30 November 2010

Enoshima: Lokasi Favorit Warga Tokyo Untuk Liburan


Kamu pernah denger nama Enoshima?

enoshima, jepang

enoshima, jepang


Enoshima adalah sebuah pulau kecil terletak di prefektur Kanagawa, sebelah selatan Tokyo yang dihubungkan dengan jembatan sepanjang 600 meter. Warga Tokyo dan Yokohama yang sudah penat dengan gedung-gedung tinggi dan stress dengan kemacetan, biasanya singgah ke Enoshima dengan bersantai ria di pantai yang suasananya mirip Hawaii.

enoshima, jepang


Warga asli Enoshima termasuk warga yang sangat religius. Mereka memuja Benzaiten, dewi musik, hiburan dan kemakmuran, yang menurut legenda dewi Benzaiten telah mengangkat pulau Enoshima dari dasar laut pada abad ke-6 untuk digunakan sebagai rumah bagi para ksatria naga.

Tahukah kamu bahwa Benzaiten (弁才天) sebenarnya adalah nama Jepang dari dewi agama Hindu, Saraswati? Tapi uniknya, malah gak ada penduduk Enoshima yang beragama Hindu. Mungkin ini dikarenakan banyaknya para pedagang jaman dulu yang datang dari India sambil membawa kitab-kitab agama Hindu sehingga sedikit banyak mempengaruhi penduduk asli yang beragama Buddha dan Shinto.

Sebagai perbandingan, simak gambar dibawah ini. Yang kiri adalah Saraswati, yang kanan adalah Benzaiten...

Saraswati, Benzaiten

enoshima aquarium, jepang


Ada pula Enoshima Aquarium, tempat dimana para pengunjung bisa menyaksikan kehidupan bawah laut yang sangat indah. Kamu bisa download brosurnya disini.

Cara termudah untuk pergi ke Enoshima dari Tokyo adalah dengan mengambil jalur JR Tokaido atau jalur Odakyu Odawara untuk Fujisawa dan kemudian transfer ke Enoden. Perjalanan dari Kamakura lebih panjang, tapi menawarkan pemandangan pantai yang lebih baik. Sedangkan perjalanan dari Fujisawa lebih dekat dan lebih murah.

Jadi kalo kamu jalan-jalan ke Tokyo, sempatkan diri untuk singgah ke Enoshima.



Enoshima = 江の島


Bagikan

29 November 2010

Kinect Diluncurkan, Jepang Merespon Lambat


Lebih dari 10 tahun yang lalu aku sempet ngebayangin dimana kita bisa bermain 'Street Fighter' (game pertarungan) seperti layaknya kita sedang bertarung sungguhan. Tanpa pegang stick controller. Tanpa kabel. Tanpa apa-apa.

Kalo kita melakukan gerakan menendang, maka karakter game kita juga akan ikut menendang. Kalo kita melakukan gerakan jongkok, maka karakter game kita juga akan ikut jongkok. Istilah kerennya 'virtual reality'.

Hari ini masa depan telah tiba!




kinect jepang


Microsoft telah meresmikan produk baru untuk konsol video game Xbox 360, yaitu Kinect, yang bisa memungkinkan kita untuk bermain game tanpa memegang apapun. Jadi gamenya dimainkan 100% dengan gerakan tubuh kita.

Kinect dilepas di Amerika pada awal bulan November, kemudian di Jepang baru pada minggu lalu. Hasilnya? Di Amerika, Microsoft berhasil menjual lebih dari 1 juta unit Kinect dalam 10 hari pertama. Sukses besar! Tapi lain ladang lain belalang. Dengan harga 14.800 yen (sekitar Rp. 1,5 juta) penjualan Kinect di Jepang hanya mencapai 26.000 unit.

Terbukti sudah bahwa Jepang memang terkenal dengan slogan "lebih cinta dengan produk dalam negeri" dengan penjualan Wii, PSP dan PS3 yang terus saja meroket, meninggalkan produk asing jauuuuuuh di belakang.



Bagikan

28 November 2010

Profile Kartunis: Richard Pech


Postingan hari ini adalah postingan hasil karya dan wawancara dari seorang pencinta komik, kartunis amatir, dan temen lama aku dari satu sekolah SD dulu. ^_^

Perkenalkan, namanya adalah Yohanes Richard Pech.


Yohanes Richard Pech

Yohanes Richard Pech

Yohanes Richard Pech


Jepang.net: Apa pekerjaan kamu sekarang?

Richard: Arsitek.


Jepang.net: Sejak kapan kamu mulai suka menggambar komik?

Richard: Jaman kuliah.


Jepang.net: Kamu anggap gambar-gambar kamu itu sebagai manga yang terinspirasi oleh Jepang, ato komik yang terinspirasi oleh Amerika?

