31 Agustus 2009

Jalan-Jalan Di Jepang


Ini ada sebuah video orang Amerika sedang jalan-jalan di Jepang. Nikmatilah video ini untuk mencerahkan hari senin kamu...





29 Agustus 2009

Pengangguran Di Jepang Meningkat


Ada pakar ekonomi yang bilang bahwa krisis ekonomi di Jepang telah selesai. Mungkin aja. Tapi sayang, efeknya belom selesai.

Tingkat pengangguran di Jepang rupanya meningkat 5,7% di bulan Juli dengan 3,590,000 orang kehilangan pekerjaan. Ini adalah angka yang tertinggi sejak perang dunia kedua.

pengangguran di jepang

Perusahaan-perusahaan besar seperti Toyota Motor Corp dan Japan Airlines masih akan terus memangkas karyawan mereka sampai akhir tahun 2009. Tidak jelas kapan rakyat Jepang bisa menghela napas lega.



28 Agustus 2009

Jangan Bawa Benda Tajam Di Jepang


Bagi kamu-kamu yang ada rencana untuk pergi ke Jepang, jangan sekali-kali membawa benda tajam sekecil apapun. Salah-salah kamu bisa dipenjara lebih dari seminggu.

Seperti yang dialami seorang warga Amerika berumur 74 tahun kira-kira 2 minggu yang lalu. Dia hanya seorang turis yang sedang menanyakan arah toko buku Kinokuniya di Shinjuku, Tokyo ke dua orang polisi jaga saat itu.

Eh, malah kena tangkep dan dipenjara selama 10 hari karena membawa sebuah pisau kecil - itupun berkat seorang pengacara dan seorang penterjemah yang ikut membantu. Kalau tidak ada mereka, mungkin bisa sebulan di dalam penjara!

Pisau kecil itu diduga hanya sebuah pisau serba guna yang sering kita lihat dimana-mana, tapi tampaknya polisi Jepang menganggapnya terlalu serius.

pisau kecil

Hukum di Jepang mengatakan bahwa benda tajam yang panjangnya lebih dari 5,5 cm sudah termasuk benda yang berbahaya. Mungkin polisinya terlalu banyak nonton Naruto.



27 Agustus 2009

Menikah Di Bawah Gundam Raksasa


Pasangan yang beruntung untuk menikah di bawah Gundam raksasa akhirnya melangsungkan pernikahannya kemaren malam...

Menikah Di Bawah Gundam

Menikah Di Bawah Gundam



Foto-foto selengkapnya ada di www.shibuya246.com



26 Agustus 2009

Stress? Beli Robot Dong


Pada saat ekonomi Jepang sedang jatuh, penjualan robot malah meningkat 30-80% tahun ini. Tapi bukan robot sembarangan, melainkan robot binatang peliharaan seperti anjing dan kucing.

robot kucing jepang

Robot-robot ini emang sengaja dibikin semirip mungkin dengan yang asli. Mereka dilengkapi sensor canggih untuk melihat gerakan manusia, merasakan sentuhan tangan, dan mengeluarkan suara jika sedang manja-manjanya.

Memelihara robot-robot ini tentu gak merepotkan jika dibandingkan dengan merawat binatang peliharaan yang asli. Bersih, lucu, dan yang paling penting, bisa menghilangkan stress kata orang Jepang.

Ini videonya...

Harganya mulai dari 10.000 yen di Sega Toys.



25 Agustus 2009

Takut Makanan Kadaluarsa?


Pernah gak beli makanan yang tanggal kadaluarsanya tinggal beberapa hari lagi atau bahkan udah lewat - alias basi?

Para produsen emang ada yang sengaja mencetak tanggal kadaluarsa produk mereka sekecil dan seburam mungkin dengan harapan kita gak terlalu memperhatikannya, kemudian membeli produk tersebut.

Di Jepang, orang mungkin gak usah takut beli makanan kadaluarsa lagi.


makanan kadaluarsa jepang


To-Genkyo telah menciptakan sebuah label makanan yang cerdik. Labelnya tinggal ditempel di plastik atau kaleng sebuah produk makanan, jika tanggal kadaluarsanya semakin dekat, maka label itu akan berubah warna menjadi biru.

Dan jika tanggal kadaluarsanya udah lewat, label tersebut akan berubah total menjadi biru tua sehingga para konsumen tidak bisa melihat nama produk tersebut. Dengan begini tidak akan ada lagi orang yang salah beli.



24 Agustus 2009

Sepeda Listrik Semakin Populer Di Jepang


Chie Igawa adalah bagian dari tren perubahan yang terjadi di jalanan-jalanan Jepang.

sepeda listrik jepang

Ibu rumah tangga berumur 36 tahun ini setiap harinya membonceng kedua anaknya dengan sepeda tanpa harus keluar keringat dan memperhatikan peraturan lalu lintas.

Yup, penjualan sepeda bertenaga listrik yang ramah lingkungan memang sedang menanjak tinggi di Jepang. Bahkan pada tahun 2008 lalu, penjualan sepeda Yamaha dan Panasonic sudah melewati penjualan sepeda motor mereka.


sepeda listrik jepang


"Saya mulai menggunakan sepeda listrik ini sejak beberapa bulan yang lalu," kata Igawa, yang sedang sibuk mengikat kedua anaknya dengan sabuk pengaman. "Kita tidak bisa membawa anak-anak seperti ini dengan sepeda motor karena melanggar hukum."

Sepeda listrik Panasonic Hybrid yang paling canggih mampu berjalan sepanjang 182 km dalam sekali charging. Harganya sekitar 100,000 - 150,000 yen doang(!).

sepeda listrik jepang



Sepeda = Jitensha / 自転車

23 Agustus 2009

Tempat Pemakaman Anjing Di Jepang


Di negara-negara maju binatang peliharaan seperti anjing memang banyak yang mendapatkan perhatian khusus. Terutama di Jepang, dimana banyak para manula yang membutuhkan bantuan anjing pemandu ato sekedar untuk menemani yang kesepian.


melayat di tempat pemakaman anjing

Banyak anjing-anjing yang sudah meninggal dikuburkan di tempat pemakaman khusus anjing yang tersebar di seluruh Jepang. Salah satunya ada di Sapporo, utara Jepang, dimana Iragashi Maki sedang berkunjung untuk melayat anjing kesayangannya (foto atas).


anjing tua sedang dirawat

Keiko Tsuji, sang pengurus anjing-anjing tua di Sapporo sedang memberi makan Rick, anjing pemandu yang telah pensiun. Rick yang sudah berumur 16 tahun tidak bisa berjalan lagi. Dia hanya bisa terbaring lemas menunggu waktunya tiba...

anjing tua



22 Agustus 2009

Software Gratis: Bikin Anime Karaktermu!


Pernah gak dari dulu kepengen punya karakter anime sendiri?

Nah sekarang kamu bisa bikin karakter anime kamu sendiri dengan software Anime Character buatan K.Hmix!

karakter anime jepang

Klik disini untuk download software-nya secara gratis!

Meskipun software bahasa Jepang, jangan takut. Cara pakenya gampang kok. Ini karakter yang aku buat...

karakter anime jepang

karakter anime jepang



21 Agustus 2009

Inggris Melarang Film Horror Jepang!


Mau tau seberapa serem dan sadisnya film Jepang?

Coba nonton film horror terbaru Jepang; Gurotesuku (bahasa Inggris: Grotesque / bahasa Indonesia: kurang lebih artinya 'pemandangan yang menjijikkan')

jepang


Film arahan sutradara Koji Shiraishi yang khusus diproduksi hanya untuk DVD ini baru aja dilarang untuk diedarkan di seluruh Inggris Raya. British Board of Film Classification (BBFC), badan yang mensensor film-film di Inggris ini menyatakan bahwa keputusan mereka sudah final.

Padahal Inggris terkenal toleransinya yang sangat tinggi dalam menilai film. Alhasil, dalam 4 tahun terakhir ini, setelah lebih dari 40,000 judul film yang diperiksa, hanya ada 2 film yang dilarang total.

Dan salah satunya ya Gurotesuku ini.

Kata mereka film ini terdapat adegan-adegan yang terlalu sadis, seperti amputasi, pengebirian, dan pengeluaran isi daging (wow!). Bagi yang udah nonton, kasih tau ya.


Bagikan

20 Agustus 2009

Wawancara Miss Japan / Universe 2009


Berikut adalah video wawancara Miss Japan, Emiri Miyasaka, dalam ajang Miss Universe 2009...




Dan ini adalah video Miss Japan sedang beraksi...





