In Makanan Jepang Masakan Jepang Restoran Jepang Sushi

Wasabi / 山葵


Siapapun yang pernah makan sushi pasti tau yang namanya wasabi.

Wasabi adalah sejenis tanaman keluarga Brassicaceae (yang salah satu anggotanya adalah sayuran kol). Akar wasabi inilah yang menjadikannya terkenal di seluruh dunia sebagai teman mesra sushi yang pedasnya minta ampun.

wasabi jepang


Wasabi juga dipercaya banyak khasiatnya lho, seperti mencegah stroke, penyakit jantung, asma, osteoporosis, dan juga mencegah beberapa sel kanker. Sayang, semua ini belum ada bukti ilmiahnya.

Pasar-pasar tradisional di Jepang menjual wasabi dalam bentuk akar. Kalo di supermarket, selain dijual dalam bentuk bubuk kayak merica, wasabi juga dijual dalam bentuk tube kayak pasta gigi. Jadi tinggal pencet, terus dicocorin ke makanan.

wasabi jepang


Yang bikin wasabi unik, pedesnya gak pake lama di lidah. Berbeda dengan cabe rawit ala Indonesia yang pedesnya gak ilang-ilang meskipun udah minum air segentong.

Aku pernah coba wasabi di salah satu restoran Jepang di Jakarta. Saking pedesnya, aku sampe nangis keluar air mata, tenggorokan dan hidung juga mampet dua-duanya. Pahit dan pedes numpuk jadi satu. Rasanya bener-bener gak bisa dijelasin.

Banyak orang bilang kalo kamu harus coba makan wasabi minimal satu kali sebelum kamu meninggal.

Cobain deh.



Wasabi = 山葵

Related Articles

9 comments:

  1. rasanya campur aduk berkilauan yah, jadi pingin nyobain nih. hehehehe tapi klo sushi sih kayanya enak.

    BalasHapus
  2. cobain her, gak nyesel deh.

    BalasHapus
  3. sumpah rasanya klo pertama nyoba kaya sabuncolek yang ga sengaja masuk ke mulut @_@ lama2 enak juga lho rasanya

    BalasHapus
  4. kalo aku wasabi dan nori adalah makana jepang yg gak bisa kumakan..klo nori baunya amis n pahit kalo wasabi kayak makan balsem dah..

    BalasHapus
  5. arin - betul itu. hahaha!

    BalasHapus
  6. wah jadi pengen nyobain nih....
    liat blog ku juga donk...
    tukeran link yuk...

    BalasHapus
  7. ak suka wasabi.. rasanya unik.. ^^ bbrp detik stlh masuk mulut .. seeeengggg... baunya spt alkohol,nyengat idung .. dan air mata pun keluar... setelah itu... ilang deh pedasnya... unik khan... hehehe....ada snack pistachio wasabi .. enak tuh...hehe...

    BalasHapus
  8. makanan favoritnya Hotaru nih. ^^

    BalasHapus