27 Februari 2011

[Video] X-Men Anime


Siapa yang sangka kalau serial kartun terkemuka di dunia barat, X-Men, ternyata dibikin juga versi "animenya" oleh para animator Jepang di Madhouse Studio.

Berikut trailernya...




Bagikan

26 Februari 2011

[Video] Mesin Menstruasi


Para wanita yang merasa kesal mengapa para pria tidak ada siklus menstruasi, akhirnya bisa sedikit gembira.

Seorang seniman Jepang bernama Hiromi Ozaki lulusan dari Royal College of Art, Inggris, menciptakan sebuah mesin khusus untuk para lelaki yang jika dipakai sekitar pinggang tidak hanya akan memberikan kram yang menyakitkan, tetapi juga bisa meneteskan darah sekitar 80 ml per hari. Mesin ini diciptakan untuk memberikan pengertian kepada pria bahwa untuk menjadi seorang wanita itu tidak gampang.

Aneh kan? Ini cuma ada di Jepang. Berikut ini adalah video ciptaan Ozaki sendiri...




Bagikan

25 Februari 2011

China Raih Penghargaan Tertinggi Manga Awards


Seorang wanita dari China akhirnya berhasil membawa pulang piagam penghargaan tertinggi dalam ajang tahunan International Manga Awards.

International Manga Awards

Xiao Bai, sang artis dari China, berhasil menggondol piagam emas untuk hasil karyanya sebuah manga yang berjudul "Si loin et si proche" atau "Begitu Jauh, Begitu Dekat" yang bercerita tentang seorang mahasiswi yang tiba-tiba bertemu dengan seorang pemuda dari masa depan yang ternyata adalah anaknya sendiri.

Manga Xiao Bai

Pengarang dari Perancis, Olivier Martin dan Sylvain Runberg juga berhasil memenangi penghargaan untuk manga yang berjudul "Face cachee" yang bercerita tentang seorang analis keuangan dan orang-orang di sekelilingnya, sedangkan Enrique Fernandez dari Spanyol mengklaim penghargaannya untuk "La dosa Isla Sonrisa" sebuah manga yang bercerita tentang kunjungan seorang ilmuwan ke sebuah pulau terpencil.

Penghargaan terakhir diambil oleh Verachai Duangpla dari Thailand untuk "Ceritanya Dimulai Dari..." sebuah manga komedi tentang seorang anak dan keluarganya.

Manga Verachai Duangpla

Para pemenang dipilih dari 189 peserta yang berasal dari 39 negara di dunia, kata Kementerian Luar Negeri Jepang yang mensponsori ajang bergengsi ini. Menteri Luar Negeri Jepang, Seiji Maehara, mengatakan bahwa dia berharap penghargaan ini akan mempererat hubungan budaya antara Jepang dengan negara-negara lain serta memicu ketertarikan yang lebih luas terhadap manga di seluruh dunia.

"Saya harap mereka yang menerima penghargaan ini akan menyampaikan kepada orang lain di negara asal mereka apa yang menarik tentang manga, dan juga untuk memperluas lingkaran persahabatan," katanya.



Bagikan

23 Februari 2011

Selena Gomez Datang Ke Jepang


Dia bisa saja menjadi terkenal karena memainkan peran anak-anak dan remaja di beberapa serial TV Disney, tapi sekarang, Selena Gomez telah menjadi seorang wanita yang anggun.

Bintang muda yang tahun ini akan berusia 19 tahun ini memukau para penggemarnya dengan gaun mini berwarna satin merah dan sepatu hak tinggi hitam saat ia menghadiri sesi pemotretan pers untuk acara Wizards of Waverly Place di Tokyo.

Selena Gomez Datang Ke Jepang Selena Gomez Datang Ke Jepang

Selena Marie Gomez, dara kelahiran 22 Juli 1992 yang dirumorkan sedang berkencan dengan Justin Bieber ini juga memiliki karir bernyanyi yang melejit kencang. Sehari sebelumnya, Selena tampak kewalahan melayani banyak penggemarnya yang dengan setia menunggu di Tokyo Narita International Airport demi mendapatkan tanda tangannya.

