28 Februari 2009

Musium Anime dan Manga Terbesar Di Dunia


Baru rencana sih.

Universitas Meiji di Tokyo, salah satu universitas tertua dan ternama di Jepang, kemaren mengumumkan rencananya untuk membangun sebuah musium anime dan manga terbesar di dunia.

Musium itu nantinya akan dipenuhi oleh 2,5 juta koleksi-koleksi manga dan anime seperti komik, majalah, DVD, film, mainan figurin, dan banyak lagi.

jepang


Sebenarnya musium serupa telah dibangun lebih dulu oleh universitas Kyoto Seika di tahun 2006. Terbukti musium tersebut laris dikunjungi oleh lebih dari 30.000 turis mancanegara di tahun pertamanya.

Anime dan manga memang udah mendarah daging di Jepang. Universitas Kyoto Seika bahkan sampe membuka fakultas manga untuk para mahasiswa-mahasiswi belajar menggambar manga dan mendapatkan ijazah S1.



Musium = Hakubutsukan / ミュージアム

27 Februari 2009

Kasus: Kucing Nyangkut Di Pohon


Beginilah para petugas pemadam kebakaran Jepang yang bersusah payah menyelamatkan kucing yang nyangkut di pohon...



Kenapa juga pohonnya harus dipotong ya? Tangganya mana?



Kucing = Neko / 猫

26 Februari 2009

Okuribito, Oscar 2009, dan 3,13 Miliar Yen


Film arahan sutradara Yojiro Takita, Departures, juga berhasil meraih Oscar 2009 di kategori Best Foreign Language Film.




Keberhasilan Yojiro Takita rupanya gak tanggung-tanggung, karena film Departures (Okuribito) berhasil meraup pemasukan sebesar 3,13 miliar yen dari 2,7 juta penonton sejak pemutaran perdananya di Jepang 5 bulan yang lalu!

Ini merupakan penghargaan Oscar kedua yang diraih para pembuat film Jepang pada tahun ini setelah Oscar pertama diraih oleh film anime pendek La Maison en Petits Cubes.

Mudah-mudahan film ini beredar di Indo, jadi kita bisa tahu sebagus apa nih ceritanya sampe bisa narik 2,7 juta penonton.

25 Februari 2009

La Maison en Petits Cubes Meraih Oscar 2009


Film anime yang berdurasi 12 menit, La Maison en Petits Cubes, telah meraih penghargaan tertinggi di dunia perfilman Amerika Oscar tahun 2009 dalam kategori the Best Animated Short Film.




Anime yang menggunakan bahasa Perancis sebagai judulnya ini merupakan anime Jepang kedua yang berhasil meraih Oscar setelah Spirited Away di tahun 2003. Dan seperti yang telah diperkirakan banyak orang, Wall-E merebut Oscar di kategori Best Animated Feature Film of the Year.

Omedetou kepada para pencipta animasi!

24 Februari 2009

Boneka Kembaran Manusia


Ini adalah video lanjutan dari postingan kemarin tentang boneka kembaran manusia...



Sepasang boneka tersebut dibuat berdasarkan sepasang pengantin yang baru aja menikah. Serem juga ya kalo boneka itu hidup. Kayak "Bride of Chucky" gitu.


Boneka = Ningyou / 人形

23 Februari 2009

Mau Bikin Kembaran Kamu?


Sekarang kamu bisa pesan boneka diri kamu sendiri.

Adalah perusahaan boneka "Little Island" yang bisa menerima pesanan tersebut. Cukup dengan megirimkan foto diri dan uang beberapa puluh ribu yen, kamu bisa mendapatkan boneka kembaran kamu.

jepang


Wajah bonekanya akan dibuat semirip mungkin dengan foto kamu dan hebatnya boneka itu juga bisa mengeluarkan suara kamu! Jadi seperti ngomong ke diri sendiri gitu.

jepang

Hmm, kayak salah satu alat ajaib doraemon aja ya...



