In Berita Dari Jepang Orang Jepang

Penampilan Ternyata Lebih Penting Daripada Otak


Begitulah kira-kira kesimpulan dari berbagai eksperimen yang dilakukan oleh Nippon TV di Tokyo. Orang ganteng dan cantik ternyata jauh lebih gampang untuk mendapatkan pekerjaan. Kamu percaya?


Orang Ganteng dan Cantik Gampang Dapet Kerjaan


Pada awal Februari lalu, ada sebuah acara TV yang menayangkan pertempuran antara grup idola Jepang yang saat ini sedang naik daun, AKB48, dengan sekelompok gadis yang tidak begitu cantik.

Kedua belah pihak masuk ke dalam perdebatan sengit tentang apakah orang dinilai dari penampilan mereka atau keterampilan mereka. Para gadis AKB48 dengan keras membantah pernyataan bahwa seseorang dinilai semata-mata pada penampilan mereka (beberapa dari mereka bahkan sampai menangis di acara ini).

Di lain pihak, grup yang diwakili oleh para gadis yang kelebihan berat badan dan berwajah kurang cantik, mengatakan bahwa mereka selalu diberi label "pecundang" karena penampilan mereka yang tidak mengundang perhatian.

Acara itu berakhir tanpa ada kesimpulan apapun.

Nah, baru-baru ini, Nippon TV mengangkat tema yang sama. Tapi kali ini, mereka berniat untuk mencari tahu yang sebenarnya di kehidupan nyata. Mereka melakukan eksperimen secara menyeluruh dimana mereka merekrut dua orang model cantik dan dua orang mahasiswi "biasa" untuk melakukan wawancara kerja dengan tiga perusahaan.

Hasilnya? Yap. Mereka yang mendapatkan pekerjaan itu adalah para model, bukan mahasiswi. Supaya adil, percobaan diulang beberapa kali dengan berbagai kombinasi. Hasilnya sama saja.

Puas? Belum. Untuk melihat apakah memang penampilan lebih penting daripada otak dan keterampilan, percobaan kembali dilakukan. Kali ini, dua model laki-laki dan perempuan diminta untuk sengaja bertindak bodoh dan membuat kesalahan memalukan dalam wawancara, seperti mengatakan "Perdana Menteri Jepang saat ini adalah Yukio Hatoyama" (padahal bukan).

Hasilnya? Mereka tetap diterima!

Gimana menurut kamu? Apa kamu setuju kalau orang ganteng dan cantik, terutama seksi, lebih gampang mendapatkan kerjaan? Eh... tunggu tunggu... kita ganti pertanyaannya.

Apa kamu setuju kalau penampilan lebih penting daripada otak?



Bagikan

Related Articles

13 comments:

  1. hahahaha... that's y cosmetic surgery is getting more and more common....

    BalasHapus
  2. @Anonymous - yap. apalagi di korea selatan.

    BalasHapus
  3. jangan salah... di jepang, ada paket tour khusus untuk cosmetic surgery ke korea selatan selama seminggu... karena korea memang terkenal paling maju untuk teknologi surgery nya plus murah jg...

    BalasHapus
  4. @Anonymous - iya, operasi di korea jelas lebih murah. jepang kan apa-apa juga mahal. haha.

    BalasHapus
  5. Ah, saya sih gak setuju sebenernya... LOL
    Tampang boleh bagus, tapi kalo gak cerdas ya percuma... Lebih bagus kalo udah cakep, cerdas bin jenius. Haha...

    Mungkin ini karena masalah budaya...? Atau memang kebetulan bidang pekerjaannya yang membutuhkan "wajah yang enak dipandang"?

    BalasHapus
  6. pantes aj Bos2 di perusahaan Jepang yg di Indonesia. yg cantik langsung naek jabatan
    www

    BalasHapus
  7. @Anonymous - yang bener? kamu ada bukti ato cuma pendapat pribadi kamu aja?

    BalasHapus
  8. halo..bisa tau acara tv yang menayangkan pertempuran antara AKB48 dengan sekelompok gadis yang tidak begitu cantik itu gak?

    kalau bisa dengan linknya jg?

    thx :)

    BalasHapus
  9. @anonim - sayangnya acara itu cuma ditayangin di TV jepang. Kalo ada yang rekam, berarti aku belom tau linknya.

    BalasHapus
  10. oh gitu..klo nama acara tvnya tahu gak?

    thx :)

    BalasHapus
  11. @anonim - nama acaranya “Tokoro no me ga ten!” pada tanggal 19 Feb 2011.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo nama acara yg ditayangin di nippon tv itu namanya apa? ditayanginnya kapan? ada videonya ga?

      Hapus
  12. thx infonya :)

    BalasHapus