Richard: Jepang, soalnya dari kecil tumbuh ama cerita-cerita Doraemon, Dragon Ball, Kungfu Boy dan kawan-kawan. Jadi secara gak nyadar suka sama gaya Jepang. :D


Jepang.net: Manga apa yang paling kamu suka?

Richard: Sekarang lagi ngikutin murni Naruto ama One Peace doang hehehe. Karena penasaran sama ceritanya dan pengolahan karakternya juga bagus. Gak terlalu punya banyak waktu buat baca-baca komik lagi. :D

Anyway, kalo gaya gambar banyak terpengaruh sama Akira Toriyama (Dragon Ball), Mazakasu Katsura (I's), sama Tetsuya Nomura (Final Fantasy character designer). Lalu kalau story telling sama si Inoue Takehiko (Slam Dunk).


Jepang.net: Apa selama ini kamu cuma iseng gambar-gambar aja karena hobby? Atau kamu ada rencana untuk terbitin manga kamu sendiri?

Richard: Hobi awalnya, ada rencana juga buat nerbitin. Tapi kalau dilihat dari pangsa pasar dan skill gambar, rasanya hal ini masih susah banget buat diraih. < Sadar diri >


Jepang.net: Ada enggak manga kamu yang udah selesai menjadi satu buku atau satu cerita utuh?

Richard: Ada beberapa yang udah jadi, kerjasama dengan penulis asing. Tapi semua itu berupa cerita-cerita pendek yang selesai beberapa halaman doang. Banyak yang gak jelas kelanjutannya gimana. :P

Tapi sejauh ini yang terbit cuman 1 cerita dengan 4 halaman di majalah komik RX TALES keluaran MC Studios dari Amrik. < Bangga >


Jepang.net: Apa ada perkumpulan atau klub komik/manga yang kamu join?

Richard: Gak secara fisik, hehehe. Paling club-club di Facebook aja. :P



Yohanes Richard Pech


Kalian bisa berkenalan dengan dia dan melihat-lihat hasil goresan dia yang lain melalui Facebook.



Bagikan

27 November 2010

Buah-Buahan dan Sake Bisa Dengar Musik?


Bisa. Kata orang Jepang.

Toyoka Chuo Seika, perusahaan yang berbasis di prefektur Hyogo baru saja mengirim produknya yang bernama "Pisang Mozart" ke semua supermarket di daerah tersebut.

Tiba di Jepang sebagai pisang biasa dari Filipina, pisang-pisang tersebut akhirnya bertemu dengan takdir yang aneh. "String Quartet 17" dan "Piano Concerto 5 dalam D mayor" di antara karya-karya lain, dimainkan terus menerus selama satu minggu di ruang pematangan yang memiliki speaker-speaker besar khusus untuk tujuan ini.

pisang jepang


Tapi mereka bukan pisang pertama di Jepang yang mendengar alunan komposer besar Austria dari abad ke-18 itu. Sebuah pusat grosir buah-buahan di prefektur Miyazaki sudah melakukannya dari tiga tahun yang lalu. Bahkan dalam beberapa dekade terakhir, berbagai macam makanan dan minuman telah terkena getaran musik klasik, seperti kecap di Kyoto, mie udon di Tokyo, miso di Yamagata, jamur maitake di Ishikawa dan "Roti Beethoven" di Nagoya.

Ini cukup untuk membuat para skeptis bertanya-tanya: Apakah produsen benar-benar serius tentang manfaat dari musik klasik? Seorang wakil dari perusahaan buah Hyogo, Isamu Okuda, mengatakan bahwa mereka percaya kalau musik klasik bisa membuat pisang menjadi manis.

"Kami pikir ini akan menjadi investasi yang baik," kata Okuda, "yang akan membedakan perusahaan kami dari yang lain."

Pisang yang dijual secara lokal di Toyoka dibandrol dengan harga ¥300 (sekitar Rp. 30.000) per buah, dan dibandingkan dengan tahun lalu tingkat penjualan pun terus meningkat. Rencananya adalah meluaskan area penjualan ke jaringan supermarket yang lebih luas di masa depan.


sake jepang

Perusahaan lain yang menggunakan musik klasik adalah Shuzo Ohara, produsen sake di prefektur Fukushima. Direktur senior, Fumiko Ohara, mengatakan bahwa mereka telah memulainya lebih dari 20 tahun yang lalu ketika sang presiden, Kosuke Ohara, menemukan sebuah buku tentang pembuatan bir dengan musik. Mereka pun bereksperimen dengan jazz, Mozart, Bach, dan Beethoven.

"Hasilnya adalah Mozart yang terbaik untuk pembuatan sake," kata Ohara, "dan itulah sebabnya kami hanya menggunakan musiknya."

