31 Januari 2010

Iklan Jepang: Businesscat


Orang-orang Jepang emang suka banget sama kucing. Dalam iklan ini, seekor "businesscat" sedang melakukan perjalanan bisnisnya...






30 Januari 2010

Penemuan Terbaru: Air Elastis


Ilmuwan Jepang telah menciptakan "air elastis."

Dikembangkan di Tokyo University, materi baru ini sebagian besar terdiri atas air (95%) dengan tambahan dua gram tanah liat dan bahan organik. Menyerupai zat yang dihasilkan agar-agar atau gel, namun sangat elastis dan transparan.


jepang


Penemuan ini awalnya terungkap minggu lalu dalam edisi terbaru majalah ilmiah Nature. Menurut para ilmuwan Jepang, bahan baru ini sangat aman untuk lingkungan dan manusia, dan sangat mungkin untuk menjadi salah satu media penting dalam teknologi kedokteran untuk menolong yang terluka atau menyelesaikan pembedahan yang aman (seperti menggantikan bagian-bagian tubuh yang dipotong).

Bahkan dengan meningkatkan densitasnya, material baru ini dapat digunakan untuk menghasilkan "bahan plastik ekologis," atau bisa menggantikan plastik sama sekali. Tahap ini masih dalam penelitian hingga September 2010. Namun jika berhasil, para ilmuwan mungkin telah menemukan sebuah terobosan untuk membuat dunia sedikit lebih hijau.



28 Januari 2010

Pemain Sepak Bola Masa Depan


Jepang lagi-lagi buat robot yang bikin orang heboh.

Kali ini, para peneliti robot sana sedang memamerkan sebuah robot yang mampu menendang bola sampai melewati kecepatan 200km per jam - dua kalinya kekuatan pemain profesional dunia.

Bola yang ditendang oleh robot tersebut bahkan bisa mematahkan salah satu kaki pemain defender yang mencoba menghadang lajunya.





"Jangan coba-coba menghalangi kekuatan robot kami," kata Menteri Pendidikan, Budaya, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jepang, Tatsuo Kawabata sambil bercanda.

Robot ini memang sengaja dibuat untuk memeriahkan pesta sepakbola dunia yang akan diselenggarakan pada tanggal 11 Juni s/d 11 Juli 2010 di Afrika Selatan.



27 Januari 2010

Mau Terlihat Tua Dalam Beberapa Detik?


Kalau kamu mau melihat seperti apa rupa wajahmu setelah kamu berumur 60 atau 70 tahun dalam beberapa detik, kamu harus coba software iPhone ini. Coba nonton deh...

jepang





26 Januari 2010

Manga Pertama Untuk Kindle


Siapa yang tidak mengenal Kindle buatan Amazon.com?

Kindle telah mulai merubah cara manusia membaca. Dengan Kindle kamu bisa membaca buku, majalah, koran, komik - dan apapun yang biasa dicetak di kertas - dimanapun kamu berada, kapanpun kamu mau, kamu tinggal download edisi terbarunya.

Kindle


Baru-baru ini seorang mangaka menerbitkan manga-nya yang berbahasa Jepang berjudul "Aozora Finder Rock" di platform Kindle.

manga jepang


Ini berarti Aozora adalah manga pertama di dunia yang berbasis Kindle. Sayangnya Kindle belum mendukung bahasa Jepang, sehingga hanya orang yang mengerti bahasa Jepang-lah yang mungkin membeli manga ini.

Tapi gak apa-apa, ini masih merupakan tahap pertama. Di kemudian hari pasti banyak manga yang akan diterbitkan di Kindle, dengan begitu orang Jepang (dan kita) juga bisa menghemat jutaan ton kertas setiap harinya.



25 Januari 2010

Yamayaki - Acara Bakar Rumput


Pada setiap akhir bulan Januari, rumput-rumput mati yang berada di perbukitan Wakakusayama, Nara, akan dibakar setelah acara pementasan kembang api yang spektakuler. Tradisi ini disebut Yamayaki.

