In Berita Dari Jepang Teknologi Jepang

Pemain Shogi Dikalahkan Komputer Untuk Pertama Kalinya


Apa yang terjadi kalau komputer sudah bisa mengakali kepintaran manusia?


shogi jepang


Sebuah program komputer canggih akhirnya berhasil memukul kalah kepintaran strategi manusia dalam permainan shogi (atau biasa dikenal dengan catur Jepang) untuk pertama kalinya dalam sejarah.

Kantor berita Mainichi melaporkan bahwa pemain shogi papan atas, Ichiyo Shimizu, baru saja ambil bagian dalam pertandingan yang diadakan di Universitas Tokyo, dengan bermain melawan komputer yang disebut Akara 2010. Enam jam dan 86 langkah selanjutnya, Ichiyo dipaksa menyerah.

Ini untuk pertama kalinya komputer berhasil mengalahkan pemain shogi profesional.

Komputer memang telah mengalahkan banyak orang di permainan catur barat selama bertahun-tahun, tapi ketika Deep Blue buatan IBM berhasil mengalahkan seorang Gary Kasparov pada tahun 1997, seluruh dunia tersentak kaget. Bayangkan saja kalau pecatur terhebat sepanjang masa bisa dikalahkan oleh sebuah komputer, gimana nasib kita??


jepang


Gak heran kalau kejadian itu disambut di beberapa kalangan sebagai hari dimana komputer sudah bisa menguasai manusia.

Lembaga tertinggi Jepang yang mengatur olahraga shogi, Japan Shogi Association, tampaknya sudah mulai keringetan karena sampe sekarang mereka belum rela mengizinkan pemain No.1 mereka untuk melawan Akara dalam sebuah pertandingan resmi.



Bagikan

Related Articles

2 comments:

  1. Ngomong-ngomong soal pertandingan manusia melawan komputer, Januari 2012 akan diadakan lagi pertandingan Shogi antara pemain pro Shogi Jepang melawan komputer Shogi. Saya lupa program Shogi komputernya yang akan lawan pemain pro. Yang jelas untuk pemain pro Shogi Jepang diwakili pe-Shogi Pro yang sebenarnya sudah pensiun, Kunio Yonenaga 9 Dan (Presiden Japan Shogi Association saat ini).

    BalasHapus
  2. @Shogi Fans - kayaknya nama komputernya Bonkras (Bonkuras).

    http://info.nicovideo.jp/shogi/

    BalasHapus