30 Juni 2011

Aimi Eguchi, Pop Idol Jepang Yang Bikin Heboh


Mungkin sebagian dari kamu sudah mengetahui soal berita ini.

Minggu lalu dunia hiburan Jepang sempat heboh dengan kedatangan seorang pop idol baru. Namanya Aimi Eguchi. Usianya baru 16 tahun dan dia adalah salah satu anggota girl band terkenal, AKB48.

Orangnya cantik, lugu dan mempunyai suara yang indah. Pokoknya hampir tidak ada cacat...

Aimi Eguchi

Kecuali satu hal... dia bukan manusia.

Maksudnya, dia tidak nyata, alias ciptaan komputer semata. Yup, wajah Aimi Eguchi - dari rambut, alis, mata, hidung, mulut dan tubuh - semuanya adalah gabungan dari 6 anggota AKB48 lainnya.

Penting untuk dicatat bahwa perusahaan pembuat Aimi Eguchi ini sama sekali tidak ada maksud untuk menipu orang-orang, bahkan mereka mengeluarkan video untuk menjelaskan proses pembuatannya. Tujuan utama mereka melakukan ini cuma untuk menciptakan suatu kehebohan, dan tampaknya mereka berhasil.

Saking hebohnya, majalah Time sampe menulis berita tentang Aimi Eguchi yang baru saja membintangi iklan permen. Simak videonya...




Dengan teknologi dan sumber daya manusia yang dimiliki Jepang saat ini, rasanya sangat wajar hal ini terjadi. Lihat saja Miku Hatsune yang juga terlahir dari teknologi komputer. Tentu Miku lain ceritanya karena dia benar-benar karakter anime, bukan dibikin mirip manusia seperti Aimi.

Tapi kalau dipikir-pikir lagi, mengerikan juga ya kalau ini sampai diterima oleh masyarakat luas. Lama-lama kita udah gak butuh orang (asli) yang cantik.



Bagikan

29 Juni 2011

[Video] Gerak Jalan Yang Sangat Luar Biasa


Kamu tahu gerak jalan yang sering kita lakukan/lihat pada saat upacara? Nah, para mahasiswa di Nippon Sport Science University telah membawa gerak jalan ke level yang baru.

Simak videonya dan terkagetlah (9 menit)...





Bagikan

27 Juni 2011

Kenapa Wanita Jepang Terlihat Lebih Muda?


Sebuah program TV di Jepang meminta para turis asing untuk menebak umur dari beberapa wanita Jepang. Hasilnya, mereka semua menebak lebih muda daripada umur sesungguhnya.



Wanita Jepang Terlihat Lebih Muda


Seperti contoh gambar diatas, terdapat kesenjangan yang cukup besar antara tebakan mereka dengan usia yang sebenarnya. Beberapa orang bahkan berpikir ada yang masih remaja!

Mengapa mereka berpikir wanita Jepang terlihat lebih muda? Mari kita lihat beberapa kemungkinannya...
1. Keriput tampak lebih menonjol di bawah mata orang-orang Barat.

2. Banyak wanita Jepang yang tidak suka dengan matahari. Mereka selalu membawa payung, memakai tabir surya, atau menutupi kulit mereka dengan pakaian. Wanita Jepang (atau Asia pada umumnya) kurang begitu suka dengan warna kulit hitam atau coklat, sedangkan orang barat justru lebih suka warna coklat.

Coba deh perhatiin iklan-iklan di TV Indonesia. Yang ada hanya produk-produk yang memutihkan kulit kan?

3. Wanita Jepang suka memakai make-up. Dari 25 wanita Jepang yang diwawancarai, semuanya memakai make-up penuh. Dari 25 wanita barat, hanya 2 yang memakai make-up penuh. Rata-rata, wanita Jepang memiliki 10,6 produk make-up yang berbeda, sementara wanita barat hanya mempunyai 2,7 produk make-up yang berbeda.

Selanjutnya, seorang wanita Inggris berusia 34 tahun disuruh untuk mengikuti kursus make-up "natural" gaya Jepang. Berikut adalah hasilnya...

Wanita Jepang Terlihat Lebih Muda

Terlihat perbedaannya?



Bagikan

25 Juni 2011

Lady Gaga: Datanglah Ke Jepang!


Yap. Lady Gaga datang lagi ke Jepang.

Kali ini dia datang untuk menyelenggarakan konser amalnya untuk para korban gempa dan tsunami Jepang. Dia juga sempat berkeliling kota Tokyo untuk menikmati pemandangan dan makanan-makanan khas Jepang.

Gaga berpesan kalau orang-orang mau membantu Jepang, mereka harus datang ke Jepang. "Dari yang aku lihat, Jepang sangatlah aman," katanya tanpa ragu sedikitpun. Seperti yang kita ketahui, banyak sekali artis, penyanyi dan olahragawan terkenal di dunia yang membatalkan kunjungan mereka ke Jepang setelah tanggal 13 Maret lalu. Tapi tidak bagi wanita muda yang satu ini.


Lady Gaga: Datanglah Ke Jepang! Lady Gaga: Datanglah Ke Jepang!


Gaga memang sangat mencintai Jepang dari dulu, ini terbukti dari gaya berpakaian bebas lepas-nya yang terinspirasi oleh gaya fashion di Harajuku. Para orang tua mungkin hanya bisa menghela napas pasrah. ^_^



Bagikan

24 Juni 2011

Biola Seharga Rp. 137 Miliar


Pengen tau seperti apa biola termahal di dunia saat ini?

Sebuah biola berhasil terjual seharga $15,8 Juta atau sekitar Rp. 137 Miliar dalam sebuah acara lelang di Internet yang diselenggarakan oleh Tarisio, rumah lelang khusus instrumen alat musik.

biola termahal di dunia

Sebuah biola yang dinamakan "Lady Blunt Stradivarius" ini dibuat oleh seorang maestro asal Italia, Antonio Stradivari, pada tahun 1721. Harga ini memecahkan rekor dunia penjualan biola sebelumnya yaitu "Molitor Stradivarius 1697" yang terjual sekitar Rp. 31 Miliar pada tahun 2010.

100% hasil penjualan lelang akan disumbangkan ke Nippon Music Foundation untuk diserahkan kepada para korban bencana gempa dan tsunami di Jepang.



Bagikan

23 Juni 2011

Perkembangan Terbaru Pasca Bencana Gempa/Tsunami


Enggak kerasa kalau orang Jepang sudah melewati lebih dari 3 bulan yang penuh dengan penderitaan dalam hidup mereka. 3 bulan lamanya para penduduk di Fukushima, Miyagi dan Iwata tinggal di tempat penampungan, sedikit kelaparan, kekurangan obat dan tidak mendapatkan penghasilan.

Bagaimana berita perkembangannya? Kepolisian Jepang telah mencatat 15.421 jiwa meninggal dunia, 5.367 terluka dan 7.937 orang masih dinyatakan hilang. Lebih dari 100.000 orang masih tinggal di tempat penampungan, 125.000 bangunan rusak/hancur, sekitar 1,5 juta rumah tangga kekurangan air besih dan 4,4 juta kekurangan listrik.

Total kerugian mencapai 2.500 triliun. Bukan 2,5 triliun lho, tapi dua ribu lima ratus triliun. Jadi sebutnya 2,5 megatriliun aja ya.

Berikut foto-foto perkembangannya...

Pasca Bencana Gempa/Tsunami di Jepang

Pasca Bencana Gempa/Tsunami di Jepang

Pasca Bencana Gempa/Tsunami di Jepang

Pasca Bencana Gempa/Tsunami di Jepang


Hanya dalam waktu 3 bulan, sebagian besar puing-puing yang berserakan sudah menghilang. Cara kerja orang Jepang memang sangat efisien ya?



Bagikan

22 Juni 2011

Super Komputer Tercepat Di Dunia Ada Di Jepang


Konferensi Internasional Super Komputer di Hamburg, Jerman, telah meresmikan "K" sebagai super komputer tercepat di dunia dengan kemampuan mengkalkulasi 8,1 petaflop per detik.

