31 Desember 2010

Best Cosplayer 2010!


Ya! Akhir tahun telah tiba.

Saatnya kita memilih siapa cosplayer terbaik di sepanjang tahun 2010 ini. Dan pemenangnya adalah... jreng jreng jreng...

Cosplayer: Alodia Gosiengfiao


Alodia Gosiengfiao!

Kamu tahu siapa Alodia Gosiengfiao kan? Bagi kalian yang belum kenal, dia adalah orang yang dikenal dengan julukan "Cosplay Queen" atau "Ratu Cosplay".

Jujur saja, aku gak mikir dua kali untuk memilih Alodia sebagai cosplayer terbaik tahun ini. Atau tahun sebelumnya. Atau tahun depan sekalipun. Mau gimana lagi? Selain diberkati dengan wajah cantik nan imut, kostum yang dia pakai selalu berhasil menghidupkan karakter tokoh anime/manga menjadi kenyataan!

Tapi dia bukan orang Jepang lho. Alodia lahir pada tanggal 9 Maret 1988 di kota Quezon, Filipina. Gadis ini sangat suka tampil di pameran anime dan video game internasional, serta berpartisipasi dalam setiap kompetisi cosplay yang ada.

Kamu setuju kan kalo dia cosplayer terbaik? Berikut foto-fotonya di tahun 2010...

Cosplayer: Alodia Gosiengfiao

Cosplayer: Alodia Gosiengfiao

Cosplayer: Alodia Gosiengfiao

Cosplayer: Alodia Gosiengfiao


Ini alamat Facebook-nya...

http://www.facebook.com/AlodiaGosiengfiao



Bagikan

29 Desember 2010

Menyambut Tahun Kelinci 2011


Kemarin, di Menara Tsutenkaku yang berlokasi di Osaka, berlangsung upacara tahunan "penggantian tanda zodiak" yang ke-55.

Seperti biasa, hewan-hewan yang mewakili tanda zodiak China pada tahun ini (macan) dan tahun depan (kelinci) akan dipertemukan dan di doa-kan bersama. Pertemuan ini melambangkan bahwa tugas sang macan telah selesai dan tanggung jawab akan diserahkan kepada kelinci untuk melanjutkan "pemerintahannya".

Lihatlah betapa lucunya mereka di video ini...




Seperti apa karakter orang yang memiliki shio kelinci? Menurut ramalannya, mereka itu teman yang baik hati, sensitif, bersuara lembut, ramah, elegan, bersikap hati-hati, artistik, percaya diri, pemalu, dan cerdik. Tapi kadang bisa berpikiran dangkal, memanjakan diri sendiri, keras kepala dan oportunis.

Apa yang akan terjadi pada tahun 2011? Yang pasti; salah satu film anime Jepang akan diperhitungkan dalam ajang perebutan Piala Oscar.



Bagikan

28 Desember 2010

Ada iPhone Yang Bisa Dimakan?


Harian Asahi Shimbun membuat laporan berita tentang bagaimana sebuah kafe kecil di prefektur Tokushima menjadi terkenal di seluruh Jepang setelah pengguna Twitter menemukan kue biskuit buatannya yang berbentuk iPhone.


kue iphone jepang kue iphone jepang


Kumiko Kudo, sang pemilik kafe, mengatakan bahwa ide untuk membuat biskuit ini berasal dari salah satu pelanggannya yang meminta untuk dibuatkan kue biskuit coklat berbentuk iPod untuk hadiah ulang tahun suaminya.

Tapi dasar Kumiko yang sudah terlalu lama bekerja di dapur sehingga menjadi gaptek, rupanya dia salah membuat kue biskuitnya. Bentuk yang dia buat malah mirip iPhone! Yang luar biasa, kesalahan ini membuat pelanggan tersebut sangat senang dan memesan lagi untuk keluarganya.

Melihat reaksinya, Kumiko lantas membuat lebih banyak untuk dipajang di kafenya. Alhasil, semakin banyak yang membeli, semakin banyak pula yang membicarakannya di Twitter.


kue iphone jepang


Saking terkenalnya, Kumiko sempat diundang oleh presiden direktur Softbank Corp, Masayoshi Son, di salah satu event promosi iPhone. Kumiko memasang harga Rp.300.000,- untuk satu kue iPhone yang bisa kamu bawa pulang.



