31 Maret 2011

Jackie Chan: Love Without Borders


Ahh, siapa yang gak kenal aktor terkenal yang satu ini?

Dia adalah aktor yang paling berani melakukan adegan stunt berbahaya di dunia, berhidung besar dan, tentunya, salah satu yang paling dermawan.

Jackie Chan akan berkolaborasi dengan beberapa selebriti Hong Kong untuk mengorganisir konser penggalangan dana di Hong Kong yang berjudul "Love Without Borders 3/11 Candelight Gala."


Jackie Chan untuk Jepang

Jackie Chan untuk Jepang


Acara akbar yang diharapkan dapat mengundang 100 artis Asia itu dijadwalkan tanggal 1 April di Victoria Park, Hong Kong. Semua hasil dari konser ini akan disumbangkan untuk membantu para korban gempa bumi dan tsunami pada 11 Maret lalu.



Bagikan

29 Maret 2011

[Video] Justin Bieber dan Lady Gaga


Berbicara untuk mendorong para fans memberikan dukungan ke Jepang...







Bagikan

27 Maret 2011

Ngapain Ninja-Ninja Ini?


Kedua ninja ini berhasil diambil fotonya ketika berada di stasiun kereta baru-baru ini. Ngapain mereka ya?

ninja jepang


Bagikan

26 Maret 2011

Tokyo Sky Tree: Menara Tertinggi Kedua Di Dunia


Jepang akan segera memiliki simbol kebanggaan baru. Tokyo Sky Tree, yang akan dinobatkan sebagai menara tertinggi kedua di dunia, telah mencapai puncak penuhnya setinggi 634 meter minggu ini.

Tokyo Sky Tree

Pembangunan Tokyo Sky Tree yang dicanangkan oleh Tobu Railway dan NHK pada tanggal 14 July 2008 itu terus berlanjut meskipun gempa bumi dahsyat mengguncang Tokyo berkali-kali dalam dua minggu terakhir ini.

Walaupun proyeknya belum selesai, menara ini sanggup menahan gempa sekuat 8,9 SR pada 11 Maret lalu. Gempa yang disusul oleh tsunami maha dahsyat itu rupanya tidak menyebabkan kerusakan struktur pada Sky Tree ataupun menyebabkan cedera pada 500 orang yang terlibat dalam pekerjaan konstruksi pada hari itu. Padahal di sisi lain, antena di atas Tokyo Tower (333 meter) bengkok akibat gempa.

Menara yang pembangunannya menggunakan desain rangka baja anti-seismik dan menerapkan teknologi anti-gempa pada pondasinya itu memang patut dicontoh oleh proyek-proyek bangunan tinggi di seluruh dunia.

Canton Tower, menara setinggi 600 meter yang berlokasi di China, yang baru saja dinobatkan sebagai menara tertinggi kedua di dunia setelah peresmiannya dilakukan pada September 2010 lalu, akhirnya harus menyerahkan "mahkotanya" kepada Tokyo Sky Tree.


Tokyo Sky Tree


Kenapa Tokyo Sky Tree dibangun? Karena jaringan televisi Jepang akan beralih sepenuhnya menggunakan transmisi digital pada awal 2012, sehingga Tokyo Sky Tree akan mengambil alih siaran televisi dari Tokyo Tower, yang telah melayani para pemirsa di Jepang selama 52 tahun.

Mega proyek yang menelan biaya Rp. 6,8 Triliun itu akan rampung pada akhir tahun 2011 ini dan menjadikan Tokyo Sky Tree bangunan tertinggi kedua di muka bumi, satu tingkat dibawah sang pencakar langit Burj Khalifa di Dubai yang mempunyai ketinggian 828 meter.

Tokyo Sky Tree sengaja dibangun dengan ketinggian 634 meter agar mudah diingat oleh warga Jepang, karena angka 6 (mu / む・っつ), 3 (sa / さ), 4 (shi / し) berarti "Musashi".



Bagikan

25 Maret 2011

2.692.008.000.000.000


Berapa itu?

