31 Mei 2009

Nyanyi Karaoke Dengan Tenang


Kalo kamu hobi nyanyi karaoke, kamu harus coba produk yang satu ini.

nyanyi karaoke


Adalah JTT (Japan Trust Technology), perusahaan yang menciptakan dan menjual mikrophone unik ini. Tujuannya supaya kamu-kamu yang suka banget nyanyi karaoke di rumah, gak mengganggu ketenangan orang lain terutama pada malam hari karena suara kamu melebar kemana-mana.


nyanyi karaoke

Kamu bisa pasang mik ini di konsol Wii kamu atau colok di komputer melalui USB dan menyanyi dengan software game favorit kamu. Harganya 3,480 Yen ato sekitar Rp.350,000,- per buah.

Tapi yang bikin aku bingung 7 keliling samudra, bukannya yang berisik loudspeaker-nya???


30 Mei 2009

Hormati Geisha dan Maiko Dong!


Kementrian luar negri Jepang menerbitkan sebuah manga khusus untuk para turis mancanegara yang lagi jalan-jalan di Jepang...


maiko jepang


Intinya para Geisha dan Maiko meminta tolong kepada para turis untuk menghormati hak privasi mereka, karena selama ini para turis menyebarkan foto-foto mereka di Internet.

Kalo aku sih gimana ya... Soalnya kalo kita ke Jepang, kita rasanya "wajib" untuk memfoto para Geisha dan Maiko. Abis itu, ya kita pajang foto-foto mereka dengan bangga di situs/blog kita. Masa mau dilarang?

Tentu kalo kita sebarin ke situs yang gak bener, ya itu jelas gak boleh.

Kamu setuju kan?


29 Mei 2009

Wasabi / 山葵


Siapapun yang pernah makan sushi pasti tau yang namanya wasabi.

Wasabi adalah sejenis tanaman keluarga Brassicaceae (yang salah satu anggotanya adalah sayuran kol). Akar wasabi inilah yang menjadikannya terkenal di seluruh dunia sebagai teman mesra sushi yang pedasnya minta ampun.

wasabi jepang


Wasabi juga dipercaya banyak khasiatnya lho, seperti mencegah stroke, penyakit jantung, asma, osteoporosis, dan juga mencegah beberapa sel kanker. Sayang, semua ini belum ada bukti ilmiahnya.

Pasar-pasar tradisional di Jepang menjual wasabi dalam bentuk akar. Kalo di supermarket, selain dijual dalam bentuk bubuk kayak merica, wasabi juga dijual dalam bentuk tube kayak pasta gigi. Jadi tinggal pencet, terus dicocorin ke makanan.

wasabi jepang


Yang bikin wasabi unik, pedesnya gak pake lama di lidah. Berbeda dengan cabe rawit ala Indonesia yang pedesnya gak ilang-ilang meskipun udah minum air segentong.

Aku pernah coba wasabi di salah satu restoran Jepang di Jakarta. Saking pedesnya, aku sampe nangis keluar air mata, tenggorokan dan hidung juga mampet dua-duanya. Pahit dan pedes numpuk jadi satu. Rasanya bener-bener gak bisa dijelasin.

Banyak orang bilang kalo kamu harus coba makan wasabi minimal satu kali sebelum kamu meninggal.

Cobain deh.



Wasabi = 山葵

28 Mei 2009

Animator Jepang Melarat?


Jepang emang paling terkenal kalo soal anime.

Tapi kalo kamu pikir gaji animator Jepang cukup tinggi, kamu salah. Gaji resmi seorang animator muda (umur 20-30 tahun) cuma sekitar 1 juta yen atau kurang-lebih Rp.100,000,000 per tahun. Ini gaji standard terendah lho, kalo di Indo kita kenal dengan istilah UMR.

Selain itu, kondisi kerja para animator juga tidak memadai dengan jadwal yang super ketat, tidak ada upah lembur, tidak ada uang sakit, dll.

animator jepang


Jika dibandingkan dengan pendapatan film-film anime yang suksesnya mendunia seperti Death Note, Naruto, atau Bleach - maka para animator ini sungguh diperlakukan tidak adil.

