In Berita Dari Jepang

Perdana Menteri Jepang Mulai Menggunakan Twitter


Perdana Menteri Jepang Yukio Hatoyama telah meluncurkan sebuah blog dan mulai menggunakan Twitter di Tahun Baru ini demi menjangkau masyarakat luas.


Yukio Hatoyama


"Selamat Tahun Baru semuanya," katanya dalam tweet pertamanya, menekankan bahwa ia telah menulis sendiri. "Target saya adalah untuk mengirimkan satu tweet sehari untuk sekarang sampai saya terbiasa dengan hal itu."

Dalam blognya yang berjudul Hato Kafe, Hatoyama mengatakan "Saya mulai blog ini sebagai langkah pertama untuk mengubur kesenjangan antara manusia dan politik serta perubahan negara ini bersama-sama."

Beliau juga meng-upload foto kantornya dengan latar belakang biru langit musim dingin, menjelaskan bahwa ia mengambil gambarnya dengan kamera di ponsel.

Dukungan untuk kabinet Hatoyama sebenarnya telah jatuh dibawah 50 persen untuk pertama kalinya menurut jajak pendapat yang dirilis bulan lalu. Pemilih mengkritik kurangnya kepemimpinan yang kuat dan skandal pendanaan.

Dalam blog-nya, Hatoyama meminta maaf atas skandal pendanaan politik yang telah melibatkan mantan ajudannya. Beliau berkata "Saya sudah memberi banyak kesulitan kepada banyak orang tahun lalu. Dengan mendengarkan suara rakyat, saya ingin melakukan yang terbaik untuk memenuhi tugas saya."

Mantan ajudan Hatoyama, Keiji Katsuba didakwa pada akhir Desember atas tuduhan "misreporting" jutaan dolar dari total dana sumbangan, tapi jaksa tidak mendakwa sang perdana menteri karena kurangnya bukti.

Kegiatan politik di Internet masih jarang di Jepang karena undang-undang melarang berkampanye di Internet menjelang pemilihan umum nasional. Tetapi menteri komunikasi, Kazuhiro Haraguchi mengatakan pemerintah mungkin akan mempertimbangkan untuk menghapus larangan tersebut karena banyak politisi muda baru-baru ini mulai meluncurkan blog dan menggunakan Twitter.

Twitter, sebuah perusahaan online berbasis di San Francisco telah memenangkan hati puluhan juta pengguna dengan layanan yang memungkinkan orang untuk memposting satu sama lain dengan pesan kurang dari 140 karakter, meluncurkan layanan resminya di Jepang pada April 2008 lalu. Twitter memang telah menyihir semua orang dari Presiden Obama sampe pelajar SD.

Twitter Perdana Menteri Jepang:
http://twitter.com/hatoyamayukio

Blog Perdana Menteri Jepang:
http://hatocafe.kantei.go.jp/


Yukio Hatoyama



Related Articles

2 comments:

  1. ternyataaa perdana mentri jepanggg gaullll jugaa




    hahahahahahahahha
    :)

    BalasHapus