31 Januari 2009

Apartment Yang Tidak Biasa


Apartment rancangan Kazuo Umezu ini harga sewanya ¥250.000 atau sekitar Rp.31.697.936 per bulan...



Mau?

30 Januari 2009

Brad Pitt & Angelina Jolie Tiba Di Jepang


Brad Pitt Dan Angelina Jolie baru aja tiba di bandara Narita beberapa jam yang lalu bersama dengan anak-anak mereka.

Copyright 2009 Junko Kimura / Getty Images


Rupanya si Brad datang ke Jepang untuk mempromosikan film "The Curious Case of Benjamin Button."

jepang

29 Januari 2009

Puisi Dapat Menghemat Kertas Toilet!


Orang Jepang bisa dibilang cukup boros dalam memakai kertas toilet (kayak kita gak aza!).

Nah, sebuah organisasi pemerhati toilet (ada ya?) yaitu Japan Toilet Labo telah mengeluarkan hasil penelitian mereka bahwa puisi ternyata dapat menghemat pemakaian kertas toilet dan air!

golden boy

Gimana caranya? Cukup dengan menempel stiker yang bertuliskan sebuah puisi seperti "Kertas ini hanya akan bertemu dengan anda sekali saja," atau "Gulung kertasnya lagi dan lagi dan lagi," atau dengan kalimat "Cintailah toilet ini" -- maka orang-orang yang melihatnya akan merasa bersalah kalo membuang-buang kertas toiletnya.

Kelompok Japan Toilet Labo memang lagi gencar mengkampanyekan penghematan kertas toilet belakangan ini, jadi kalo kamu melihat ada puisi di toilet umum Indonesia, itu pasti dari saya.
jepang


Toilet = Toire / トイレ

28 Januari 2009

Jepang Aman!


Meskipun Jepang sedang mengalami resesi ekonomi dan tingkat pengangguran meningkat, tingkat kejahatan di Jepang pada tahun 2008 justru turun 4,7% dari tahun 2007. Dan ini adalah penurunan yang ke-enam kalinya berturut-turut sejak tahun 2002 lalu.

jepang

Menurut data dari Agen Kepolisian Jepang, dari total 1,82 juta kasus, 75,5% hanya merupakan kasus ringan (seperti pencopetan, gangguan tetangga, dll). Sedangkan kasus-kasus berat (seperti pembunuhan, perampokan bersenjata, dll) cuma 0,5% aja.

Yang paling banyak menyita perhatian adalah kasus penyerangan membabi buta pada bulan Juni dimana seorang pengemudi truk seberat 2 ton menabrak para pejalan kaki di Akihabara dan langsung membacok siapapun yang berada di dekatnya.

11 orang meninggal dan 32 lainnya luka-luka.





Masih mau ke Jepang? Tentu dong!


Polisi = Keisatsu / 警察

27 Januari 2009

Orang Jepang Yang Sesungguhnya


Kalo kamu pikir orang Jepang itu mempunyai disiplin tinggi dan rajin bekerja, kamu memang bener.

Tapi kalo kamu pikir di rumah mereka tetap disiplin, kamu salah. Mereka juga mempunyai rahasia-rahasia kecil yang memalukan jika tidak ada yang melihat.

Mau tahu rahasianya? Berdasarkan survey dari 1,038 orang (50% wanita) yang dilaksanakan oleh goo Ranking, rupanya para wanita Jepang paling malu kalo katahuan jarang mandi!

jepang

Ini hasil survey selengkapnya...

(Wanita) Sikap apa yang kamu tidak mau orang lain lihat?

1. Jarang mandi
2. Pake Tissue di hidung
3. Muka baru bangun tidur
4. Tidur dengan baju berantakan
5. Nangis waktu nonton film
6. Makan langsung dari kotaknya
7. Males pake celana luar ( wow! )
8. Mulut penuh dengan permen
9. Gak pake make-up
10. Latihan wajah
11. Latihan nyanyi sendiri
12. Melakukan fashion show sendiri
13. Makan berdiri di dapur
14. Ngaca
15. Bermalas-malasan di musim dingin
16. Bicara ke TV sendiri
17. Memakai produk pelangsing
18. Melempar sampah ke tong dari jauh
19. Memakai remote dengan kaki
20. Jarang menghidupkan lampu (penghematan ekstrim)

Hmm... mereka gak beda dengan orang-orang lainnya di dunia ini kan?


Mandi = Shawa- / シャワー

25 Januari 2009

Wawancara Dengan Gackt


Ini adalah video wawancara Gackt dengan saluran Music Station yang diakhiri dengan lagu "Ghost" pada tanggal 23 Januari lalu...

24 Januari 2009

Pameran Manga Di Musium Louvre


Siapa yang sangka kalau musium yang paling terkenal di dunia, Musee du Louvre, di Paris, Perancis akhirnya bisa menerima komik dan manga untuk dijadikan bahan pameran?

musium louvre

Salah satu mangaka yang diundang adalah Hirohiko Araki dengan manganya yang berjudul "Rohan at the Louvre."

manga

Mungkin bukan karena mereka tidak mengakui karya seni para komikus, tapi karena musium Louvre lebih fokus ke mahakarya abad pertengahan, sedangkan komik dan manga adalah karya seni modern yang gaul, gichu lho.


Musium = 博物館

23 Januari 2009

Remaja Putri Jarang Berolahraga


Menurut hasil survey yang dilakukan oleh departemen pendidikan Jepang, lebih dari 30% remaja putri Sekolah Menengah Pertama hanya berolahraga kurang dari 1 jam per minggu.

jepang

Tapi kenapa jarang ada remaja gemuk ya?

22 Januari 2009

Hotel Es DI Hokkaido


Sekarang adalah waktu yang tepat untuk mengunjungi Jepang kalo kamu mau tau bagaimana rasanya tinggal di hotel yang terbuat dari es.

Hotel ini tepatnya berada di desa Shimukappu, Hokkaido. Harga 1 malamnya cuma ¥15,000 atau sekitar Rp.1.850.000 per orang termasuk makan malam. Tertarik?




Hotel = Hoteru / ホテル

21 Januari 2009

Kota Obama Di Jepang


Kamu tahu gak kalo di Jepang ada kota yang namanya Obama?

Di video ini, Nozomu Sato (yang berperan sebagai presiden Barack Obama) sedang mengunjungi kota Obama di prefektur Fukui untuk mengetahui bagaimana tanggapan para penduduk jika sang presiden AS yang baru akan benar-benar dateng ke Obama...

20 Januari 2009

Topeng Obama Laku Keras!


Menjelang inagurasi atau pelantikan Obama untuk menjadi presiden Amerika Serikat yang ke 44 pada hari ini, Jepang rupanya tidak mau kalah dalam hal perayaannya.

Ogawa Rubber Inc, perusahaan pembuat topeng karet di Saitama telah menjual lebih dari 2500 topeng hanya dalam waktu kurang dari sebulan. Memang, inagurasi ini layak untuk dirayakan besar-besaran karena untuk pertama kalinya dalam sejarah, Amerika Serikat memilih presiden berkulit hitam.

jepang

Di Indo gimana ya pestanya?


Presiden = Purejidento / 社長

19 Januari 2009

Utada Hikaru - Come Back To Me!


Berita bagus untuk para penggemar Utada Hikaru (aku, aku!)

Utada Hikaru

Dibawah payung perusahaan rekaman Island Records, Utada akan merilis album terbarunya dengan judul “Come Back to Me” pada bulan Maret 2009 nanti. Utada sangat berharap bisa menembus pasar Amerika, karena itu dia menyanyi dengan bahasa Inggris dalam single andalannya kali ini (dengan judul yang sama).

Selama karirnya, diva Jepang yang lahir di New York ini baru mengeluarkan 2 album berbahasa Inggris, yaitu “Precious” (dengan nama Cubic-U) di tahun 1998 dan “Exodus” di tahun 2004. Dua-duanya lumayan laris di Jepang, tapi loyo di Amerika. Gimana dengan Come Back to Me? Kita lihat aja nanti.

Kamu mau denger lagunya? Klik link dibawah ini...

http://islandrecords.com/

18 Januari 2009

Festival Mukonage


Festival Mukonage baru aja diselenggarakan di prefektur Niigata.



