In Berita Dari Jepang Manga

Penjualan Manga Turun Drastis


Lembaga Penelitian Publikasi, sebuah kelompok industri yang berbasis di Tokyo melaporkan bahwa penjualan majalah/komik/manga telah menurun 6,6% menjadi ¥418 miliar (sekitar Rp. 44 triliun) pada tahun 2009 kemaren.

Kedengerannya masih besar ya? Tapi tingkat penurunan ini merupakan tingkat penurunan terbesar dalam sejarah penjualan manga di pasaran Jepang. Secara khusus, penjualan majalah manga turun 9,4% menjadi ¥191 miliar. Padahal sebelumnya penjualan majalah manga tidak pernah di bawah angka 200 miliar yen dalam kurun waktu 18 tahun terakhir.


manga jepang


Keseluruhan penjualan manga mencapai puncaknya pada tahun 1995. Menurut lembaga riset tersebut, para penggemar manga telah melakukan pengetatan anggaran mereka karena resesi ekonomi dengan cara menyewa atau membaca di kafe manga daripada membeli di toko buku. Apalagi dengan adanya perkembangan teknologi, mereka lebih memilih untuk membaca manga di Internet sementara ini.

Diperkirakan angka penjualan tahun 2010 juga tidak akan naik. Baik itu Naruto, One Piece, Detective Conan, maupun Shippuden, semuanya kena.



Bagikan

Related Articles

0 comments:

Posting Komentar