In Anime Berita Dari Jepang

Pembajakan Membuat Penjualan DVD Original Meningkat


"Pembajakan menyakitkan industri perfilman."

Ini telah menjadi kalimat sakti dalam perdebatan panjang di dunia pembajakan dan hak cipta di Internet. Kalimat sakti ini selalu digunakan oleh para pemegang hak cipta dalam membela kepentingan mereka. "Jika para pembajak terus melakukan aksinya, maka penjualan DVD original kami pasti menurun!" Begitu kata mereka.


http://i.imgur.com/GGmhj.png


Namun sekarang, muncul sebuah hasil penelitian yang cukup mengagetkan. Kali ini datangnya langsung dari pemerintah Jepang sendiri, yang telah menyimpulkan bahwa pembajakan rupanya telah meningkatkan penjualan DVD anime original!

Klik disini untuk download dokumen hasil penelitiannya (PDF)

Penelitian ini berasal dari lembaga Research Institute of Economy, Trade and Industry (RIETI), sebuah lembaga prestisius yang dibentuk oleh pemerintah Jepang. Mereka meneliti efek positif dan negatif dari penyebaran video anime ilegal di situs YouTube dan program Peer-2-Peer (sharing antar komputer) pada penyewaan dan penjualan DVD anime.

Hasilnya; YouTube tidak mempengaruhi penyewaan DVD secara negatif, bahkan sebaliknya, telah meningkatkan penjualan DVD. Sedangkan program Peer-2-Peer memang berdampak negatif dalam penyewaan DVD, tetapi tidak berpengaruh pada penjualan DVD.

"Dengan kata lain, YouTube dapat diartikan sebagai alat promosi untuk penjualan DVD." Kata juru bicara RIETI.

Bagaimana menurut kalian?



Bagikan

Related Articles

1 comments: