29 Juli 2010

Seni Padi Menggambar Sawah


Orang Jepang memang sangat kreatif.

Menggambar dan melukis di kanvas kecil saja butuh keahlian khusus, apalagi melakukannya di bidang yang luasnya mencapai 1 hektar seperti ini...


jepang melukis sawah

jepang melukis sawah


Bagaimana ceritanya sampe bisa ada gambar-gambar raksasa di sawah?

Hampir dua dekade lalu, Koichi Hanada, seorang pegawai di balai desa menerima permintaan yang tidak biasa dari atasannya, yaitu dia harus menemukan cara untuk menarik banyak wisatawan datang ke desa mereka yang memiliki banyak sawah dan kebun apel.

Waktu itu Koichi jelas bingung setengah hidup karena dia gak ngerti apa yang bisa dijual dari sebuah pemandangan sawah dan kebun apel. Memangnya siapa yang mau jalan-jalan cuma untuk lihat sawah???

Tak terasa Koichi telah menghabiskan waktu berbulan-bulan memeras otaknya, sampai di suatu hari dia melihat anak-anak sekolah menanam padi sebagai proyek pelajaran kelas. Mereka menggunakan dua varietas tanaman padi, satu dengan warna batang keunguan gelap dan yang lainnya berwarna hijau terang.

Kemudian ia berpikir, mengapa tidak menanam jenis padi berwarna sedemikian rupa untuk membentuk gambar dan kata-kata?

"Aku tidak tahu ide seperti itu bisa sukses besar," katanya.


jepang melukis sawah

jepang melukis sawah


Hasilnya adalah apa yang sekarang disebut sebagai seni padi, yang telah menempatkan nama desa kecil ini pada peta.

Maka dari itu setiap tahun sejak 1993, warga desa Inakadate telah membuat gambar dengan menggunakan sawah sebagai kanvas mereka dan tanaman hidup sebagai cat dan kuas. Tahun lalu saja, lebih dari 170.000 pengunjung menyesaki jalan-jalan sempit yang tenang di desa ini dan mereka terpaksa menunggu berjam-jam untuk melihat seni padi ini.

"Kami tidak punya laut dan tidak ada gunung, tapi kita punya banyak padi," kata Koyu Suzuki, sang walikota yang sudah berusia 70 tahun. "Kita harus menciptakan peluang industri pariwisata sendiri dengan menggunakan apa yang kita punya."

Warga desa berharap seni padi ini bisa membantu desa mereka untuk hidup kembali. Seperti banyak nasib pedesaan di Jepang, mereka mengalami masa-masa sulit karena populasi yang menyusut, beban utang, dan penurunan jumlah pendapatan dari sektor pertanian.


jepang melukis sawah

jepang melukis sawah


Daripada meninggalkan gambar-gambar lingkaran yang dikira ciptaan alien, mendingan gambar khas Jepang kan?



Bagikan

28 Juli 2010

Piano & Drum Terkecil Di Dunia


Kamu pernah main piano? Atau mungkin main drum?

Yang ukuran normal aja kita harus belajar menguasai teknik bermainnya selama berbulan-bulan, bagaimana dengan ukuran terkecil di dunia???


piano terkecil di dunia

drum terkecil di dunia





Bagikan

27 Juli 2010

[Video] Bell Raksasa


Di kuil Kuonji, prefektur Yamanashi, terdapat sebuah bell raksasa yang kalau mau dibunyikan harus menggunakan satu tubuh...


jepang






Bagikan

25 Juli 2010

[Video] Bunga Bangkai Bermekar Di Tokyo


Indonesia punya sesuatu yang bisa dibanggakan di Jepang lho. Tapi baunya minta ampun.

Yup. Namanya bunga bangkai..


Bunga Bangkai







Setelah sekian lama menunggu, para peneliti di Koishikawa Botanical Gardens yang dikelola oleh Universitas Tokyo, akhirnya bisa melihat bermekarnya jenis bunga terbesar di dunia, bunga bangkai.

Bunga bangkai yang mempunyai tinggi 1,5 meter dan berdiameter 80 cm ini adalah hasil pertumbuhan sejak benihnya pertama kali ditanam pada tahun 1993. Bayangkan, butuh waktu 17 tahun cuma untuk melihat bunga ini bermekar. Ck, ck, ck.



Bagikan

24 Juli 2010

[Video] Tokyo Electronic Music Festival & Fashion


Inilah Tokyo. Inilah tempat hangout para kawula muda Tokyo. Pesta tanpa henti di Tokyo Electronic Music Festival & Fashion...