Bagikan

27 Desember 2010

Pohon Natal Di Jepang


Tahukah kamu bahwa hari Natal di Jepang bukan termasuk hari libur nasional? Yup. Orang-orang Jepang tetap masuk kantor dan kerja seperti biasa pada tanggal 25 Desember setiap tahunnya (kecuali kalau tanggal tersebut jatuh tepat di hari minggu).

Natal di Jepang lebih mengarah ke liburan yang menanti mereka dalam menjelang malam pergantian tahun baru. Perusahaan-perusahaan besar menghiasi gedung mereka dengan lampu-lampu indah dan tentu saja pohon Natal yang besar.


pohon Natal jepang


Kebiasaan menyiapkan pohon Natal di bulan Desember dibawa ke Jepang oleh para misionaris dari Eropa, tetapi pohon Natal modern pertama kali muncul di Ginza sekitar tahun 1910.

Pada awalnya pohon Natal di Jepang dihiasi dengan hiasan khusus mereka: kipas kecil dan lentera yang terbuat dari kertas, origami burung dan hewan lainnya. Setelah beberapa saat, Jepang mulai memproduksi hiasan Natal dengan gaya barat.

Dan pada tahun 1920-an Jepang menjadi produsen utama hiasan-hiasan Natal, seperti lampu-lampu kecil, pohon buatan (yang terbuat dari aluminium) dan mainan Natal, yang kemudian dijual ke Eropa dan Amerika Serikat.

Tahun lalu, salah satu "pohon Natal" yang paling tidak biasa dibuat di Jepang. Pohon ini terdiri dari 50.000 ikan sarden yang berenang membentuk pola sebuah pohon, lokasinya di Hakkeijima Sea Paradise di Yokohama.

pohon Natal jepang


Tahun ini, giliran Aquarium Enoshima yang membuat pohon Natal yang lampunya nyala berkat belut listrik. Simak videonya...





Bagikan

26 Desember 2010

Anime Yang Paling Cocok Untuk Merayakan Natal


Untuk negara dimana jumlah umat Kristiani hanya sekitar 2% dari total populasi, rasanya sedikit aneh untuk membayangkan kenapa sebagian besar orang Jepang justru merayakan Natal.

Entah orang itu beragama Buddha atau Shinto atau yang lainnya, mereka tetap ikut merayakan Natal, membagi-bagi kado dan kue bersama teman dan keluarga. Aneh juga ya? Ini mungkin salah satu bukti bahwa Natal tidak harus dirayakan oleh umat Kristiani saja, melainkan semua orang boleh menikmatinya.

Lalu film anime apa yang paling cocok untuk dinonton di musim Natal sambil menghangatkan tubuh di rumah?

Tokyo Godfathers.

Tokyo Godfathers

Yup. Itu dia. Tokyo Godfathers. Tepat pada malam Natal, tiga orang tunawisma menemukan bayi di tempat sampah. Bersama-sama, mereka berusaha mencari sang orangtua dari bayi tersebut yang kemudian membawa mereka melalui petualangan yang panjang, lucu nan seru.

Film anime ini mempunyai alur cerita yang bener-bener bagus (orang Jepang emang hebat bikin cerita) dan menyentuh siapapun yang menontonnya. Bagi kamu yang merasa "macho", jangan khawatir. Kamu tidak akan menyesal nonton film ini.






Bagikan

25 Desember 2010

Selamat Hari Raya Natal 2010!


Selamat Hari Raya Natal 2010!


Selamat hari raya Natal bagi teman-teman yang merayakannya! Salam damai dan sejahtera untuk anda dan keluarga pencinta anime dan manga! ^_^



Bagikan

24 Desember 2010

Kaisar Akihito Berulang Tahun Ke-77


Kaisar Akihito merayakan ulang tahunnya yang ke-77 pada hari Kamis kemaren.