Boneka = Ningyou / 人形

22 Februari 2009

Ponyo Sikat Tokyo Anime Awards 2009


Sejak tahun lalu, "Ponyo on the Cliff by the Sea" atau "Gake no Ue no Ponyo" memang udah banyak menyita perhatian dunia animasi Jepang.




Tahun ini, film anime yang disutradarai oleh Hayao Miyazaki ini merebut 5 penghargaan sekaligus di ajang Tokyo Anime Awards 2009, termasuk "Anime of the Year."

Penghargaan di kategori anime asing direbut oleh Kung Fu Panda, sedangkan Macross F dan Code Geass: Lelouch of the Rebellion berbagi tempat di kategori serial televisi.

Tokyo Anime Awards

Tokyo Anime Awards adalah ajang penghargaan tertinggi untuk film-film animasi di Jepang dan di seluruh dunia. Acaranya akan diadakan bersamaan dengan Tokyo International Anime Fair pada tanggal 18-21 Maret di Tokyo Big Sight.

www.tokyoanime.jp


Tokyo International Anime Fair = 東京国際アニメフェア

21 Februari 2009

Dasar Pencuri Pakaian Dalam Wanita!


Berita inilah yang buat saya jatuh cinta dengan Jepang.

Alkisah seorang berumur 43 tahun yang tinggal dengan damai di prefektur Tochigi ini rupanya hobi banget mencuri pakaian dalam wanita. Sayang beribu sayang, dia berhasil ketangkep oleh polisi setempat pas menggauli hobinya tersebut.

Di Jepang, pria-pria seperti ini dijuluki "shitagi-fechi" atau penggila pakaian dalam. Ini videonya...



Sayang fotonya gak ditampilkan, padahal saya mau coblos dia di pemilu presiden nanti.



Pakaian Dalam = Shitagi / 下着

20 Februari 2009

Top 10 Orang Terkaya Seluruh Jepang


Majalah Forbes edisi Asia bulan Maret 2009 telah terbit dengan daftar orang-orang terkaya se-Jepang.

tadashi yanai

Dari $1,4 miliar menjadi $6,1 miliar, tahun 2008-2009 adalah periode yang menggembirakan bagi Tadashi Yanai (60), bos besar UNIQLO ~ Unique Clothing, sebuah outlet retail pakaian-pakaian murah yang berbasis di Yamaguchi dengan 30,000 karyawan di seluruh dunia.

uniqlo


Kunio Busujima (83), mantan bos Sankyo Co., perusahaan pembuat mesin pachinko, naik ke posisi nomor dua dengan total kekayaan $5,2 miliar, meskipun dompetnya berkurang $200 juta karena resesi.

Sedangkan mantan bos Nintendo yang pada tahun lalu menduduki peringkat pertama, tahun ini Hiroshi Yamauchi melorot ke nomor tiga setelah sahamnya rontok $3,3 miliar menjadi $4,5 miliar dalam beberapa bulan karena bursa saham panik.

Ini dia daftar top 10 orang-orang terkaya seluruh Jepang:

1. Tadashi Yanai: $6,1 miliar
2. Kunio Busujima: $5,2 miliar
3. Hiroshi Yamauchi: $4,5 miliar
4. Akira Mori: $4,2 miliar
5. Masayoshi Son: $3,9 miliar
6. Eitaro Itoyama: $3,7 miliar
7. Hiroshi Mikitani: $3,6 miliar
8. Nobutada Saji: $3,5 miliar
9. Hiroko Takei: $2,8 miliar
10. Takemitsu Takizaki: $2,4 miliar


Milyuner = Okumanchouja / 億万長者

19 Februari 2009

Big Man Japan


Film yang akan beredar di bulan Maret 2009 ini cukup aneh...

18 Februari 2009

Hillary Clinton Di Kuil Meiji





Kemarin, menteri luar negeri AS Hillary Rodham Clinton baru aja mengunjungi Jepang. Dia di jadwalkan akan tiba di Jakarta siang nanti.