Festival Mukonage adalah festival musim dingin dimana laki-laki yang baru aja menikah akan dilempar jatuh ke bukit yang curam sebagai ucapan selamat dan dengan harapan sang suami dapat menghadapi tantangan-tantangan di keluarganya dengan sigap.

17 Januari 2009

Keanu Reeves Main Cowboy Bebop!


Berita terbaru dari dunia film Hollywood!

jepang

Keanu Reeves akan membintangi sebuah film adaptasi dari anime Cowboy Bebop sebagai karakter Spike Spiegel, seorang pemburu hadiah dan mantan anggota sindikat kejahatan terkenal. Tampaknya Hollywood sadar kalo anime dan Keanu Reeves itu laku keras di Asia, terutama Jepang.

jepang

20th Century Fox dan 3 Arts Entertainment akan memproduksi dan mendistribusikan film tersebut kira-kira di tahun 2010 atau 2011. Ceritanya akan bersetting di tahun 2071, dimana mereka dapat melakukan perjalanan menembus waktu dan memburu para kriminal kelas berat.

Pasti filmnya bakal mirip The Matrix nih, penuh dengan teknologi canggih dan tembak-tembakkan!


Koboi = Kaubōi / カウボーイ

16 Januari 2009

Kimutaku Dan Becky Laris Manis


Udah bukan rahasia lagi kalo perusahaan-perusahaan di dunia banyak menggunakan para selebriti terkenal untuk mempromosikan produk mereka di iklan TV. Tapi siapa sich selebriti yang paling laris di Jepang?

Menurut Japan Monitor Agency, Kimutaku dan Becky adalah yang paling laris di tahun 2008.

Takuya Kimura

Takuya Kimura (1972), atau yang biasa dipanggil Kimutaku oleh para penggemarnya di Jepang, adalah aktor laki-laki yang paling menonjol tahun lalu. Dengan membintangi 10 iklan TV dari 10 perusahaan berbeda, jelas ini akan menambah panjang daftar kekayaannya setelah banyak membintangi film dan dorama di Jepang.

Kamu tentu inget kan sama Kimutaku? Itu lho, aktor yang main sebagai Hidetoshi Senna di Long Vacation, Katagiri Teppei di Love Generation, Shinkai Hajime di Good Luck!! ~ Semuanya pernah tayang di Indo dulu.




Sedangkan Becky (1984) adalah yang seorang artis serba bisa yang membintangi 14 iklan TV di tahun 2008. Dia lebih banyak bekerja sebagai penyanyi dan pengisi suara film-film anime. Dia juga yang mengisi suaranya Lisa dalam film The Simpsons Movie yang beredar di Jepang.

Becky

Situsnya ada di Sunmusic.org


Selebriti = Yuumeijin / 有名人

15 Januari 2009

Robot Bedah Dari Fiksi Ke Realiti


Dalam teknologi kedokteran, Jepang memang gak kalah dari Eropa dan Amerika. Pengembangan terus dilakukan untuk menciptakan tangan-tangan robot yang bisa membantu para dokter bedah untuk melakukan operasi kelas berat.

jepang

Saat ini teknologi tercanggih berada di tangan perusahaan Amerika yang telah menciptakan sistem Da Vinci, sebuah robot yang berbobot lebih dari 1 ton tapi lengan-lengannya mempunyai akurasi yang tinggi dalam memotong dan menjahit bagian dalam tubuh manusia.

Makoto Nokata, seorang asisten profesor dari universitas Ritsumeikan di Kusatsu, prefektur Shiga mengatakan bahwa dia dan timnya sedang mengembangkan robot berukuran jari manusia yang bisa bergerak bebas dalam tubuh untuk melakukan pemeriksaan dan pembedahan.

Makoto terinspirasi dari film "Fantastic Voyage" (1966) yang bercerita tentang sebuah tim kedokteran yang masuk ke dalam tubuh seorang pasien dengan menggunakan kapal selam berukuran kapsul.

jepang

"Dengan adanya teknologi ini, maka si pasien tidak perlu dibedah dari luar dan proses penyembuhannya akan jauh lebih cepat," kata Makoto.

Menurut perkiraan Robotics Society of Japan, robot akan mengoperasi manusia secara otomatis di antara tahun 2025 dan 2050. Wow.