Pada pidato resminya hari ini, beliau mendesak rakyat Jepang untuk memperhatikan kebutuhan para lansia mengingat jumlah orang tua di negara ini bertambah secara drastis.


kekaisaran jepang


Sang kaisar menyambut ribuan warga yang mengibarkan bendera Jepang dari balkon di Istana Kekaisaran di Tokyo. Ratu Michiko dan anggota keluarga kerajaan lainnya - termasuk putra tertua sekaligus pewaris tahta kekaisaran, Pangeran Naruhito, beserta istrinya Putri Mahkota Masako - semuanya turut muncul di balkon.

Akihito telah banyak memotong tugas-tugas resmi dengan alasan kesehatan. Beliau bahkan tidak melakukan perjalanan ke luar negeri tahun ini. Kaisar menjalani operasi untuk kanker prostat pada tahun 2003, dan Badan Rumah Tangga Kekaisaran mengatakan ia telah menjalani terapi hormon untuk mencegah penyakitnya terulang kembali.

Pada konferensi pers istana, Akihito juga mengatakan bahwa ia memiliki masalah pendengaran. "Sehubungan dengan usia yang semakin menua, saya telah menjadi agak tuli, jadi ketika saya menerima orang, saya minta mereka untuk mencoba berbicara kepada saya dengan suara keras," kata kaisar.

Jepang, yang telah lama membanggakan warga negaranya yang mempunyai rentang hidup yang sangat panjang, merupakan salah satu negara paling cepat menjadi tua di dunia ini.



Bagikan

23 Desember 2010

[Video] Lagu Natal Inggris-Jepang


Natal sebentar lagi! Apa artinya? Artinya libur panjang! ^_^

Kalau kamu sering menonton saluran TV Jepang akhir-akhir ini, kamu mungkin telah melihat iklan ini dengan Kaela Kimura menyanyikan sebuah lagu Natal yang baru...





Tahukah kamu kalo Kaela Kimura ada menggunakan bahasa Inggris di lagu iklan tersebut? Berikut video lagu versi panjangnya...





Bagikan

22 Desember 2010

Orang Tokyo Paling Jarang Tidur


Sebuah survei yang membandingkan penduduk Tokyo dengan orang-orang yang tinggal di kota lain di seluruh dunia telah menemukan bahwa warga Tokyo cenderung kurang mendapatkan waktu tidur yang layak.


Orang Tokyo Paling Jarang Tidur


Perusahaan makanan terkenal, Ajinomoto Co, meminta pendapat dari 891 orang yang tinggal di Tokyo, New York, Paris, Stockholm dan Shanghai mengenai kebiasaan tidur mereka.

Warga Tokyo rata-rata tidur selama 5 jam dan 59 menit, hampir 90 menit lebih pendek dari penduduk Shanghai dan sekitar 35 menit lebih pendek dari warga New York.

Warga kota Shanghai mendapatkan waktu tidur yang paling panjang, dengan rata-rata 7 jam dan 28 menit. Diikuti oleh penduduk kota Stockholm yang berada di urutan kedua dengan waktu tidur selama 7 jam 8 menit, sedangkan warga kota Paris tidur selama 6 jam 55 menit, dan warga New York tidur selama 6 jam, 35 menit.

Warga di semua lima kota rata-rata terbangun sekitar jam 06:40. Namun, ketika mereka pergi tidur, waktunya sangatlah berbeda. Dan penduduk Tokyo adalah satu-satunya warga yang masih melotot sampai melewati tengah malam dengan rata-rata waktu tidur mereka diatas jam 00:19.

Survei ini tampaknya untuk mengukur orang yang tidur di rumah. Jika termasuk beberapa warga Tokyo yang tertidur lelap di perjalanan pulang mereka di kereta, jumlahnya mungkin akan lebih tinggi lagi...


Orang Tokyo Paling Jarang Tidur



Bagikan

20 Desember 2010

[Video] Jalan-Jalan Ke Akihabara


Siapa yang tidak kenal Akihabara?

akihabara jepang

Pusat bisnis elektronik terbesar di Jepang ini dalam beberapa tahun terakhir mengalami "facelift" atau perubahan bentuk khusus untuk melayani para otaku mania.

Lingkungan ini telah memperluas pasokannya dari menjual kabel listrik dan laptop sampai mencakup perlengkapan animasi Jepang dan kafe-kafe yang mempekerjakan anak perempuan berkostum pelayan dari Eropa.

