In Budaya Jepang Video Dari Jepang

Mati Pun Mahal


Di Jepang, mati pun mahal.

Seberapa mahal? Menurut Japan Consumer's Association, keluarga Jepang mengeluarkan biaya rata-rata 1,5 juta yen (atau sekitar 150 juta lebih) untuk setiap upacara pemakaman.

pemakaman jepang


Ini gak heran karena Jepang secara umum adalah salah satu negara dengan biaya hidup termahal di dunia. Selain itu, orang Jepang tidak suka hitung-hitungan dengan yang sudah mati. Mereka tidak mau dianggap "kok sama ayah/ibu/anak sendiri, udah mati masih perhitungan sih?" gitu.

Perusahaan pemakaman tentu memanfaatkan keadaan ini. Mereka banyak menjual segala macam tetek benget yang gak penting dan menaikkan semua harganya sampe setinggi langit. Kalo perlu, sampe setinggi surga!




Kata orang Indo, kalo miskin jangan sakit, apalagi mati. Makanya gak ada kan orang Indo yang mati di Jepang?

Related Articles

4 comments:

  1. sama dengan Ngaben di Bali. Angka penghabisannya juga mencapai sgtu. Blm upacara ini itu n perhitungannya juga sama,sama keluarga udah wafat kok masih itung2an...

    BalasHapus
  2. lha, justru itulah yg dimanfaatkan orang2 yg kerja di bidang pemakaman. harga2 dinaikin setinggi mungkin. kan?

    BalasHapus
  3. SAMA AZA KEAK DISINI DIMACAO KL ADA KELUARGA MATI MENDING DIBAKAR LALU SIMPAN ABUNYA BUKN KRN APA COZ BELI TAHAH KUBURAN AZA $150.000 RIBU DOLLAR BLN YG LAINNYA KL RUPIAH SEKITAR 200JT EA

    BalasHapus
  4. @Anonymous - bisnis pemakaman menguntungkan ya?

    BalasHapus