Dari dulu pun saya kira para animator hidupnya kaya raya, gak taunya harus banyak berhemat juga.

Maka dari itu, asosiasi animator Jepang - Japan Animation Creators Association (JAniCA) mulai melakukan pembicaraan dengan petinggi-petinggi perusahaan dan pemilik studio anime untuk memperbaiki kondisi para animator Jepang.

Mudah-mudahan berhasil.

Japan Animation Creators Association

Animator = アニメータ

Bagikan

27 Mei 2009

Simpanse Di Kantor


Dia disuruh untuk gak macem-macem di kantor, melarang orang asing untuk masuk, dan dilarang ambil makanan dari kulkas.

Berhasil gak? Coba nonton simpanse ini deh...




26 Mei 2009

Konsumsi Sushi Menurun


Kementrian Agrikultur, Kehutanan dan Perikanan Jepang (MAFF) melaporkan bahwa konsumsi daging oleh orang Jepang sekarang lebih banyak daripada sushi.

jepang


Di tahun 2006, untuk pertama kalinya minat orang Jepang terhadap sushi kalah dibandingkan dengan daging ayam, sapi, dll. Dan dari tahun ke tahun, konsumsi sushi semakin menurun.

Menurut MAFF, ini disebabkan oleh perubahan gaya hidup orang Jepang. Para orang tua menganggap makanan laut (termasuk sushi) lebih repot dihidangkan daripada daging-daging lainnya, sedangkan anak-anak Jepang udah jarang makan bersama di dapur keluarga.

Ya mau gimana lagi? Doraemon aja makannya dorayaki melulu.

doraemon

25 Mei 2009

Mau Kuliah? Wajib Pake iPhone


Mulai tahun ajaran baru, semua mahasiswa/siswi universitas Aoyama Gakuin di fakultas Sosial Informatika wajib membawa iPhone!

iPhone jepang


Karena universitas yang berada di Shibuya-Tokyo ini udah bekerjasama dengan Softbank, salah satu raksasa telekomunikasi Jepang, maka biaya pembelian dan penggunaan iPhone tidak akan dibebankan ke orang tua.

Apa tujuan mewajibkan iPhone ini? Supaya komunikasi dan aktifitas mahasiswa/siswi tidak lagi terbelenggu oleh ruang dan waktu. iPhone akan digunakan untuk surat-menyurat dosen, mengirim tugas-tugas kuliah, menerima pengumuman-pengumuman dari kampus, dll.

iPhone jepang


Bagi yang sakit, mereka bisa menonton video perkuliahan dari rumah. Bagi yang ngantuk, bisa nge-facebook di kelas.

Dan juga, dengan adanya teknologi GPS, para dosen akhirnya bisa melacak dimana keberadaan para murid mereka. Apakah mereka los bolos? Ataukah mereka keluyuran di pachinko?

Mampus dech...

24 Mei 2009

Wanita Jepang Panjang Umur


Wanita Jepang boleh berbahagia karena mereka yang paling panjang umurnya.

Sebuah laporan baru aja keluar dari badan kesehatan dunia WHO yang menyebutkan bahwa tingkat kehidupan wanita Jepang adalah yang paling tinggi di dunia, yaitu sampe 86 tahun.

wanita jepang


Sebaliknya, para penduduk di sebuah negara kecil yang berada di selatan Afrika yaitu Sierra Leone mempunyai umur yang paling pendek di dunia. Baik pria maupun wanita, mereka hidup paling tidak sampe umur 39 tahun.

Mau tau Indonesia berada di urutan ke berapa?

Di peringkat 110 dengan rata-rata usia pria 68,7 tahun dan wanita 72,7 tahun. Ya banyak berdoalah.



Wanita = Onna / Fujin / 女の人

23 Mei 2009

15 Prefektur Paling Membosankan


3000 penduduk Jepang baru-baru ini ditanya mengenai prefektur mana saja yang paling tidak mereka peduli. Hasilnya adalah...

1. Shimane
2. Fukui
3. Saga
4. Tokushima
5. Tochigi
6. Oita
7. Yamaguchi
8. Tottori
9. Fukushima
10. Yamagata
11. Miyazaki
12. Iwate
13. Ishikawa
14. Gunma
15. Gifu
Prefektur Shimane adalah juaranya dengan populasi paling sedikit kedua di Jepang setelah Tottori. Saking sepinya, harga rumah disana 10 kali lebih murah jika dibandingkan dengan Tokyo!