Sedangkan perkembangan terbaru dari dunia politik Jepang: Shoichi Nakagawa, menteri keuangan yang tampil mabok di pertemuan G7 di Roma 2 hari yang lalu akan segera menyerahkan surat pengunduran dirinya ke PM Taro Aso.

Ada berapa banyak menteri Indo yang mundur karena malu?

Gak ada.

17 Februari 2009

Menteri Keuangan Jepang Mabok Berat!


Gak tau apa harus merasa kasihan, ato ketawa, ato marah, menteri keuangan Jepang terlihat sangat mabok alias teler di sesi konferensi pers di pertemuan G7.

Ini videonya diambil dari FG...




G20? Apa hubungannya sama G20? Buset dach!

Adalah Shoichi Nakagawa, menteri keuangan Jepang yang bikin malu seluruh Jepang. Tapi sang kepala sekretaris kabinet, Takeo Kawamura buru-buru bilang kepada wartawan kalo Nakagawa lemas karena minum obat demam, bukan karena minuman keras.

Ya apapun sebabnya, seharusnya dia istirahat aja. Jangan dipaksain gitu kan?



Menteri Keuangan = Ookura Daijin / 財務大臣

16 Februari 2009

Mau Kerja Jadi Perawat Di Jepang?


Gak gampang lho. Kendala utamanya adalah bahasa.

Ini adalah video yang memberitakan tentang perawat-perawat Indonesia yang bekerja di sebuah panti jompo di Jepang...




Mereka umumnya datang ke Jepang di bawah program ekonomi bilateral dengan pemerintah Indonesia. Setibanya disana, mereka harus melalui pelatihan bahasa Jepang selama 6 bulan. Yang harus dipelajari adalah hiragana, katakana, dan tentu aja kanji.

Tapi yang paling berat adalah lulus dari test nasional. Sebelum di test pun, para perawat harus bekerja selama 3-4 tahun dengan status "karyawan lepas" atau "magang."

Setelah 3-4 tahun bekerja, terus di test, terus gagal... ya harus pulang kampung.

Kata temen saya yang kebetulan sekarang juga bekerja di Jepang, yang paling berat itu menjaga mental. Kalo gak kuat mental, pasti nangis deh. Dari dulu Jepang memang terkenal dengan etos kerja yang keras dan berdisiplin tinggi.

Jadi, harus semangat ya!

Sumber: www.yomiuri.co.jp



Perawat = Kangoshi / 看護師

15 Februari 2009

Makan Malam Romantis Di Kapal Alien


Kalo kamu mau merayakan hari Valentin dengan kekasih tercinta, ada baiknya kamu pertimbangkan ide ini.

Di Jepang, ada kapal laut yang bentuknya bener-bener bukan dari bumi. Sekilas terlihat serem, keren, dan mungkin hanya ada pada tahun 2050.

jepang

Kapal futuristik ini sebenarnya adalah sebuah bar apung yang bernama Jicoo.

Ya, sebuah bar dimana kita bisa memesan makanan dan minuman seperti bar-bar pada umumnya, tapi di desain dengan bentuk yang menurut saya keren abis! Kalo bener-bener dipake di laut untuk berperang, pasti musuh Jepang udah ngeri duluan.

Gak heran kalo kesannya adalah kapal perang karena perancangnya adalah Leiji Matsumoto yang mengarang Space Battleship Yamato, sebuah serial anime fiksi ilmiah yang bercerita tentang kapal perang luar angkasa.

jepang

Jicoo berangkat dari dermaga Hinode di Minato-Ku, Tokyo, dan tiba di Odiba Seaside Park, dermaga Daiba kurang-lebih setengah jam kemudian.

Beroperasi dari jam 8 malam sampe jam 11 malam, para penumpang bisa memilih untuk tetap di dalam bar selama 3 jam penuh untuk menikmati pemandangan kota Tokyo pada malam hari.

jepang

Ahh, indahnya.