Rp. 2.692.008.000.000.000,-

Itu 2.000 Triliun Rupiah. Lebih tepatnya 2.692 Triliun. Apa yang akan kamu lakukan kalo kamu punya uang sebesar 2.692 Triliun Rupiah? Kamu mau simpen dimana 26,9 miliar lembar uang kertas pecahan Rp. 100.000-an?

Yup. Itulah perkiraan angka kerugian yang dialami oleh negara Jepang dalam waktu kurang dari 2 minggu karena bencana tsunami. Ini adalah kerugian finansial terbesar akibat bencana alam sepanjang sejarah yang pernah dicatat manusia.

Estimasi angka kerugian ini mencakup 7 prefektur yang infrastruktur-nya terkena dampak langsung (ribuan gedung dan rumah yang hancur), ribuan perusahaan yang tidak beraktifitas, puluhan ribu karyawan yang tidak bekerja, reaktor nuklir yang meledak, produk-produk yang gagal diekspor akibat pencemaran radiasi, dan masih banyak lagi.

Inget, kerugian ini bukan karena gempanya lho, tapi karena tsunaminya. Jepang adalah negara yang paling siap dalam menghadapi gempa di muka bumi ini, karena itu gempa bukanlah masalah besar.

Tsunami-lah yang mereka takuti.

tsunami jepang

Sampai saat ini, jumlah korban meninggal mencapai 9.400 jiwa, sedangkan yang dilaporkan hilang mencapai 14.700 orang. Pemerintah Amerika Serikat, Australia, Singapura dan Hong Kong sudah menetapkan larangan impor bagi produk makanan dan minuman asal Jepang.



Bagikan

23 Maret 2011

Pemain Bola Ikut Dukung Jepang


Para pemain sepakbola dari klub Valencia menunjukkan dukungannya kepada Jepang melalui kaos yang mereka pakai saat pertandingan melawan Sevilla di Liga Spanyol. Nama mereka dituliskan dalam bahasa Jepang (Katakana)...


Valencia dukung Jepang

Valencia dukung Jepang

Valencia dukung Jepang


Bagikan

22 Maret 2011

TEPCO Meminta Maaf


TEPCO, Tokyo Electric Power Company, operator reaktor nuklir yang meledak dan meresahkan masyarakat Jepang itu akhirnya meminta maaf melalui iklan nasional yang mulai ditayangkan setiap hari di Jepang.

Simak video iklannya berikut ini...



Tapi sayang, tetap saja banyak orang Jepang yang tidak terpengaruh atas iklan tersebut. Mereka berpendapat bahwa permintaan maaf itu tidak tulus.

Sementara itu Kazuko Hachiya, seorang grafik designer dan animator, menciptakan sebuah film anime pendek yang menjelaskan seperti apa bencana nuklir dalam bahasa anak-anak. Berikut cuplikan videonya...





Bagikan

21 Maret 2011

Orang Jepang. Luar Biasa.


Kita mungkin terus-terusan melihat berita di TV dan membaca artikel di koran mengenai bencana mengerikan di Jepang dalam satu minggu terakhir ini, tapi ada satu hal kecil yang tidak kita lihat...

Pencurian dan penjarahan.

Seperti masyarakat manapun di dunia ini, Jepang tidak lepas dari skandal suap dan korupsi. Tapi yang namanya penjarahan, bisa dibilang sangat jarang terjadi. Di Jepang, kalo kamu parkir mobil dengan jendela terbuka, tidak masalah. Tidak akan ada yang mau mencuri barang-barang kamu di dalam mobil. Kalo kamu parkir motor dan meninggalkan kuncinya, tidak masalah. Tidak akan ada yang mau mencuri motor kamu.

Terlebih di saat seperti ini, dimana puluhan ribu orang sedang mengalami masa suram kehilangan keluarga tercinta dan harta benda mereka, sangat jarang terjadi pencurian dan penjarahan.