Bagikan

22 Juli 2010

[Video] Nicolas Cage Di Tokyo


Bintang papan atas Hollywood Nicolas Cage tiba di Tokyo kemaren dan muncul di Fuji TV untuk mempromosikan film terbarunya "The Sorcerer’s Apprentice" di Jepang...





Bagikan

20 Juli 2010

Ya, Saya Bersedia... Bercerai


Di Jepang terdapat sebuah fenomena baru.

Sekarang pasangan suami-istri bisa mengucapkan kalimat sakral "Ya, saya bersedia" sebagai janji perpisahan sehidup tidak semati dalam sebuah upacara perceraian yang dihadiri keluarga dan para tamu undangan.


upacara perceraian


"Dimana ada upacara pernikahan, disana pasti ada upacara perceraian." Begitu kira-kira yang ada di pikiran Hiroki Terai, mantan salesman yang mempelopori adanya penyelenggaraan upacara perceraian di Jepang.

Hiroki memulai bisnisnya dengan mendirikan "Istana Perceraian" secara diam-diam kurang lebih satu tahun yang lalu. Tak disangka, bisnisnya melejit dengan cepat. Hiroki mengaku bahwa dia menerima lebih dari 900 order dalam satu tahun!


upacara perceraian


Setiap pasangan dikenakan biaya 55.000 yen (atau sekitar Rp. 5,5 juta) untuk mendapatkan paket perceraian yang lengkap. Upacara yang diadakan bukan sembarang upacara lho - dari acara penjemputan pengantin dengan rickshaw, pengucapan janji perceraian, sampai acara penghancuran cincin kawin - semuanya diatur dan dijadwal layaknya upacara pernikahan pada umumnya.

Ya, dalam upacara tersebut cincin kawin kedua mempelai benar-benar dihancurkan dengan sebuah palu. Ini tentu menandakan bahwa kisah cinta mereka telah berakhir.

Ya, Jepang memang terkenal sebagai salah satu negara yang paling romantis di dunia. Sayangnya kenyataan tidak selalu berakhir dengan kisah bahagia. Dengan tingkat perceraian yang mencapai 251.000 kasus pada tahun 2008, siapa yang berani berdebat dengan Hiroki Terai?

Dulu perceraian dianggap sangat tabu oleh masyarakat Jepang. Tapi sekarang...


upacara perceraian



Bagikan

19 Juli 2010

International Tokyo Toy Show 2010


Ajang pameran mainan terbesar di Tokyo sedang diselenggarakan di Tokyo Big Sight International Exhibition Center. Anehnya, gak ada anak-anak disini...


International Tokyo Toy Show 2010

International Tokyo Toy Show 2010

International Tokyo Toy Show 2010





Bagikan

18 Juli 2010

Siapa Sebenarnya Kuchisake Onna?


kalau kamu suka sama cerita-cerita horror dari Jepang, pasti udah gak asing lagi sama nama yang satu ini. Kuchisake Onna...


Kuchisake Onna


Legenda ini dikatakan berasal dari seorang perempuan muda bernama Kuchisake Onna yang hidup ratusan tahun yang lalu sebagai istri atau selir dari seorang samurai. Perempuan ini mempunyai wajah yang sangat cantik, karena itu sang samurai berkata tidak akan ada lagi wanita lain yang akan dicintainya.

Tapi rupanya cinta bertepuk sebelah tangan dan perempuan muda tersebut mengkhianati sang samurai dengan berselingkuh. Ketika rahasia gelapnya diketahui, sang samurai tentu merasa sangat cemburu dan langsung naik pitam.

Mata hatinya menjadi gelap dan akal sehatnya sirna. Dia langsung mencabut pedangnya dan membelah celah mulut sang perempuan dari telinga kanan ke telinga kiri. Dia lalu berkata, "Siapa yang akan berpikir kalau kamu cantik sekarang?!"

Mulut Kuchisake Onna menganga terbuka lebar, tapi tidak ada suara apapun yang keluar dari mulutnya. Yang ada hanya darah mengalir deras membasahi kimononya. Matanya melotot dan berlinang air mata menandakan bahwa dia sedang menahan rasa sakit yang teramat sangat. Tapi tetap tidak ada suara apapun yang keluar dari mulutnya.

Dibiarkan begitu saja oleh sang samurai selama berjam-jam lamanya, sampai akhirnya dia meninggal dunia. Karena matinya penasaran, arwahnya masih bergentayangan untuk terus mencari sang samurai dan menuntut balas dendam.

Julukannya adalah setan bermulut celah.