Super Komputer Tercepat Di Dunia Ada Di Jepang

Dengan 672 rak komputer yang menyimpan 68.544 CPU yang terkoneksi satu sama lain, komputer raksasa ini adalah hasil kerjasama Fujitsu, perusahaan teknologi informasi terbesar di Jepang dengan RIKEN, salah satu institut riset teknologi terkemuka di Jepang.

Nama yang diberikan kepada super komputer ini sangatlah sederhana, yaitu "K" yang diambil dari kata "Kei" (京) yang berarti nominal sebanyak 10 peta (10.000.000.000.000.000).

一京 = ikkei = 10^16
十京 = juukei = 10^17
百京 = hyakkei = 10^18
千京 = senkei = 10^19


Kei, Jepang


Di Jepang, Kei memiliki banyak arti dan berbagai macam gaya penulisan, jadi aku juga bingung jelasinnya. ^_^

Intinya, kamu pasti gak habis pikir apanya yang hebat dari super komputer ini kan? Mungkin seperti ini kira-kira gambaran kemampuan dari Kei jika dibandingkan dengan komputer rumahan... Bayangkan kamu bisa nonton 10 juta film sekaligus dalam 1 layar komputer di rumah kamu dengan lancar. Udah kerasa hebatnya?

Kalo komputer di rumahku cuma bisa buka film sampe 20 jendela sekaligus, itupun udah mulai lambat.



Bagikan

21 Juni 2011

Penemuan Terbaru: Hidangan Kotoran Manusia


Ini bukan sedang bercanda.

Seorang peneliti Jepang yang bernama Mitsuyuki Ikeda telah berhasil menemukan cara untuk mengubah kotoran manusia (iya, kotoran yang biasa kamu buang di WC) menjadi makanan yang layak untuk dimakan.

Kebayang rasanya gimana? Aku juga enggak. Tapi bentuknya sudah terlihat kok. Bentuk penemuan baru ini sangat mirip dengan daging sapi hamburger. Oishii!

Hidangan Kotoran Manusia


Jangan salah paham dulu. Kotoran-nya tidak serta merta dicampur aduk lalu di uleg dengan sambal kemudian dibungkus untuk kamu bawa pulang. Bukan begitu prosesnya. Pertama-tama, profesor Ikeda mengambil tanah dan lumpur di selokan bawah tanah di Tokyo (jadi bukan langsung dari WC). Tanah dan lumpur tersebut pastinya telah tercampur oleh puluhan ton kotoran manusia setiap harinya.

Sebelumnya, profesor Ikeda telah meneliti bahwa tanah lumpur beserta kotoran itu rupanya banyak mengandung protein. Nah, protein inilah yang akan diekstrak oleh sang profesor dengan alat canggihnya.

Lalu bagaimana dengan segala macam kuman dan bakteri yang tumbuh berkembang di kotoran tersebut? Tenang. Semuanya akan mati dalam proses pemanasan di dalam mesin. Alhasil, makanan "baru" ini akan mempunyai kandungan protein sebanyak 63%, karbohidrat 25%, lipid 3% dan mineral 9%. Bergizi kan?

Simak videonya berikut ini...




Dilihat sisi positif, penemuan terbaru ini sebenarnya bisa (dan akan) sangat membantu manusia di masa depan dimana stok bahan pangan di bumi semakin menipis. Dan bayangkan juga para astronot yang akan menempuh jarak begitu jauh untuk menemukan planet baru. Mereka tentu akan sangat tertolong dengan teknologi ini saat makanan mereka habis di tengah perjalanan.

Lalu, apakah ada sisi negatifnya? Tidak ada! Makanan ini bener-benar aman untuk dikonsumsi (katanya). Hanya saja, sekarang kendala terbesar adalah dari aspek psikologi manusia itu sendiri.

Bagaimana caranya mengubah pola pikir manusia yang telah terbentuk selama jutaan tahun? Kita yang telah memakan daging serta buah-buahan sejak jaman batu, sekarang harus makan makanan yang terbuat dari kotoran manusia?

Mau?



Bagikan

20 Juni 2011

Jakarta Fair Cosplay 2011


Oke! Kemaren aku ada pergi ke PRJ (Pekan Raya Jakarta) untuk menyaksikan aksi teman-teman kita melakukan cosplay. Berikut foto-foto hasil bidikanku...

[Klik saja fotonya untuk melihat gambar yang lebih besar]

Jakarta Fair Cosplay 2011 Jakarta Fair Cosplay 2011 Jakarta Fair Cosplay 2011

Jakarta Fair Cosplay 2011 Jakarta Fair Cosplay 2011 Jakarta Fair Cosplay 2011

Jakarta Fair Cosplay 2011 Jakarta Fair Cosplay 2011 Jakarta Fair Cosplay 2011

Jakarta Fair Cosplay 2011 Jakarta Fair Cosplay 2011 Jakarta Fair Cosplay 2011



Bagikan

18 Juni 2011

[Video] Robot Yang Bisa Terbang Sesuka Hati


Kita semakin mendekati era masa depan dimana robot-robot bisa terbang sesuka hati mereka dan mengikuti kita kemana saja kita pergi. Simak videonya...





Bagikan

17 Juni 2011

[Video] Bola Dunia Raksasa


Miraikan, musium nasional ilmu pengetahuan dan inovasi di Tokyo sedang memajang sebuah bola dunia ukuran raksasa yang diberi nama Geo-Cosmos.

Ini adalah bola dunia pertama dan yang terbesar yang terbuat dari 10.362 panel OLED (organic light emitting diode). Dengan kemampuan menampilkan gambar lebih dari 10 juta pixel, bola dunia ini mampu menayangkan keadaan bumi secara langsung. Ini artinya kita seperti seakan-akan melihat bumi dari luar angkasa dengan mata telanjang.

Simak videonya...



Bola dunia raksasa di Jepang


Bumi = Chikyuu / 地球


Bagikan

16 Juni 2011

Tokyo, Tetap Kota Termahal Di Dunia


Meskipun Jepang telah diguncang oleh gempa dan dihantam tsunami pada bulan Maret lalu, dan Tokyo juga terganggu secara ekonomi, ibukota negeri matahari terbit itu tetap dinilai sebagai kota termahal di dunia pada tahun 2011 ini.

Tokyo, Tetap Menjadi Kota Termahal Di Dunia

Lembaga sumber daya manusia, Employment Conditions Abroad (ECA), telah mengeluarkan laporan tahunannya yang menyelidiki biaya hidup di 400 kota di seluruh dunia. Hasilnya, 4 kota di Jepang masuk ke dalam daftar 10 besar kota-kota termahal di dunia.

Di dalam laporannya, Tokyo tetap berada di puncak, sama seperti pada tahun-tahun sebelumnya. Hari ini, beras di ibukota Jepang itu harganya ¥790 atau sekitar Rp. 79.000 per kilogram. Mulai kebayang mahalnya?

Satu kali makan siang di distrik Ginza akan mengempeskan dompet kamu kira-kira ¥1.677 atau sekitar Rp. 167.000. Mau santai di malam hari? Kamu harus mengeluarkan ¥1.900 atau sekitar Rp. 190.000 untuk beli 1 tiket nonton bioskop.

Berikut adalah 10 besar kota-kota termahal di dunia:
1. Tokyo, Jepang
2. Oslo, Norwegia
3. Nagoya, Jepang
4. Stavanger, Norwegia
5. Yokohama, Jepang
6. Zurich, Swiss
7. Luanda, Angola
8. Geneva, Swiss
9. Kobe, Jepang
10. Bern, Swiss
Mau tau berapa total biaya hidup di Tokyo? Klik disini untuk mengetahui berapa yang harus kamu keluarkan setiap bulannya di Tokyo pada tahun 2009-2010.

Lalu, bagaimana dengan Indonesia? Jakarta dinilai sebagai kota termahal ke 102 di seluruh dunia. Surabaya berada di urutan ke 173 dan Balikpapan di 187.



Bagikan

15 Juni 2011

Tiga Pemandangan Jepang / Nihon Sankei


Jepang memiliki banyak tempat yang sangat indah, tapi hanya ada 3 yang tampaknya sangat dibanggakan oleh masyarakat Jepang. Ketiga tempat ini disebut sebagai "Tiga Pemandangan Jepang" atau Nihon Sankei (日本三景).

