In Makanan Jepang Masakan Jepang Sushi Video Dari Jepang

Sushi / 寿司


Sushi. Siapa yang gak tau apa itu sushi?

Di jaman Edo, sushi dikenal hanya sebagai ikan mentah yang dibumbui dengan cuka. Sekarang, sushi sudah banyak berubah mengikuti perkembangan jaman. Sushi yang kita kenal hari ini adalah hidangan dengan kombinasi nasi putih, ikan mentah, cuka, wasabi, dan tentu saja sake.

Awal mula kata sushi berasal dari kata "Edomae zushi" yang dinamai oleh Hanaya Yohei (1799–1858) pada masa pemerintahan Edo. Edomae berarti teluk Edo, atau sekarang kita kenal dengan nama teluk tokyo. Sedangkan zushi berarti asem.

Jadi pada awalnya, sushi adalah hidangan ikan asem yang ditangkap di teluk Edo.

Sushi ada banyak jenisnya...

1. Nigiri-zushi (握り寿司)

nigirizushi

Sushi jenis ini adalah sushi yang paling terkenal di seluruh dunia. Sama seperti namanya, nigiri-zushi adalah sushi yang dihidangkan dengan cara dikepal oleh kedua telapak tangan sang koki (onigiri artinya nasi kepal). Menu utamanya bisa ikan salmon, tuna, udang, cumi-cumi, atau makanan laut lainnya.


2. Gunkan-maki (軍艦巻)

gunkanmaki

Sushi jenis ini dihidangkan dengan cara dibungkus dengan rumput laut yang dikeringkan. Umumnya berisi nasi, telur ikan, dan makanan laut lainnya.


3. Temari-zushi (手まり寿司)

temarizushi

Sushi yang satu ini dihidangkan dengan cara dibentuk bulat seperti bakso.


4. Oshi-zushi (押し寿司)

oshizushi

Sushi jenis ini adalah kebanggaan warga Osaka, karena oshi-zushi memang berasal dari kawasan Kansai. Sushi ini dihidangkan dengan cara dibentuk kotak dengan sebuah kayu berbentuk persegi panjang bernama oshibako.


5. Temaki-zushi (手巻き)

temakizushi

Sushi ini dihidangkan dengan cara dibungkus menyerupai kerucut. Cara makannya pun tanpa sumpit, alias langsung comot dengan tangan. Isinya ya nasi, makanan laut, dan sayur-sayuran.


6. Chirashi-zushi (ちらし寿司)

chirashizushi

Sushi jenis ini dihidangkan di sebuah mangkok besar berisi nasi, ikan, udang, cumi-cumi, atau makanan laut lainnya. Pokoknya, chirashi adalah sushi yang paling banyak variasi makanannya, dan setiap restoran bisa beda-beda.


7. Inari-zushi (稲荷寿司)

inarizushi

Nama sushi ini diambil dari nama seorang dewa (atau dewi?) nasi menurut kepercayaan agama Shinto, yaitu Inari. Meskipun namanya sushi, hidangan ini gak ada ikan dan daging lho! Hidangannya cuma tahu goreng yang berisi nasi putih!

Yang mana yang kamu suka?






Sushi = 寿司

Related Articles

0 comments:

Posting Komentar