In Berita Dari Jepang Teknologi Jepang

Menumbuhkan Gigi Di Dalam Ginjal?


Apa sih yang tidak bisa dilakukan orang Jepang? Belom lama ini, para ilmuwan di Universitas Tokyo berhasil menumbuhkan gigi di dalam ginjal seekor tikus. Caranya? Mereka menanamkan sell gigi yang telah dimodifikasi sedemikian rupa ke dalam ginjal tikus percobaan.

Ilmuwan Jepang menumbuhkan Gigi Di Dalam Ginjal?

Sebelumnya para ilmuwan telah menumbuhkan sebuah gigi utuh di dalam wadah laboratorium, tapi sekarang mereka menemukan metode baru yang dapat menumbuhkan gigi jauh lebih cepat daripada metode apapun.

Bekerjasama dengan Tokyo Medical and Dental University serta Universitas Tohoku, tim peneliti ini kemudian mengambil gigi tersebut lalu mentransplantasikannya ke gusi tikus lain. Gigi buatan tersebut ternyata berhasil menyatu dengan alami, seakan-akan itu adalah gigi aslinya.

Professor Takashi Tsuji, kepala peneliti di departemen ilmu pengetahuan berkata, "Ini adalah langkah pertama menuju tujuan utama kami, yaitu menumbuhkan organ baru dan mengganti organ rusak para pasien (manusia) tanpa adanya komplikasi atau efek samping yang beresiko tinggi."

Misalnya; selama ini jika seseorang ingin menjalani operasi cangkok jantung, dia harus menunggu donor jantung yang sesuai dengan darahnya dan benar-benar bersih dari segala macam penyakit. Untuk menunggu donor jantung yang tepat, sang pasien harus menunggu berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun lamanya. Kalaupun sudah dapat dan berhasil dicangkok, itupun masih belum bisa dikatakan aman karena tubuh sang pasien bisa menolak jantung baru tersebut.

Dengan metode penumbuhan organ baru ini, maka sang pasien tidak perlu menunggu lama dan tubuhnya juga tidak akan menolak jantung baru itu karena dikembangkan dengan sell DNA-nya sendiri.

Hmm. Kita semakin dekat dengan penerapan teknologi kloning manusia. Pertama kita hanya kloning organ manusia, lama-lama kita akan mengkloning dan "menghidupkan" kembali Michael Jackson. :)



Bagikan

Related Articles

2 comments: