In Jalan-Jalan Di Jepang Sejarah Jepang

Enoshima: Lokasi Favorit Warga Tokyo Untuk Liburan


Kamu pernah denger nama Enoshima?

enoshima, jepang

enoshima, jepang


Enoshima adalah sebuah pulau kecil terletak di prefektur Kanagawa, sebelah selatan Tokyo yang dihubungkan dengan jembatan sepanjang 600 meter. Warga Tokyo dan Yokohama yang sudah penat dengan gedung-gedung tinggi dan stress dengan kemacetan, biasanya singgah ke Enoshima dengan bersantai ria di pantai yang suasananya mirip Hawaii.

enoshima, jepang


Warga asli Enoshima termasuk warga yang sangat religius. Mereka memuja Benzaiten, dewi musik, hiburan dan kemakmuran, yang menurut legenda dewi Benzaiten telah mengangkat pulau Enoshima dari dasar laut pada abad ke-6 untuk digunakan sebagai rumah bagi para ksatria naga.

Tahukah kamu bahwa Benzaiten (弁才天) sebenarnya adalah nama Jepang dari dewi agama Hindu, Saraswati? Tapi uniknya, malah gak ada penduduk Enoshima yang beragama Hindu. Mungkin ini dikarenakan banyaknya para pedagang jaman dulu yang datang dari India sambil membawa kitab-kitab agama Hindu sehingga sedikit banyak mempengaruhi penduduk asli yang beragama Buddha dan Shinto.

Sebagai perbandingan, simak gambar dibawah ini. Yang kiri adalah Saraswati, yang kanan adalah Benzaiten...

Saraswati, Benzaiten

enoshima aquarium, jepang


Ada pula Enoshima Aquarium, tempat dimana para pengunjung bisa menyaksikan kehidupan bawah laut yang sangat indah. Kamu bisa download brosurnya disini.

Cara termudah untuk pergi ke Enoshima dari Tokyo adalah dengan mengambil jalur JR Tokaido atau jalur Odakyu Odawara untuk Fujisawa dan kemudian transfer ke Enoden. Perjalanan dari Kamakura lebih panjang, tapi menawarkan pemandangan pantai yang lebih baik. Sedangkan perjalanan dari Fujisawa lebih dekat dan lebih murah.

Jadi kalo kamu jalan-jalan ke Tokyo, sempatkan diri untuk singgah ke Enoshima.



Enoshima = 江の島


Bagikan

Related Articles

0 comments:

Posting Komentar