Tidak jelas cerita di balik tradisi kuno ini. Ada yang bilang tujuannya untuk menyelesaikan perselisihan tanah antara kuil Todaiji dengan Kasuga. Ada juga yang bilang bahwa tradisi ini untuk menghalau para monster yang tinggal di perbukitan.

Diperkirakan sekitar 18 juta orang menonton pertunjukkan ini melalui TV dan secara langsung. Coba nonton deh, pemandangannya bener-bener bagus lho...






24 Januari 2010

Robot Anjing Laut Masa Depan


Lupakan saja boneka-boneka yang tidak bernyawa. Perusahaan teknologi tinggi, Teijin, sedang mempromosikan kekuatan mereka di masa depan...






23 Januari 2010

Hesokuri: Tabungan Rahasia Para Istri


Krisis ekonomi memang membuat semua orang melakukan penghematan.

Tak terkecuali para ibu rumah tangga di Jepang yang "tabungan rahasia" mereka berkurang sekitar 20 persen di tahun lalu untuk menutup biaya hidup setelah penghasilan keluarga menurun.

Dalam keluarga Jepang, istri biasanya mengendalikan dompet rumah tangga. Kebanyakan suami Jepang kekurangan waktu atau tidak suka dengan perencanaan keuangan dan membayar tagihan ini, tagihan itu. Karena perencanaan anggaran belanja dianggap sebagai aspek penting dalam sebuah manajemen rumah tangga - inilah pekerjaan utama para wanita Jepang yang sudah menikah.

Kadang-kadang ibu rumah tangga menyisihkan sedikit uang sebagai "tabungan rahasia." Tujuannya untuk menutupi pengeluaran darurat yang tak terduga, untuk membeli hadiah bagi anggota keluarga, atau mungkin membelanjakannya tanpa sepengetahuan suami.

Tabungan rahasia ini disebut hesokuri.


hesokuri


Sudah menjadi tradisi bahwa para ibu rumah tangga-lah yang mengontrol keuangan keluarga di Jepang. Setiap bulannya mereka mengumpulkan gaji suami mereka dan menyerahkannya kembali dalam bentuk uang saku untuk menutupi biaya makan siang, minum kopi dan sake dengan teman.

Lalu sedikit uang disisihkan secara diam-diam dari rekening rumah tangga, dan biasanya tersembunyi di tempat dimana anggota keluarga yang lain tidak akan menemukannya. Bahkan kadang-kadang mereka sendiri lupa dimana mereka menaruh tabungan rahasia mereka - karena itu gak heran para mangaka sering menampilkan adegan "lupa" ini di komik mereka.

Meskipun hesokuri umumnya diasosiasikan dengan ibu rumah tangga, suami-pun bisa saja menyisihkan tabungan rahasia mereka juga. Banyak laki-laki menjaga rahasia tabungannya di laci meja yang terkunci di tempat kerja.

kamu ada hesokuri?



Tabungan Rahasia = Hesokuri / 臍繰り

22 Januari 2010

21 Januari 2010

Orang Mabok Emang Nekat


Dari dulu orang-orang Jepang sangat suka dengan alkohol.

Terutama sake. Bisa dibilang hampir semua karyawan Jepang (atau biasa disebut "salarymen") meminum sake minimal satu kali dalam seminggu sehabis pulang kerja. Seakan-akan sudah menjadi semacam tradisi yang diturunkan oleh para orang tua.

Tindak kejahatan akibat pengaruh alkohol memang jarang terjadi di Jepang - atau mungkin jarang ketahuan - tapi sekali terjadi pasti heboh banget. Lihat saja video klip berikut ini...






20 Januari 2010

Ultraman Yang Aneh


Satu lagi perusahaan Jepang yang bikin iklan aneh. Kali menampilkan sebuah produk dengan gaya Ultraman. Coba tebak produk apa yang dijual...






19 Januari 2010

Para Pria, Mau Dicium?


