In Berita Dari Jepang

Animator Jepang Melarat?


Jepang emang paling terkenal kalo soal anime.

Tapi kalo kamu pikir gaji animator Jepang cukup tinggi, kamu salah. Gaji resmi seorang animator muda (umur 20-30 tahun) cuma sekitar 1 juta yen atau kurang-lebih Rp.100,000,000 per tahun. Ini gaji standard terendah lho, kalo di Indo kita kenal dengan istilah UMR.

Selain itu, kondisi kerja para animator juga tidak memadai dengan jadwal yang super ketat, tidak ada upah lembur, tidak ada uang sakit, dll.

animator jepang


Jika dibandingkan dengan pendapatan film-film anime yang suksesnya mendunia seperti Death Note, Naruto, atau Bleach - maka para animator ini sungguh diperlakukan tidak adil.

Dari dulu pun saya kira para animator hidupnya kaya raya, gak taunya harus banyak berhemat juga.

Maka dari itu, asosiasi animator Jepang - Japan Animation Creators Association (JAniCA) mulai melakukan pembicaraan dengan petinggi-petinggi perusahaan dan pemilik studio anime untuk memperbaiki kondisi para animator Jepang.

Mudah-mudahan berhasil.

Japan Animation Creators Association

Animator = アニメータ

Bagikan

Related Articles

11 comments:

  1. wah gak taunya para komikus jepang sengsara juga yah. tapi gaji 100 jt di indonesia kan termasuk besar. tapi kasihan juga kalo begini nasib para komikus. yah yang penting semangat yah para komikus.

    BalasHapus
  2. tapi kok hasilnya bagus banget yah, padahal diperlakukan kaya gitu. jepang emang keren banget. emang gak salah klo aku mau pergi ke jepang.
    jepang I LOVE YOU, terutama anak sekolahnya (cewek)

    BalasHapus
  3. di jepang 100 juta/tahun itu standard, her. apalagi kalo tinggal di pusat tokyo, dihitung miskin kali.

    jepang emang disiplin tetep tinggi walaupun gajinya standard. ganbare!

    BalasHapus
  4. pengeluaran banyak gak ya di jepang?

    elektronik kabarnya murah. berarti animator yang hobi gadget bisa berasa di surga dunia

    BalasHapus
  5. barang-barang elektronik yg original emang lebih murah dibandingkan indo (jangan tanya yg palsu ya).

    yg mahal itu biaya makan dan tempat tinggal.

    BalasHapus
  6. makannya aja disana 1000 yen lebih .
    disana kan apa-apa mahal . ya jelas lah kalo 100.000.000 itu dikit !

    BalasHapus
  7. yup. kalo di indo warteg banyak, betul meg? :)

    BalasHapus
  8. terpukul aq baca nya....
    nais kk

    BalasHapus
  9. ckckckck padahal kalo animator ini harta yang sangat berharga nagi jepang
    ckckckck
    visit my blog www.botil-nyaa.blogspot.com

    BalasHapus
  10. iya gajinya kecil..... -_- soalnya di bajak terus ...... kalau gak di bajak orang pasti berusaha untuk beli tu animasi :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tingkat anime bajakan di Jepang amat sangat rendah, jadi masalahnya bukan di bajakan.

      Hapus