Selama 24 sampai 30 hari, pada langkah ketiga dari proses pembuatan sake, Mozart dimainkan selama satu jam di pagi hari dan satu jam di sore hari selama proses fermentasi di tangki stainless-steel berlapis enamel. "'Symphony 41' dan 'Piano Concerto 20' membuat sake memiliki aroma yang lebih kaya dan rasa yang lebih ringan," katanya.

Sejak tahun 1989 sake buatan Ohara yang berlabel "seri klasik" dengan kisaran harga ¥1.000 s/d ¥5.000 selalu terjual habis.

Sejumlah ilmuwan menolak untuk diwawancarai untuk cerita ini karena tidak ada penelitian yang cukup, tapi itu tidak membuat Hiroko Harada berhenti menyetel lagu klasik. Manajer perusahaan Harada Tomato itu telah membuktikannya dengan tomat-tomat produksinya yang lebih lezat dan manis berkat Mozart.

Harada pertama kali memikirkan ide gila ini 15 tahun yang lalu, setelah dia mendengar tentang sapi di Spanyol yang produksi susunya meningkat setelah mendengarkan Mozart.

Di perkebunan Harada, speaker-speaker ditempatkan di seluruh sembilan rumah kaca dan lagu Mozart diputar selama 10 jam sehari dari Oktober sampai Mei. "Yang paling penting adalah bahwa musik klasik menciptakan lingkungan yang santai dan nyaman bagi kita untuk bekerja, dan ini rupanya menular kepada tomat-tomat kami," katanya.

Menurut Tokushima Kogyou Shikenjyo, sebuah lembaga penelitian publik, tomat Harada mengandung tiga kali lebih banyak zat besi dan vitamin C daripada tomat biasa. Apakah ini hasil dari musik klasik atau karena cara berkebun organik yang terampil? Sulit untuk mengatakannya, tapi Harada merasa Mozart memainkan perannya dengan baik.

Walaupun tidak ada data penelitian resmi untuk mendukung klaim bahwa musik Mozart memiliki efek pada makanan dan minuman, satu penjelasan untuk popularitasnya manfaat di balik musik klasik adalah frekuensi tinggi yang bisa memberikan efek "tenang" pada manusia.

Musik Mozart yang mempunyai frekuensi diatas 8.000 Hz memang sering dimanfaatkan untuk terapi pada pasien dengan tingkat stress yang tinggi. Tapi apakah berlaku untuk makanan, minuman dan tanaman? Bukankah semua itu benda mati? Tanaman dan tumbuhan mungkin makhluk hidup, tapi... memangnya mereka punya kuping?


wolfgang amadeus mozart



Bagikan

26 November 2010

[Video] Darth Vader Jualan Galaxy Di Jepang


Apa jadinya kalau Darth Vader jalan-jalan ke Jepang?


Darth Vader di Jepang


Kalau Darth Vader jalan-jalan ke Jepang, maka dia pasti lagi jualan Galaxy, ponsel buatan Samsung yang dibawa NTT Docomo...





Bagikan

25 November 2010

10 Kata Dalam Bahasa Jepang Untuk Lokasi / Tempat


Kalau kamu lagi bepergian jalan-jalan ke Jepang, dan kebetulan bahasa Jepang kamu kurang lancar (kayak aku), dijamin postingan hari ini akan sangat membantu kamu.


Belajar Bahasa Jepang


Berikut 10 kata yang harus kamu ingat untuk mengetahui lokasi atau tempat yang ingin kamu tuju di Jepang...


1. 空港 (kuukou) = Airport / Bandara. Tempat persinggahan saat pertama kali kamu masuk ke Jepang.

2. ホテル (hoteru) = Hotel. Para turis biasanya menginap disini nih.

3. どこ (doko) = Dimana. Gak tahu dimana tempatnya? Tanya aja dengan kata ini. Contoh: "Hoteru, doko?"

4. レストラン (resutoran) = Restoran. Lagi laper? Disini tempatnya untuk mengisi perut.

5. 駅 (eki) = Stasiun Kereta. Jangan sampe ketinggalan keretanya!

6. インターネットカフェ (netto kafe) = Internet Cafe / Warnet. Ini tempatnya kalo kamu mau surfing di Internet.

7. 本屋 (honya) = Toko Buku. Ke tempat lahirnya Naruto dan One Piece, tapi gak ke toko buku? Sama aja gak pergi ke Jepang.

8. タクシー (takushi) = Taksi. Mau naik taksi? Siap-siap bawa uang yang banyak ya.

9. コンビニ (konbini) = Minimarket. Kalo kamu mau cari makanan ringan atau lagi haus, kamu bisa ke konbini. Sejenis Indomaret dan Alfamart gitu.

10. 家 (uchi/ie) = Rumah. Ahh, gak ada tempat seindah rumah... di Jepang.


BONUS... 日本 (Nihon) = Jepang!



