In Berita Dari Jepang Kerja Di Jepang

Jepang Sekarang Bekerja Dengan Pakaian Santai


Pernah membayangkan rasanya bekerja di kantor dengan baju santai ala Bali atau Hawaii? Para salaryman (karyawan) di Jepang sudah bisa merasakannya sekarang.

salaryman jepang


Ya, mulai bulan Juni ini, pemerintah Jepang telah memulai kampanye "Super Cool Biz" dimana semua perusahaan harus mengizinkan para karyawannya menggunakan pakaian santai saat sedang bekerja. Mereka tidak perlu lagi memakai jas yang tebal dan dasi yang mencekek leher.

Kenapa? Namanya juga "Super Cool Biz" ...

Super = Hebat / Bagus / Luar Biasa
Cool = Dingin / Sejuk / Keren
Biz = Bisnis

Jadi, kampanye yang berarti "Bisnis yang Sejuk dan Luar Biasa" ini mempunyai dua tujuan penting. Pertama, pemerintah Jepang ingin mengurangi penggunaan listrik dengan cara mengurangi penggunaan mesin pendingin ruangan (AC) di semua kantor dan gedung di seluruh Jepang. Sebagai gantinya, para karyawan diperbolehkan memakai pakaian santai sehingga mereka tidak kepanasan di dalam ruangan.

Kedua, pemerintah Jepang ingin merubah cara orang Jepang berbisnis di musim panas, yang memang terbukti cuacanya sangat panas dan lembab, sehingga para karyawan tidak bisa konsentrasi saat bekerja.

"Sebenarnya pemerintah Jepang telah memulai kampanye ini sejak tahun 2005. Pada awalnya banyak perusahaan yang tidak menanggapi program 'Super Cool Biz' ini secara serius, tapi sekarang, akibat rusaknya pembangkit listrik karena tsunami serta berkurangnya daya beli masyarakat, perusahaan-perusahaan itu mulai mengikuti permintaan kami untuk mengurangi konsumsi listrik sebesar 15% yang kemudian mengizinkan para karyawannya berpakaian santai," kata menteri Lingkungan Jepang, Ryu Matsumoto.

Rasanya enak juga ya kalo kita bisa bekerja dengan pakaian bebas? Karena - percaya atau tidak - pikiran kita juga akan terasa lebih enteng saat bekerja. Gimana menurut kamu? Apa kamu pernah memakai baju santai saat masuk kerja?



Bagikan

Related Articles

0 comments:

Posting Komentar