Jadi gak beda jauh sama harga rumah di Jakarta.

shimane jepang
Rumah Ojisanjake


Dengan 79% kawasan Shimane yang ditutupi hutan dan banyaknya kakek-nenek yang kurang gaul, banyak orang (muda-mudi tentu saja) bilang kalo Shimane bener-bener membosankan. Boro-boro mall, pachinko aja jarang.

Tapi kalo kamu mau kedamaian yang sempurna, datanglah ke Shimane. Dijamin stress kamu hilang.

yunotsu jepang



Prefektur Shimane = Shimane-ken / 島根県

21 Mei 2009

Gackt Faraway


Gackt akhirnya mengeluarkan sedikit cuplikan dari single terbarunya Faraway yang akan direlease secara resmi pada tanggal 17 Juni nanti.

Kali ini Gackt menyanyi sedikit bersemangat, tidak seperti biasanya yang selalu keliatan gelap dan muram...



Apa Hubungan Flu Babi Dengan Karaoke?


Jawabannya gak ada. Gak ada hubungannya sama sekali.

Seperti yang telah diberitakan, pemerintah Jepang telah menutup lebih dari 4000 sekolah dan universitas di prefektur Hyogo dan Osaka guna mencegah penyebaran penyakit flu babi yang telah menjangkiti 170 orang.

Para murid disuruh untuk "belajar di rumah" selama 1 minggu penuh. Tapi apa yang terjadi? Mereka malah langsung cabut ke tempet karaoke untuk bernyanyi riang gembira!

karaoke


Para manajer di tempat karaoke pun bingung 12 keliling kenapa bisa kedatangan banyak pelanggan secara tiba-tiba, padahal seharusnya sepi karena ancaman flu babi.

Nah lho!

(Catatan: saya mungkin akan melakukan hal yang sama)

20 Mei 2009

Game Wii Yang Aneh: Muscle March


Muscle March adalah game terbaru yang dikeluarkan Bandai Namco untuk konsol Wii. Kalo kamu suka yang berotot-otot, kamu pasti suka yang satu ini.

Coba nonton deh iklan gamenya...



19 Mei 2009

Gackt Pembunuh Sadis?


Tampaknya Gackt sedang menanti hukuman mati...



... di dorama "Mr. Brain" yang dibintangi oleh Kimutaku.


18 Mei 2009

17 Mei 2009

Daftar Restoran Jepang

*Daftar restoran Jepang yang ada di Indonesia ini akan terus di-update. Kalau ada data yang tidak lengkap atau nama restoran yang tidak terdaftar, mohon diberitahu.


DKI JAKARTA

Ajitei
Pacific Place Mall Lt.5
(021) 579 73122

Aoki Japanese Cuisine
Hotel Gran Mahakam
Jl. Mahakam 1 No.6
(021) 725 8382

Beppu, The Grand
Plaza Indonesia Extension Lv.5
(021) 315 8501
Pondok Indah Mall Lv.3
(021) 751 3547
Mall Taman Anggrek Lv.4
(021) 560 9763

Bushido Japanese Restaurant
Hotel Sahid Jaya Tower, GF
Jl. Jendral Sudirman No.86
(021) 570 0723

Daidomon
Menara Mulia LG-07
Jl. Jendral Gatot Subroto Kav.9-11
(021) 521 0066

En Japanese Dining Bar
Plaza Indonesia EX Level 2
(021) 319 90203
Senayan City LG
Crystal Lagoon
(021) 7278 1603

Fukuten
Plaza Senayan Arcadia Level 1
(021) 579 01271

Hanei Shabu-Shabu
Pondok Indah Mall 2 Level 3
Restaurant Row
(021) 759 20890
Senayan City LG
(021) 727 81395
Grand Indonesia FD1 Level 3A
(021) 235 80535

Honzen
InterContinental Jakarta
MidPlaza Hotel Basement
Jl. Jendral Sudirman Kav.10-11
(021) 570 7796