Bagikan

24 November 2010

[Video] Cara Kucing Dan Anjing Minum


Kamu pernah perhatiin gak bagaimana cara kucing dan anjing minum air? Coba nonton video berikut...




Sebuah program di stasiun TV Mezamashi merekam bagaimana cara anjing dan kucing meminum air dengan slow-motion. Rupanya anjing meminum air dengan membentuk lidahnya seperti sendok untuk mengangkat air ke dalam mulutnya, sedangkan kucing meminum air dengan mencelupkan lidahnya saja.

Alhasil, kucing lebih sering mengeluarkan lidahnya daripada anjing karena setiap celupan ke mangkuk air, kucing hanya mengangkat 0,1 ml air ke dalam mulutnya.

Cape deh...

kucing jepang



Bagikan

23 November 2010

[Video] Anak Kucing Ditimbang


Kucing di video ini keliatan takut ya...





Bagikan

Sudah Menikah Tapi Tidur Di Kamar Berbeda?


Aishea baru-baru ini mensurvey bagaimana cara orang Jepang tidur di malam hari. Berikut hasilnya...

Bagaimana anda, para istri, tidur di rumah saat ini dengan suami?

Tidur di tempat tidur yang sama (futon yang sama) = 36,0%
Di kamar yang sama, tapi beda futon, berdekatan = 38,7%
Di kamar yang sama, tapi beda futon, berjauhan = 1,8%
Di kamar yang berbeda = 23,4%

Bagaimana anda, para wanita single, berharap mau tidur setelah menikah?

Tidur di tempat tidur yang sama (futon yang sama) = 13,4%
Di kamar yang sama, tapi beda futon, berdekatan = 51,0%
Di kamar yang sama, tapi beda futon, berjauhan = 7,6%
Di kamar yang berbeda = 28,0%


survey orang jepang


Dari hasil survey tersebut, sekitar 23,4% pasangan menikah tidurnya masih di kamar yang berbeda sampe sekarang. Dan sekitar 28% wanita single menginginkan tidur di kamar yang berbeda jika nanti sudah menikah.

Pantes aja Jepang kekurangan bayi. :(



Bagikan

22 November 2010

"Harry Potter and the Deathly Hallows" Di Jepang


Yup. Harry Potter kembali menyihir orang-orang di seluruh dunia, termasuk di Jepang, dengan film terbarunya "The Deathly Hallows!"

Aktor Rupert Grint, Bonnie Wright, dan Evanna Lynch hadir di Tokyo dalam rangka mempromosi penayangan film perdana Harry Potter di Jepang pada tanggal 19 kemaren. Simak videonya berikut ini...




Harry Potter and the Deathly Hallows di Jepang



Bagikan

21 November 2010

Anime Festival Asia 2010: Cosplay


Apa jadinya kalo Anime Festival Asia gak ada cosplay-nya? Pasti hambar dong. Hari ini kita akan melihat para cosplayer memajang kostum-kostum mereka dalam ajang Anime Festival Asia 2010 minggu lalu di Singapura...


Anime Festival Asia 2010: Cosplay

Anime Festival Asia 2010: Cosplay

Anime Festival Asia 2010: Cosplay


Tim dari Thailand adalah pemenang utama di Regional Cosplay Championship 2010...

Anime Festival Asia 2010: Cosplay


Dan tim dari Indonesia (ada juga ternyata), yang diwakili oleh "Garo N Zero" dari Komutoku berhasil merebut posisi Runner Up di Regional Cosplay Championship 2010...

Anime Festival Asia 2010: Cosplay



Bagikan

20 November 2010

Anime Festival Asia 2010


Anime Festival Asia 2010 yang baru saja diselenggarakan minggu lalu di Singapura berlangsung dengan sukses!

Lebih dari 70.000 orang dari berbagai negara menghadiri acara akbar ini untuk memuaskan dahaga mereka di dunia anime. AKB48, grup idol yang sedang naik daun, turut mengisi acara di mega konser musik tahun ini dengan tema "I Love Anisong" dimana tiket VIP seharga S$118 atau sekitar Rp.800.000-an ludes terjual.






Bagikan

19 November 2010

Cara Nonton 3D Di Iphone Kamu


Orang Jepang emang luar biasa.

Satu lagi penemuan yang sangat sederhana, tapi efeknya membuat banyak orang terkagum-kagum. Jitsuro Mase dari Kure National College of Technology berhasil menemukan cara bagaimana kita bisa menikmati tayangan 3 dimensi dari layar iPhone kita.

Dia beri nama i3DG. Simak cuplikan videonya disini...






Bagikan

18 November 2010

Obama Bertemu Dengan Robot


Selama lawatannya baru-baru ini ke Asia, Obama juga singgah ke Jepang untuk menghadiri Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik (KTT APEC). Mungkin karena udah kenyang makan bakso dan sate di Jakarta, beliau langsung terbang ke negri matahari terbit.