Aku bukannya bilang tidak ada, hanya saja sangat jarang orang-orang disana berniat jahat untuk memanfaatkan penderitaan dan kelengahan orang lain. Ya, itulah orang Jepang. Rasa solidaritas mereka sangat tinggi.

UPDATE: Ada yang memberitahu bahwa ada artikel di Kompas yang menuliskan berita mengenai terjadinya pencurian dan penjarahan...

http://internasional.kompas.com/read/2011/03/23/08473321/Pencurian.dan.Penjarahan.Marak

Disini aku ambil kesimpulan...

"Secara umum, orang mulai menjarah karena mereka kekurangan uang dan makanan." - Wajar? Wajar.

"Skala kejahatan yang terjadi masih sangat rendah."
- Wajar? Wajar.

Mudah-mudahan kejadian ini gak meluas. :(


orang jepang


Hari ini situs Jepang.net telah menyumbangkan uang, yang jumlahnya tidak seberapa, langsung kepada organisasi Palang Merah Jepang melalui Google. Aku memilih Palang Merah Jepang karena...

1. Lokasinya ada di Jepang, jadi sumbangan langsung tepat ke sasaran.

2. Palang Merah Indonesia tidak menyediakan rekening khusus untuk menerima sumbangan yang akan dikirim kepada korban bencana Jepang.

3. Palang Merah Jepang juga sudah membantu korban gempa bumi dan gunung meletus di Indonesia.

Seharusnya aku melakukan ini dari minggu lalu, tapi karena bingung mau sumbang kemana, akhirnya baru terlaksana hari ini. Tidak ada kata terlambat dalam hal menyumbang kan? (^_^)

Bagi kamu yang mau yang ikut menyumbang, kamu bisa pakai kartu kredit kamu disini, atau transfer uang ke:

Bank: Sumitomo Mitsui Banking Corporation
Cabang: Ginza
Nomor rekening: 8047670
SWIFT Code: SMBC JP JT
Atas Nama: The Japanese Red Cross Society

Palang Merah Jepang
Japanese Red Cross Society
Phone: +81-3-3438-1311
Fax: +81-3-3435-8509
Email: kokusai@jrc.or.jp
Website: www.jrc.or.jp

1-1-3, Shiba Daimon,
Minato-ku, Tokyo 105-8521



Bagikan

20 Maret 2011

Ratu Inggris, Lady Gaga, Sandra Bullock, Linkin Park


Dunia benar-benar bersimpati.

Juru bicara Istana Buckingham mengatakan bahwa Ratu Elizabeth II telah memberikan sumbangan pribadi untuk membantu korban gempa bumi mematikan di Jepang dan Selandia Baru. Juru bicara itu tidak mengungkapkan berapa jumlah sumbangannya.

Cucu sang Ratu, Pangeran William, yang ada di garis kedua tahta kerajaan, saat ini berada di Christchurch untuk menghormati 182 orang yang diperkirakan meninggal dalam gempa bumi berkekuatan 6,3 SR pada tanggal 22 Februari lalu. Dia juga mengungkapkan rasa belasungkawa-nya untuk horor yang sekarang melanda Jepang.


Pangeran William dan Kate Middleton


Sementara itu, pemerintah Jepang mengatakan tidak ada wakil kerajaan yang bisa menghadiri pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton bulan depan, mengingat kondisi negaranya saat ini.

Juru bicara Badan Rumah Tangga Kekaisaran mengatakan Putra Mahkota Naruhito dan Putri Masako awalnya direncanakan untuk menghadiri pernikahan sang pangeran Inggris pada tanggal 29 April. Tetapi mereka telah memutuskan untuk tidak pergi kemana-mana setelah terjadinya gempa bumi dan tsunami.

Mereka merasa malu jika mereka pergi bersenang-senang saat rakyat mereka sedang sengsara.


Sandra Bullock


Lalu berita dari Amerika Serikat...