Seperti apa sih tempat dimana kamu bisa membeli mie dari mesin otomatis, difoto dengan mengenakan baju cosplay sewaan, dan melihat konser AKB48?

Nonton videonya...





Bagikan

19 Desember 2010

Mau Kartu Kredit Dari Gundam?


Kayaknya Gundam lagi gencar-gencarnya membesarkan image di berbagai bidang. SMBC (Sumitomo Mitsui Banking Corporation) baru saja meluncurkan produk perbankan mereka yaitu kartu kredit Gundam.


kartu kredit gundam jepang


Bekerjasama dengan Visa International, bank yang mempunyai aset terbesar kedua di Jepng ini mengumumkan bahwa selama masa promosi maka 5.000 pemegang kartu kredit yng beruntung juga akan mendapatkan 1 buah robot figur Gundam RX-78-2 version G30th HG dengan skala 1/144.

Sayangnya... penawaran ini cuma ada di Jepang.


gundam jepang



Bagikan

17 Desember 2010

China Jiplak Gundam!


China memang terkenal dengan kemampuannya menjiplak hasil karya orang lain, terutama produk-produk terkenal. Mau jiplak sih boleh saja, asal gak ketahuan gitu lho.

Tapi bagi sebagian orang China, mereka udah gak ada rasa malu lagi...

Gundam China

Kali ini China menjiplak robot Gundam. Mereka membuat patung replika Gundam yang berukuran raksasa di taman hiburan Sichuan, persis seperti yang telah dilakukan oleh orang Jepang pada Juni tahun lalu (baca beritanya disini).

Gundam China

Jiplaknya pun gak tanggung-tanggung. Semua bentuknya mirip abis, kecuali warnanya yang dibikin beda. Tindakan China kali ini tentu membuat para fans Gundam di Jepang marah, tapi tampaknya belum ada kesadaran dari pihak pengelola taman hiburan tersebut untuk mengakuinya.

Bikin patung Gundam, atau memproduksi mainan Gundam, atau jual Gundam dalam bentuk apapun juga tentu gak apa-apa selama mereka sudah memegang izin. Yang jadi masalah adalah ketika mereka udah gak peduli lagi, langsung main jiplak dan "menipu" anak-anak mereka sendiri.



Bagikan

16 Desember 2010

Momo Direkrut Oleh Kepolisian Jepang


Dalam dunia kepolisian Jepang, ukuran tidaklah penting.

chihuahua jepang


Seekor anjing Chihuahua kecil berhasil mengalahkan beberapa anjing yang mempunyai gigi taring menyeramkan dalam tes perekrutan untuk salah satu divisi pencarian dan penyelamatan di kepolisian prefektur Nara.

Tiny Momo atau biasa dipanggil "Peach" yang dilaporkan dapat menemukan seseorang hanya dalam lima menit setelah mengendus topi mereka, akhirnya terpilih diantara 70 anjing-anjing lainnya yang bertubuh besar.

Seorang polwan bernama Shiori berkata bahwa Momo justru dipilih karena ukuran tubuhnya yang mungil, yang memungkinkan dia untuk lebih cekatan menelusuri tempat-tempat sempit selama operasi darurat, seperti upaya penyelamatan setelah gempa bumi dan tsunami.

Momo yang berumur tujuh tahun dan memiliki berat kurang dari 7 kilogram ini akan mulai bekerja pada bulan Januari 2011. Dia adalah anjing Chihuahua pertama di dunia yang berdinas secara resmi di kepolisian.

Nonton videonya disini...





Bagikan

15 Desember 2010

[Video] Cara Jepang Berhitung Matematika


Kamu pasti bakalan bingung, bengong, dan terkagum-kagum melihat cara orang Jepang di video berikut ini berhitung matematika. Mungkin ini sebabnya teknologi mereka jauh lebih maju daripada kita(?).

Coba kalian ikutin deh caranya...





Bagikan

14 Desember 2010

[Lagu] "Natsu Dekoboko LOVE" by Ai Haruna


Karena ada yang me-request lagu (hallo sasada), maka postingan hari ini adalah postingan lagu single yang dinyanyikan oleh Ai Haruna, artis yang satu tahun terakhir ini sedang naik daun.

