In Berita Dari Jepang Robot Jepang Teknologi Jepang

Robot Bernyanyi Dan Menari Layaknya Manusia


Apa jadinya kalo robot sudah bisa bernyanyi seperti layaknya manusia? Apakah para artis penyanyi akan kekurangan penghasilannya?


robot penyanyi jepang


Para peneliti robot di Jepang telah menciptakan sebuah model humanoid terbaru yang bisa bernyanyi dan menari layaknya manusia. Robot yang diberi nama HRP-4C atau lebih dikenal dengan panggilan 'Divabot' ini sebenarnya sudah muncul tahun lalu, tapi kali ini hasilnya lebih sempurna.

Dengan teknologi Vocawatcher, divabot bisa menganalisa video rekaman dari sebuah pertunjukan konser asli untuk mempelajari suara dan ekspresi sang penyanyi diatas panggung. Kemudian dengan software VocalListener, dia mampu menyanyikan ulang lagu tersebut dengan nada dan suaranya sendiri. Jika itu tidak cukup, robot ini juga bisa meniru pola pernapasan sang penyanyi sehingga tampak benar-benar alami.

Dengan tinggi 158 cm dan berat 43 kg, divabot tampil mempesona di ajang CEATEC Japan 2010, sebuah pameran dagang teknologi dan elektronik konsumen Jepang. "Agar robot bisa diterima oleh masyarakat luas, saya pikir mereka juga harus digunakan secara luas dalam industri hiburan," kata sang pencipta HRP-4C mengungkapkan ambisinya.






Bagikan

Related Articles

0 comments:

Posting Komentar