Aktris Hollywood Sandra Bullock dilaporkan telah menyumbang $1 juta ke Palang Merah Amerika untuk membantu Jepang. Rock Band Linkin Park juga mulai menjual kaus yang dirancang oleh salah satu anggota band, Mike "Kenji" Shinoda, yang ayahnya adalah keturunan Jepang-Amerika, untuk mengumpulkan uang bagi korban bencana di Jepang.

Selebriti lain yang ikut menyumbang termasuk Lady Gaga yang telah menggalang dana sebesar $250.000 dalam 48 jam dengan menjual gelang dengan pesan "We Pray for Japan" senilai $5 melalui toko online miliknya.



Bagikan

19 Maret 2011

Warga Tokyo Beraktifitas Seperti Biasa


Bangun pagi, mandi, dan pergi ke kantor.

Begitulah kehidupan sebagian besar warga Tokyo yang dengan tenang pergi ke tempat kerja mereka seperti biasa.

Meskipun banyak sekali orang asing (turis mancanegara dan tenaga kerja asing) yang meninggalkan ibukota negara Jepang itu karena takut, warga Tokyo sendiri beraktifitas seperti biasa. Tidak ada kepanikan yang berlebihan.


stasiun tokyo


Stasiun Kereta Tokyo, gerbang utama menuju kota-kota lainnya di Jepang, relatif kosong dan tidak ada antrian berarti di konter tiket untuk naik shinkansen atau kereta api yang lainnya.

"Saya hanya butuh waktu kurang dari 1 menit untuk membeli tiket dan dalam 10 menit saya sudah berada di dalam shinkansen menuju Osaka," kata Marc Bernabe, seorang warga Spanyol yang berniat untuk menghadiri International Anime Fair (acara akbar yang terpaksa dibatalkan tahun ini).

"Situasi sepi seperti ini memang tidak normal, tapi tampaknya bisnis di Tokyo berjalan normal." kata Marc, yang telah berada di kota itu selama tiga bulan untuk bekerja. Saat ini dia pindah ke Osaka atas permintaan keluarganya, yang telah menelepon tanpa henti dari Spanyol, menangis dan memohon dia untuk meninggalkan Tokyo.

Komentar Marc ini sungguh berbanding terbalik dengan apa yang dikabarkan oleh saluran TV dan koran-koran di berbagai belahan dunia, bahwa radiasi dapat mencapai Tokyo dan membahayakan warganya. Marc berkata berita-berita TV di Spanyol selalu menggembar-gemborkan kejadian Chernobyl yang bisa terjadi di Jepang.

Padahal, perwakilan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) berkata bahwa penyebaran radiasi dari reaktor nuklir yang meledak di Jepang tidak menimbulkan dampak resiko langsung terhadap kesehatan manusia. Jadi, warga seharusnya tidak perlu panik.


reaktor jepang


"Aku sudah melihat banyak orang asing pergi, tapi untuk orang Jepang, kami tetap tinggal. Ini adalah negara kami. Ini adalah rumah kami," kata Koichi Takeuchi, seorang sopir taksi di Tokyo. "Tentu kami prihatian dan tetap waspada, tapi untuk sebagian besar orang, hari ini adalah hari kerja seperti hari-hari lainnya. Orang-orang Jepang memang tidak bisa berhenti bekerja."

Banyak toko-toko di Tokyo yang kehabisan stok barang, seperti mie instan dan susu. Tapi itu disebabkan karena para pembeli yang memborong semua persediaan untuk keluarga mereka jika mereka harus tinggal di dalam rumah dalam jangka waktu yang lama, bukan karena Tokyo kekurangan bahan pangan.



Bagikan

18 Maret 2011

[Video] Terjangan Tsunami Yang Menakutkan


Berikut adalah hasil rekaman video amatir oleh warga kota Kesennuma (気仙沼市) di Prefektur Miyagi tepat pada tanggal 11 Maret lalu. Video ini dinyatakan sebagai rekaman yang paling menakutkan...





Bagikan

17 Maret 2011

Orang-Orang Memborong Produk Jepang


Di Hong Kong, ratusan orang terlihat mengantri panjang di berbagai supermarket.