IMAE Japanese Shabu-Shabu House
Pacific Place Mall Level 5
(021) 579 73177

Ippeke Komachi
Kelapa Gading Mall 3 LG
(021) 458 53722

Kado
InterContinental MidPlaza LG
Jl. Jend. Sudirman Kav.10-11
(021) 573 2030

Kamogawa Japanese Restaurant
Pavilion Apartment GF
Jl. KH Mas Mansyur Kav.24
(021) 574 1988 / 579 41737

Kirishima Japanese Restaurant
ANZ Tower Level 25
Jl. Jendral Sudirman Kav.33A
(021) 570 4851

Kou Fu Ku
Jl. Wijaya XIII No.45
(021) 723 7388

Machi Machi Japanese & Healthy Food
Jl. Senopati Raya No. 27-29
Kebayoran Baru
(021) 527 9939

Miki Ojisan No Mise (Cheesecake)
Pondok Indah Mall 2
South Sky Walk Bridge
(021) 759 20786
Mall Taman Anggrek LG
(021) 563 9697
Summarecon Serpong GF
(021) 546 3928

Opa Suki & Seafood Restaurant
Pondok Indah Mall 2 LG
(021) 7592 1062

Paregu Yakiniku & Shabu-Shabu Buffet
Jl. Sultan Iskandar Muda No.27
(021) 723 8938 / 40
Jl. KH Wahid Hasyim No.41B-C
(021) 391 5456 / 7
Kedoya Centre Blok A1-3
Jl. Raya Perjuangan
(021) 548 1177 / 5507

Poke Sushi
Ruko Darmawangsa Square
Jl. Darmawangsa VI No.6
(021) 727 80553
Crowne Plaza Hotel Level 3
Jl. Jendral Gatot Subroto Kav.2-3
(021) 522 0733
Pondok Indah Mall 2 Level 3
(021) 759 20422

Ra Sushi
Bellagio Boutique Mall GF
Kawasan Mega Kuningan
(021) 300 29970
Cilandak Town Square GF
(021) 759 20288

Sakana
Mid Plaza Building Basement
Jl. Jendral Sudirman Kav.10-11
(021) 574 6452

Sekitei
Graha Bimasena Level 2
Jl. Darmawangsa Raya No.39
Kebayoran Baru
(021) 725 4278

Shabu-Shabu House
Plaza Indonesia EX Level 1
(021) 319 09002
Senayan City LG, Crystal Lagoon
(021) 727 81609

Shima Japanese Restaurant
Hotel Aryaduta Main Lobby
Jl. Prapatan 44-48
(021) 984 4926

Sumibian
Chase Plaza Level 25
Jl. Jendral Sudirman Kav.21
(021) 570 0196

Sushi Hana
Mall Puri Indah Lt.2 Unit 236
(021) 582 2445 / 2446

Sushi Ippachi
Wisma Kyoei Prince Level 3
Jl. Jendral Sudirman Kav.3
(021) 572 3317 / 8

Sushi Mise
La Codefin GF
Jl. Kemang Raya No.8
(021) 718 3423

Takara Japanese Restaurant
Bellagio Boutique Mall G-15
Kawasan Mega Kuningan
(021) 913 01022

T'origami Sushi
Mall Pondok Indah 2 Lt.3 No.321-322
(021) 7592 0422 / 32

Umena Dori Kushi-Yaki
Sentral Senayan Level 1 Basement
(021) 579 39710

Yoshi Japanese Dining (All You Can Eat)
Darmawangsa Square City Walk Level 2
Jl. Darmawangsa VI
(021) 727 80788

Zhuma Japanese
Senayan City LG, Crystal Lagoon
(021) 727 81237
FX Lifestyle X'enter F2
(021) 255 54192



BALI

Aji Sai Sushi Cuisine
Komp. Kuta Galeria
Jl. Patih Jelantik Blok Etnik 12
(0361) 769 036

Dong Dong Japanese Dining
Jl. Raya Kuta 65, Kuta
(0361) 752 995

Kaito
Duty Free Mall Bali Galeria Lv.2
Jl. Bypass Ngurah Rai
(0361) 761 948

Kaizan
Jl. Laksamana No.33, Seminyak
(0361) 747 2324

Matsuri
Bali Collection Shopping Centre Blok A-21
Nusa Dua Tourism Area
(0361) 772 267