Coba nonton iklan berikut ini. Kalau kamu pengen dicium sama banyak wanita, coba produk ini...





Jadi pengen.


16 Januari 2010

Payung Samurai


Satu lagi benda unik buatan Jepang. Payung samurai.

buatan jepang

Bayangkan... pas musim hujan seperti ini, kamu membawa payung ini jalan-jalan di taman, lagi iseng ke rumah temen, atau menentengnya ke sekolah. Keren banget kan? Kayak di film-film Jepang.



14 Januari 2010

Juara Kasou Taishou


Masih ingat acara TV "Masquerade" yang ditayangkan di RCTI dan TPI mengenai adu kreativitas orang-orang Jepang dalam bercerita dan berkostum? Masih inget pembawa acaranya bernama Kinchan?

Judul aslinya adalah Kasou Taishou!

Kasou Taishou


Stasiun NTV menayangkan program unik ini setiap setengah tahun sekali, dan para juri baru saja mengumumkan pemenang grand prize Kasou Taishou yang ke-83. Ini dia pemenangnya...





13 Januari 2010

Comike 77 Cosplay Square


Para otaku mania berkumpul dalam rangka meramaikan ajang Comic Market 77 (Comiket), sebuah festival manga terbesar di Jepang yang diadakan di Tokyo Big Sight International Exhibition Center.


Tokyo Big Sight International Exhibition Center



Kostum-kostum yang dikenakan tentu saja berdasarkan serial anime-anime dan manga-manga yang populer di kalangan para otaku, mulai dari "Macross Frontier", "Rebuild of Evangelion," "K-On!", "Nintama Rantaro," "Hatalia: Axis Power," dan tak lupa juga "Sengoku Basara" action game.

"Dibandingkan dengan ajang pameran cosplay lainnya dimana orang-orang lebih cenderung berkostum genre tertentu, jangkauan Comiket jauh lebih luas sehingga para cosplayer bebas berkostum sesuai kesukaan mereka seperti "One Piece" dan "Fullmetal Alchemist." kata idol cosplay Yunmao Ayakawa.


cosplay otaku jepang

cosplay otaku jepang

cosplay otaku jepang

cosplay otaku jepang

cosplay otaku jepang

cosplay otaku jepang

cosplay otaku jepang



12 Januari 2010

Mau Masuk Penjara?


Seorang pria yang identitasnya dirahasiakan ini bilang dia mau banget masuk ke penjara.

Umurnya 41 tahun dan dia baru saja dibebaskan dari penjara beberapa minggu yang lalu. Tapi dia memutuskan untuk mencuri satu mangkok mie instan seharga 100 yen di sebuah toserba di kota Kashihara, memakannya sebentar, lalu naik taksi untuk pergi ke kantor polisi - menyerahkan dirinya sendiri untuk kembali masuk ke penjara.


penjara jepang


Polisi berkata bahwa orang ini tidak mempunyai rumah dan pekerjaan. Dia hanya punya beberapa koin di saku celananya dan dia bahkan tidak mampu membayar taksi yang mengantarkannya ke kantor polisi.

Hmm... Kasihan juga sih.


11 Januari 2010

Para Hidung Belang Berhatilah-Hatilah


Sebuah skema pemasangan kamera keamanan di dalam kereta api di Jalur Saikyō telah dimulai untuk memerangi para hidung belang yang tangannya yang gatel kemana-mana.

Perusahaan East Japan Railway Co (JR East) berupaya untuk menindak siapapun yang masih berani meraba-raba bokong para gadis yang berada di gerbong kereta.

Beberapa gerbong kereta akan dipasang dua kamera keamanan dengan rencana untuk memperluas sistem ini ke seluruh jaringan kereta Tokyo setelah mengkajinya beberapa bulan.

Kamera akan terus-menerus merekam keadaan dalam gerbong kereta, mengawasi dengan cermat setiap tindakan asusila yang terjadi. Ketika ditanya mengenai pendapatnya, sebagian besar penumpang (terutama wanita tentu saja) menyatakan bahwa mereka mendukung penuh adanya pemasangan kamera keamanan ini.

Sebagian kecil penumpang (bisa ditebak siapa) meragukan efektivitasnya. Kita lihat saja apakah para maniak bisa tambah kreatif.



Hidung Belang Peraba Wanita = Chikan / 痴漢, チカン, ちかん

09 Januari 2010

Belajar Bahasa Jepang Yuk! (Pengenalan Diri)


Kamu baru saja tiba di Jepang. Kamu siap untuk satu petualangan yang hebat!

Tapi, dengan semua persiapan untuk perjalanan ini, kamu lupa satu detail kecil. Orang pertama yang kamu temui tersenyum sambil membungkuk, dan mengatakan sesuatu kepada kamu dalam bahasa Jepang.

"Apa?"

Kamu bingung. Kamu tersenyum dan ikut membungkuk... tapi apa yang dia katakan? Dia kembali tersenyum dan mengulangi apa yang dia katakan sebelumnya. Lagi-lagi dalam bahasa Jepang.

Kamu ingin sekali ngomong sesuatu, tetapi kamu terus membungkuk dan tersenyum karena kamu tidak tahu cara untuk memperkenalkan diri dalam bahasa Jepang. Berapa banyak orang yang kamu pikir kamu akan bertemu di Jepang tanpa mengetahui dasar perkenalan dalam bahasa Jepang?

Video pelajaran bahasa Jepang berikut ini akan memberitahu kamu bagaimana untuk memperkenalkan diri dalam bahasa Jepang. Sensei Hiroko (yang cantik) akan mengajarkan kamu secara halus dan lembut melalui lafal dari setiap kata dalam bahasa Jepang.

Hanya dalam waktu tiga menit, kamu pasti sudah bisa memperkenalkan diri dalam bahasa Jepang. Ayo belajar bareng! :)





Hajime mashite
= Senang bertemu dengan anda (untuk pertama kali bertemu)

Watashi wa [____] desu = Nama saya adalah [____]

Yoroshiku onegai shimasu = Senang bertemu dengan anda



08 Januari 2010

Touchscreen? Udah Gak Jaman!


Ngetik komputer tanpa sentuh keyboard? Orang Jepang bilang gampang.

Prof Masatoshi Ishikawa dan Dr Takashi Komuro dari Universitas Tokyo mengembangkan apa yang disebut "Input Interface berbasis Vision" yaitu semacam perangkat yang bisa menangkap gerakan jari-jari tangan oleh kamera mini dan menterjemahkannya sebagai perintah.

Atau dengan kata lain... Airscreen. Teknologi layar tanpa sentuh!


jepang


Teknologi ini dapat menerjemahkan gerakan jari di udara ke komputer sebagai perintah yang memungkinkan kamu untuk menggunakan perangkat portable tanpa sentuhan sama sekali. Perangkat yang dikembangkan oleh tim Universitas Tokyo ini tampaknya sudah maju satu langkah lebih jauh dibandingkan dengan teknologi yang dikembangkan oleh negara lain.

Untuk lebih jelasnya, coba liat video berikut...





07 Januari 2010

Satu Ekor Ikan Tuna Terjual 1,6 M


Seekor ikan tuna raksasa jenis sirip biru (bluefin) baru saja terjual seharga 16,3 juta yen (atau sekitar Rp. 1.600.000.000,-) dalam acara lelang pasar grosir ikan terbesar di Jepang.

Ini berarti ikan seberat 233 kg itu adalah ikan termahal kedua sejak tahun 2001 ketika waktu itu tuna seberat 200 kg terjual seharga 20,2 juta yen (atau sekitar Rp. 2.000.000.000,-) di pasar Tsukiji Tokyo.

Raksasa tuna yang dibeli oleh pemilik dua restoran sushi di Tokyo dan satu restoran sushi di Hong Kong itu adalah satu dari 570 ekor ikan yang ditangkap para nelayan di lepas pantai utara Jepang. Sekitar 40 persen dari ikan yang dilelang berasal dari luar negeri, termasuk dari Indonesia dan Meksiko.