Sesampainya di kota Tokyo, sang Presiden langsung disambut oleh sebuah robot manusia, HRP-4C.


Obama HRP-4C Jepang

Obama Toyota i-Real Jepang


Setelah itu, Obama mencoba konsep kendaraan tunggal di masa depan, Toyota i-Real. Kalo kamu lihat videonya dibawah ini, dia sempet takut jatuh saat menjalani mesin canggih ini...





Bagikan

17 November 2010

Twitter Dijadikan Manga


Ini adalah bukti cintanya orang-orang Jepang kepada Twitter.


twitter manga di jepang

twitter manga di jepang

twitter manga di jepang

Manga karangan Yoko Gendai yang berjudul "Mitaka no Chushin de Nau O Tsubuyaku" atau yang berarti "Aku Sekarang Men-Tweet Di Jantung Mitaka" - Mitaka adalah salah satu kota kecil yang terletak di prefektur Tokyo - adalah manga pertama di dunia yang mengambil Twitter sebagai tema utama.

Manga ini bercerita mengenai bagaimana cara yang efektif dalam memanfaatkan pesan-pesan singkat yang hanya terdiri dari 140 karakter. Twitter memang telah menyihir banyak orang, termasuk kamu kan?



Bagikan

Wanita Jepang Tidak Bisa Naik Jabatan Tinggi?


Para wanita di Jepang memang bisa dibilang "workaholic" yaitu gila kerja dan lebih mementingkan karir daripada menikah dan meminang bayi. Tapi sayang, wanita Jepang jarang yang bisa naik sampai ke puncak jabatan suatu perusahaan.

Peningkatan karir dan promosi jabatan perempuan di negara yang memiliki kekuatan ekonomi terbesar kedua di dunia ini masih diperdebatkan, bahkan banyak yang bilang keadaannya memburuk dalam beberapa tahun terakhir.


wanita karir di jepang


Dalam sebuah survei yang mengukur kemajuan dalam menjembatani kesenjangan gender di berbagai bidang seperti politik, ekonomi, pendidikan, dan kesehatan pada World Economic Forum tahun lalu, Jepang berada pada peringkat 101 dari 134 negara.

Menurut survei yang dilakukan oleh Catalyst Inc, sebuah organisasi nirlaba yang berfokus pada perempuan di tempat kerja, dari semua perusahaan Jepang yang terdaftar, wanita hanya memegang 1,2% dari jabatan eksekutif senior pada tahun lalu. Sebagai perbandingan, perempuan di Amerika Serikat menduduki 13,5% di posisi eksekutif di banyak perusahaan terkenal.

Meskipun begitu ada beberapa perusahaan Jepang yang mulai memberikan perhatian kepada para wanita. Misalnya; Bank of Japan baru saja menunjuk manajer cabang perempuan pertama dalam sejarahnya berdiri selama 128 tahun. Japan Airlines mengumumkan kapten pilot wanita pertamanya tahun ini. East Japan Railway sekarang memiliki kepala stasiun perempuan di Tokyo untuk pertama kalinya.

Perkembangannya memang masih lambat. Jadi, apa kalian (para wanita) masih berminat kerja di Jepang?



Bagikan

14 November 2010

Hologram 3D Sukses Menggelar Konser


Pop idol terbaru dari Jepang, Hatsune Miku, telah selesai menggelar konser-nya di Tokyo. Semua tiketnya terjual habis. Wajar kalo pop idolnya manusia yang nyanyi. Kalo cuma software??


jepang


Hatsune Miku adalah karakter dari sebuah software audio dengan nama 'Vocaloid' buatan Crypton Future Media dan Yamaha. Dengan software ini, kita bisa "menyanyi" dengan keyboard kita - maksudnya kita gak usah suruh orang lain yang menyanyikan lagu ciptaan kita atau mendengar kita nyanyi sendiri di kamar mandi, cukup dengan software ini kita bisa mendengar langsung lagu kita dinyanyikan oleh Hatsune Miku di komputer.

Coba nonton video konsernya berikut ini. Hatsune Miku ditampilkan dalam bentuk hologram 3 dimensi...





Aku yakin yang dateng itu pasti otaku semua.



Bagikan

13 November 2010

Menggaet Turis, Jepang Bikin Bra Selamat Datang


Kali ini yang bikin berita bukan pemerintah Jepang-nya.

Melainkan dari sebuah perusahaan pakaian dalam terkenal, Triumph International divisi Jepang, yang telah menciptakan bra unik yang bisa berbicara dalam 3 bahasa (Inggris, Mandarin, Korea) dan menyambut para turis mancanegara yang singgah ke Tokyo.

Simak videonya...





Di Indonesia boleh enggak ya???



Bagikan

12 November 2010

Jalanan Diberi Nama Mario & Luigi


Kabar gembira bagi para pencinta game di kota Zaragoza, Spanyol, karena ada beberapa jalan disana yang akan diberi nama yang diambil dari game-game terkenal di dunia.


Mario & Luigi


Misalnya saja, ada yang namanya Jalan Mario No. 14A, atau komplek Luigi Avenue, atau Final Fantasy Avenue, dan taman Tetris Square. Semuanya dari game. Antonio Almudi, presiden direktur Arcosur, akan meresmikan nama-nama jalan tersebut di komplek perumahan yang akan dibangun perusahaannya.

"Kami ingin menjadi lingkungan perumahan pertama di dunia yang mendedikasikan nama jalan ke simbol-simbol kepribadian dari budaya modern kita," kata Antonio dengan bangga. "Kami adalah orang-orang yang bertumbuh dengan video game, jadi kami mengetahui Mario, Luigi, Final Fantasy, dan lainnya dengan baik."


Mario & Luigi


Yang luar biasa, pemerintah kota Zaragoza mendukung penuh program Antonio yang akan membangun 21.000 rumah yang khusus ditawarkan ke orang-orang berusia 20 s/d 35 tahun dan baru saja akan membeli rumah pertama mereka. Proyek perumahan yang akan selesai dibangun pada tahun 2012 ini bisa menampung lebih dari 60.000 warga gamer di Spanyol.

Di Indonesia ada yang ikutin gak ya?



Bagikan

11 November 2010

Japanese Car of the Year 2010


Honda kembali membuktikan keunggulannya di industri otomotif Jepang.

Honda CR-Z baru saja terpilih sebagai "Car of the Year 2010" atau Mobil Terbaik di Jepang untuk tahun 2010. Sebagian besar dari 60 juri - terdiri dari kritikus dunia otomotif, pengemudi profesional dan jurnalis - memberikan acungan jempol untuk mobil yang berada di kelas 'sport hybrid electric coupe' ini.


Honda CR-Z, mobil terbaik di Jepang 2010

Honda CR-Z, mobil terbaik di Jepang 2010

Honda CR-Z, mobil terbaik di Jepang 2010


Takanobu Ito, Presiden dan CEO Honda, mengatakan...

"Kami sangat bangga bahwa CR-Z telah dipilih dari para pesaing kuat model baru sebagai Car of the Year Japan 2010-2011. Penghargaan ini menunjukkan bahwa masyarakat telah menerima aspirasi Honda untuk mendukung lingkungan yang lebih bersahabat dengan mengendarai mobil hybrid yang harganya terjangkau, serta keinginan Honda untuk menyebarkan sukacita dalam memiliki dan mengendarai mobil."

CR-Z adalah singkatan dari "Compact Renaissance Zero" yang merupakan sebuah ekspresi untuk menangkap kembalinya design di zaman renaissance dulu dan sekarang dibuat berdasarkan fundamental modern. Bingung? Sama.

Menggunakan teknologi hybrid, Honda CR-Z hanya menghabiskan 4 liter bensin per 100 km di jalanan kota Tokyo. Dilepas ke pasaran untuk pertama kali di Jepang pada tanggal 26 Febuary 2010 dengan banderol harga cuma ¥2,27 juta atau sekitar Rp.227.000.000,-



Bagikan

10 November 2010

Gunakan Google Di Ponsel Kamu


Kita semua tahu kalo Google terkenal di dunia maya. Kita semua tahu kalo Google adalah mesin pencari no.1 di Internet. Tapi bagi para pengguna ponsel di Jepang, Google tampaknya kurang menarik.


google mobile girl di jepang


Alhasil, lahirlah Mobile Girl. Sebuah sosok kartun yang tugasnya memberitahu para pengguna ponsel bahwa Google juga sama efektifnya ketika digunakan di ponsel mereka. Simak videonya disini...






Bagikan

09 November 2010

Mencuri Itu Perbuatan Yang Salah


Kita tahu kalo mencuri itu perbuatan yang salah. Tapi kalo kamu berhasil mencuri gak ketahuan, ada baiknya kamu gak jual balik ke pemiliknya. Itu namanya udah salah, bego lagi.

Tanya aja sama Masashi Osawa. Dia baru saja melihat sebuah PSP dan beberapa CD game di dalam mobil yang tengah di parkir di prefektur Kagoshima. Tampaknya pemuda berusia 25 tahun ini gak tahan godaan dan mencoba membuka pintu mobil tersebut secara paksa dengan mencongkel-congkelnya.

Tak lama kemudian, dia berhasil menggondol PSP dan beberapa CD game tersebut yang kesemuanya senilai ¥13,900 (atau sekitar Rp. 1,5 juta). Lumayan kan?