Selena Gomez Datang Ke Jepang

Selena Gomez Datang Ke Jepang


Seperti apa sih Selena Gomez waktu kecil? Seperti ini...

Selena Gomez kecil


Bagikan

22 Februari 2011

Para Pramugari Melakukan Fashion Show


All Nippon Airways (ANA), perusahaan penerbangan komersial terbesar kedua di Jepang, menampilkan peragaan busana yang dikenakan oleh para pramugarinya sendiri di Terminal Internasional Tokyo Haneda Airport.


Fashion Show Jepang

Fashion Show Jepang

Fashion Show Jepang

Fashion Show Jepang

Fashion Show Jepang

Fashion Show Jepang


Seharusnya Garuda Indonesia juga melakukan hal yang sama.


Bagikan

21 Februari 2011

Takeuchi Matsuri – Festival Perang Bambu


Takeuchi Matsuri atau festival perang bambu baru saja diadakan di Rokugo, prefektur Akita.

festival perang bambu di jepang

Festival Takeuchi telah menjadi festival yang populer untuk waktu yang lama sebagai festival api dimana orang-orang kota berdoa untuk hasil panen yang baik dalam serangkaian perayaan Tahun Baru Imlek. Ini adalah festival yang cukup liar dimana orang-orang bertarung dengan memukul satu sama lain dengan bambu panjang.

Kegiatan ini dibagi menjadi dua kelompok, Utara dan Selatan, yang kemudian saling melawan. Jika pihak Utara menang, hal ini diyakini hasil panen beras akan melimpah. Tapi jika yang menang pihak Selatan, maka diyakini harga beras akan naik.

Seperti yang kamu bayangkan, dua kelompok besar saling memukul satu sama lain dengan tiang bambu, membuat festival ini dipandang cukup berbahaya. Sebuah mobil ambulans disiagakan untuk menangani yang cedera dan puluhan petugas polisi ikut berjaga-jaga untuk memastikan pertempuran itu terbatas pada tiang bambu.

Beruntung, Festival di tahun 2011 ini berakhir tanpa ada yang cedera serius. Berikut video klipnya...



Festival Perang Bambu = Takeuchi Matsuri / 竹打ち祭り


Bagikan

20 Februari 2011

[Video] Robot Jepang Belajar Menghapus


Tim peneliti dari Institut Teknologi Italia dan Tokyo City University, yang dipimpin oleh Dr. Petar Kormushev, telah "mengajarkan" Fujitsu HOAP-2, sebuah humanoid mini, cara membersihkan papan tulis. Dalam video di bawah ini, kamu bisa melihat sang peneliti yang menunjukkan si kecil apa yang harus dilakukan...




Bagikan

19 Februari 2011

Wasao, Duta UNESCO Jepang


Organisasi UNESCO Jepang telah mempromosikan seekor anjing menjadi duta khusus Warisan Dunia (World Heritage) yang berkaitan dengan anjing-anjing.

duta unesco jepang

Seekor anjing dari prefektur Akita yang bernama Wasao ini dikenal di seluruh Jepang karena lucunya sedikit ganjil. Panggilannya adalah "Si jelek (busa) yang lucu (kawa)."

Upacara peresmian untuk Wasao, seekor anjing jenis Akita berbulu putih dengan mata juling ini diadakan di sebuah bioskop Tokyo dimana film "Wasao" yang menampilkan anjing itu diputar.

Noboru Noguchi, direktur jenderal UNESCO Jepang mengatakan, "Kami berharap Wasao akan lebih aktif sebagai duta khusus yang dapat meningkatkan hubungan antara manusia dan alam, serta pentingnya sebuah kehidupan."

Berikut trailer film Wasao...






Bagikan

18 Februari 2011

Kantong Tidur Anatomi Tubuh


Ide dibalik pembuatan produk kantong tidur ini sebenarnya kreatif. Tapi... kok aku merasa gak enak ya kalo tidur di dalemnya?

Cuma Ada Di Jepang

Cuma Ada Di Jepang

Mau tau berapa harganya? Rp.600.000-an per buah.


Bagikan

17 Februari 2011

Lift Terbesar Di Dunia Ada Di Jepang


Pernahkah kamu merasa tidak sabaran menunggu lift di mall atau kantor?

Kalau kamu berada di perkantoran Hankyu Umeda, Osaka, mungkin kamu tidak akan menunggu terlalu lama. Karena disana telah dipasang 5 lift raksasa yang masing-masing mampu mengangkut 80 orang sekaligus!


Lift Terbesar Di Dunia Ada Di Jepang


Seberapa banyak sih 80 orang?

Kalo kamu masih sekolah, coba kamu hitung ada berapa orang di kelasmu. Kalo kamu sudah bekerja, coba hitung ada berapa orang di kantormu. Semuanya pasti bisa masuk ke dalam lift ini.

Dengan panjang 3,4 meter serta lebar 2,8 meter dan tinggi 2,6 meter, lift ini mampu mengangkut beban lebih dari 5.250 kg sekali naik. Jika setiap orang mempunyai berat rata-rata 65 kg, maka lift buatan Mitsubishi Electric ini jelas mampu membawa 80 orang sekaligus dengan mudah.

Dan jika kelima lift tersebut beroperasi, maka 400 orang akan naik-turun gedung Hankyu Umeda setiap beberapa menit sekali. Wow.


Lift Terbesar Di Dunia Ada Di Jepang



Bagikan

16 Februari 2011

Kaisar Jepang Mengidap Arteriosclerosis


Berita sedih datang dari keluarga kekaisaran Jepang.

Tim kedokteran di rumah sakit Universitas Tokyo telah menyatakan bahwa kaisar Akihito telah mengidap arteriosclerosis. Lidah kelilit ketika membacanya? Sama.

Arteriosclerosis adalah kondisi dimana dinding arteri (saluran transportasi darah dari jantung ke seluruh tubuh) mengalami pembengkakkan sehingga menyebabkan aliran darah tersumbat.


Arteriosclerosis


Kaisar yang sekarang berumur 77 tahun ini memang telah mengurangi banyak aktifitas kenegaraan karena kesehatannya menurun sejak operasi kanker prostat pada tahun 2003.

Mari kita berharap sang kaisar kembali sehat.

jepang


Bagikan

15 Februari 2011

Lisa Halim, Orang Indonesia Berkarir Di Jepang


Ya, maksudnya setengah Indonesia dan setengah Jepang.

lisa halim di jepang


Adalah Lisa Halim, dara cantik yang bersolo-karir sebagai penyanyi dan pengarang lagu di Jepang. Lahir dari seorang ayah berkebangsaan Indonesia dan ibu berkebangsaan Jepang, Lisa Halim ternyata mampu merebut hati para fans di tempat kelahirannya Jepang.

Lisa ternyata sudah beberapa kali datang ke Indonesia lho, terutama Bali. Tidak mengherankan karena selain musik, Lisa juga menyukai olahraga surfing. Dia sangat suka menulis lagu di luar ruangan, seperti di pantai yang katanya memberikan suasana tenang.

Dia pun suka dengan penampilan Agnes Monica. "Dia menyanyi dan menari begitu energik. Dia benar-benar keren."

"Aku sudah sangat akrab dengan Indonesia. Berada di sini seperti mengunjungi kampung halaman saya sendiri walaupun saya tidak pernah tinggal di sini," kata penyanyi yang tumbuh besar di Jepang dengan orang tuanya. Setelah kematian sang ayah yang berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan, dia sekarang tinggal bersama ibunya di negeri sakura.

Pada tahun 2007, Lisa mengeluarkan mini album [Daddy] dan single-nya [Air Rhythm] yang membuatnya menjadi perhatian. Pada tahun 2008 ia merilis album [Here I am] di Indonesia dan Malaysia, dengan dua lagu yang berjudul [Tomorrow] dan [Say Goodbye].





Lisa mengembangkan hasratnya untuk menyanyi secara serius sejak usia 13 tahun. Dia terinspirasi oleh album [I Will Always Love You] yang dinyanyikan Whitney Houston. CD lagu yang diberikan sang ibu sebagai hadiah ulang tahunnya yang ke-10 itu telah mengubah hidup Lisa untuk selamanya.

Sang ibu sangat mendukung karirnya dan beliau selalu menghadiri konser Lisa. "Ibuku adalah satu-satunya orang dekat dengan saya sejak ayah saya meninggal dunia." Hal ini telah memotivasi dirinya untuk menulis lagu untuk mendukung perempuan. "Setiap wanita pernah mengalami masa sulit dalam hidup mereka, dan rasanya luar biasa jika saya bisa membantu mendukung mereka melalui lagu-lagu saya."

Di tengah banyak penyanyi pop di Jepang, Lisa mencoba untuk membedakan dirinya dengan menciptakan lagu yang dapat mewakili perasaan orang lain tetapi memiliki melodi yang unik. "Menyanyikan sebuah lagu dapat membuat orang tersenyum, dan saya suka itu." Katanya dengan ceria.


lisa halim di jepang


Klik disini untuk mengunjungi situsnya. Oh ya, Lisa lahir pada tanggal 15 Februari 1985. Ini berarti hari ini adalah hari ulang tahunnya!

Tanjoubi omedetou, Lisa-san! ^_^



lisa halim di jepang

Lisa Halim = リサ ハリム


Bagikan

14 Februari 2011

Selamat Hari Valentine!


Ahh, hari kasih sayang telah tiba.

Hari yang penuh dengan mawar merah dan coklat-coklat lezat yang dibungkus dengan indah. Hari yang penuh dengan rasa damai bagi para wanita di seluruh dunia. Tapi tidak di Jepang.

Di Jepang, para wanita-lah yang akan kalang kabut hari ini. Mereka akan mengantri panjang, berdesak-desakkan sambil berkeringat di toko-toko coklat untuk berebut membeli hadiah coklat untuk teman pria di kantor, dan tentu saja, untuk pacar/suami tercinta.


valentine di jepang


Bagi karyawati yang berumur 25 tahun, Ryoko Ejiri, hari Valentine adalah harinya kotak coklat berbentuk hati. Tapi Ryoko tidak mendapatkannya secara gratis dari teman-teman pria-nya, dia harus membelinya sendiri di toko lalu diberikan kepada atasannya.

"Saya menghabiskan lebih banyak uang untuk beli coklat tahun ini daripada yang pernah saya lakukan dalam hidup saya," kata Ryoko, yang sudah antri selama satu jam di department store Isetan untuk membeli coklat yang akan diberikan kepada empat manajernya di kantor. "Aku memberikan mereka hadiah untuk menunjukkan rasa terima kasih saya."

Di Jepang, tradisi ini namanya "giri choco" atau "coklat kewajiban" yaitu para wanita yang memberikan coklat kepada teman kerja pria atau atasan pria di kantor.


valentine di jepang


Orang-orang Jepang juga tidak biasa memberikan ucapan "Happy Valentine's Day" dengan kata-kata. Mereka (wanita) biasanya memberikan sebuah kotak kecil berisi coklat kepada pacarnya (pria).

Aneh memang. Tradisi ini berbanding terbalik dengan negara lain (termasuk Indonesia), dimana para pria-lah yang memberikan hadiah coklat/bunga terlebih dahulu kepada wanita atau mereka saling bertukar hadiah satu sama lain.

Tapi semua ini memang balik kembali pada pribadi masing-masing. Siapa yang memberikan hadiah terlebih dahulu, sama saja kok. Yang penting kalian saling mengasihi. ^_^

Yukai Barentaindee Dei!



Bagikan

12 Februari 2011

[Video] Sapporo Snow Festival 2011


Kota Sapporo saat ini sedang menjadi lokasi incaran para turis mancanegara karena sampai tanggal 13 nanti, "Sapporo Snow Festival" atau festival salju kota Sapporo sedang diselenggarakan dengan menampilkan lebih dari 250 jenis mahakarya seni pahat salju.

Simak videonya dan tercenganglah!





Sapporo Snow Festival 2011


Sapporo Snow Festival = Sapporo Yuki-matsuri / さっぽろ雪まつり


Bagikan

11 Februari 2011

[Video] Sushi Instan!


Kamu gak bakalan percaya kalo yang seperi ini bener-bener ada kalo kamu enggak melihat sendiri. Simak videonya...

sushi instant jepang





Bagikan

10 Februari 2011

Tokyo Auto Salon 2011: The Race Queens


Tokyo Auto Salon 2011 adalah ajang pameran otomotif kelas dunia dengan membawa lebih dari 600 jenis mobil keluaran terbaru dan berhasil menarik sekitar 238.000 pengunjung.

Tapi kali ini kita tidak akan melihat mobil-mobilnya. Kali ini kita akan melihat para "Race Queen"-nya...

Tokyo Auto Salon 2011: The Race Queens

Tokyo Auto Salon 2011: The Race Queens

Tokyo Auto Salon 2011: The Race Queens

Tokyo Auto Salon 2011: The Race Queens

Tokyo Auto Salon 2011: The Race Queens

Tokyo Auto Salon 2011: The Race Queens


Bagikan

09 Februari 2011

Nina Menjelaskan Soal Keadaan Di Mesir


Seorang anak dari Jepang yang berusia 5 tahun mencoba untuk menjelaskan soal situasi dan kondisi di Mesir yang sedang bergejolak saat ini.

Perkenalkan, namanya Nina. Simak videonya...



nina, anak jepang



Bagikan

08 Februari 2011

Kucing Hidup Dipajang Di Restoran Jepang?


Jepang memang gudangnya aneh-aneh.

Sudah biasa para pengusaha restoran berusaha untuk menarik pelanggan baru dengan menampilkan contoh hidangan dari menu mereka dalam jendela kaca (kalau di Indonesia, restoran Padang melakukan hal ini). Yang tidak biasa adalah, ada satu restoran yang menaruh seekor kucing hidup di dalam pajangan menu makanan mereka!

jepang

Kucing itu bernama Pink. Tiga tahun lalu, ia adalah kucing liar yang suka berkeliaran di sekitar toko. Pemilik restoran memutuskan untuk mengadopsi Pink, dan membuat dia menjadi maskot toko. Suatu hari, pemilik membiarkan Pink berjalan-jalan di dalam jendela pajangan. Sekarang, Pink dapat dilihat di sana setiap hari.

Tapi sang pemilik sudah mewanti-wanti kalau Pink tidak dimaksudkan untuk menjadi hidangan lho! Simak video klipnya disini...





Bagikan

06 Februari 2011

Pembajakan Membuat Penjualan DVD Original Meningkat


"Pembajakan menyakitkan industri perfilman."

Ini telah menjadi kalimat sakti dalam perdebatan panjang di dunia pembajakan dan hak cipta di Internet. Kalimat sakti ini selalu digunakan oleh para pemegang hak cipta dalam membela kepentingan mereka. "Jika para pembajak terus melakukan aksinya, maka penjualan DVD original kami pasti menurun!" Begitu kata mereka.


http://i.imgur.com/GGmhj.png


Namun sekarang, muncul sebuah hasil penelitian yang cukup mengagetkan. Kali ini datangnya langsung dari pemerintah Jepang sendiri, yang telah menyimpulkan bahwa pembajakan rupanya telah meningkatkan penjualan DVD anime original!

Klik disini untuk download dokumen hasil penelitiannya (PDF)

Penelitian ini berasal dari lembaga Research Institute of Economy, Trade and Industry (RIETI), sebuah lembaga prestisius yang dibentuk oleh pemerintah Jepang. Mereka meneliti efek positif dan negatif dari penyebaran video anime ilegal di situs YouTube dan program Peer-2-Peer (sharing antar komputer) pada penyewaan dan penjualan DVD anime.

Hasilnya; YouTube tidak mempengaruhi penyewaan DVD secara negatif, bahkan sebaliknya, telah meningkatkan penjualan DVD. Sedangkan program Peer-2-Peer memang berdampak negatif dalam penyewaan DVD, tetapi tidak berpengaruh pada penjualan DVD.

"Dengan kata lain, YouTube dapat diartikan sebagai alat promosi untuk penjualan DVD." Kata juru bicara RIETI.

Bagaimana menurut kalian?



Bagikan

05 Februari 2011

Pernah Coba Olahraga Ketawa?


Cara kerja orang Jepang yang berdisiplin tinggi dan jam kerja yang panjang memang bisa membuat siapa saja stress berat. Karena itu mereka harus sering tertawa...

Olahraga Ketawa di Jepang


Didirikan oleh Mary Tadokoro dan Lisa Booth pada bulan Juni 2006, Tokyo Laughter Club (TLC) atau Klub Tertawa Tokyo, adalah klub tawa pertama di Jepang yang juga berperan besar sebagai pelopor gerakan tertawa di Tokyo.

Simak video klip berikut ini...




Apa sih yang membuat mereka tertawa? Tidak ada. Mereka hanya tertawa dan tertawa sepanjang pertemuan mereka. Alasan mereka tertawa? Mereka ingin hidup sehat, layaknya kita berolahraga.

Dunia medis juga sudah mengakui bahwa tertawa sangatlah baik untuk kesehatan kita. Jika kita tertawa, tubuh kita secara alami akan mengurangi produksi hormon-hormon yang biasa membuat kita stress (seperti cortisol, epinephrine, dopamine) dan meningkatkan produksi hormon menyehatkan (seperti endorphin).

Dan tahukah kamu kalau kamu tertawa, orang disekeliling kamu juga akan ikut tertawa? Ya, tertawa memang bisa menular dengan cepat. Jadi, tertawalah sebelum tertawa itu dilarang!

Huahuahua!

Olahraga Ketawa di Jepang



Bagikan

04 Februari 2011

Perayaan Festival Setsubun


Tanggal 3 Februari kemaren adalah hari perayaan Setsubun, hari dimana orang-orang Jepang merayakan datangnya musim semi dengan memakan eho-maki (sushi roll yang panjang).

Berikut adalah video klip yang membawa kita ke dalam sebuah pabrik Eho-maki...




Menurut kebudayaan dan kepercayaan orang Jepang, selain melempar kacang, mereka juga harus memakan sushi roll tersebut secara keseluruhan tanpa henti dengan menghadap ke arah dewa keberuntungan, Tokutoshijin. Di tahun 2011 ini, arah keberuntungannya adalah Selatan-Tenggara (南南 东). Orang-orang tidak diizinkan untuk berbicara sampai mereka telah selesai memakan semua Eho-maki mereka.

Biasanya eho-maki memiliki tujuh bahan berbeda termasuk kampyo, shiitake, belut dan telur, yang berdasarkan atas tujuh dewa keberuntungan (七 福神). Karena itu pula angka tujuh dianggap sebagai angka yang paling beruntung di Jepang.


Festival Setsubun di Jepang


Setsubun = 節分


Bagikan

01 Februari 2011

Menginap Di Hotel Evangelion


Siapa yang tidak mengenal serial anime Neon Genesis Evangelion?

Neon Genesis Evangelion Jepang


The Highland Resort Hotel & Spa, grup perusahaan Fuji Kyuko Co, akan menawarkan kamar hotel dengan tema berdasarkan serial animasi kartun populer Neon Genesis Evangelion pada tanggal 1 Maret bulan depan.

Pihak manajemen hotel berharap kamar unik ini mampu menarik banyak tamu untuk menginap, terutama para penggemar Rei Ayanami.

Kenapa? Karena kamar Evangelion tersebut akan berisi patung ukuran asli dari sebuah karakter terkenal yang bernama Rei Ayanami. Bahkan, para tamu dapat mendengarkan suara Rei hanya dengan menyentuh tembok yang dihiasi dengan posternya.

Neon Genesis Evangelion Jepang


Ketika para tamu check-in, mereka akan menerima sebuah lembaran instruksi dari resepsionis. Mereka juga bisa mendapatkan barang-barang 'limited edition' jika mereka dapat menemukan pesan rahasia yang tersembunyi di salah satu dinding kamar Evangelion.

Kamu mau menginap? Sebaiknya pikir-pikir dulu ya, karena biayanya mencapai Rp. 4.000.000,- per malam!


Neon Genesis Evangelion = Shin Seiki Evangerion / 新世紀エヴァンゲリオン



Bagikan
Follow Us

Like Us!

Total Pageviews

© Apa Saja Yang Terjadi Di Jepang? All rights reserved | Search by Google