Tiga Pemandangan Jepang / Nihon Sankei

Mereka adalah...

1. Matsushima (松島)

2. Amanohashidate (天橋立)

3. Torii (鳥居)

Klik link-nya untuk membaca postingan mengenai masing-masing tempat tersebut.

Lalu bagaimana ceritanya sampai tempat-tempat tersebut terpilih? Semasa periode Edo, seorang guru besar yang bernama Shunsai Hayashi (21 Juli 1618 - 1 Juni 1688) menulis sebuah buku berdasarkan pengalamannya sewaktu ia melakukan perjalanan ke seluruh Jepang dengan berjalan kaki.

Dalam bukunya, "Nihon Kokujisekikou" ("Pengamatan Tentang Peninggalan Jepang"), ia memuji tiga lokasi yang menurutnya paling indah di seluruh Jepang. Keindahan dari ketiga situs ini telah mengilhami banyak penyair, penulis dan seniman untuk mengabadikan pesona mereka yang indah.

Penilaian Shunsai Hayashi ini kemudian diterima oleh masyarakat Jepang secara luas.

Sumber: nihonsankei.jp



Bagikan

14 Juni 2011

Torii, Gerbang Kuil Itsukushima


Torii, gerbang kuil Itsukushima, adalah salah satu dari 3 tempat pemandangan yang paling terkenal di Jepang (atau biasa disebut sebagai "Three Views of Japan" / "Nihon Sankei").

Torii, Gerbang Kuil Itsukushima, Jepang

Kuil Itsukushima yang berada di pulau Itsukushima ini didirikan pada tahun 1168. Kuil ini didedikasikan untuk tiga putri Susano-o no Mikoto, dewa laut dan badai yang juga merupakan saudara dari dewa matahari, Amaterasu.

Untuk menjaga kesucian kuil, orang-orang tidak diperbolehkan masuk secara sembarangan ke pulau tersebut. Kuil Itsukushima dibangun diatas air seperti layaknya dermaga, sehingga tampak mengapung dan terpisah dari tanah. Mengapa? Karena air dianggap elemen yang suci, sedangkan tanah dianggap sebagai elemen yang kotor atau kasar.

Saking pentingnya dalam mempertahankan kesucian kuil Itsukushima, pada tahun 1878 para biksu mulai melarang wanita yang sedang mengandung (hamil tua) dan orang tua yang sudah sangat rentan untuk masuk ke kuil ini. Mereka bilang tidak boleh ada kematian atau kelahiran di dekat kuil Itsukushima. Peraturan ini masih berlaku sampai sekarang.

Kuil Itsukushima, Jepang

Gerbang pintu masuk kuil Itsukushima (yang kita sebut torii) juga dibangun diatas air dengan alasan yang sama, yaitu memisahkannya dari tanah. Torii dianggap sebagai batas pemisah antara dunia yang suci dengan dunia yang penuh dengan dosa, sehingga orang-orang harus mengarahkan perahu mereka melalui torii sebelum mereka bisa mendekati kuil.

Didirikan pada tahun 1875, gerbang dengan tinggi 16 meter ini terlihat kecil dari kejauhan. Tapi jika air laut sedang surut, kita bisa jalan kaki untuk melihatnya dari dekat dan bersiaplah untuk tercengang.

Torii, Gerbang Kuil Itsukushima, Jepang

Torii, Gerbang Kuil Itsukushima, Jepang

Torii, Gerbang Kuil Itsukushima pada malam hari

Menurut kepercayaan, kalau kamu menaruh koin diantara kaki-kaki Torii lalu mengucapkan apa yang kamu minta di dalam hati, maka permintaanmu akan terkabul.



