In Budaya Jepang Kimono

Kimono Jepang


Yang ngaku suka dengan Jepang pasti tau yang namanya kimono.

Kimono adalah pakaian tradisional negara Jepang untuk pria dan wanita yang sudah ada sejak jaman dahulu kala. Baru pada jaman Edo, kimono mengalami perubahan yang sampai sekarang masih dipertahankan, yaitu lengan kimono yang sedikit lebih panjang bagi wanita yang belum menikah dan obi (sabuk lebar untuk mengencangkan kimono) yang semakin besar.

kimono jepang

Kimono berasal dari kata Ki yang berarti mengenakan, dan Mono yang berarti pakaian. Jadi arti kimono adalah mengenakan pakaian. Gampang juga ya?

Tapi kalo soal harga dan cara bikinnya, kimono gak ada gampangnya. Kimono yang berbahan dasar sutra bisa dihargai Rp 50 juta keatas, bahkan ada yang sampai Rp 300 juta untuk satu set lengkap bersama obi, geta (sendal khusus kimono) dan aksesoris lainnya. Cara memakainya pun tidak sembarangan dan ada namanya sendiri, yaitu Kitsuke.

Makanya jangan heran kalo orang-orang Jepang sendiri gak sanggup beli kimono sutra. Biasanya para orangtua-lah yang mewariskan kimono sutranya. Hanya para pejabat, artis, pesumo tingkat satu dan keluarga kerajaan yang sanggup gonta-ganti kimono sutra.

Lalu bagaimana bisa banyak orang Jepang pake kimono?

Untuk pesta pernikahan, mereka memang sewa kimono sutra perhari, tapi untuk pesta-pesta nonformal seperti festival kembang api dan pesta tahun baru, mereka membeli dan memakai yukata.

Singkatnya, yukata adalah kimono yang bersifat kasual, lebih santai dan lebih sederhana. Yukata mengandung arti pakaian mandi, karena pada awalnya yukata hanya dipakai pada waktu sebelum dan sesudah mandi.

Tapi sekarang pemakaian yukata tidak terbatas. Kapan saja boleh dipakai. Di musim panas akan lebih banyak lagi orang yang memakai yukata karena mereka merasa sejuk.

Banyak orang tidak tahu kalau kimono itu banyak jenisnya, sesuai dengan tingkat formalitas dan status pemakainya.

Uchikake (打掛) adalah kimono formal yang berwarna berwarna putih atau merah terang yang dipakai oleh sang pengantin di hari pernikahannya.

Kurotomesode (黒留袖) adalah kimono formal berwarna hitam yang dipakai oleh para orangtua di hari pernikahan anaknya.

Furisode (振袖) adalah kimono yang dipakai oleh wanita yang belum menikah di acara-acara formal dan Seijin shiki (成人式), upacara tradisional untuk merayakan sang remaja perempuan yang beranjak dewasa.

Irotomesode (色留袖) adalah kimono semiformal yang dipakai oleh wanita yang telah menikah untuk menghadiri upacara pernikahan keluarganya.

Homongi (訪問着), Tsukesage (付け下げ) dan Edo Komon (江戸小紋) adalah kimono-kimono semiformal yang boleh dipakai oleh wanita yang telah menikah maupun yang belum menikah untuk menghadiri acara-acara formal dan semiformal.

Maiko Hikizuri (舞妓の引きずり) atau Susohiki (すそ引き) adalah kimono-kimono yang dipakai khusus oleh para geisha dan maiko.

Iromuji (色無地) adalah kimono yang dipakai untuk upacara minum teh.

Dan yang terakhir adalah Yukata (浴衣).

Umumnya yukata berbahan dasar katun dan dibikin dengan mesin pabrik, lain dengan kimono sutra yang dijahit sepenuhnya oleh tangan-tangan ahli. Karena itu harga yukata pun jauh berbeda dengan kimono sutra dan terjangkau oleh semua orang.

Berikut adalah cara memakai kimono...





Sekarang ini kimono memang telah banyak dimodifikasi untuk mengikuti perkembangan mode dan minat kawula muda yang suka dengan kebebasan (harajuku), manga dan anime modern (cosplay). Walaupun begitu, kimono tradisional tetap menjadi primadona.

Kimono = (着物)

Related Articles

2 comments:

  1. Black And White Jordan 13 2020, Rolling Stones, Sex Pistols vs. Ramones, Nirvana vs. Pearl Jam), but they never be as plentiful as hip hop For every rapper, there another rapper to compare against, and even the producers and record execs get in on the game.Yeezy might be in the upper echelon of the genre history, but it doesn mean he free from comparisons.

    Air Jordan 11 Retro Bg Black, The truth is that some people aren meant to run businesses, let alone start them. They don have the love for selling, let alone the temperament to chase payment from their customers, both of which are important if you are to pay your staff and suppliers. You have your own gift, and it is different to that of the person in the cubicle next door..

    Jordan Future Black Red White, In a separate bowl, sift together the flour, baking powder, baking soda and salt. With the mixer on low speed, alternately add the dry ingredients and the milk to the batter in 3 parts, beginning and ending with dry ingredients. Mix until just combined.

    I believe Canadians are very resilient people. {tag: Yeezy 350 Grey And White}"Jordan Air Retro 4 Black, Here are my top seven (with distances measured from Bungendore). Kewpie Doll (Village Emporium Antiques, 32 Malbon St, Bungendore) You know you are definitely coast bound once you catch a glimpse of Pansy, the six metre tall kewpie doll which towers above the Bungendore's antique and knick knack shop. Pansy was one of 12 giant kewpie dolls that twirled their way around Stadium Australia during the closing ceremony of the Sydney 2000 Olympic Games and is the closest object Bungendore has to a ''big thing''.

    Black And White Jordan 12 Toddler, HT Digital Streams Limited does not accept any responsibility for any statement in the material. Nothing in the material is provided for any specific purpose or at the request of any particular person. These sites are not under our control and we are not responsible in any way for any of their contents..

    BalasHapus