Masashi adalah tipe orang yang berpikiran cepat, maka dari itu dia membawa semua barang curiannya dan langsung menjualnya di toko elektronik dekat dengan tempat parkir mobil tadi.

Masalahnya... penjaga toko elektronik itu adalah pemilik mobil yang baru dicongkelnya. Lalu apa yang terjadi? Tentu saja penjaga toko itu menangkapnya. Ketahuan dech.


jepang



Bagikan

08 November 2010

[Video] Toko Ponsel Tercanggih Di Dunia


Toko ponsel tercanggih di dunia ada di Tokyo, Jepang. Coba nonton video klip berikut ini...





Tahukah kamu kalo video diatas direkam pada tahun 2006? Yup. 4 tahun yang lalu. Sekarang kamu tahu seberapa tertinggalnya Indonesia.



Bagikan

07 November 2010

Jangan Lihat Kalo Gak Tahan Lihat Darah


Perhatian! Jangan lihat foto-foto berikut kalo gak tahan lihat darah...


luka jepang

luka jepang

luka jepang


Jangan khawatir. Luka itu tentu bukan luka betulan. Ini adalah hasil karya para mahasiswa di universitas Tokyo dalam rangka merayakan pesta halloween minggu lalu. Bener-bener kayak luka asli ya?



Bagikan

06 November 2010

Binatang Peliharaan Sebesar Capybara?


Apa sih rasanya punya binatang peliharaan sebesar capybara? Coba nonton video klipnya berikut ini...





Apa itu capybara? Aku sebenarnya juga kurang ngerti apa bahasa Indonesia untuk capybara (mungkin kapibara kali ya?). Capybara adalah binatang pengerat terbesar di dunia yang berasal dari wilayah Amerika Selatan.

Hewan yang bentuknya mirip dengan berang-berang dan tupai ini mempunyai 20 buah gigi, tidak punya ekor, dan bisa tumbuh sampai panjangnya 130 centimeter dengan berat sampai dengan 65 kg.

Lucu banget ya?

capybara di jepang



Bagikan

05 November 2010

Rokok Masa Depan Aman?


Jika seseorang merokok sebatang rokok tanpa asap, apakah mereka masih dianggap merokok? Teka-teki seperti ini menyebabkan sejumlah pakar kesehatan, perusahaan transportasi dan otoritas pemerintah menggaruk-garuk kepala mereka.


rokok elektrik jepang


"Zero Style Mint" baru diperkenalkan di kota Tokyo oleh Japan Tobacco, Inc. Rokok ini bukan rokok biasa yang dihisap oleh orang tua kita. Meskipun mengandung tembakau, rokok ini tidak memerlukan bara api dan sang perokok tidak perlu menghisap atau mengeluarkan asap sama sekali.

Inilah yang kita sebut sebagai rokok masa depan. Rokok elektrik. Rokok listrik yang pake baterai dan harus di-charge seperti ponsel. Rokok seperti ini udah banyak beredar di dunia, termasuk di Indonesia, meskipun jarang juga aku lihat orang yang pake.

Tapi apakah rokok elektrik bener-bener aman?

Tidak ada jawaban yang pasti. Dua perusahaan penerbangan terbesar di Jepang juga dibikin bingung mengenai persoalan ini. Kata seorang juru bicara JAL (Japan Airlines), "Kami belum mendengar adanya keluhan dari para pelanggan tentang rokok elektrik, termasuk pada penerbangan internasional."

Di sisi lain, ANA (All Nippon Airways) mengatakan, "Rokok tidak boleh digunakan dalam penerbangan. Bahkan jika rokok tersebut tidak berasap, tetap saja itu masih tergolong merokok."

Tapi apakah rokok elektrik lebih aman daripada rokok tembakau biasa? Ya. Karena sedikit banyak, rokok seperti ini tampaknya aman bagi perokok pasif (seperti kita yang berada disamping orang yang merokok).



Bagikan

04 November 2010

10 Kata Dalam Bahasa Jepang Untuk Keadaan Darurat


Kalau kamu lagi bepergian ke Jepang, dan kebetulan bahasa Jepang kamu kurang lancar (kayak aku), dijamin postingan hari ini akan sangat membantu kamu.


bahasa darurat jepang


Berikut 10 kata yang harus diingat dalam keadaan darurat...

1. トイレ (toire) = Toilet. Ini adalah kata yang paling mungkin kamu gunakan setiap hari. Semua orang harus ke toilet kan? Kalo kamu udah gak tahan lagi, sebut aja kata ini.

2. 手洗い (tearai) = Kamar mandi. Sama seperti toilet, cuma kata yang ini lebih menyeluruh. Toiletnya lebih lengkap

3. 助けて (tasukete) = Tolong! Teriakan kata ini kalo kamu bener-bener butuh pertolongan.

