In Berita Dari Jepang

Kaisar Akihito Berulang Tahun Ke-77


Kaisar Akihito merayakan ulang tahunnya yang ke-77 pada hari Kamis kemaren.

Pada pidato resminya hari ini, beliau mendesak rakyat Jepang untuk memperhatikan kebutuhan para lansia mengingat jumlah orang tua di negara ini bertambah secara drastis.


kekaisaran jepang


Sang kaisar menyambut ribuan warga yang mengibarkan bendera Jepang dari balkon di Istana Kekaisaran di Tokyo. Ratu Michiko dan anggota keluarga kerajaan lainnya - termasuk putra tertua sekaligus pewaris tahta kekaisaran, Pangeran Naruhito, beserta istrinya Putri Mahkota Masako - semuanya turut muncul di balkon.

Akihito telah banyak memotong tugas-tugas resmi dengan alasan kesehatan. Beliau bahkan tidak melakukan perjalanan ke luar negeri tahun ini. Kaisar menjalani operasi untuk kanker prostat pada tahun 2003, dan Badan Rumah Tangga Kekaisaran mengatakan ia telah menjalani terapi hormon untuk mencegah penyakitnya terulang kembali.

Pada konferensi pers istana, Akihito juga mengatakan bahwa ia memiliki masalah pendengaran. "Sehubungan dengan usia yang semakin menua, saya telah menjadi agak tuli, jadi ketika saya menerima orang, saya minta mereka untuk mencoba berbicara kepada saya dengan suara keras," kata kaisar.

Jepang, yang telah lama membanggakan warga negaranya yang mempunyai rentang hidup yang sangat panjang, merupakan salah satu negara paling cepat menjadi tua di dunia ini.



Bagikan

Related Articles

0 comments:

Posting Komentar