Kenapa bisa satu ekor ikan terjual sedemikian tingginya? Karena Jepang memang pencinta seafood / makanan laut. Jepang adalah konsumen makanan laut terbesar di dunia dengan daging ikan tuna yang paling banyak dicari oleh penggila sushi.

Kamu suka sushi?



06 Januari 2010

Pergantian Tahun Kerbau Ke Tahun Macan


Masih dalam semangat perayaan tahun baru, menurut perhitungan bangsa China tahun 2010 adalah tahunnya shio macan. Berikut adalah cuplikan video upacara penyerahan "tugas" dari sang kerbau kepada sang macan di Osaka...






04 Januari 2010

Perdana Menteri Jepang Mulai Menggunakan Twitter


Perdana Menteri Jepang Yukio Hatoyama telah meluncurkan sebuah blog dan mulai menggunakan Twitter di Tahun Baru ini demi menjangkau masyarakat luas.


Yukio Hatoyama


"Selamat Tahun Baru semuanya," katanya dalam tweet pertamanya, menekankan bahwa ia telah menulis sendiri. "Target saya adalah untuk mengirimkan satu tweet sehari untuk sekarang sampai saya terbiasa dengan hal itu."

Dalam blognya yang berjudul Hato Kafe, Hatoyama mengatakan "Saya mulai blog ini sebagai langkah pertama untuk mengubur kesenjangan antara manusia dan politik serta perubahan negara ini bersama-sama."

Beliau juga meng-upload foto kantornya dengan latar belakang biru langit musim dingin, menjelaskan bahwa ia mengambil gambarnya dengan kamera di ponsel.

Dukungan untuk kabinet Hatoyama sebenarnya telah jatuh dibawah 50 persen untuk pertama kalinya menurut jajak pendapat yang dirilis bulan lalu. Pemilih mengkritik kurangnya kepemimpinan yang kuat dan skandal pendanaan.

Dalam blog-nya, Hatoyama meminta maaf atas skandal pendanaan politik yang telah melibatkan mantan ajudannya. Beliau berkata "Saya sudah memberi banyak kesulitan kepada banyak orang tahun lalu. Dengan mendengarkan suara rakyat, saya ingin melakukan yang terbaik untuk memenuhi tugas saya."

Mantan ajudan Hatoyama, Keiji Katsuba didakwa pada akhir Desember atas tuduhan "misreporting" jutaan dolar dari total dana sumbangan, tapi jaksa tidak mendakwa sang perdana menteri karena kurangnya bukti.

Kegiatan politik di Internet masih jarang di Jepang karena undang-undang melarang berkampanye di Internet menjelang pemilihan umum nasional. Tetapi menteri komunikasi, Kazuhiro Haraguchi mengatakan pemerintah mungkin akan mempertimbangkan untuk menghapus larangan tersebut karena banyak politisi muda baru-baru ini mulai meluncurkan blog dan menggunakan Twitter.

Twitter, sebuah perusahaan online berbasis di San Francisco telah memenangkan hati puluhan juta pengguna dengan layanan yang memungkinkan orang untuk memposting satu sama lain dengan pesan kurang dari 140 karakter, meluncurkan layanan resminya di Jepang pada April 2008 lalu. Twitter memang telah menyihir semua orang dari Presiden Obama sampe pelajar SD.

Twitter Perdana Menteri Jepang:
http://twitter.com/hatoyamayukio

Blog Perdana Menteri Jepang:
http://hatocafe.kantei.go.jp/


Yukio Hatoyama



02 Januari 2010

Perayaan Tahun Baru Di Jepang


Nikmatilah video-video perayaan tahun baru 2010 di Jepang berikut ini. Lihat warna-warninya. Rasakan suasananya. Hirup udaranya. Inilah Jepang!





















Follow Us

Like Us!

Total Pageviews

© Apa Saja Yang Terjadi Di Jepang? All rights reserved | Search by Google