19 Agustus 2009

Wanita Jepang Main Rodeo Babi


Ada-ada aja ya orang Jepang. Belom kapok apa kena flu babi beberapa waktu yang lalu? Ato emang sengaja untuk mensosialisasikan babi yang sehat?

Ini dia videonya...



Update: kegiatan rodeo babi ini adalah kegiatan tahunan "Mikame Summer Festival" yang diadakan di kota kecil Mikame, Seiyo, Jepang.



18 Agustus 2009

Robot Manekin Mendorong Penjualan


Kamu tau boneka-boneka manekin yang dipake untuk memajang busana di toko baju?

Di Tokyo, boneka-boneka manekin itu menjadi "hidup" berkat teknologi canggih Flower Robotics, perusahaan yang khusus merancang robot-robot fashion.

robot manekin jepang


Sang bos, Tatsuya Matsui berkata bahwa robot seperti ini bisa mendorong para konsumen untuk membeli baju karena mereka seperti melihat semacam peragaan busana.

Palette, demikian nama robot manekin tersebut, meliuk-liukan tangannya dengan lembut dan gemulai guna menarik perhatian calon pembeli. Tentu fashion tidak bisa dipisahkan dari perhiasaan, alhasil Tatsuya juga merancang yang khusus untuk memajang kalung dan anting yang gemerlap.

robot manekin jepang


Mau tau kenapa robotnya tidak berwajah? Itu karena Tatsuya ingin para calon pembeli untuk memusatkan perhatiannya ke busana yang dipakai, bukan wajah manekinnya yang cantik.

Ditambah dengan sensor gerak yang ditanam dalem kepala, boneka manekin ini tidak akan memperagakan busananya jika tidak ada orang di dekat. Menghemat listrik maksudnya.

Saat ini Flower Robotics sedang mempersiapkan teknologi yang lebih canggih lagi sehingga di masa depan Palette bisa mengenali calon pembeli yang sedang melihat-lihat baju.

robot manekin jepang


Bagaimana dengan harganya? Umm, begini aja deh... satu buah Palette di Tokyo harganya sama dengan satu buah rumah di Jakarta. Rumah yang gedeee.



17 Agustus 2009

Selamat Hari Kemerdekaan Indonesia!


Hari ini pasti banyak yang bilang "I love Monday!"

bendera indonesia

幸せな独立記念日!

16 Agustus 2009

Jepang Adalah Bangsa Termesum Di Dunia


Para pengguna Internet di Guangzhou, Shanghai dan Beijing rupanya menilai bangsa Jepang adalah bangsa yang termesum di dunia.

jepang


Hasil survey yang dilakukan oleh situs portal di China tersebut secara meyakinkan menjagokan bangsa Jepang jauh diatas bangsa-bangsa lain di dunia karena para responden melihat lebih banyak film-film *dewasa* Jepang (bajakan) di pasar gelap.

Bahkan Amerika Serikat yang duduk di peringkat kedua masih jauh tertinggal nilainya. Disusul Korea Selatan, Perancis, China, Italia, Arab Saudi, Spanyol, Inggris, Thailand, Vietnam, Rusia, Brazil, India, dan Mesir.

jepang


Apa kamu setuju kalo bangsa Jepang adalah bangsa yang termesum di dunia?



15 Agustus 2009

Anak Bakar Rumah Gara-Gara Gundam


Jadi otaku sejati ya sah-sah aja. Tapi kalo sampe bakar rumah sendiri, itu kelewatan namanya.

Polisi di kota Kasai (deket Kobe) telah menahan Yoshifumi Takabe karena telah membakar rumahnya sendiri. Tersangka diduga menyiramkan minyak tanah di kamarnya sendiri lalu menyulutnya dengan korek api.

Kemudian api menyebar dengan cepat ke seluruh rumah berlantai dua yang setengahnya terbuat dari kayu. Polisi menyebutkan juga kalo sang tersangka telah menyirami tubuhnya sendiri dengan minyak, tapi sayang belom sempet kebakar.

Apa penyebabnya?

Rupanya dia sangat marah, kecewa, dan stress berat karena sang ibu membuang semua koleksi gundam-nya ke tong sampah.


koleksi gundam


Oh ya, ngomong-ngomong, Yoshifumi Takabe itu seorang karyawan pabrik berumur 29 tahun lho.