Robot = Robotto / ロボット

14 Januari 2009

Pet Cafe Tetap Sibuk


Di Jepang, bisnis sewa-menyewa binatang peliharaan memang lagi meledak.

Meskipun Jepang sedang dilanda krisis keuangan, tetep aja masih ada banyak orang yang sanggup untuk menyisihkan uangnya untuk menyewa binatang peliharaan. Bukan membeli lalu dipelihara lho. Namanya pet cafe atau pet rental.

jepang

Tokonya hanya menyewakan binatang-binatang lucu seperti kucing, anjing dan kelinci untuk siapapun yang super sibuk dan tidak bisa memelihara binatang peliharaan. Kamu bisa bermain, memeluk dan mengajak binatang peliharaan sewaan kamu jalan-jalan.

jepang

Biayanya ¥800 - ¥1,000 atau sekitar Rp.100,000-an per jam bersama binatang yang kamu pilih. Bisnis yang satu ini udah ada sejak tahun lalu dan gak ada di negara lain. Cuma Jepang yang bisa begini.


Binatang Peliharaan = Petto / ペット

13 Januari 2009

Seijin Shiki / 成人式


Kemarin para remaja Jepang merayakan hari "menjelang kedewasaan" atau yang dikenal dengan Seijin shiki / 成人式, upacara menjelang dewasa.



Perayaan ini diadakan setiap satu tahun sekali, tepat pada minggu kedua hari Senin bulan Januari untuk merayakan para remaja yang sudah berusia 20 tahun.

12 Januari 2009

Tsukiji Dibuka Kembali Untuk Umum


Setelah sempat ditutup dari publik oleh pemerintah setempat pada tanggal 15 Desember tahun lalu karena terganggu oleh sikap para turis mancanegara yang seenak jidat, pasar ikan terbesar di dunia, Tsukiji, akhirnya dibuka kembali untuk umum.



Terletak di tengah-tengah kota Tokyo, pasar Tsukiji menjual dan melelang lebih dari 400 jenis makanan laut mulai dari ikan sardin yang mungil sampe ikan tuna seberat 300 kg.

jepang

Sejak dulu, Tsukiji memang telah menjadi salah satu tempat yang harus dikunjungi para turis, terutama untuk melihat ikan-ikan tuna raksasa yang harga seekornya bisa membeli sebuah rumah di Indo. Buset dah!


Pasar = Shijo / 市場

11 Januari 2009

Kehidupan Seorang Immigran Di Jepang


Sidival Furuzawa Pereira (36 tahun), seorang immigran dari Brazil sedang berusaha keras untuk bertahan hidup di Hamamatsu.

Dia datang ke Jepang 4 tahun yang lalu dengan harapan bisa mengirimkan uang ke istri dan anak-anaknya di Brazil, tapi sayang, 6 bulan yang lalu Sidival dipecat dari perkerjaannya sebagai buruh kontrak di sebuah pabrik. Sekarang dia berusaha mengumpulkan barang-barang bekas untuk dijual.

Untung saja ada beberapa orang Jepang yang membantunya dengan memberikan tempat tinggal sementara dan juga sedikit makanan. Keluarganya berpesan kepadanya untuk segera pulang, tapi Sidival menolak karena dia yakin jika dia pulang ke Brazil maka tidak ada bedanya dengan kondisinya sekarang.

Lagipula, dia udah jatuh cinta terhadap Jepang.

Ini dia video...





Buruh = Roudouryoku / 労働

10 Januari 2009

99 Juta Orang Mengunjungi Kuil Jepang


Badan kepolisian Jepang telah mengeluarkan statistik terbarunya tentang jumlah orang yang mengunjungi kuil-kuil di seluruh Jepang pada tanggal 1 Januari yang lalu.

Totalnya adalah 99,39 juta orang. Jumlah ini lebih banyak 1,21 juta orang dari tahun lalu dan yang terbesar sejak tahun 1974!

kuil jepang

Tiga tempat yang paling banyak dikunjungi adalah kuil Meiji Jingu (dengan 3,19 juta orang), dibuntuti oleh kuil Naritasan Shinshoji di prefektur Chiba (dengan 2,98 juta orang) dan kuil Heikenji atau yang lebih dikenal dengan nama Kawasaki Daishi di prefektur Kanagawa (dengan 2,96 juta orang).