Inilah tempat yang paling tepat untuk merayakan hari Valentin dengan kekasih tercinta. Dijamin kenangan romantisnya gak hilang seumur hidup.

Harga tiketnya yang sebesar ¥2,500 (sekitar Rp.300,000,-) per orang seakan tiada artinya.



Kapal Laut / Perahu = Fune / ボート

14 Februari 2009

Happy Valentine's Day!


Saluran berita Tokyo MX meliput tentang hadiah-hadiah unik di hari kasih sayang tahun ini.

Mulai dari kaos yang menyerupai coklat sampe masakan mie ramen coklat. Hmm, rasanya gimana ya...




Di Jepang, adalah sesuatu yang telah menjadi "kebudayaan" bagi seorang perempuan untuk memberikan hadiah untuk pacarnya setiap tanggal 14 Febuari. Laki-laki malah dibilang aneh kalo kasih hadiah ke pacarnya lho!
jepang

Selamat hari kasih sayang ke semua pembaca Jepang.net!



Valentine's Day = Barentainde / バレンタインデー

13 Februari 2009

Rok Super-Mini


Kalo kamu (laki-laki) mau jalan-jalan ke Jepang, pastikan kamu mampir ke kota Niigata yang terletak di sebelah barat laut kepulauan Honshu.

Ada apa disana? Ada ini...

rok super mini

Yup. Ada banyak para murid perempuan yang memakai rok super mini.

Saking ngetrend-nya, sampe-sampe ada sebuah majalah fotografi di Jepang menjuluki prefektur Niigata sebagai prefektur yang memiliki rok paling mini se-Jepang!

Tentu para orangtua dan guru pada resah gelisah melihat tingkah laku "nakal" murid-murid perempuan mereka. Dewan guru dan depdik setempat sampe dibikin repot karena pada waktu pemeriksaan, semua para murid memakai rok ukuran standard. Teladan gitu.

Tapi, eh tapi, pas pemeriksaan selesai, mereka kembali memakai rok super mini kebanggaan mereka! Ck, ck, ck, pinter banget.

Rupanya rok mini telah menjadi tolak ukur fashion dan gaya hidup kawula muda disana, meskipun cuacanya dingin setengah mati. Niigata memang berhadapan langsung dengan laut Jepang, jadi jangan heran kalo orang indo yang mampir pasti pada sakit pilek semua. Hachii!

Tapi aneh... saya kok setuju-setuju aja ya?

jepang



Rok Mini = Minisuka-to / ミニスカート

12 Februari 2009

Hina Matsuri Termahal Di Dunia


Setelah membuat pohon natal termahal di dunia tahun lalu, Ginza Tanaka, sebuah outlet perhiasan terkenal di Jepang, mengeluarkan boneka-boneka Hina Matsuri termahal di dunia.



Kantor berita Reuters mengabarkan bahwa boneka-boneka 24 karat ini memang ditujukan untuk membawa angin segar pada masa resesi sekarang.

Harga sepasangnya "cuma" ¥11.000.000 atau sekitar Rp.1.400.000.000,-



Hari Perempuan = Hina Matsuri / 雛祭り

11 Februari 2009

Musium Philatelic Tokyo


Dalam rangka memperingati hari Valentine, mulai hari ini musium Philatelic Tokyo akan memberikan cap khusus berbentuk hati di semua surat yang akan dikirim melalui mereka.

jepang

Musium Philatelic Tokyo yang terletak di kawasan Toshima adalah peninggalan Meiso Mizuhara (1924-1993), filatelis pertama di Jepang.

Gedung megah berlantai empat tersebut memiliki koleksi perangko lebih dari 250,000 jenis dari seluruh dunia, mulai dari yang tertua yaitu Penny Black keluaran tahun 1840 dari Inggris sampe ke perangko-perangko anime jaman sekarang.

Perangko Dragon Penny keluaran tahun 1871 adalah perangko pertama buatan Jepang.

1871


Harga tiketnya cuma ¥200 (Rp. 20.000,-) untuk dewasa dan ¥100 (Rp. 10.000,-) untuk anak-anak. Atau, kalo kamu mau menyumbangkan perangko kamu yang gak kepake lagi, kamu bisa masuk gratis.

Alamat: 1-4-23 Mejiro Toshima-ku, Tokyo 171-0031
Tlp: +81-3-5951-3331
Fax: +81-3-5951-3332


Perangko = Sutanpu / スタンプ

10 Februari 2009

Kucing Romantis?


Coba perhatikan apa ada yang aneh dengan kucing di video ini? ...



Kalo kamu penasaran, nama kucingnya Zoro.



Kucing = Neko / 猫

09 Februari 2009

Polisi Jepang Menggunakan Wii


Entah polisi Jepang putus asa ato memang Wii terlalu laris.

Baru-baru ini polisi Jepang telah menyebarkan dan menempel poster-poster buruan mereka dengan gambar avatar Mii, sebuah fasilitas buat para pemilik konsol game Wii untuk menciptakan avatar diri sendiri.

polisi jepang

Wah, kalo begini terus, pelukis sketsa wajah bisa nganggur...

Sumber: www.telegraph.co.uk



Polisi = Keisatsu / 警察

08 Februari 2009

Leah Dizon Hamil


OK, berita ini bener-bener bisa bikin para pria marah besar.

Rupanya pernyataan wanita yang lahir pada 24 September 1986 ini ~ di sebuah konser tunggalnya tahun lalu ~ bener-bener terjadi. Leah Dizon memang hamil!

selebriti jepang leah dizon

Foto diatas diambil ketika Leah secara mengejutkan mengumumkan perihal kehamilannya tahun lalu. Semua yang hadir, termasuk para wartawan, kaget seakan-akan dunia sudah kiamat.

Pada tanggal 10 Febuari nanti, Leah akan mengadakan sebuah wawancara eksklusif di sebuah stasiun radio internet, Harajyuku Ameblo (AmebaStudio), dalam acara yang bertajuk "Leah Dizon & Ame-Sta 2nd Anniversary Special."

Leah Dizon akan mengungkapkan semuanya tentang karirnya, kehamilannya dan pernikahannya dengan seorang pria.

Bagi yang belum tau siapa itu Leah Dizon, sungguh tega kamu!

selebriti jepang leah dizon



Leah Dizon = リア・ディゾン

07 Februari 2009

J-Melo Awards 2008: L’Arc~en~Ciel


Kemaren, pemenang J-Melo Awards 2008 telah diumumkan! Hasilnya... Laruku berhasil meraih peringkat pertama untuk kedua kalinya berturut-turut!

jepang

Ini dia Top 10-nya...

1. L’Arc~en~Ciel
2. Arashi
3. Hey!Say!JUMP
4. melody.
5. KAT-TUN
6. NEWS
7. Tohoshinki
8. Hikaru Utada
9. ALICENINE.
10. YUI


jepang

J-Melo Awards adalah penghargaan yang diberikan oleh stasiun TV NHK kepada penyanyi Jepang (grup band maupun solo) yang paling sering di-request lagunya olah para penggemar dari seluruh dunia.

Berikut adalah daftar Top 10 negara-negara yang paling banyak mengirimkan email untuk me-request lagu...

1. Filipina
2. Amerika Serikat
3. Peru
4. Jepang
5. Indonesia!
6. Brasil
7. Kanada
8. Vietnam dan Nepal
9. Thailand
10. Saudi Arabia


Stasiun Televisi = Terebi Kyoku / テレビステーション

06 Februari 2009

Mau Beli Toilet Umum?


Sekali lagi berita tentang toilet.

