In Berita Dari Jepang Teknologi Jepang

Robot Bedah Dari Fiksi Ke Realiti


Dalam teknologi kedokteran, Jepang memang gak kalah dari Eropa dan Amerika. Pengembangan terus dilakukan untuk menciptakan tangan-tangan robot yang bisa membantu para dokter bedah untuk melakukan operasi kelas berat.

jepang

Saat ini teknologi tercanggih berada di tangan perusahaan Amerika yang telah menciptakan sistem Da Vinci, sebuah robot yang berbobot lebih dari 1 ton tapi lengan-lengannya mempunyai akurasi yang tinggi dalam memotong dan menjahit bagian dalam tubuh manusia.

Makoto Nokata, seorang asisten profesor dari universitas Ritsumeikan di Kusatsu, prefektur Shiga mengatakan bahwa dia dan timnya sedang mengembangkan robot berukuran jari manusia yang bisa bergerak bebas dalam tubuh untuk melakukan pemeriksaan dan pembedahan.

Makoto terinspirasi dari film "Fantastic Voyage" (1966) yang bercerita tentang sebuah tim kedokteran yang masuk ke dalam tubuh seorang pasien dengan menggunakan kapal selam berukuran kapsul.

jepang

"Dengan adanya teknologi ini, maka si pasien tidak perlu dibedah dari luar dan proses penyembuhannya akan jauh lebih cepat," kata Makoto.

Menurut perkiraan Robotics Society of Japan, robot akan mengoperasi manusia secara otomatis di antara tahun 2025 dan 2050. Wow.


Robot = Robotto / ロボット

Related Articles

0 comments:

Posting Komentar