Ryoshi
Jl. Raya Seminyak No.17, Kuta
(0361) 731 152
Jl. Raya Ubud, Ubud
(0361) 972 192
Bali Garden Hotel Level 2
Jl. Kartika Plaza, Kuta
(0361) 766 302
Jl. Danau Tamblingan No.150, Sanur
(0361) 288 473

Sushi Bar Tsukiji Tei
Pertokoan Kuta Center Blok A3 / 1-2
Jl. Raya Kartika Plaza, Kuta
(0361) 765 198
Discovery Shopping Mall
Jl. Kartika Plaza, Kuta
(0361) 769 758
Bali Collection Shopping Centre Blok B-11
Nusa Dua Tourism Area
(0361) 778 921



SURABAYA

De' Sushi
Lenmarc Mall Lt.2 No.9
Jl. Manyar Kertoarjo V No.6-8
(031) 594 7938

Goota - Japanese Grill & Gelato Cafe
Pakuwon Indah CityWalk
(031) 739 0937
Mall Galaxy Extension
The Dining Town Lv.4
(031) 591 5995
Tunjungan Plaza Central Lv.5
(031) 532 6696

Murasaki Japanese Restaurant
Pakuwon Indah CityWalk LG
(031) 739 0155

Shabu-Shabu House
Surabaya Town Square, Plaza Level
(031) 563 2967

Surabaya Suki
Jl. Raya Gubeng No.34
(031) 501 5979

Sushi Mori
Jl. Dr. Soetomo No.97 E
(031) 568 8041

Tomodachi Cafe
Jl. Embong Ploso No.27
(031) 532 2627

Umeda Restaurant
MEX Building, Level 7 & 8
Jl. Pregolan No 1,3,5
(031) 548 3499



BANDUNG

Bandung Suki
Jl. Braga No.70
(022) 420 7452

Grand Eastern Suki
Jl. Cihampelas No.144A
(022) 820 62538

Saisan Japanese Cuisine
Jl. Dr. Setiabudi No.29 G-H
(022) 203 3279

Ta Yang Suki
Paskal Hyper Square Ruko 18-19A
Jl. Pasir Kaliki No.25-27
(022) 860 60591 / 2

Tomodachi Boutique Cafe
Jl. Sukajadi No.193
(022) 203 6755
Jl. Dr. Radjiman No.5
(022) 423 2296



MEDAN

Itcho Sushi Bar & Restaurant
Sun Plaza Level 3
(061) 450 1112

Oke Suki
Jl. Palang Merah No.170
(061) 455 5007 / 78

Sushi Tei
Jl. Teuku Daud No.6
(061) 451 5236

Tong's Soya Milk & Bean Curd
Jl. Kejaksaan No.7D
(061) 452 7905

Zhuma
Cambridge City Square
(061) 457 7392




SEMARANG

Aiko Yakiniku
Jl. MT. Haryono No.565 A
(024) 844 4468

Kobe Garden
Jl. Bukit Raya Kav.24-26, Bukit Sari
(024) 747 9543

Shabu-Shabu House
Komp. Ruko Murni
Jl. Gajah Mada No.144 Blok C&D
(024) 358 4020


restoran jepang


Restoran = Resutoran / レストラン



16 Mei 2009

Gitaris Berumur 8 Tahun!


Namanya Yuto Miyazawa.

Coba liat dia beraksi...



Keren abis!

15 Mei 2009

Utada Hikaru Sakit di AS


Peritonsillitis adalah semacam penyakit tenggorokan yang bermula di tonsil (belakang gigi graham).

Sayangnya, penyakit ini lagi mampir di tenggorokannya Utada pada saat dia mau mempromosikan album terbarunya "Come Back to Me" di Amerika. Jadi dia terpaksa membatalkan semua acara sampe bener-bener sembuh.
jepang




14 Mei 2009

Emiri Miyasaka Calon Miss Universe


Emiri Miyasaka akhirnya terpilih untuk menjadi wakil Jepang dalam ajang ratu sejagat / Miss Universe yang ke-58 di Kepulauan Bahamas pada tanggal 23 Agustus 2009.

