In Berita Dari Jepang Video Dari Jepang

Gerhana Matahari Terlama Abad 21


Pada tanggal 22 kemaren, setengah benua Asia diselubungi kegelapan di siang bolong karena dewi bulan menghalangi teriknya sang matahari.

Peristiwa mengagumkan ini dimulai dari India tepat menjelang matahari terbit. Namun masyarakat India menganggap kejadian luar biasa ini sebagai kutukan sehingga para orangtua melarang anak-anak mereka untuk keluar rumah, terutama yang sedang hamil.

Lain lagi dengan masyarakat China yang merayakan peristiwa ini dengan kembang api dan sorak gembira. Tentu ada saja yang mengaitkannya dengan hal-hal takhayul.

gerhana matahari jepang


Gerhana kemudian singgah di Jepang melewati pulau Bonin dan Iwo Jima sebelum berakhir di Akusekijima, tempat paling sempurna untuk mengamati fenomena ini. Ratusan turis lokal menyaksikan kejadian ini dengan rasa senang dan kagum luar biasa.

"Orang-orang jaman dulu pasti takut setengah mati karena peristiwa ini," kata Seiichiro Fukumitsu yang merasa iba terhadap orang-orang yang tinggal ratusan tahun lalu karena mereka belum mengenal ilmu astronomi.

gerhana matahari jepang




Fenomena alam yang sedikit melewati Indonesia ini terjadi selama 6 menit 53 detik, resmi menjadi gerhana matahari terlama di abad 21 ini.

Tidak akan ada lagi gerhana matahari yang selama ini sampe tanggal 13 Juni 2132.



Related Articles

0 comments:

Posting Komentar