Gerbang Kuil = Torii / 鳥居


Bagikan

13 Juni 2011

Jepang Sekarang Bekerja Dengan Pakaian Santai


Pernah membayangkan rasanya bekerja di kantor dengan baju santai ala Bali atau Hawaii? Para salaryman (karyawan) di Jepang sudah bisa merasakannya sekarang.

salaryman jepang


Ya, mulai bulan Juni ini, pemerintah Jepang telah memulai kampanye "Super Cool Biz" dimana semua perusahaan harus mengizinkan para karyawannya menggunakan pakaian santai saat sedang bekerja. Mereka tidak perlu lagi memakai jas yang tebal dan dasi yang mencekek leher.

Kenapa? Namanya juga "Super Cool Biz" ...

Super = Hebat / Bagus / Luar Biasa
Cool = Dingin / Sejuk / Keren
Biz = Bisnis

Jadi, kampanye yang berarti "Bisnis yang Sejuk dan Luar Biasa" ini mempunyai dua tujuan penting. Pertama, pemerintah Jepang ingin mengurangi penggunaan listrik dengan cara mengurangi penggunaan mesin pendingin ruangan (AC) di semua kantor dan gedung di seluruh Jepang. Sebagai gantinya, para karyawan diperbolehkan memakai pakaian santai sehingga mereka tidak kepanasan di dalam ruangan.

Kedua, pemerintah Jepang ingin merubah cara orang Jepang berbisnis di musim panas, yang memang terbukti cuacanya sangat panas dan lembab, sehingga para karyawan tidak bisa konsentrasi saat bekerja.

"Sebenarnya pemerintah Jepang telah memulai kampanye ini sejak tahun 2005. Pada awalnya banyak perusahaan yang tidak menanggapi program 'Super Cool Biz' ini secara serius, tapi sekarang, akibat rusaknya pembangkit listrik karena tsunami serta berkurangnya daya beli masyarakat, perusahaan-perusahaan itu mulai mengikuti permintaan kami untuk mengurangi konsumsi listrik sebesar 15% yang kemudian mengizinkan para karyawannya berpakaian santai," kata menteri Lingkungan Jepang, Ryu Matsumoto.

Rasanya enak juga ya kalo kita bisa bekerja dengan pakaian bebas? Karena - percaya atau tidak - pikiran kita juga akan terasa lebih enteng saat bekerja. Gimana menurut kamu? Apa kamu pernah memakai baju santai saat masuk kerja?



Bagikan

12 Juni 2011

[Video] Jalan-Jalan Naik Kereta Listrik


Hari minggu ini kita akan jalan-jalan menggunakan kereta listrik non-Shinkansen yang berada di jalur Seibu Ikebukuro yang mengitari beberapa stasiun kecil. Yuk, kita simak videonya...








Bagikan

11 Juni 2011

Ubah Tubuhmu Menjadi Alat Musik


Takara Tomy memamerkan mainan baru. Mainan yang bisa mengubah tubuh manusia menjadi alat musik. Namanya Ningen Gakki.

Ubah Tubuhmu Menjadi Alat Musik

Cara kerjanya cukup sederhana. Kamu dan temanmu masing-masing memegang tombol pada Ningen Gakki. Lalu sentuh saja tubuh temanmu, mulai dari wajah sampe ujung kaki, maka akan terdengar sebuah bunyi dari Ningen Gakki.

Bunyi yang tercipta akan tergantung dari bagian tubuh mana yang disentuh karena mainan ini memanfaatkan energi listrik yang ada di dalam tubuh kamu. Mainan beginian cuma ada di Jepang.

Simak videonya...



Ningen Gakki akan mulai dijual pada Juni ini dengan harga 3,200 yen (sekitar Rp. 320.000).



Bagikan

10 Juni 2011

Jepang Adalah Negara Terdamai Ketiga Di Dunia


Menurut laporan Global Peace Index (GPI) yang dikeluarkan oleh organisasi nirlaba yang berpusat di Australia, Institute for Economics and Peace, Jepang berada di urutan ketiga dalam kategori Negara Terdamai Di Dunia.


Jepang Negara Terdamai Ketiga Di Dunia


Penilaian terhadap 153 negara di dunia ini berdasarkan atas tingkat kejahatan, penghargaan terhadap hak asasi manusia, sampai dengan potensi adanya teroris di masing-masing negara.

