In Berita Dari Jepang

Ternyata Ada Juga DVD Bajakan Di Jepang


Negara yang selama ini terkenal sangat ketat dalam menjaga distribusi DVD original, ternyata kecolongan juga.

Nipponbashi, surga belanja para otaku di Osaka, memang sering dibandingkan dengan Akihabara di Tokyo. Tapi sayang, distrik ini disebut-sebut juga sebagai tempat yang "tak tersentuh hukum".

Kru berita NTV mengikuti para pengacara perusahaan-perusahaan film untuk mengunjungi kawasan Nipponbashi. Ternyata mereka menemukan lebih dari 70 toko yang menjual DVD bajakan dengan harga 500 yen saja (sekitar Rp.50.000). Di Jepang, DVD original dijual dengan harga 3000 yen (sekitar Rp.300.000).

Perusahaan-perusahaan film sengaja tidak melaporkan hal ini ke polisi karena mereka tahu itu tidak akan menyelesaikan masalah pembajakan. Lantas mereka mengutus pengacara mereka untuk memberikan peringatan tegas kepada para pemilik toko secara langsung dan menyuruh mereka menandatangani surat perjanjian untuk menarik semua film DVD bajakan dan tidak menjualnya lagi di masa depan.

Jika mereka berani mengulang perbuatan mereka, barulah pihak kepolisian akan dilibatkan untuk menutup toko dan menangkap para pemilik toko untuk memberikan efek jera. Mereka tahu kalau kepolisian dilibatkan dari awal, mereka hanya akan menangkap para karyawan yang bekerja di toko, yang jelas-jelas bukan akar permasalahannya.

Berikut video liputannya...



Kalau di Indonesia? Hmm... dilematis juga ya?



Bagikan

Related Articles

3 comments:

  1. wah ternyata ada juga ya yang bajakan di jepang.. hemm tapi bagus banget tindakannya langsung pemilik toko jadi gak mengganggu si karyawan. patut di contoh nie.. :D

    BalasHapus
  2. @uli - yakin mau bener2 diterapkan di Indo?

    BalasHapus
  3. Wah, saya baru tahu. Ahahaha~

    BalasHapus