In Budaya Jepang Orang Jepang Sejarah Jepang

Maneki Neko / 招き猫


Jepang bisa dibilang sebagai negara kucing. Dimana-mana kita bisa melihat banyak segala sesuatu yang berhubungan dengan kucing. Mulai dari mainan, manga, anime, kafe yang disediakan khusus untuk para pencinta kucing, sampe kucing yang diangkat menjadi kepala stasiun kereta.


kucing jepang


Bagaimana sih sejarahnya kehidupan kucing di Jepang? Ayo kita telusuri.

Menurut kepercayaan, orang-orang Jepang mulai memelihara kucing sekitar tahun 1000-an. Adalah kaisar Ichijo (987-1011) yang pertama kali memperkenalkan kucing peliharaan kepada masyarakat Jepang setelah dia menerima utusan dari negeri China yang membawa kucing peliharaannya. Saat itu, tentu saja, hanya kalangan dari istana yang mampu memelihara kucing karena harganya yang sangat mahal.

Banyak yang menganggap kucing sebagai simbol keberuntungan, seperti para pemilik toko yang memajang Maneki Neko (招き猫 / kucing yang memanggil atau kucing yang mengundang). Banyak sekali orang yang salah paham dengan mengira Maneki Neko beasal dari China, padahal faktanya Maneki Neko berasal dari Jepang sekitar tahun 1870-an semasa era Meiji.


Maneki Neko JepangManeki Neko Jepang


Gambar di kiri adalah Maneki Neko yang ada di jaman modern, yang selalu digambarkan membawa Koban (koin emas dari jaman Edo). Jika dipajang di toko, dipercaya akan mengundang banyak pembeli untuk datang ke toko.

Sedangkan gambar di kanan adalah patung tua Maneki Neko yang terbuat dari kayu, yang berada di pasar Ofuna, Prefektur Kanagawa. Dibawah kaki kanannya terdapat sebuah palu godam yang bertuliskan Fuku (福) yang berarti keberuntungan atau kemakmuran.

Sedangkan bell yang menggantung di kalungnya adalah aksesoris yang biasa dikenakan oleh keluarga-keluarga kaya yang memelihara kucing pada jaman Edo.

Menurut sebuah survey di Jepang, sekitar 60% Maneki Neko di Jepang mengangkat kaki kirinya, 39% mengangkat kaki kanannya, dan hanya 1% yang mengangkat kedua kakinya. Kepercayaanya adalah kaki kiri dapat mengundang para pelanggan, sedangkan kaki kanan yang memberikan kekayaan.

Namun, seperti layaknya koin yang memiliki dua sisi berbeda, banyak juga yang percaya kalau kucing mengundang nasib buruk. Ada suatu masa ketika kucing dipercaya dapat berubah menjadi monster, namanya adalah bakeneko dan nekomata.

Klik disini untuk baca postingan mengenai bakeneko dan nekomata.

Lain waktu kita akan membahas mengenai kucing-kucing yang ada di Jepang


Maneki Neko Jepang



Bagikan

Related Articles

3 comments:

  1. akhirnya ngebahas kucing juga.
    dari dulu penasaran kenapa Jepang identik banget ama kucing.
    seolah2 kucing menjadi dewanya Jepang.

    tapi sayang ini postingan bersambung yah?
    wkwkwkwk....
    ditunggu postingan mengenai bakeneko dan nekomata-nya.

    ^.^

    BalasHapus
  2. @eR - Postingan mengenai bakeneko dan nekomata-nya udah pernah ditulis ternyata. Ini dia...

    http://www.jepang.net/2010/07/bakeneko-nekomata-kucing-berkekuatan.html

    BalasHapus
  3. Wow... kuciiiing saya sukaa! :D

    BalasHapus