31 Oktober 2009

Pangeran Hisahito Ke Ueno


Pangeran Hisahito, cucu dari kaisar Akihito, sedang mengunjungi kebun binatang Ueno untuk bersenang-senang...





Entah kenapa belakangan ini keluarga kekaisaran Jepang tampak sedikit lebih "bebas" daripada tahun-tahun sebelumnya.


30 Oktober 2009

Robot Jepang Terkena Flu Babi


Terhitung sejak tanggal 11 Oktober, organisasi kesehatan dunia WHO telah mencatat 4.735 korban meninggal dunia akibat flu babi dengan lebih dari 400.000 kasus di seluruh dunia.

Seperti apa sih orang yang terjangkit flu babi?

Salah satu perusahaan di Tokyo memamerkan sebuah robot yang dengan sengaja diberikan virus H1N1...





Robot tersebut bereaksi dengan mengeluarkan banyak keringat, kejang-kejang, dan suhu tubuhnya bertambah tinggi. Tujuannya tentu saja untuk mengajarkan para petugas medis atau mahasiswa kedokteran untuk bisa menangani pasien yang terjangkit virus ganas ini.

Tapi Indonesia lebih hebat. Kita ada batu ajaib ponari, kan?



29 Oktober 2009

Karyawan McDonald's Kerja Sampai Mati


Ini akibatnya kalau menjadi karyawan di Jepang.

Seorang manajer toko di McDonald's Yokohama baru saja meninggal dunia karena "karoshi" atau mati karena kerja berlebihan.

jepang

Wanita yang telah berumur 41 tahun itu selalu bekerja lebih dari 80 jam diluar jam kerja normal selama 6 bulan lamanya. Mungkin karena terlalu lelah atau stress, tubuhnya tidak kuat lagi untuk berdiri kemudian meninggal di rumah sakit.

Jepang memang terkenal dengan sistem kerja rodinya. Para karyawan "dipaksa" kerja lembur tanpa uang tambahan apapun setiap harinya. Tidak boleh ada yang namanya karyawan malas. Bahkan kalau sakit pun kadang-kadang mereka harus bayar sendiri biaya berobatnya (tapi untung ada asuransi).

"Gak suka? Cari kerja tempat lain!" Begitu kira-kira kalau kamu berani mengeluh.



28 Oktober 2009

Remaja Terkecil Di Dunia Kunjungi Jepang


Adalah Jyoti Amge kelahiran 16 Desember 1993 di Nagpur, India yang dinyatakan oleh Limca Book of Records (buku rekornya India) sebagai remaja perempuan terkecil di dunia.

Jyoti Amge di Jepang

Dengan tinggi hanya 58 cm dan berat 5,25 kg, Amu-chan - begitu nama panggilannya di Jepang - diundang ke Tokyo untuk masuk ke acara TV dan jalan-jalan menikmati gaya hidup yang tidak pernah ada di kampung halamannya.






26 Oktober 2009

Belajar Bahasa Jepang Dengan Gadis-Gadis Cantik!


Ini memang sudah seharusnya ada dari dulu.


Idols Foreign Language Academy


Idols Foreign Language Academy atau Lembaga Akademi Bahasa Asing Para Idola adalah lembaga kursus non-formal yang mengajarkan bahasa Jepang dan bahasa Inggris kepada para muridnya.

Menariknya, guru-guru disana adalah para idol Jepang yang kawaii!


idol jepang


Berlokasi di Akihabara, surga para otaku mania, lembaga ini juga mengadakan acara rutin setiap hari Senin dengan tiket masuk seharga 2,000 yen sudah termasuk gratis softdrink.

Ada apa di acara tersebut? Para idol akan menyanyi, menari, cosplay, dan mengajarkan bahasa Jepang dengan percakapan santai sehari-hari.

Wah, kalau begini gak bakalan ngantuk di kelas deh!



25 Oktober 2009

Mau Makan Microsoft Windows 7?


Silahkan dimakan burgernya...

Windows 7 Whopper


Dalam rangka peresmian sistem operasi komputer terbaru setelah Windows Vista yaitu Windows 7, Microsoft bekerja sama dengan Burger King baru saja meluncurkan produk mereka yang super unik, yaitu burger "Windows 7 Whopper" dengan 7 lapis daging sapi yang dijamin bikin kamu super kenyang!

Burger yang serba 7 ini mempunyai jumlah kalori sebesar 2,120 dan harganya pun dibikin cantik yaitu ¥777 (atau sekitar Rp. 80.000-an).