Mungkin orang-orang Jepang lebih banyak yang mendoakan untuk kesehatan finansial mereka karena Jepang juga terkena dampak krisis keuangan global dan banyak dari mereka yang dipecat atau berhenti bekerja karena perusahaannya bangkrut.

Sedangkan data dari tempat-tempat hiburan, Tokyo Disneyland dan Tokyo DisneySea di prefektur Chiba dikunjungi oleh 342,000 orang, diikuti oleh Hot Fantasy Odaiba di Tokyo (170,000 orang) dan tentu saja Tokyo Tower dengan 100,000 pengunjung di malam pergantian tahun baru.


Kuil = ichidou / 神社

09 Januari 2009

Mau Makan Daging Kloning?


Mulai tahun 2009 ini, Jepang akan menjual daging sapi dan babi kloning secara komersil.

Kita tau bahwa teknologi sekarang telah mampu mengkloning hewan-hewan seperti kucing, anjing, sapi, babi dan lalat. Lalat??? Becanda, lalat gak termasuk kok ~ mau ngapain juga kloning lalat? ~

Nah, pemerintah Jepang melalui Komisi Kesehatan Pangan telah sepakat bahwa daging sapi maupun daging babi yang dikloning sangatlah aman untuk dimakan dan rasanya pun gak berbeda dengan daging normal.

jepang

Badan pangan di Eropa dan Amerika juga telah meneliti bahwa daging kloning aman-aman aja untuk dimakan, tapi masalahnya kan bukan disitu. Banyak orang yang masih tidak mau makan daging kloning karena alasan agama dan kepercayaan.

"Tidak akan lama kita akan mencapai suatu titik dimana kita akan menciptakan dua manusia yang memiliki sidik jari yang sama," kata mereka. "Dan menjual daging manusia dengan alasan menyelamatkan nyawa."

Kamu mau makan daging kloning?


Daging = Shokuniku / 精肉

08 Januari 2009

Popok Astronot Jepang


Bisa juga disebut "toilet" mini.

jepang

Mesinnya bisa mendeteksi kapan pemakainya "mengeluarkan sesuatu," menghisap semua kotorannya dan membersihkan anda secara otomatis.
jepang

Tentu ini baru rencana aja. Hasilnya mungkin baru bisa kita lihat 5-10 tahun kemudian.


Popok = Omutsu / おむつ

07 Januari 2009

Single Terbaru Gackt!


Setelah single terakhirnya Jesus meledak di pasaran, Gackt sudah nongol dengan single terbarunya yang berjudul Ghost. Lagunya ini juga menjadi theme song-nya film serial Terminator: The Sarah Connor Chronicles yang ditayangkan di Jepang.

Ini dia video klipnya...

05 Januari 2009

Nihontō / 日本刀!


Kamu pernah melihat sebuah film laga Jepang dimana seorang samurai membelah sehelai rambut dengan sentuhan pedangnya yang halus?

Yup. Seperti itulah ketajaman pedang asli buatan Jepang.

Kata nihontō diciptakan oleh seorang puitis China dari Dinasti Song (960–1279) yang memang pada awalnya pedang yang ada di Jepang dikirim dari China. Sebelum tahun 987, pedang-pedang Jepang hanya berbentuk lurus dan monoton.

Sampai suatu ketika seorang ahli pedang yang bernama Amakuni dan anaknya Amakura bertekad untuk membuat pedang yang paling kuat dan efektif setelah mereka kecewa melihat pedang-pedang ksatria Jepang patah dan rusak parah. Para pembuat pedang lainnya mengatakan bahwa Amakuni sudah gila karena bekerja siang dan malam hanya untuk membuat pedang khayalan.

31 hari kemudian terciptalah Tachi (太刀:たち), pedang pertama di dunia yang berbentuk melengkung panjang. Kekuatannya terbukti setelah tak satu pedang Tachi yang rusak setelah dipakai berperang oleh para ksatria Jepang.

jepang

Tidak butuh waktu lama bagi sang kaisar mengangkat Amakuni untuk bekerja di kekaisaran Jepang dan membuatkan pedang bagi seluruh prajuritnya. Tachi inilah yang kemudian menjadi dasar dari semua pedang buatan Jepang sampai saat ini.