Rupanya mereka sibuk memborong habis produk-produk makanan buatan Jepang, terutama susu bayi. Kenapa? Karena mereka mengkhawatirkan produk susu bayi pasca bencana di Jepang akan terkontaminasi oleh radiasi dan membahayakan bayi mereka.

Orang-Orang Memborong Produk Jepang

Orang-Orang Memborong Produk Jepang

Ledakan PLTN di Jepang kemaren memuntahkan banyak partikel radioaktif ke udara yang dapat mencemari sumber makanan dan air sampai ratusan kilometer jauhnya. Bayi, anak-anak, dan pertumbuhan janin dalam perut ibu adalah mereka yang paling berisiko dari kemungkinan terkena kanker atau mutasi gen di masa depan.

"Saya baru saja membeli satu box susu bayi untuk saya stok sendiri di rumah, daripada membeli produk baru dikemudian hari yang tidak jelas terkontaminasi atau tidak," kata salah satu pelanggan.

Orang-Orang Memborong Produk Jepang

Orang-Orang Memborong Produk Jepang


Sementara itu, antrian juga terlihat di University of Korea di Korea Selatan. Mereka yang mengantri adalah para mahasiswa yang ingin menyumbang untuk para korban bencana di Jepang.

Korea Selatan sumbang Jepang

Korea Selatan sumbang Jepang



Bagikan

16 Maret 2011

Malaysia dan Singapura Meminta Maaf Ke Jepang


Sebuah surat kabar Malaysia mengeluarkan pernyataan permintaan maaf mereka kepada para pembacanya yang merasa tersinggung, dan tentu saja, kepada warga Jepang.

Kenapa? Karena Mohamad Zohri Sukimi, kartunis yang bekerja di Berita Harian Malaysia, telah menggambar sebuah karikatur yang menunjukkan ikon superhero Ultraman melarikan diri dari terjangan tsunami.

Rupanya hasil karya Zohri tersebut mengundang protes keras dari warga Malaysia sendiri. Banyak orang yang marah ketika melihat karikatur itu karena mereka menilai Berita Harian Malaysia tidak sensitif terhadap tragedi dimana ribuan jiwa telah meninggal.

Sebuah permintaan maaf langsung diumumkan keesokan harinya. "Kami tidak punya niat untuk mengolok-olok atau menunjukkan ketidakpekaan kami terhadap bencana Jumat lalu," tulis surat kabar itu.

"Kami merasa sedih untuk orang-orang Jepang yang telah kehilangan anggota keluarga dan harta benda mereka. Ilustrator kami juga ingin meminta maaf atas karikatur yang telah menciptakan kontroversi tersebut. Kami benar-benar bersimpati dengan tragedi itu dan sekali lagi ingin meminta maaf atas keluhan yang timbul dari penerbitan karikatur itu."

Kantor Berita Harian Malaysia mengatakan telah menerima banyak telepon dan email keluhan sejak gambar kartun itu muncul.

"Memalukan," kata salah satu pembaca dengan nama Muhammad Azreen yang berkomentar pada situs Berita Harian Malaysia. "Pecat kartunis tersebut. Bagaimana anda bisa mengolok-olok hal seperti itu?"


kartun malaysia mengenai tsunami jepang


Sementara itu, sebuah stasiun televisi milik pemerintah Singapura, Channel News Asia juga mengeluarkan permintaan maaf resminya kemaren atas tindakan mereka mengeksploitasi bencana tsunami dan gempa di Jepang demi menjual slot iklan di sesi "Breaking News".

Selama akhir pekan, divisi marketing MediaCorp melakukan penjualan slot iklan melalui email yang dikirim ke para pengiklan potensial karena mereka sangat yakin akan ada banyak pasang mata dan telinga yang menonton "Breaking News" setiap harinya untuk memantau situasi di Jepang.

MediaCorp langsung mengeluarkan pernyataan permintaan maaf di situs mereka setelah email jualan slot iklan tersebut bocor ke publik.