4. わかりません (wakarimasen) = Saya tidak mengerti. Kalo ada orang Jepang yang ngomong ke kamu dan kamunya gak ngerti dia ngomong apa, katakan saja kata ini.

5. やめて (yamete) = Hentikan! Kalo kamu ketemu preman setempat (yakuza mungkin?) dan dia mengganggu kamu, teriak aja pake kata ini. Mungkin dia akan berhenti ganggu kamu. Mungkin.

6. 英語 (eigo) = Inggris. Kalo kamu kebetulan bisa bahasa Inggris, kata ini yang harus kamu ucapkan. Kalo orang Jepang-nya juga bisa bahasa Inggris, selamat deh.

7. 警察 (keisatsu) = Polisi. Jika sesuatu yang buruk terjadi, dia adalah orang yang ingin kamu temui.

8. 危ない (abunai) = Bahaya! Jika seseorang berteriak kata ini ke kamu, sebaiknya kamu perhatikan langkahmu.

9. 危険 (kiken) = Berbahaya! Ini adalah kata lainnya abunai. Kamu bisa melihat kata ini di tanda-tanda peringatan.

10. チカン (chikan da!) = Tukang raba! Kata ini khusus untuk para wanita.



Bagikan

03 November 2010

Ngeprint Aroma Lewat Printer?


Tinta yang wanginya harum udah biasa.

Tapi gimana kalau kita bisa nge-print gambar pizza lalu mencium aroma pizzanya? Gimana kalau kita bisa nge-print gambar secangkir kopi lalu mencium aroma kopinya?

Sebuah proyek ambisius dari Universitas Keio di Tokyo telah berhasil membuat printer ink-jet yang tidak hanya bisa mencetak foto buah apel hijau, tetapi juga menyediakan hembusan aroma apel yang segar.

jepang
"Mensintesis bau tidak semudah menciptakan warna. Anda tidak dapat mencampur strawberry dan pisang untuk membuat aroma angin laut," kata Kenichi. "Di sisi perangkat lunak, kita masih harus mengetahui bagaimana membuat printer secara otomatis mengenali elemen-elemen dari suatu gambar dan menciptakan aroma yang sesuai dengan gambar yang dicetak."

Kenichi Okada dan timnya di universitas telah berhasil memodifikasi printer Canon dengan kartrid tinta khas yang berisi empat aroma yang berbeda. Printer mereka memang jauh dari sempurna, tapi keberhasilan Kenichi beserta timnya menandai sebuah langkah besar menuju teknologi printer masa depan.



Bagikan

02 November 2010

iPhone Juara Smartphone Di Jepang


Orang-orang Jepang memang sangat suka dengan teknologi canggih yang di design cantik dan sederhana. Ini terbukti dari hasil penjualan ponsel iPhone yang berhasil merajai pangsa pasar smartphone di Jepang.


iphone jepang


Fenomena ini termasuk jarang terjadi, karena dari dulu orang-orang Jepang terkenal dengan pencinta produk dalam negeri. Mereka sangat jarang membeli produk buatan luar kecuali memang berguna.

Berdasarkan data MMRI, lembaga riset yang berbasis di Tokyo, dari total 2,2 juta smartphones (Android/Windows Mobile/Blackberry/iOS/Palm) yang terjual di Jepang antara bulan April sampai dengan September 2010, ternyata 1,3 jutanya adalah iPhone. Ini berarti Apple berhasil menguasai 60% pasar smartphone.

Meskipun begitu, Apple bukanlah raja ponsel di Jepang. Yang menduduki peringkat 1 dan 2 adalah perusahaan Jepang sendiri yaitu Sharp (22.7%) dan Fujitsu (14.9%).



Bagikan

01 November 2010

Takeshi Shudo Meninggal Dunia


Kabar duka datang dari Nintendo.

Kita mungkin gak pernah denger namanya, apalagi melihat orangnya, tapi yang pasti kita sudah sering nonton hasil karyanya. Takeshi Shudo, penulis awal serial anime Pokemon, telah meninggal dunia akibat pendarahan otak pada tanggal 29 Oktober lalu setelah sempat dilarikan ke rumah sakit karena pingsan di stasiun kereta di kota Nara.


pokemon jepang

Takeshi Shudo adalah mantan kepala penulis untuk serial anime Pokemon yang berlangsung dari tahun 1997 s/d 2002, dan dia juga menulis untuk 3 film pertama Pokemon The Movie.

Hasil karyanya yang lain adalah Idol Tenshi Youkoso Yoko, Mobile Battleship Nadesico, dan Minky Momo. Beliau tutup usia di umurnya yang ke 61 tahun.



Bagikan
Follow Us

Like Us!

Total Pageviews

© Apa Saja Yang Terjadi Di Jepang? All rights reserved | Search by Google