14 Agustus 2009

Namie Amuro Ikon Fashion #1 Di Jepang


Tsutaya Online mengumumkan bahwa Namie Amuro adalah ikon fashion #1 di Jepang untuk tahun 2009!

Namie Amuro

Penyanyi J-pop kelahiran Okinawa 20 September 1977 ini emang terkenal modis sejak pertama kali nongol di layar TV tahun 90-an.

Tapi saya rada kecewa dikit. Kenapa artis favorit saya berada di #2?

Ayumi Hamasaki (beserta semua fansnya) harus puas berada di urutan runner-up. Artis kelahiran Fukuoka 2 October 1978 ini rasanya pantes banget duduk di tahta fashion Jepang lho.

Ayumi Hamasaki

Di urutan ketiga adalah seorang model iklan, Yukina Kinoshita. Idol Jepang kelahiran Katsushika, Tokyo, 4 Desember 1987 ini emang masih "anget" alias gak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan Namie atau Ayumi, tapi siapa yang bisa memalingkan wajahnya dari idol seksi ini?

Yukina Kinoshita


Berikut hasil Top 10 Japanese Tsutaya Fashion Icons 2009 selengkapnya...

1. Namie Amuro (penyanyi)
2. Ayumi Hamasaki (penyanyi)
3. Yukina Kinoshita (model / idol)
4. Becky (aktris)
5. Tsubasa Masuwaka (model)
6. Kaela Kimura (penyanyi)
7. Erika Toda (aktris)
8. Rinka (fashion model / penyanyi)
9. Aragaki Yui (fashion model / aktris)
10. Nozomi Sasaki (fashion model)


13 Agustus 2009

Bank Gigi Pertama Di Dunia


Kalo kamu pernah mengalami yang namanya gigi copot, keropos, atau berlubang, harusnya kamu tau betapa pentingnya gigi itu.

Kita bisa menikmati makanan kita karena kita mempunyai gigi yang kuat. Itu sebabnya orang ompong gak bisa makan yakiniku, sukiyaki, ataupun harakiri. Tapi seiring dengan usia kita yang bertambah tua, tentu gigi kita bisa copot dengan sendirinya.

Untuk mengatasinya, didirikanlah yang namanya Bank Gigi.

bank gigi di jepangPendirinya bukan peri gigi, melainkan pihak universitas Hiroshima di Jepang.

Di bank gigi inilah gigi-gigi para pasien disimpan, dibekukan dan diawetkan selama bertahun-tahun hingga paling lama 40 tahun. Bank gigi di universitas Hiroshima ini adalah yang pertama di dunia.

Sejak dulu kita telah mengenal gigi palsu yang dibikin khusus untuk setiap kakek dan nenek kita, tapi dengan adanya bank gigi ini, kita gak perlu pesan gigi palsu lagi.

Prosesnya seperti ini...

bank gigi di jepang



Gigi = Ha / 歯

12 Agustus 2009

Siapa Bilang Kucing Suka Ikan?


Kucing piaraan Takeguchi ini tampaknya menolak daging ikan tuna ketika diberi pilihan daging cumi...




Dasar cumi...



10 Agustus 2009

Bagaimana Caranya Mencari Suami?


Para wanita karir di Jepang bener-bener gak sempet untuk urusan cinta. Pekerjaan mereka menumpuk, pulang kantor selalu telat, uang mereka gak habis-habis... jadi mana sempet cari suami?

Di kota besar seperti Tokyo ada aja tempet yang bisa memberikan kehangatan seorang pria kepada wanita karir yang gak sempet cari suami. Nama tradisinya adalah "konkatsu" atau "memburu pasangan nikah."

Tempat-tempat untuk konkatsu bisa berupa restoran, bar, kafe sampe kuil yang bisa menyelenggarakan sebuah acara khusus untuk para wanita lajang yang mencari cinta.

Acara-acaranya harus dirancang sedemikian rupa untuk mencairkan suasana tegang bagi kedua pasangan, seperti contohnya kelas memasak yang romantis.

jepang


Kedua pasangan pun ikut pelajaran memasak dengan saling bantu dan menyuapi satu sama lain. Atau di kuil, mereka bisa ikut berdoa dengan acara minum teh bersama (biayanya 6,000 yen lho).

Tapi anehnya para pria banyakan malah gak mau!