"Kami mohon maaf jika kami telah terlihat tidak sensitif terhadap situasi yang mengkhawatirkan di Jepang," kata senior wakil presiden MediaCorp sebagaimana dikutip dalam surat pernyataannya.

Channel News Asia adalah saluran berita utama di Singapura dan merupakan salah satu jaringan televisi terbesar di Asia.


Channel News Asia


Bagikan

15 Maret 2011

Bae Yong Joon dan Kim Hyun Joong Sumbang Jepang


Bae Yong Joon sumbang Jepang

Aktor terkenal dari Korea Selatan, Bae Yong Joon, akan menyumbangkan ₩1,000,000,000 (1 miliar won) atau sekitar Rp. 7,7 miliar untuk membantu para korban bencana gempa dan tsunami di Jepang.

Seperti yang kita ketahui, Bae Yong Joon adalah bintang utama dalam serial drama TV "Winter Sonata" yang sangat populer di Jepang, khususnya di kalangan perempuan.

Dalam pesan yang diposting di situs resmi Jepang-nya, Bae mengatakan bahwa ia sangat sedih melihat berita tentang kerusakan parah yang terjadi di Jepang dan ia akan mencari cara untuk mendukung upaya pemerintah dalam membantu para korban.

Bukan hanya itu, ternyata Kim Hyun Joong, anggota boyband populer Korea Selatan SS501, juga turut menyumbang ₩100,000,000 (100 juta won) atau sekitar Rp. 700 juta.

Bae dan Kim sama-sama berada di bawah payung perusahaan manajemen artis Korea Selatan, Keyeast.

Kim Hyun Joong sumbang Jepang


Sementara itu, 1000 mayat telah ditemukan di kota Ojika, Nagasaki, dalam keadaan mengenaskan dan 1000 mayat lagi bergeletakan di kota Minamisanriku, Miyagi. Tampaknya masih akan ada ribuan korban lagi yang tadinya dinyatakan hilang ditemukan dalam keadaan meninggal dunia.



Bagikan

14 Maret 2011

Bahaya Radioaktif Kini Menghantui Jepang


Belum selesai masalah kerusakan parah akibat gempa dan tsunami, sekarang Jepang mendapatkan masalah baru. Masalah yang mungkin saja jauh lebih besar daripada gempa dan tsunami, karena efek radioaktif bersifat jangka panjang, sampai puluhan tahun lamanya.

Inilah berbahayanya memiliki reaktor nuklir sebagai pembangkit tenaga listrik. Jika terjadi kebocoran, biasanya para penduduklah yang menjadi korban.

Tokyo Electric Power Company (TEPCO) mengatakan setelah ledakan dan kebocoran dari reaktor No.1 dan No.2 kemaren, pihaknya sedang mempersiapkan untuk melepaskan uap panas untuk mengurangi tekanan dalam reaktor No.3 yang jaraknya sekitar 240 km dari kota Tokyo. Tindakan ini juga akan melepaskan sejumlah kecil radiasi di sekitar reaktor.

radiasi nuklir jepang

"Bukan ledakannya yang membuat kami takut, tapi kemungkinan kami terkena paparan radioaktif yang tinggi, itu yang menakutkan," kata Masanori Ono yang sedang menjalani pemeriksaan radiasi menyeluruh pada tubuhnya di pusat pengungsian Prefektur Fukushima.

Badan Keselamatan Nuklir Jepang melaporkan jumlah orang yang terkena radiasi dari reaktor Fukushima Daiichi telah mencapai 160 jiwa. Lebih dari 140.000 orang telah dievakuasi dari daerah di sekitar pabrik dan fasilitas nuklir lainnya, sementara pihak pemerintah siap untuk mendistribusikan tablet yodium kepada warga untuk melindungi mereka dari paparan radioaktif.