Sekedar tips: kalau kamu pesen burger ini, bawa 7 potong roti dari rumah lalu bikin 7 ekstra burger kamu sendiri supaya rahang kamu gak copot.



24 Oktober 2009

Horikoshi Gakuen - Sekolah Para Selebriti


Atas permintaan iyou (salah satu pengunjung Jepang.net), kali ini kita akan membahas sedikit tentang Horikoshi Gakuen.

Gedung Horikoshi Gakuen

Jadi apa itu Horikoshi Gakuen? Horikoshi Gakuen adalah nama sekolah menengah atas di Jepang untuk kalangan atas.

Saking mahalnya, hanya orang-orang kaya yang sanggup menyekolahkan anaknya disana. Atau minimal anaknya sangat pintar sehingga diberikan beasiswa penuh. Fasilitasnya sangat lengkap, serba mewah dan eksklusif. Bayangkan, program retretnya saja ke Eropa.

Kalau di Indonesia, perbandingannya adalah Pelita Harapan gitu deh.


Fasilitas Horikoshi Gakuen


Belum lagi peraturan di sekolah Horikoshi Gakuen yang tidak terlalu ketat sehingga membuat banyak para artis dan selebriti Jepang sekolah disana. Para artis kan jadwal shownya sangat padat, jadi gak apa-apa kalau sering bolos.

Siapa saja selebriti Jepang yang masuk ke Horikoshi Gakuen?

Mulai dari Matsumoto Jun, Yamashita Tomohisa (Yamapi), Ikuta Toma, Fukada Kyoko, Kato Ai, Inagaki Goro, Kusanagi Tsuyoshi, Domoto Tsuyoshi, dan masih banyak lagi yang lain.

Tapi jangan kira banyak orang-orang bodoh, malas dan kaya yang bisa sekolah disini. Justru sebaliknya, para murid yang mau masuk harus melalui tes tingkat tinggi terlebih dahulu.

Kecuali memang kalau orang tua kamu sudah terlalu kaya sehingga hasil tes bisa sedikit dilupakan.

Kelas Horikoshi Gakuen



22 Oktober 2009

Sushi Obama


Tampaknya orang-orang Jepang sangat menyukai presiden Obama.

Ken Kawasumi adalah seorang koki ternama dari Tokyo Sushi Academy yang gemar menciptakan sesuatu yang baru dalam bentuk makanan. Kali ini dia menciptakan sushi yang berbentuk wajah Obama.


jepang

jepang


Harganya? Sayang sekali tidak untuk dijual, melainkan untuk dijadikan pameran sushi di Tokyo. Kira-kira kapan Obama ke Indonesia ya?


21 Oktober 2009

Iklan-Iklan Matsumoto Jun


Atas permintaan sakisaki, ini dia iklan-iklan yang dibintangi oleh Matsumoto Jun (Arashi)...











20 Oktober 2009

Putri Aiko Lomba Lari


Ini ada video lomba lari estafet yang diikuti oleh salah satu anggota kekaisaran Jepang, yaitu putri Aiko, dalam merayakan hari olahraga sekolah (undokai) kemaren siang...





Enak juga ya melihat anggota kekaisaran Jepang bisa sedikit berbaur dengan masyarakat umum? Padahal peraturan istana sangat ketat.



19 Oktober 2009

Sopan Santun Makan Di Jepang


Japan Travel Bureau (JTB) baru-baru ini telah mengeluarkan sebuah buku pedoman tentang tata cara dan sopan santun di meja makan orang-orang Jepang.

Buku pedoman ini dibagikan gratis kepada para turis asing yang lagi jalan-jalan di Jepang. Tujuannya tentu untuk mengenalkan tradisi dan budaya makan orang Jepang yang terkenal berdisiplin tinggi ketika berada di meja makan.

Contohnya, kamu DILARANG MELAKUKAN...

Zuborabashi: Memegang mangkok nasi dan sumpit dengan tangan yang sama di waktu yang sama.

Yosebashi: Memindahkan atau menggerakkan mangkok nasi dengan sumpit.

Tsukibashi: Mengacak-ngacak atau menusuk-nusuk makanan dengan sumpit untuk makan.

Saguribashi: Menggali ke bagian bawah makanan dengan sumpit hanya untuk mencari yang paling lezat untuk dimakan terlebih dahulu.