Tomoaki Takai, pria lajang berumur 26 tahun, sebenarnya tidak menentang ide konkatsu. "Tapi kalo ada wanita yang bilang 'aku sedang konkatsu' - gomenasai deh."



Konkatsu = 婚カツ

09 Agustus 2009

Robot Membuat Mie Ramen


Pelan tapi pasti, para robot mulai berperan dalam kehidupan manusia di Jepang. Pelan tapi pasti, para robot mulai mengambil pekerjaan-pekerjaan yang biasanya hanya bisa dikerjakan oleh manusia.

Sekarang ada robot yang memasak dan menyiapkan hidangan mie ramen untuk para pelanggan di sebuah restoran Tokyo...




Tomio Sugiura, presiden direktur Sugiura Kikai Sekkei, perusahaan yang menciptakan robot-robot kuliner mengatakan bahwa suatu hari nanti semua keluarga di Jepang akan memiliki robot kokinya masing-masing.

Pernah nonton film "I, Robot" yang dibintangi Will Smith? Yup, seperti itu.



08 Agustus 2009

Hiroshima vs Little Boy


Tanggal 6 Agustus kemaren adalah hari peringatan yang ke-64 atas jatuhnya "Little Boy" - bom atom milik AS -- di kota Hiroshima yang menewaskan lebih dari 140,000 jiwa.




Hiroshima = Hiroshima-shi / 広島市

07 Agustus 2009

Kepanasan Waktu Pake Dasi?


Kalo kamu salah satu orang yang gak suka pake dasi, atau memang kepanasan waktu pake dasi, kamu harus coba produk yang satu ini.

Namanya Dasi Pendingin. Fungsinya ya mendinginkan kamu, karena dasi unik ini dipasang kipas kecil yang bisa dioperasikan melalui USB di komputer ato laptop kamu. Praktis kan?



Yang beginian ini cuma ada di Jepang.



06 Agustus 2009

20th Century Boys


20th Century Boys adalah film trilogi fiksi ilmiah yang diadaptasi dari manga karangan Naoki Urasawa. Film ini disebut-sebut sebagai film terbesar, termahal dan terbanyak karakternya di Jepang dengan dana lebih dari 6 miliar yen!

20th Century Boys


Chapter 1 dimulai di tahun 1969, bercerita tentang rencana sang tokoh antagonis bernama "Friend" yang membangun sebuah kelompok bawah tanah untuk memusnahkan bumi. Sedangkan Kenji, Otcho, Yoshitsune dan Maruo harus mencari cara untuk mencegah kepunahan umat manusia.


Para pemain 20th Century Boys Chapter 1:

para pemain 20th Century Boys 1

Trailer 20th Century Boys Chapter 1:




Di sequel kedua ini dunia mulai percaya kepada Friend. Pada tahun 2015, Friend masuk ke dunia politik dan menjadi semacam presiden. Orang-orang percaya bahwa jika Friend memimpin maka dunia akan damai selamanya.

Kanna, keponakan Kenji, adalah satu-satunya harapan untuk menghentikan Friend. Apakah dia berhasil?

Para pemain 20th Century Boys Chapter 2:

para pemain 20th Century Boys 2

Trailer 20th Century Boys Chapter 2:





20th Century Boys = Nijusseiki Shōnen / 20世紀少年

05 Agustus 2009

Dinosaur Expo 2009


Kota Chiba akan menjadi rumah bagi ratusan dinosaurus-dinosaurus raksasa sampai dengan tanggal 27 September 2009.

Dinosaur Expo 2009


Pagelaran akbar Dinosaur Expo 2009 dengan tema "The Miracle of Deserts" akan diadakan di Gedung Makuhari Messe International Convention Complex. Tiket masuk: ¥2,500.

Ini dia videonya...



Download wallpaper gratisnya: 1280x1024 - 1280x800 - 800x600


Dinosaurus = 恐竜

04 Agustus 2009

Kejuaraan Dunia Cosplay 2009!


15 negara di dunia berkumpul dan berkompetisi untuk menjadi yang terbaik dalam ajang Kejuaraan Dunia Cosplay 2009 di Nagoya, Jepang.

Kejuaraan Dunia Cosplay 2009


Lebih dari 500 peserta dari Australia, Brazil, China, Denmark, Finlandia, Perancis, Jerman, Italia, Meksiko, Singapura, Korea Selatan, Spanyol, Thailand, Amerika Serikat, dan tentu saja Jepang yang berdandan ala anime/manga benar-benar memanfaatkan kesempatan emas ini untuk menyalurkan hobi mereka sebagai otaku mania.