Pemerintah daerah Shibuya, Tokyo, baru aja menawarkan 14 toilet umum-nya untuk dilelang. Tujuannya untuk menggalang dana sosial dan meningkatkan tingkat kebersihan toilet umum tersebut.

jepang


Mereka berharap bahwa beberapa toilet umum yang terletak di pusat keramaian seperti di jalan Omotesando dan stasiun Shibuya akan mendapatkan banyak tawaran.

Pemenang berhak untuk menamakan toilet umum tersebut dan menempelkan iklan selama 5 tahun, tapi mereka juga berkewajiban untuk menjaga kebersihannya setiap saat.

Wah, coba ide ini diterapkan di Indo...


Toilet = Toire / トイレ

05 Februari 2009

Kotak Perhiasan Seharga 50 Miliar


Sebuah kotak perhiasaan yang merupakan sebuah hadiah dari kerajaan Dinasti Tang, China, ke Kaisar Shomu, Jepang, pada abad ke-8 akan segera dilelang di Hong Kong minggu ini.

jepang

Balai lelang Sotheby’s, yang mengadakan acara lelang ini menyatakan bahwa harga kotak perhiasaan ini bisa mencapai Rp. 50 miliar.

Kotak persegi-delapan yang mempunyai panjang 35,6 cm dan dihiasi dengan mutiara ini dikirim dari seorang warga Jepang yang pernah tinggal di lokasi Great Eastern Temple (Todaiji) di prefektur Nara, kuil yang dibangun oleh kaisar Shomu.

jepang

Shomu adalah anak dari kaisar Mommu dan ratu Fujiwara no Miyako. Memerintah Jepang dari 3 Maret 724 sampai dengan 19 Agustus 749. Menikahi Fujiwara no Asukabe-hime (yang kemudian diangkat menjadi ratu Komyo) dan 3 wanita lain, dan memiliki 6 orang anak.

Shomu dan Komyo adalah pasangan kaisar dan ratu pertama di Jepang yang memutuskan untuk menjadi biksu / biksuni Buddha setelah turun dari tahta kekaisaran.



Kaisar = Tennou / 天皇

04 Februari 2009

Pengguna Kalkulator Tercepat Di Dunia


Kalo kamu bisa kalahin wanita di video ini, kasih tau saya...




Kalkulator = Dentaku / 電卓

03 Februari 2009

Gackt Menulis Blognya


Kemaren Gackt baru aja meng-update blognya. Ini dia terjemahannya...


Fordear,

Aku merasa bisa mati...

Aku merasa bisa mati sebelum pertunjukkan-ku di Tokyo...

Di saat seperti ini aku malah jatuh sakit tiba-tiba.

Aku berpikir, "Tubuh ini seperti sudah mati..."

Tidak perduli seberapa jauh aku membuat rencana, di saat seperti ini, kejadian-kejadian tidak menyenangkan akan muncul tanpa peringatan. Tapi, karena aku sudah hidup kembali (ke dunia musik), aku harusnya senang.

Lagipula, saat tubuhku dibebani dengan demam 40 derajat, sepertinya seseorang telah mengambil alih tenaga di seluruh tubuhku.

Aku harus sembuh total saat pertunjukkan-ku tiba.

Hari ini akan berlangsung dengan cepat.

Sampai kapanpun ini akan berakhir.

Sampai tiba saatnya aku bisa mati.

Gackt


Gackt.com

02 Februari 2009

Iklan Ini Pasti Dilarang Di Indo


Erika Toda rela "telanjang" untuk membintangi iklan Cup Noodle Light dengan moto ringan dan sehat (gak bikin gemuk maksudnya kali)...




Dan iklan Kyoko Uchida untuk produk yang sama...



Gimana menurut kamu? Ngaku aja, pasti kamu mau beli mie-nya kan?jepang
Follow Us

Like Us!

Total Pageviews

© Apa Saja Yang Terjadi Di Jepang? All rights reserved | Search by Google