Untuk mengenalnya lebih deket, klik disini.




Ai Haruna, Jepang


Tracklist:

1. Natsu Dekoboko LOVE (夏 凸凹ラブ)
2. Aoi Sangoshu (青い珊瑚礁)
3. 夏 凸凹(カラオケ)
4. 青い珊瑚礁(カラオケ)

Kamu bisa download albumnya disini:

www.mediafire.com

ATAU:

www.fileserve.com



Bagikan

13 Desember 2010

International Pole Dancing Championship 2010


Pole Dancing adalah jenis olahraga senam yang kayaknya gak ada di Indonesia; yaitu senam atau dansa dengan tiang besi. Tidak lazim memang, karena itu jangan heran kalau ada beberapa orang yang berpikiran negatif.

International Pole Dancing Championship 2010


Kejuaraan internasional Pole Dancing tahun 2010 baru saja diselenggarakan di Tokyo dengan mendatangkan 23 negara peserta dari seluruh dunia.

Berikut cuplikan videonya...







Bagikan

12 Desember 2010

[Video] Iklan Fashion Show Google


Google tampaknya sedang membesarkan namanya di negeri sakura. Terbukti dari banyaknya iklan yang ditayangkan di televisi Jepang, termasuk yang berikut ini...





Bagikan

11 Desember 2010

Ayo Pilih! NHK Viewers' Choice 2010


Terima kasih atas pemberitahuan dari Teddy, salah satu pengunjung setia Jepang.net, bahwa stasiun TV NHK sedang menyelenggarakan pemilihan program-program pilihan para pemirsanya, yaitu...

"NHK Viewers' Choice 2010"


NHK Viewers' Choice 2010

NHK Viewers' Choice 2010


Bagi kamu yang punya parabola, pasti gak asing sama stasiun TV yang satu ini. Isinya beritaaaaaaa melulu (kayak Metro TV di Indonesia). Tapi di jam-jam tertentu, ada acara-acara yang kalo kamu lewatin, kamu bakal menyesal seumur hidup. Mulai dari budaya, gaya hidup, jalan-jalan, sampe ke anime dan manga. Aku belajar banyak dari Jepang juga berkat NHK lho!

Penghargaan Viewers' Choice 2010 akan ditentukan oleh para pemirsa NHK dari seluruh dunia. Ini berarti kita yang tinggal di Indonesia juga ikut menentukan acara apa yang terbaik yang pernah ditayangkan di NHK. Jarang-jarang kan suara kita diperhitungkan?

Hari terakhir untuk melakukan voting adalah hari Senin, 13 Desember 2010, jadi jangan lupa untuk voting pilihan kamu sekarang!

Catatan: Banyak acara yang gak aku tonton. Jadi kalaupun kamu gak pernah nonton acara-acaranya, gak apa, tetep aja pilih. Kamu juga bisa membaca penjelasan singkat untuk cari tahu program acaranya seperti apa, terus pilih kesukaan kamu.



NHK = Nippon Hoso Kyokai / 日本放送協会


Bagikan

10 Desember 2010

Restoran One Piece Pertama Di Dunia


Ini adalah berita gembira bagi para penggemar Luffy.

Fuji TV baru saja mengumumkan bahwa mereka akan membuka restoran resmi pertama di dunia yang terinspirasi oleh serial anime dan manga bajak laut "One Piece" di dalam kompleks Meza Ginza Marche di Tokyo pada tanggal 11 Desember besok sampai dengan 31 Mei 2011.

Nama restorannya adalah "One Piece Restaurant Going Merry-Go!"

One Piece Restaurant Going Merry-Go

One Piece Restaurant Going Merry-Go


Restoran tersebut akan dihiasi seperti layaknya interior kapal Going Merry dan akan menampilkan menu masakan yang muncul dalam cerita. Menunya termasuk makanan favorit tokoh utama Luffy yaitu sepotong daging (lengkap dengan tulang yang ia sering gerogoti), sup "mengerikan" punya Sanji (seperti yang terlihat pada manga volume kedelapan halaman 99), dan buah Macedonia yang dimakan Nami (seperti terlihat pada manga volume keenam halaman 31). Para staf juga merencanakan berbagai acara interaktif, termasuk beberapa penampilan oleh para pengisi suara anime One Piece.