Kuchisake Onna


Singkat cerita, legenda ini diteruskan turun-temurun sampai sekarang. Mitos yang ada sekarang adalah mitos yang menyatakan bahwa seorang wanita menjelajah di malam hari dengan wajah tertutup oleh masker bedah.

Ketika ia menemukan seorang laki-laki, dia malu-malu akan bertanya, "Apakah aku cantik?" ("Watashi kirei?").

Jika orang itu menjawab "Ya," maka ia akan melepas topeng dan berkata, "Bagaimana kalau sekarang?" ("Kore demo?"). Pada titik ini, jika korban menjawab "Tidak," dia akan membunuh mereka atau memotong mulut mereka menyerupai miliknya dengan gunting atau pisau.

Tapi jika korban mengatakan dia tetap cantik untuk kedua kalinya (setelah sang perempuan membuka maskernya), ia mengikuti korban sampai ke rumah dan membunuh mereka di ambang pintu tempat tinggal mereka.

Jadi berhati-hatilah jika kalian berjalan sendirian di malam hari.



Kuchisake Onna = 口裂け女


Bagikan

17 Juli 2010

[Video] Rumah Berhantu Di Tokyo Dome City


Ayo kita masuk ke rumah hantu di Tokyo Dome City. Peraturannya cuma satu... jangan pake alas kaki.

jepang





Bagikan

15 Juli 2010

Bikin Roti Dari Beras? Apa Bisa?


Satu lagi berita mengenai kemajuan teknologi Jepang.

Perusahaan elektronik raksasa Jepang, Sanyo, telah memproduksi sebuah alat yang bisa membuat roti dari beras. Diberi nama Gopan, yang diambil dari kata "gohan" (beras yang dimasak) dan "pan" (roti).


sanyo gopan


Seichiro Sano, presiden direktur Sanyo mengatakan dengan bangga bahwa alat yang bentuknya mirip dengan rice cooker ini adalah alat pertama di dunia yang bisa membuat roti dari beras.

Cukup masukkan 220 gram beras, 210 gram air putih, gula, garam dan margarin ke dalam dispenser dan biarkan alatnya bekerja dengan otomatis selama kurang lebih 4 jam, maka kamu bisa mencicipi roti yang awalnya adalah padi.

Produk ini akan dilepas oleh Sanyo di pasar Jepang pada bulan Oktober mendatang. Jadi kalo kamu bosen makan nasi terus, kamu bisa beli Gopan.



Bagikan

14 Juli 2010

[Video] Iklan PlayStation Move


Sony kembali meluncurkan produk terbaru mereka. Kali ini namanya adalah PlayStation Move, konsol game yang bener-bener mengandalkan interaksi para pemainnya secara langsung. Mirip Wii.



PlayStation Move



Bagikan

12 Juli 2010

Bakeneko / Nekomata - Kucing Berkekuatan Supranatural


Pada zaman dahulu kala, ketika samurai dan ninja masih menguasai Jepang, kucing adalah salah satu hewan yang sangat ditakuti. Kucingnya lebih sering dikenal dengan nama Bakeneko dan Nekomata.


Bakeneko


Dalam cerita dongeng Jepang, setiap kucing yang hidup lebih dari 13 tahun, mencapai berat 3,75 kg, atau diperbolehkan untuk mempunyai ekor yang panjang, bisa menjadi Bakeneko (化け猫) atau siluman kucing.

Konon siluman kucing ini bisa memakan apapun dan siapapun yang ada di hadapannya. Dan ketika ekor Bakeneko tumbuh cukup panjang, ekornya akan terbelah menjadi dua, lalu berubah menjadi Nekomata.


Nekomata


Pada awal abad ke-17, hewan kucing dimanfaatkan oleh orang Jepang untuk memakan tikus-tikus yang mengancam ulat sutra. Pada waktu itu kucing tidak boleh diperjual-belikan dan mereka dilepas begitu saja, bebas berkeliaran di sekitar desa dan kota.

Cerita tentang kucing-kucing jalanan yang ganas akhirnya menjadi dongeng terkenal dari generasi ke generasi. Ada banyak orang yang membicarakan tentang kemampuan supranatural yang dimiliki Bakeneko dan Nekomata.

Mereka bisa berbicara dengan bahasa manusia (bahasa Jepang tentu saja), mereka bisa berjalan dengan dua kaki, membunuh manusia kemudian berubah bentuk menjadi korbannya, dan bahkan membangkitkan orang mati untuk menghantui yang masih hidup.

Karena cerita-cerita mengerikan itu, banyak orang Jepang yang memotong ekor kucing untuk menghentikan mereka berubah menjadi siluman. Itu sebabnya pula muncul satu jenis ras kucing baru yang ekornya bulat seperti ekor kelinci.

Namanya ras kucing Japanese Bobtail.

jepang


Ada juga cerita seperti ini... suatu hari seekor kucing sedang menghangatkan dirinya di dekat perapian. Tapi karena terlalu dekat, ekornya sampai terbakar. Kaget dan ketakutan, sang kucing berlari-lari mengitari satu desa dan ekornya mengenai rumah-rumah disana (zaman dulu kan semuanya terbuat dari kayu) sampai satu desa hangus.

Saat kaisar Jepang mengetahui hal ini, dia mengira kucing tersebut adalah siluman Nekomata dan langsung memerintahkan rakyatnya untuk memotong semua ekor kucing yang panjang.

Kasihan banget.


jepang



Nekomata = 猫又

Bagikan

11 Juli 2010

Maid Robot? Hmm... Sedap!


Perkenalkan namanya adalah Furo.


Maid Robot

Maid Robot

Maid Robot





Sayangnya, sekarang Furo bekerja di sebuah restoran di Korea, bukan Jepang. Penciptanya pun perusahaan Korea, yaitu Future Robot. Bukannya orang Jepang gak bisa bikin robot pelayan, tapi untuk saat ini bentuknya masih sedikit kayak robot...


Maid Robot Jepang



Bagikan

10 Juli 2010

[Video] Pertandingan Makhluk Laut


Di Jepang ada aja acara TV aneh-aneh yang bisa kamu nonton. Dan TV Tokyo termasuk channel yang paling sering dicari orang.


jepang







Catatan: Sayangnya Paul gak ada di Jepang.



Bagikan

09 Juli 2010

Indonesia Masuk Peringkat 5 Besar Dunia!


Jarang-jarang kan Indonesia masuk peringkat 5 besar dunia?

Nah sekarang negara kita yang tercinta ini tepatnya berada di peringkat 4 dunia dalam hal konsumsi rokok per tahun.


Top 5 Besar Konsumsi Rokok Sedunia


Negara kecil seperti Jepang rupanya sangat kuat dalam merokok sampai-sampai melewati Amerika Serikat (yang penduduknya lebih dari 300 juta), Indonesia (220 juta), dan Rusia (140 juta). China merebut posisi pertama dengan gampang karena posisi keduanya saja udah terlalu jauh.

Pemerintah Jepang sudah mulai menggalakkan gerakan anti-rokok karena mengkhawatirkan satu kondisi dimana para pemuda jaman sekarang tidak akan hidup lebih dari 70 tahun karena pengaruh gaya hidup.

Sedangkan pemerintah Indonesia mengkhawatirkan satu kondisi dimana perusahaan rokok tidak akan hidup lebih dari 70 tahun karena pengaruh tekanan dunia.



Rokok = Tabako / たばこ


Bagikan

08 Juli 2010

Karakter Anime Yang Menjadi Pelayan


Beberapa hari yang lalu ada artikel mengenai monyet yang menjadi pelayan di sebuah restoran. Sekarang bagaimana kalau karakter-karakter anime yang menjadi pelayan?


kigurumi, doller, animegao


Maid Cafe memang selalu menjadi bahan pembicaraan yang hangat, terutama para otaku mania di Jepang yang berjenis kelamin laki-laki.

Barita baik untuk kalian karena Kigurumi Café Aokazetei akan mempersiapkan 8-10 orang yang berkostum ala anime dari ujung rambut sampe ujung kaki. Cosplay seperti ini biasanya disebut juga kigurumi, doller, atau animegao.


kigurumi, doller, animegaokigurumi, doller, animegao
kigurumi, doller, animegaokigurumi, doller, animegao
kigurumi, doller, animegaokigurumi, doller, animegao






Bagikan

07 Juli 2010

Ayo Olahraga Dan Menikahlah!


Kita tau kalau olahraga akan berdampak baik untuk kesehatan. Tapi di Jepang, olahraga juga akan berdampak baik untuk mencari cinta.


anime jepang


Kementerian pendidikan telah datang dengan strategi baru untuk membantu membalikkan tingkat perkawinan yang sangat menurun di Jepang, yaitu mendorong orang-orang - terutama yang masih jomblo - untuk melakukan olahraga.