Emily Miyasaka


Cantik gak?

13 Mei 2009

Untuk Laki-Laki: Mau Buang Air Kecil?


Sebelum pipis, pake dulu produk yang satu ini...

buang air kecil


Untuk apa sih? Ya untuk ini...

pipis


Produk buatan House Doctor ini namanya "Tenshi no Hizamakura" atau Bantal Lutut Malaikat. Gunanya untuk mengurangi cipratan air pipis laki-laki saat mengerjakan tugasnya.

Kalo ketinggian, cipratannya kemana-mana. Kalo sambil duduk, juga gak nikmat. Makanya yang tepat ya sambil jongkok.

Bener-bener cuma ada di Jepang. jepang

12 Mei 2009

The Best Mother Awards 2009


Dalam rangka memperingati hari ibu yang diselenggarakan di Jepang pada hari minggu kedua bulan Mei, orang-orang Jepang telah memilih para artis wanita untuk menjadi panutan sebagai ibu terbaik se-Jepang.

Eriko Imai, anggota grup pop SPEED yang baru berumur 25 tahun ini berhasil meraih "The Best Mother Awards 2009" di kategori musik...

Eriko Imai


Narumi Yasuda (42) mencaplok di kategori entertainment...

Narumi Yasuda


Model Chieko Kuroda (47) nyangkut di kategori budaya...

Chieko Kuroda

Sedangkan Kaori Sasaki (49) sikat di kategori bisnis, dan penyanyi Machi Tawachi (46) membabat di kategori seni.

Di hari minggu kemaren aku juga traktir mamaku hoka-hoka bento lhoo. (^_^)

11 Mei 2009

Mau Beli Semangka Seharga 1,6 Juta?


Pernah lihat semangka berbentuk hati?

Hiroichi Kimura dan istrinya dari Kumamoto udah berusaha selama 3 tahun lamanya untuk menciptakan semangka yang bentuk hati-nya sempurna. Sekarang mereka telah berhasil dan menjualnya dengan harga 15,750 yen atau sekitar Rp.1,6 jutaan.

Mau beli?

semangka jepang


Hmm, kayaknya di China juga ada deh...

10 Mei 2009

RoboCup Japan Open 2009


222 tim beranggotakan 700 orang dari 6 negara (Amerika, China, Thailand, Spanyol, Brazil, dan tuan rumah Jepang) kumpul ke Osaka untuk bertempur.

Kyocera Dome adalah tempat diadakannya RoboCup Japan Open 2009, sebuah turnament tingkat dunia yang mempertandingkan kecanggihan teknologi masing-masing negara dalam pertandingan sepakbola robot.



teknologi jepang


Kapan Indonesia bisa ikut ya?

09 Mei 2009

Kontes Nakizumo!


Nakizumo adalah sebuah kompetisi dimana para pesumo "memaksa" bayi-bayi untuk menangis sekencang mungkin. Yang juara tentu yang paling kencang tangisannya.

Ini dia videonya...




Orang Jepang percaya bahwa bayi yang bisa menangis dengan kencang, maka dia bisa tumbuh dengan sehat.

08 Mei 2009

Obesitas: Jepang No.2 Di Dunia


Mungkin berita ini udah gak heran lagi.

Jepang tercatat mempunyai tingkat obesitas terendah kedua di dunia setelah Korea. Yup, Korea menduduki peringkat pertama dengan obesitas yang hampir gak ada menurut data dari OECD (Organisation for Economic Cooperation and Development).

jepang langsing


Sedangkan Amerika adalah negara yang mempunyai tingkat obesitas tertinggi di dunia. Orang Perancis mungkin bisa dibilang yang paling malas di dunia dengan waktu tidur rata-rata 9 jam dan waktu makan 2 jam setiap harinya.

Korea dan Jepang termasuk yang paling rajin bangun pagi dengan waktu tidur 7,8 jam setiap harinya. Tapi data dari OECD ini gak termasuk negara-nagara berkembang lho.

