarang anak-anak membawa hape ke sekolah.

Menurut hasil survei, 50,3% para murid yang kecanduan hape cenderung meluangkan waktu hanya 30 menit per hari untuk belajar di rumah. Sedangkan bagi mereka yang tidak kecanduan, bisa belajar sampai 1,5 jam penuh.

"Anak-anak memang tidak bisa hidup tanpa hape pada saat mereka dewasa nanti, tapi paling tidak mereka harus belajar menjauhi hape mulai sekarang. Para orangtua harus lebih bertanggung jawab untuk mengawasi anak-anak mereka dalam menggunakan hape," kata Toru Hashimoto dari prefektur Osaka.


Handphone = Keitai Denwa (携帯電話)

Related Articles

0 comments:

Posting Komentar