Menurut Goo, tingkat perkawinan antara usia 25 sampai 29 tahun turun di bawah 30% pada tahun 2008 dibandingkan dengan 75% pada tahun 1950. Pemerintah telah merespon tahun ini dengan mengatakan warganya untuk pergilah jogging, keluarlah dari rumah dan beraktifitas dengan semangat!


research.goo.ne.jp


Bisnis kontatsu (marriage hunting) telah mengalami peningkatan di Jepang dalam beberapa tahun terakhir dengan layanan kencan dan buku-buku tentang cara menemukan pasangan.

Pemerintah Jepang mengatakan bahwa kamu mungkin akan menemukan cinta sejati saat kamu sedang sibuk berkeringat untuk menghilangkan beberapa kilo lemak. Tampaknya istilah "olahraga-konkatsu" telah resmi menjadi slogan untuk musim panas 2010.



Bagikan

06 Juli 2010

Mantan Juara Makan Hot Dog Di Tangkap Polisi!


Kemaren Takeru Kobayashi ditangkap polisi setelah dia mencoba "mengganggu" perayaan kemenangan juara baru di kejuaraan Nathan’s Hot Dog Eating Contest 2010, New York.


Takeru Kobayashi


Mantan juara 6 kali ini tidak mengikuti kejuaraan tahun ini karena dia mempunyai sengketa kontrak dengan Major League Eating (MLE), organisasi yang mengatur kompetisi-kompetisi makan terbanyak.

Kobayashi mengatakan bahwa dia mencintai kontes makan dan dia sangat ingin berpartisipasi, namun kontrak MLE terlalu ketat. Berbicara melalui penerjemah, dia mengatakan bahwa semua pendapatannya diperoleh melalui kompetisi seperti ini, sedangkan kontrak barunya tidak membolehkan dia bertanding di Amerika dan Kanada selama setahun.

Aneh.






Bagikan

05 Juli 2010

Monyet Menjadi Pelayan Restoran?


Apa jadinya kalo kamu masuk ke sebuah restoran, mau makan, tapi dilayani oleh seekor monyet?

Pasti seru juga ya. Nah, di kota Utsunomiya ada sebuah restoran unik yang "mempekerjakan" dua ekor monyet sebagai pelayannya. Daerah Utsunomiya biasanya dikenal sebagai pusat budaya gyoza (sejenis makanan tradisional). Tetapi dengan begitu banyak monyet di pegunungan Tochigi, masuk akal juga untuk menjadikan monyet sebagai tema restoran.

Di restoran Kayabuki (4688-13 Miyuki-honcho, Utsunomiya-shi, Prefektur Tochigi, tel. 0286623751), dua monyet, Fukuchan dan Yacchan, siap membawa handuk-handuk oshibori yang hangat dan memberikan hiburan untuk para tamu yang berkunjung.


restoran kayabuki


Pemiliknya jelas tidak puas dengan hanya memiliki monyet sebagai pelayan, jadi mereka mendandani Fukuchan dengan topeng perempuan dan wig. Alhasil, jadilah pertunjukkan topeng monyet kayak di Indonesia.

Tapi jangan khawatir, monyet-monyet di Jepang diperlakukan dan dirawat secara layak kok. Fukuchan dan Yacchan tidak pernah dipaksa untuk bekerja menjadi pelayan.

Pada awalnya mereka hanya sebagai binatang peliharaan sang pemilik restoran, tapi lama kelamaan mereka ikut nimbrung dengan para tamu. Kamu tau kan kalo monyet gak bisa diam? Nah, daripada dipandang negatif (sebagai penggangu) kenapa enggak dimanfaatkan sekalian?

Menurut peraturan di Jepang, para monyet ini tidak boleh bekerja lebih dari 2 jam sehari.

Coba nonton video...







Monyet = Saru / 猿


Bagikan

04 Juli 2010

Stiker-Stiker Peringatan Dari Tokyo Metro


Tokyo Metro, perusahaan yang mengoperasikan jalur kereta api di Tokyo, tampaknya mulai kesal dengan tingkah laku para penumpangnya.

Ini bisa terlihat dari banyaknya stiker-stiker peringatan yang ditempel dimana-mana guna memperingati mereka yang ingin berlaku seenaknya...


jangan mabok dong!jangan buang sampah sembarangan!
duduk jangan seenaknya brother!ibu-ibu pada jualan ya?
pake make-up di rumah dongudah cantik nona
ngerumpi di ponsel jangan kenceng-kenceng dongterlalu semangat ya?


Kayaknya pas banget kalo stiker-stiker ini ditempel di kereta api/angkot-angkot di Indonesia ya?



Bagikan

Follow Us

Like Us!

Total Pageviews

© Apa Saja Yang Terjadi Di Jepang? All rights reserved | Search by Google