Lalu siapa yang menjadi juara pertamanya? Siapa lagi kalo bukan Jepang!

Dua orang perempuan muda, YuRi dan RiE, bergaya sebagai samurai warrior dalam game playstation berjudul "Sengoku Basara" (Devil Kings).

Kejuaraan Dunia Cosplay 2009

Kejuaraan Dunia Cosplay 2009

Spanyol yang diwakili pasangan Bereniç Serrano dan Laura Fernández berkostum "Candy Candy" diluar dugaan mampu menyabet juara kedua.

Kejuaraan Dunia Cosplay 2009

Kejuaraan Dunia Cosplay 2009

Dari Amerika Serikat, Elizabeth Licata dan India Davis harus gembira di tempat ketiga...

Kejuaraan Dunia Cosplay 2009


Ini video para peserta yang disambut langsung oleh menteri luar negri Jepang...



Catatan: Sejak kejuaraan ini berlangsung dari tahun 2005, baru tahun ini Jepang menjadi juara pertama. :(



03 Agustus 2009

Hadiah CD/DVD Langsung Dari Jepang!


Then Mollissa (http://profiles.friendster.com/17344421), pemenang program hadiah Jepangnet telah mendapatkan hadiahnya langsung dari Jepang!

Mollissa sebenarnya udah kirim foto-foto hadiahnya dari beberapa hari yang lalu, tapi karena jadwal saya yang "super sibuk" saya baru sempet upload hari ini.

hadiah gratis langsung dari jepang


Dikirim langsung oleh Japan Post SAL!

Aku liat jewel case-nya ada yang retak dan Mollissa menjawab iya. Apa karena tertimpa barang berat sewaktu di perjalanan panjang melintasi samudra pasifik? Apa karena petugas bea cukai Indonesia (yang terkenal mesum) mengutak-ngatik hadiahnya? Atau karena salah satu musuh detektif Conan?

Gak tau apa penyebabnya, mudah-mudahan gak terjadi lagi...

hadiah gratis langsung dari jepang

hadiah gratis langsung dari jepang

hadiah gratis langsung dari jepang

hadiah gratis langsung dari jepang

hadiah gratis langsung dari jepang


Dan ini sedikit "hadiah tambahan"...

hadiah gratis


Arigato atas foto-fotonya, Mollissa! Apa program hadiahnya harus dilanjutkan? Hmm. :)



02 Agustus 2009

Festival Tari Perut Furano


Furano, kota indah yang terletak di tengah-tengah pulau Hokkaido ini sedang mengadakan sebuah festival tari perut (Heso Matsuri).

tari perut jepang


Festival tahunan ini selalu diselenggarakan secara meriah di jalanan-jalanan kota dengan para pesertanya yang menggambar perut mereka dengan hiasan wajah dan topeng.



Sayang, para wanitanya gak ikutan. :(


Festival Tari Perut = Heso Matsuri / へそ祭り

01 Agustus 2009

Derita Guru Bahasa Inggris Di Jepang


Kondisi guru bahasa Inggris di Jepang rupanya gak jauh berbeda dengan kondisi para guru di Indonesia.

Stasiun NTV melaporkan bahwa mereka rata-rata hidupnya sengsara. Gak ada tunjangan, gak ada uang lembur, dan gak ada jaminan kontrak kerja yang aman karena mereka bisa dipecat kapan aja secara tiba-tiba oleh pihak sekolah.

Dan gajinya cuma 110,000 yen aja, alias 11 jutaan rupiah per bulan. Untuk tinggal di kota besar seperti Tokyo, gaji ini gak bakalan cukup. Bayangkan, untuk sewa apartemen sederhana ato kos-kosan kecil aja bisa menghabiskan 60,000-80,000 yen per bulan.

Gimana kebutuhan yang lain (seperti main pachinko, koleksi gundam, ato nonton konser Gackt) bisa terpenuhi???






Catatan: tingkat pengganguran di Jepang meningkat menjadi 5,4% (tertinggi selama 6 tahun terakhir) dengan 3,5 juta orang yang bingung mau kerja apa.



Follow Us

Like Us!

Total Pageviews

© Apa Saja Yang Terjadi Di Jepang? All rights reserved | Search by Google