In Makanan Jepang Masakan Jepang Restoran Jepang Sushi

Wasabi / 山葵


Siapapun yang pernah makan sushi pasti tau yang namanya wasabi.

Wasabi adalah sejenis tanaman keluarga Brassicaceae (yang salah satu anggotanya adalah sayuran kol). Akar wasabi inilah yang menjadikannya terkenal di seluruh dunia sebagai teman mesra sushi yang pedasnya minta ampun.

wasabi jepang


Wasabi juga dipercaya banyak khasiatnya lho, seperti mencegah stroke, penyakit jantung, asma, osteoporosis, dan juga mencegah beberapa sel kanker. Sayang, semua ini belum ada bukti ilmiahnya.

Pasar-pasar tradisional di Jepang menjual wasabi dalam bentuk akar. Kalo di supermarket, selain dijual dalam bentuk bubuk kayak merica, wasabi juga dijual dalam bentuk tube kayak pasta gigi. Jadi tinggal pencet, terus dicocorin ke makanan.

wasabi jepang


Yang bikin wasabi unik, pedesnya gak pake lama di lidah. Berbeda dengan cabe rawit ala Indonesia yang pedesnya gak ilang-ilang meskipun udah minum air segentong.

Aku pernah coba wasabi di salah satu restoran Jepang di Jakarta. Saking pedesnya, aku sampe nangis keluar air mata, tenggorokan dan hidung juga mampet dua-duanya. Pahit dan pedes numpuk jadi satu. Rasanya bener-bener gak bisa dijelasin.

Banyak orang bilang kalo kamu harus coba makan wasabi minimal satu kali sebelum kamu meninggal.

Cobain deh.



Wasabi = 山葵

Related Articles

11 comments:

  1. rasanya campur aduk berkilauan yah, jadi pingin nyobain nih. hehehehe tapi klo sushi sih kayanya enak.

    BalasHapus
  2. cobain her, gak nyesel deh.

    BalasHapus
  3. sumpah rasanya klo pertama nyoba kaya sabuncolek yang ga sengaja masuk ke mulut @_@ lama2 enak juga lho rasanya

    BalasHapus
  4. kalo aku wasabi dan nori adalah makana jepang yg gak bisa kumakan..klo nori baunya amis n pahit kalo wasabi kayak makan balsem dah..

    BalasHapus
  5. arin - betul itu. hahaha!

    BalasHapus
  6. wah jadi pengen nyobain nih....
    liat blog ku juga donk...
    tukeran link yuk...

    BalasHapus
  7. ak suka wasabi.. rasanya unik.. ^^ bbrp detik stlh masuk mulut .. seeeengggg... baunya spt alkohol,nyengat idung .. dan air mata pun keluar... setelah itu... ilang deh pedasnya... unik khan... hehehe....ada snack pistachio wasabi .. enak tuh...hehe...

    BalasHapus
  8. makanan favoritnya Hotaru nih. ^^

    BalasHapus
  9. Of course, the missed games are a concern, particularly as they stemmed from ankle woes that have dogged the back since his time at LSU, New Black Yeezys but Fournette showed that, Ray Ban Prescription Sunglasses when healthy, he can trample NFL defenders just as thoroughly as would be Southeastern Conference tacklers. He scored nine rushing TDs, with Ray Ban Round Sunglasses another one through the air, and appears to Coach Outlet Store Online be as Michael Kors Bags Sale good Cheap Yeezy Shoes a bet as any to lead the league in end zone trips, which plays nearly as well in PPR as in standard. Jacksonville's ferocious Air Jordan 1 Sale defense should regularly tilt the field in Discount Jordan Shoes Wholesale its 2020 Jordan Release Dates offense's favor, and the team upgraded its offensive line with Real Yeezy Shoes path clearing guard Andrew Norwell..

    BalasHapus