Apa? Tablet yodium seperti garam ber-yodium yang biasa diminum untuk mencegah gondok bisa dipakai untuk melawan efek radioaktif nuklir? Iya. Paling tidak dalam jangka pendek. Karena dalam jangka pendek radioaktif umumnya menyebabkan kanker thyroid (alias gondok).

tablet yodium

Sebelum berita adanya masalah dengan reaktor No.3, Badan Keselamatan Nuklir mengatakan bahwa musibah pada reaktor kemaren masih dibawah level dari dua musibah; Three Mile Island (di Pennsylvania, Amerika Serikat, pada tahun 1979) dan bencana Chernobyl (di Prypiat, Ukraina, pada tahun 1986).

Seorang pejabat di lembaga tersebut mengatakan mereka telah menilai insiden tersebut sesuai dengan Skala Internasional Nuklir dan Radiologi. Pada skala 1 sampai 7, Fukushima Daiichi dinilai berada pada level 4, Three Mile Island di level 5, sementara Chernobyl berada pada level terparah yaitu 7.

TEPCO, perusahaan listrik terbesar nomor 1 di Jepang dan terbesar nomor 4 di dunia, telah memiliki masa lalu yang buruk karena masalah skandal. Pada tahun 2002, presiden direktur TEPCO bersama dengan empat eksekutif senior lainnya mengundurkan diri karena diduga memalsukan laporan keselamatan instalasi nuklir pada reaktornya.

"Saya tidak bisa mempercayai TEPCO," kata seseorang dengan username [Tanuki Atsushi] di situs jejaring sosial Jepang, mixi.

radioaktif jepang


Bagikan

12 Maret 2011

Gempa 8,9 Skala Richter, Tsunami Setinggi 7 Meter, Jepang Berduka


Bumi kembali menunjukkan kekuatannya yang maha dashyat.

Sebuah gempa berkekuatan 8,9 Skala Richter mengguncang Samudera Pasifik, dekat dengan bagian utara Jepang sekitar pukul 14:46 (waktu Tokyo) pada tanggal 11 Maret 2011 kemaren menyebabkan gelombang tsunami setinggi 7 meter yang menyapu habis prefektur Miyagi tanpa ampun.


Gempa dan Tsunami di Jepang


Pemadaman listrik terjadi dihampir seluruh pulau Hokkaido. Kerusakan terparah diperkirakan terjadi di kota Sendai, prefektur Miyagi, daerah yang paling dekat dengan pusat gempa. Polisi mengatakan 200 hingga 300 mayat ditemukan tergeletak dan mengambang di pantai timur laut Sendai. 547 orang telah dilaporkan hilang oleh keluarga mereka dan 798 orang terluka parah.

Kepanikan melanda semua orang karena Badan Meteorologi Jepang memperingatkan bahwa gelombang tsunami bisa menghantam seluruh area pesisir pantai di Jepang. Besarnya gempa di lepas pantai dengan kekuatan 8,9 Skala Richter adalah gempa yang memicu tsunami setinggi tujuh meter, diikuti lebih dari 50 gempa susulan dengan kekuatan rata-rata 6 Skala Richter selama beberapa jam kemudian.

Yang masih menjadi misteri adalah adanya sebuah gempa berkekuatan 6,6 Skala Richter yang menggetarkan daerah pegunungan bagian pusat Jepang - jauh dari episentrum gempa pertama. Tidak jelas apakah gempa terakhir ini ada hubungannya atau tidak dengan gempa yang mengguncang seluruh Samudera Pasifik.


Gempa dan Tsunami di Jepang Gempa dan Tsunami di Jepang

Gempa dan Tsunami di Jepang Gempa dan Tsunami di Jepang

Gempa dan Tsunami di Jepang Gempa dan Tsunami di Jepang

Gempa dan Tsunami di Jepang Gempa dan Tsunami di Jepang


Terputusnya jaringan telekomunikasi, terhentinya jaringan rel kereta Shinkansen, dan banyaknya orang-orang yang masih belum berani masuk ke dalam gedung bertingkat di Tokyo menyebabkan kota termahal di dunia ini lumpuh total sampai sekarang.