Mayoibashi: Mengangkat tangan yang memegang sumpit tinggi-tinggi untuk mencari mana yang harus dimakan terlebih dahulu.

tata cara makan dengan sumpit di jepang

Dan jangan lupa untuk selalu meletakkan sumpit disamping kanan mangkok, bukan di mangkoknya.

Bagi yang udah ahli (ehem, seperti saya), mengambil satu biji nasi dengan sumpitnya pun tidak akan ada masalah. Kalau kamu?






Sumpit = Hashi / 箸

18 Oktober 2009

Kebelet Kencing? Bawa Toilet Portable Dong!


Kamu pasti pernah kebelet mau buang air kecil di tengah jalan kan?

Nah, sekarang kamu gak usah khawatir lagi berkat penemuan unik ini dari Jepang. Namanya Toilet Portable, yaitu toilet yang bisa dibawa kemana-mana!

toilet portable dari jepang


Begitu "urusan" kamu selesai, kamu cukup lipat kotak toiletnya, lalu di jenjeng seperti layaknya kamu membawa tas. Gak repot kan? Harganya sekitar Rp.660.000-an.

Bisa buat buang air besar gak ya?


Toilet = Toire / トイレ

17 Oktober 2009

Adegan Robot Berciuman!


Jepang emang penuh dengan robot-robot canggih. Tapi kali ini, para insinyur Jepang menciptakan sepasang robot, Thomas dan Janet, untuk melakukan adegan ciuman!





15 Oktober 2009

Mantan PM Jepang Jadi Ultraman


Entah apa yang ada di benak Junichiro Koizumi, mantan perdana menteri Jepang era 2001-2006. Beliau akhirnya memutuskan untuk "menjadi" Ultraman King.


Junichiro Koizumi





Tentu bukan sungguh-sungguh berubah menjadi Ultraman, melainkan beliau hanya akan menjadi pengisi suaranya saja. Hmm, ada gak ya mantan presiden Indonesia yang mau melakukan hal yang sama?



13 Oktober 2009

Iklan-Iklan Yang Dibintangi Oleh Gackto


Atas permintaan Lissa (salah satu pengunjung setia Jepang.net), ini dia iklan-iklan yang dibintangi oleh Gackto!














11 Oktober 2009

Televisi 3-Dimensi Di Rumah Anda


Kamu pernah nonton film 3 dimensi yang gambarnya begitu hidup dan kita seakan-akan ikut berada di dalam film tersebut?

Jepang adalah negara pertama di dunia yang akan membawa pengalaman menonton film 3 dimensi ke rumah kamu. Toshiba, Panasonic dan Sony adalah 3 perusahaan pertama yang sedang berlomba menciptakan teknologi 3 dimensi untuk televisi rumahan.


Televisi 3-Dimensi


Sayangnya belum ada teknologi yang bisa menampilkan efek 3 dimensi tanpa perantara. Ini artinya para pemirsa masih diharuskan untuk memakai kacamata hitam khusus untuk bisa menonton film 3 dimensi. Karena tanpa kacamata tersebut kita bisa pusing menyaksikan banyak bayangan buram.

Menurut lembaga riset In-Stat, sebanyak 64% pemirsa televisi di rumah menyatakan sangat tertarik untuk menikmati pengalaman 3 dimensi tersebut. Kedepan, Sony juga ingin para pengguna laptop Vaio merasakan hal yang sama.

Wah, jadi pengen nonton film Ju-on di TV 3 dimensi nih.


ju-on



09 Oktober 2009

Kencing Dulu Baru Naik


All Nippon Airways, perusahaan penerbangan komersial yang berbasis di Tokyo, akan memulai program penghematan bahan bakar pesawat terbangnya yang sedikit aneh.

Terhitung mulai hari ini semua penumpang pesawat All Nippon Airways WAJIB membuang air kecil terlebih dahulu sebelum naik ke pesawat. Nanti ada semacam petugas khusus yang mengawasi penumpang ke toilet.

Begini perhitungannya... rata-rata manusia dewasa mempunyai kantong kemih yang mampu menampung kurang lebih 1 kg air. Jika satu pesawat ada 200 penumpang dan semuanya sudah kencing habis, maka beban pesawat akan berkurang 200 kg dalam setiap penerbangan.

Kalau pesawat lebih enteng, maka bahan bakarnya bisa sedikit hemat deh.


kantong kemih



08 Oktober 2009

Patung Tetsujin Raksasa Diresmikan


Kayaknya kota-kota di Jepang pada berlomba-lomba untuk menghadirkan robot (patung) raksasa untuk dipamerkan ke seluruh dunia.

Yang terbaru adalah patung Gigantor (Tetsujin 28-go) dengan skala 1:1 baru saja diresmikan di kota Kobe...




05 Oktober 2009

Bantuan Darurat Jepang Ke Indonesia


Pada tanggal 1 Oktober 2009, Pemerintah Jepang atas petunjuk langsung dari PM Hatoyama, telah memutuskan untuk mengirimkan Tim Bantuan Darurat Internasional yang terdiri dari Tim Rescue Darurat dan Tim Medis Darurat. Selain itu akan diberikan bantuan darurat berupa matras untuk tidur, selimut, tenda, genset dan lain-lain.

Tim Rescue Darurat terdiri dari pejabat Departemen Luar Negeri, Kepolisian Jepang, Pemadam Kebakaran, Japan Coast Guard dan JICA, yang berjumlah sekitar 60 orang. Mereka direncanakan akan berada di Padang sampai tanggal 8 Oktober. Sedangkan Tim Medis Darurat berjumlah sekitar 23 orang yang terdiri dari dokter, perawat, dan lain-lain akan berada di Padang sampai tanggal 14 Oktober mendatang.


*UPDATE* Tim medis darurat Jepang yang terdiri dari 23 staff telah tiba di Pariaman, Sumatera Barat untuk membantu para korban gempa.


Bantuan Darurat Jepang Ke Indonesia


Pemerintah Jepang mengucapkan turut berduka cita atas terjadinya musibah gempa di Padang, Sumatera Barat.

Sumber: emb-japan.go.jp


04 Oktober 2009

Apa Yang Salah Dengan Sapi Ini?


Terletak di kawasan Mashu-ko, Hokkaido, gambar di papan iklan ini dikeluarkan oleh Japan Agriculture (JA), sebuah organisasi yang beranggotakan para pengusaha agrikultur di Jepang...

sapi jepang

Terjemahannya kira-kira seperti ini...

"Minumlah susu

Cepat! Cepat!

Kami menganggap rendahnya tingkat kelahiran sebagai masalah yang serius"




Sapi = Ushi, meushi / 牛

03 Oktober 2009

Eporo: Teknologi Pintar Nan Lucu


Nissan rupanya tidak mau kalah dengan Honda.

Meskipun Nissan sadar betul kalau teknologi robotnya masih kalah jauh dengan para penemu di Honda, paling tidak Nissan juga bisa mengintip keadaan di masa depan.

Untuk itulah Nissan menciptakan robot-robot mini yang mempunyai kemampuan menghindari benturan dengan objek lain disekitarnya, sifatnya persis seperti ikan.

Kamu pernah lihat ikan terbentur?

nissan eporo jepang

Namanya adalah "eporo"- robot berbentuk... entah apa bentuknya... ini dijamin tidak akan terbentur dengan teman-temannya.

Meskipun masih dikategorikan mainan lucu, jika teknologi anti benturan dibalik eporo ini berhasil di implementasikan di mobil, maka di masa depan kemungkinan terjadinya kecelakaan mobil bisa ditekan seminimal mungkin.



02 Oktober 2009

Internet Jepang Tercepat Di Dunia, Lagi


Untuk kesekian kalinya, Jepang kembali tercatat sebagai salah satu negara yang memiliki jaringan internet tercepat di dunia.

internet jepang

Menurut penelitian universitas Oxford di Inggris yang disponsori oleh Cisco, dua negara lain yang berada di jajaran tertinggi dunia adalah Korea Selatan dan Swedia.

Tahun lalu hanya Jepang yang memenuhi semua kriteria untuk menjadi yang tercepat yaitu pelanggan rumahan sanggup menonton televisi definisi tinggi di internet dan video konferensi yang super lancar.

Sedangkan Amerika Serikat, Perancis dan Jerman menduduki peringkat kedua tercepat dengan status "cukup memuaskan."

Indonesia?



01 Oktober 2009

Patung Tetsujin Raksasa Telah Selesai


Akhirnya, patung robot Gigantor (Tetsujin 28-go) dengan skala 1:1 telah diselesaikan di Kobe...

Patung Tetsujin Raksasa





Follow Us

Like Us!

Total Pageviews

© Apa Saja Yang Terjadi Di Jepang? All rights reserved | Search by Google