Berikut adalah 10 besar negara terdamai di dunia...
1. Islandia
2. Selandia Baru
3. Jepang
4. Denmark
5. Republik Ceko
6. Austria
7. Finlandia
8. Kanada
9. Norwegia
10. Slovenia
Mau tau Indonesia berada di urutan ke berapa? Ke 68.

Untuk melihat laporan lengkapnya, klik disini untuk download file Global Peace Index 2011.



Bagikan

06 Juni 2011

Tips Menghadapi Gempa Bumi Dengan Benar


Kayaknya dalam beberapa hari belakangan ini ada segelintir orang yang seneng banget liat orang lain khawatir mengenai gampa bumi yang akan mengguncang Jakarta (terutama mereka yang menyebarkan isu tersebut melalui sms).

Lupakan sms-sms yang sumbernya gak jelas itu. Tapi, tentu gak ada salahnya kalo kita tahu bagaimana caranya menghadapi gempa, kan?

Sebuah program Televisi Jepang mengajak beberapa mahasiswa asing (berasal dari Chili, Finlandia, Spanyol, dan Kanada) ke sebuah simulator gempa untuk melihat apakah mereka tahu cara yang tepat untuk bertindak saat terjadi gempa bumi. Menurut kamu mahasiswa mana yang melakukan tindakan yang benar?

Simak video berikut ini...




Saat simulasi gempa dimulai, dua mahasiswi dari Finlandia dan Spanyol hanya duduk di kursi mereka dan tidak melakukan apapun. Sayang sekali, padahal mereka cantik-cantik lho.

Mahasiswa Kanada (yang gemuk) langsung pergi ke kusen pintu, sedangkan mahasiswa Chili bergegas memindahkan barang-barang yang mudah jatuh ke tempat yang aman dan dia sendiri langsung menuju ke bawah meja, menunggu gempa bumi sampai berhenti.

Jadi siapa yang paling benar? Yup. Si Chili. Ternyata diketahui hanya mahasiswa Chili yang telah menjalani kursus tentang keselamatan gempa, yang lainnya belum.

Lalu bagaimana dengan mahasiswa Kanada? Kenapa dia lari ke bingkai pintu? Rupanya dia pernah membaca sebuah artikel di majalah kalau berada di bawah kusen pintu adalah hal yang paling aman untuk dilakukan saat terjadi gempa.

Dan memang benar, karena menurut tips keselamatan gempa yang dikeluarkan oleh CDC (Centers for Disease Control di Amerika), kusen pintu sebenarnya cukup aman jika sebuah meja tidak tersedia.


Tips Menghadapi Gempa Dengan Benar


Berikut tips menghadapi gempa bumi dengan benar:

Kalau kamu berada di rumah...
1. Berlindunglah di bawah meja. Hal ini bisa memberikan kamu ruang untuk bernapas jika bangunan runtuh. Jika meja-nya bergerak, cobalah untuk ikut bergerak mengikuti arah meja.

2. Sisi tembok atau tempat dimana kusen pintu berada adalah tempat terakhir yang akan runtuh. Jika meja tidak tersedia, berlindunglah disana.

3. Jauhi semua benda-benda pecah belah (jendela, cermin, lampu, lukisan, guci), rak buku, lemari, dan semua yang bisa jatuh.

4. Ambil sesuatu untuk melindungi kepala dan wajah kamu dari kemungkinan terkena puing-puing yang jatuh dan pecahan kaca.

5. Jika lampu mati, gunakan senter. Jangan gunakan lilin dan korek api selama atau setelah gempa. Jika ada kebocoran gas, ledakan dapat terjadi.

6. Jika kamu berada di dapur, cepat matikan kompor sebelum kamu berlindung di bawah meja.

Kalau kamu berada di gedung...
Jauhi jendela dan segera berlindung di bawah meja. Jangan pakai lift. Tidak perlu berebut lari keluar gedung ketakutan, apalagi sampe nginjak-nginjak orang lain yang terjatuh (kalau sudah waktunya, percuma lari-lari juga kan?).

Yang paling penting saat menghadapi gempa adalah mencoba untuk tetap tenang dan, tentu saja, berdoa.



Gempa bumi = Jishin / 地震


Bagikan

05 Juni 2011

Seni Mengukir Pisang?