07 Mei 2009

Jepang Kekurangan Anak Kecil


Data terbaru dari departemen dalam negeri Jepang menyebutkan bahwa anak kecil berumur dibawah 15 tahun di Jepang hanya berjumlah 17.14 juta jiwa terhitung dari tanggal 1 April 2009.

anak jepang

Anak laki-lakinya ada 8,78 juta dan anak perempuannya 8,35 juta. Jumlah ini adalah yang terendah sejak 1982.

Jepang terus saja merosot dalam hal punya anak, sedangkan orang tuanya malah makin banyak. Ini berbanding terbalik dengan Indo, yang punya anak sampe bisa bikin kesebelasan sepakbola dalam satu keluarga.

06 Mei 2009

Mati Pun Mahal


Di Jepang, mati pun mahal.

Seberapa mahal? Menurut Japan Consumer's Association, keluarga Jepang mengeluarkan biaya rata-rata 1,5 juta yen (atau sekitar 150 juta lebih) untuk setiap upacara pemakaman.

pemakaman jepang


Ini gak heran karena Jepang secara umum adalah salah satu negara dengan biaya hidup termahal di dunia. Selain itu, orang Jepang tidak suka hitung-hitungan dengan yang sudah mati. Mereka tidak mau dianggap "kok sama ayah/ibu/anak sendiri, udah mati masih perhitungan sih?" gitu.

Perusahaan pemakaman tentu memanfaatkan keadaan ini. Mereka banyak menjual segala macam tetek benget yang gak penting dan menaikkan semua harganya sampe setinggi langit. Kalo perlu, sampe setinggi surga!




Kata orang Indo, kalo miskin jangan sakit, apalagi mati. Makanya gak ada kan orang Indo yang mati di Jepang?

05 Mei 2009

Tango No Sekku / Kodomo no Hi


Kalo para gadis Jepang ada festival Hina Matsuri, maka pada tanggal 5 Mei ini, gantian para lelakinya yang merayakan hari Kodomo no Hi.

Pada mulanya, perayaan ini dinamakan Tango No Sekku (端午の節句), semacam perayaan untuk menandai datangnya musim panas dan dirayakan di hari kelima di bulan kelima. Di jaman modern ini dikenal juga sebagai harinya anak laki-laki.




Nah di hari inilah para keluarga Jepang memasang bendera ikan koi satu untuk setiap laki-laki (baik ayah maupun anak), yang menurut legenda China; ikan koi bisa berubah menjadi naga yang bisa menerjang apapun (alias kuat) dan membawa keberuntungan.

Yang berwarna hitam dan berukuran paling besar untuk sang ayah, yang berwarna merah untuk anak tertua, dan yang berukuran kecil untuk anak lebih kecil.




Di tahun 1948, pemerintah Jepang secara resmi menjadikan hari Kodomo no Hi sebagai hari libur nasional. Inilah yang membuat beberapa orang Jepang berpikir kenapa Hina Matsuri gak dijadikan hari libur nasional juga? Gak adil untuk para gadis kan?



Bendera Ikan Koi = Koinobori / 鯉幟

04 Mei 2009

03 Mei 2009

Tokyo: 13 Juta


Berdasarkan perhitungan pemda Tokyo, jumlah total penduduk Tokyo terhitung dari tanggal 1 April 2009, adalah 12,942,366 orang.

Hampir 13 juta orang dengan jumlah wanitanya 6,502,937 dan pria 6,439,429 orang. Jakarta aja "cuma" 8 jutaan (2008) gitu lho.

tokyo jepang


Tokyo juga mengkokohkan dirinya sebagai kota termahal di dunia, alias kota dengan biaya hidup tertinggi di tahun 2009.

tokyo jepang



Situs resmi kota Tokyo: www.metro.tokyo.jp


Tokyo = 東京

02 Mei 2009

Laba-Laba Raksasa Di Yokohama


Laba-laba raksasa buatan La Machine sedang "menginvasi" Yokohama, Jepang, dalam rangka memperingati 150 tahun peresmian kota pelabuhan tersebut.




La Machine adalah perusahaan dari Perancis yang memproduksi mesin-mesin skala industri untuk pertunjukkan seni.
Follow Us

Like Us!

Total Pageviews

© Apa Saja Yang Terjadi Di Jepang? All rights reserved | Search by Google