In Anime Artis Jepang Dorama Seleb Jepang Selebriti Jepang Trailer Film

Oshin / おしん


Siapa yang gak kenal Oshin?

Program drama televisi (dorama) yang pertama kali ditayangkan di Jepang pada tanggal 4 April 1983 sampe 31 Maret 1984 oleh stasiun NHK ini emang udah banyak menyedot perhatian dunia.




Drama ini bercerita tentang seorang wanita bernama Shin Tanokura (田倉 しん) yang kemudian dipanggil Oshin berjuang tanpa mengenal putus asa dalam menghadapi rintangan-rintangan berat dalam hidupnya.

Oshin kecil diperankan oleh Kobayashi Ayako, lahir 11 Agustus 1972, terakhir muncul di dorama berjudul "Puzzle" (2008) sebagai bintang tamu.

Kobayashi Ayako

Film anime Oshin ditayangkan pada tahun 1984 khusus menceritakan masa hidup Oshin waktu kecil juga di isi suaranya oleh Kobayashi Ayako.

anime oshin


Oshin dewasa diperankan oleh Tanaka Yuko (setelah menikah menjadi Sawada Yuko), lahir 19 April 1955, terakhir muncul di dorama berjudul "Boshi" (2008) sebagai pameran pembantu.

Tanaka Yuko


Sedangkan Oshin tua dimainkan oleh Otowa Nobuko (1 Oktober 1924 s/d 22 Desember 1994), film terakhirnya yang berjudul "Sanmon Yakusha" diluncurkan pada tahun 2000.

Otowa Nobuko

Cerita Oshin dibuat berdasarkan autobiografi ibu-nya Kazuo Wada, seorang pengusaha Jepang yang mendirikan perusahaan supermarket Yaohan (sekarang bangkrut dan cabangnya di Singapura berganti nama menjadi Best Denki).

"Pada awalnya semua stasiun televisi Jepang, termasuk NHK, menolak cerita Oshin karena ceritanya yang keras dan gelap di masa pemerintahan Meiji dan berkaitan dengan rumah pelacuran," kata Sugako Hashida, sang sutradara. Sampe akhirnya Mikio Kawaguchi, direktur NHK waktu itu menyetujuinya.

Sampe sekarang udah tercatat 59 negara di dunia yang menayangkan Oshin, mulai dari belahan bumi selatan (Australia) sampe ke ujung utara (Kanada), termasuk yang abis perang (Irak).

Dari dorama dengan 15 menit x 297 episode inilah dunia mengenal wanita-wanita Jepang yang pantang menyerah dan budaya Jepang yang mempunyai disiplin tinggi.

Di Indonesia sendiri, Oshin ditayangkan pertama kali di TVRI pada November 1986 sampe 1989. Kemudian pada Agustus 1992, Oshin diputer ulang oleh TPI. Belum puas? Oshin bernostalgia di MetroTV pada Desember 2004 (yang pemutarannya dihentikan karena Aceh terkena Tsunami).

Untuk mengobati rindu, TVRI kembali menyiarkan Oshin pada tanggal 1 Januari 2009.



Related Articles

11 comments:

  1. Tanaka Yuko kalo dilihat-lihat mirip Yu Aoi ya #plakk

    Asik nih Oshin mau dibikin versi layar lebarnya :D

    Favorite mamaku nih :)

    Aku juga, sih sebenarnya cuma udah lupa ceritanya soalnya waktu nonton waktu masih SD

    BalasHapus
  2. @eigarebyu - mana ada miripnya sama Yu Aoi? Hahaha.

    BalasHapus
  3. Liat aja tuh pose yang lagi duduk, kan mirip :P

    BalasHapus
  4. @Ladila - Iya, agak mirip juga ya.

    BalasHapus
  5. Klo pingin lihat film oshin y asli dahulu (Bukan y dibikn remix ya) dmn ya??

    BalasHapus
  6. Klo pingin lihat film oshin y asli dahulu (Bukan y dibikn remix ya) dmn ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada di waku waku japan lg diputer ulang setiap senin sampe sabtu jam 8 malem javier

      Hapus
  7. This is a very good article material and it is very useful for us all. thank you . cara menggugurkan kandungan

    BalasHapus
  8. A. And Toback, D. And Underwood, R. Eileen de Villa, Toronto chief medical officer of health, New Black Yeezys agrees."Like many others, I was disappointed and, frankly, saddened by what I saw," she told CBC News Sunday."Especially knowing the many sacrifices that have been made Ray Ban Sunglass Hut by Torontonians for the last several weeks and the progress we have made as a result Air Jordan 1 Sale of those sacrifices."De Villa said when there congestion between people in one spot, the risk of transmission increases."Here the thing. We also know that increasingly Cheap Yeezy Shoes there are people who 2020 Jordan Release Dates don have signs or symptoms or have very mild signs or symptoms and they may inadvertently pass the infection from themselves to other people," she Coach Outlet Store Online said."We not saying don go out, we just asking that people do it in a responsible way so that we can better control the virus and then get our city back."The Canadian PressKirk 2.0: Capt. Pike of new 'Star Trek' a MK Outlet welcome new Coach Bags On Sale Online iconIn the beginning, in the "Star Trek" universe, there was only Captain Kirk.

    BalasHapus