Jepang memang gudangnya orang-orang dengan imajinasi seni yang tinggi. Lihat saja apa yang telah dilakukan Suu (スー), seorang seniman berusia 23 tahun ini yang dengan tekunnya memahat sebuah pisang dengan beragam bentuk dan wajah. Perhatikan detail lekukannya... hebat ya...

Seni Mengukir Pisang di Jepang

Seni Mengukir Pisang di Jepang



Bagikan

04 Juni 2011

[Video] Akrobatik Jepang Pada Tahun 1907


Kamu tau Thomas Alva Edison? Itu lho, penemu lampu bohlam yang terkenal di seluruh dunia, lahir pada 11 Febuari 1847 di desa Milan, Ohio, Amerika Serikat, meninggal pada 18 Oktober 1931.

Pada tahun 1907, Thomas Edison mengundang beberapa orang, termasuk dua akrobatik dari Jepang yang sedang pentas di New York, untuk datang ke studio film miliknya. Berikut ini adalah hasil rekaman videonya...



Rekaman ini adalah salah satu koleksi ruang arsip Library of Congress di Amerika Serikat.

Kok rasanya seperti nonton akrobat sirkus tahun 2011 aja ya? Maksud aku, gaya-gayanya masih bisa kita lihat di sirkus modern, padahal adegan itu direkam pada saat kakek nenek kamu masih bayi lho.

Orang Jepang memang luar biasa.



Bagikan

03 Juni 2011

Nishiyama Onsen Keiunkan, Hotel Tertua Di Dunia


Ternyata hotel tertua di dunia ada di Jepang.

Karena zaman dulu belum ada pengertian kata hotel, mungkin akan lebih tepat kalau kita sebut sebagai tempat penginapan ya? Nama tempat penginapan tersebut adalah Nishiyama Onsen Keiunkan yang terletak di Prefektur Yamanashi. Diresmikan pertama kali pada tahun 705, Nishiyama Onsen Keiunkan juga termasuk perusahaan tertua ketiga di Jepang.

Nishiyama Onsen Keiunkan, Jepang

Presiden direktur saat ini, Yuji Fukazawa mengatakan bahwa dia sangat ingin hotelnya mendapatkan satu gelar lagi yaitu sebagai tempat pemandian air panas yang mempunyai volume air terbesar di dunia. Pada tahun 2005 lalu Nishiyama Onsen memang telah menggali sumber air panas yang lebih dalam, sedalam 888 meter, yang menghasilkan air panas sebanyak 1.630 liter per menit.

Nishiyama Onsen Keiunkan didirikan oleh Fujiwara Mahito, anak dari Fujiwara Kamatari, yang konon merupakan teman dekat kaisar Tenji (天智天皇) yang berkuasa pada tahun 661 s/d 671. Wow.

Kamu ada dimana ya pada tahun 600-an?



Bagikan

01 Juni 2011

Prefektur-Prefektur Di Jepang


Kata "prefektur" pertama kali diciptakan oleh bangsa Romawi untuk menamakan sebuah wilayah yang mempunyai pemerintahannya sendiri (seperti pemerintah daerah), kira-kira seperti provinsi yang dipimpin oleh gubernur di Indonesia.

Di Jepang sendiri kata prefektur sebenarnya tidak ada, melainkan Todofuken, yang ditetapkan oleh pemerintahan Meiji pada tahun 1868 dengan sistem haihan-chiken (廃藩置県), sistem yang membagi-bagi pemerintahan daerah menjadi lebih dari 300 prefektur.

Karena jumlah yang besar ini dinilai terlalu ribet, banyak wilayah dimerger (digabung) yang kemudian menjadi 72 pada tahun 1871, lalu dirubah lagi menjadi hanya 47 pada tahun 1888 sampai sekarang.


Prefektur-Prefektur Di Jepang


Lambang-Lambang Prefektur Di Jepang



Prefektur = Todofuken / 都道府県


Bagikan
Follow Us

Like Us!

Total Pageviews

© Apa Saja Yang Terjadi Di Jepang? All rights reserved | Search by Google