Seiring dengan berkembangnya waktu, Tachi menjadi lebih pendek, lebih ringan dan lebih tajam. Lahirlah Katana di era Muromachi (1392–1573), salah satu pedang yang paling sering digunakan di jaman perang oleh para samurai yang rela berkorban nyawa demi menghormati reinkarnasi sang dewa matahari.

Konon pedang sang kaisar dibuat dengan upacara dan doa-doa khusus agama Shinto yang lamanya sampai berminggu-minggu.

jepang


Katana asli terbuat dari besi tampaan khusus bernama Tamahagane (玉鋼:たまはがね) yang berarti besi berlian. Sangat tidak mudah dalam menemukan besi kelas satu ini karena Tamahagane hanya diproduksi setahun sekali di musim dingin. Pembuatannya-pun tidak sembarangan dan memakan waktu yang cukup lama.

Yang membedakan setiap pedang adalah panjang pedang tersebut dan diukur berdasarkan shaku (1 shaku = 30 cm). Berikut jenis-jenisnya...

Tantō atau Aikuchi (Pisau) = Panjangnya kurang dari 30 cm. Biasa digunakan untuk pertarungan jarak dekat, dilempar ke arah musuh dan juga sebagai alat untuk "menyucikan diri" dari segala kesalahan ~ alias hara-kiri (bunuh diri).

Shōtō (Pedang Pendek) = Panjangnya lebih dari 30 cm tapi kurang dari 60 cm. Wakizashi, Kodachi dan Chisakatana termasuk dalam jenis Shōtō yang digunakan sebagai pedang pendamping.

Daitō (Pedang panjang) = Panjangnya lebih dari 60 cm tapi kurang dari 90 cm. Digunakan sebagai pedang utama dalam pertarungan antar samurai.

Odachi atau Nodachi (Pedang Besar) = Panjangnya lebih dari 90 cm. Pedang ini jarang digunakan dalam pertarungan langsung karena terlalu berat, tetapi sangat efektif dalam menjatuhkan kuda lawan atau mematahkan benda-benda besar lainnya.

jepang


Ini ada satu video yang memperlihatkan ketajaman pedang buatan Jepang yang mampu membelah sebuah peluru...





Pedang Jepang = Nihonto / 日本刀

04 Januari 2009

Fox Memproduksi City Hunter!


Perusahaan raksasa jaringan televisi Amerika Fox akan memproduksi serial televisi City Hunter bersama perusahaan Korea SSD mulai tahun 2009 ini!

jepang

Fox TV Studio dan SSD akan segera memproduksi 13 episode dan mendistribusikan serial seksi ini ke seluruh dunia dengan bintang utamanya seorang aktor Korea, Chung Woo-sung yang tentu saja akan memerankan si detektif mata keranjang untuk membersihkan jalanan Tokyo.

jepang

Mendengar berita ini saya jadi merasa nostalgia gitu, soalnya yang mengenalkan komik City Hunter adalah kakak saya yang dengan rajin membeli dan mengoleki semua edisi City Hunter sampe lengkap. Tapi sayangnya koleksi itu hilang semenjak kami sekeluarga pindah.

Manga karya Tsukasa Hojo ini memang terkenal sejak tahun 1985 dengan cerita kocaknya dan aksi-aksi gagah berani dari seorang detektif swasta Ryo Saeba yang selalu dihantam dengan palu godam raksasa oleh rekannya Kaori Makimura agar tidak "bermain-main" dengan wanita. Filmnya yang dibintangi Jacky Chan pun sudah sering di tayang ulang di Indo sejak dulu.

Wah, jadi gak sabar nonton serial TV-nya!

jepang


Detektif = Okahiki / 探偵

03 Januari 2009

Mau Makan Di Penjara?


Seorang pelayan akan memborgol tanganmu begitu kamu memasuki restoran Alcatraz di Tokyo!



Anton Soeharyo, orang Indonesia yang sekarang tinggal di Jepang, berencana untuk mengunjungi restoran penjara ini untuk mengawali tahun barunya. Hmm... seru juga nih kalo yang beginian ada di Indo.


Penjara = Kangoku / 刑務所
Follow Us

Like Us!

Total Pageviews

© Apa Saja Yang Terjadi Di Jepang? All rights reserved | Search by Google