Aku yakin, pasti kamu (fansnya Luffy) ngiri kan sama orang Jepang? ^_^



Bagikan

06 Desember 2010

Jepang Gagal Jadi Tuan Rumah 2022


Ini sungguh mengecewakan.

jepang


Setelah perjuangan yang cukup panjang, akhirnya Jepang gagal menjadi negara tuan rumah penyelenggara piala dunia (FIFA world cup) tahun 2022. Ini bener-bener mengecewakan, karena Jepang telah menawarkan teknologi 3 dimensi tercanggih untuk setiap laga pertandingan sepakbola bagi semua penonton TV di seluruh dunia. Teknologi yang belum pernah ada di negara manapun di dunia ini.

Berikut video promosi Jepang untuk FIFA...




Lalu siapa yang menjadi pemenangnya?

Qatar.

Padahal banyak yang berpendapat bahwa Qatar adalah pilihan yang kurang tepat mengingat infrastrukturnya yang jauh belum siap dibandingkan dengan negara-negara lain dan cuacanya yang sangat panas (kelemahannya tim-tim Eropa). Sayangnya, karena Qatar adalah bagian dari Asia, maka negara Asia lainnya baru boleh mengajukan diri lagi untuk piala dunia tahun 2034.

Masih sangat lamaaaaa.


Qatar


Bagikan

04 Desember 2010

[Video] Monyet-Monyet Yang Menikmati Hidup


Musim dingin telah tiba di Jepang.

Inilah cara monyet-monyet menikmati acara berendam di tempat pemandian air panas Hakodate Tropical Botanical Garden, di Oshima, Hokkaido. Seperti inilah kita harus menikmati hidup...





Tingkah laku mereka bener-bener mirip manusia ya?? ^_^



Bagikan

03 Desember 2010

FarmVille Datang Ke Jepang


Kamu tau FarmVille?

FarmVille


FarmVille
adalah sebuah game pertanian dan peternakan buatan Zynga yang lahir dan besar di situs Facebook. Dengan 62 juta pemain aktif dari seluruh dunia, FarmVille telah menjadi game jejaring sosial terpopuler di dunia.

Tapi bukan di Jepang.

Ketika ditanya, orang-orang Jepang justru tidak mengenal FarmVille sama sekali. Mungkin karena Facebook sendiri sama sekali gak terkenal disana. Karena itu mereka memutuskan untuk "membawa" FarmVille ke Jepang secara resmi dengan bergabung bersama Mixi, situs jejaring sosial terbesar di negeri sakura saat ini dan mengganti namanya menjadi FarmVillage.


FarmVillage di Jepang

Kita lihat saja apakah game ini bisa kena dihati orang Jepang.



Bagikan

02 Desember 2010

[Video] Festival Maskot Jepang


Festival maskot baru saja diadakan di kota Hanyu, prefektur Saitama, yang mengundang lebih dari 80 maskot dari seluruh Jepang yang mewakili daerah masing-masing. Ada yang bikin gemes, ada yang aneh, ada pula yang bikin ketawa orang. Simak videonya berikut ini...








Bagikan

01 Desember 2010

[Video] Iklan Lady Gaga Di Jepang Sukses Besar


Lady Gaga memang fenomenal.

Ini mungkin karena dia (cara dia berfashion) banyak terpengaruh sama gaya harajuku-nya Jepang, sehingga orang-orang Jepang pun sekarang banyak yang suka sama dia.

Sekarang Lady Gaga telah menjadi bintang iklan ponsel smartphone "IS03 Android au" buatan Sharp yang dibawa KDDI. Setelah iklan itu ditayangkan, lagu Poker Face yang dinyanyikan Gaga langsung melejit menjadi lagu internasional yang paling sering di download di iTunes Jepang.

Simak 2 video iklannya berikut ini...







Bagikan
Follow Us

Like Us!

Total Pageviews

© Apa Saja Yang Terjadi Di Jepang? All rights reserved | Search by Google