Para ilmuwan mengatakan gempa bumi kemaren menduduki peringkat kelima terbesar di dunia sejak tahun 1900 dan hampir 8.000 kali lipat lebih kuat dari gempa yang menghancurkan kota Christchurch, Selandia Baru, pada bulan lalu.

Koto Fujikawa, salah satu penduduk kota Tokyo, yang menyebut dirinya sangat beruntung masih bisa bernapas mengatakan, "Kami sudah sering dilanda gempa dan tsunami, tapi yang kali ini benar-benar membuat kami takut."

Bayangkan, dalam satu kota saja, yaitu kota Minamisoma di prefektur Fukushima, ada 1.800 rumah hilang entah kemana.


Gempa dan Tsunami di Jepang

Gempa dan Tsunami di Jepang


Gempa bumi yang tercatat sebagai gempa terbesar dalam sejarah Jepang ini memicu peringatan tsunami bagi negara-negara di seluruh samudra Pasifik, termasuk Indonesia.

Mari kita doakan musibah ini tidak akan berlanjut dan orang-orang di Jepang sana bisa berkumpul lagi bersama keluarga mereka. Amin.



Bagikan

11 Maret 2011

[Shocking] Jepang Dihantam Gempa dan Tsunami!

Jepang Meluncurkan Hayabusa


Jepang baru saja meresmikan kereta api super cepat mereka yang terbaru, kereta yang mampu melaju 186 mil atau 300 km per jam, kereta yang mereka namakan Hayabusa ( はやぶさ / Elang ) dengan bangga...


Hayabusa Jepang


Debut dari kereta Hayabusa menandai investasi tanpa henti ke jalur rel kereta berkecepatan tinggi Shinkansen di Jepang, dengan rencana oleh Central Japan Railway Company untuk menyelesaikan jaringan kereta api terpadu dengan kecepatan lebih dari 300 mil per jam pada tahun 2045.


Hayabusa Jepang

Hayabusa Jepang


Pihak Japan Railway juga ada rencana untuk meluncurkan kereta maglev (kereta yang melaju kencang dengan teknologi magnet, melayang di atas rel) pada tahun 2027. Kereta maglev yang ada saat ini mampu melaju dengan kecepatan 363 mil atau 584 km per jam.

Tolong jangan bandingkan dengan kereta api di Indonesia.



Bagikan

10 Maret 2011

Ilmuwan Jepang Membuat Ponsel Manusia


Kreatifitas memang tidak ada batasnya.

Peneliti Jepang telah menciptakan sebuah ponsel mirip manusia, yang memungkinkan penggunanya merasa "dekat dengan orang yang anda ajak bicara"...

Ilmuwan Jepang Membuat Ponsel Manusia

Err, mungkin lebih tepat kalo ini disebut ponsel yang mirip bayi jadi-jadian kali ya? Mereka bilang ponsel ini sengaja dibuat mirip dengan android (manusia robot) yang dilapisi dengan bahan sintetis yang mensimulasikan kulit manusia asli. Jadi, kalo kamu pegang ponsel ini, rasanya seperti menyentuh tangan manusia asli.


Ilmuwan Jepang Membuat Ponsel Manusia

Perangkat ini dikembangkan oleh sebuah tim kolaborasi antara Advanced Telecommunications Research Institute International (ATR), Osaka University, dan NTT DoCoMo. Memiliki mikrofon kecil di bagian kaki, speaker di kepala dan lampu indikator di bagian dada yang akan menyala biru ketika digunakan dan merah ketika disiagakan.

Menurut berita pers yang dikeluarkan oleh ATR, mereka berharap untuk merilis ponsel ini dalam lima tahun kedepan dengan fitur tambahan seperti layar sentuh dan koneksi Internet.

Mirip boneka voodoo juga ya?

Ilmuwan Jepang Membuat Ponsel Manusia


Bagikan
Follow Us

Like Us!

Total Pageviews

© Apa Saja Yang Terjadi Di Jepang? All rights reserved | Search by Google