30 September 2011

Uang Rp. 1,1 Miliar Ditemukan Di Toilet!


Orang Jepang kembali membuat heboh. Uang tunai sejumlah 10 juta yen atau sekitar Rp. 1.1 miliar baru saja ditemukan di sebuah toilet di balai kota Sakado, prefektur Saitama.

Uang Rp. 1,1 Miliar Ditemukan Di Toilet


Disamping itu, juga ditemukan sepucuk surat yang menyatakan bahwa uang tersebut untuk disumbangkan kepada orang-orang yang terkena bencana gempa dan tsunami. Dari siapa? Di surat itu tidak tertulis nama apapun. Tampaknya orang yang baik hati ini tidak ingin menjadi terkenal.

Tetapi pihak kepolisian tidak terburu-buru menganggap orang ini sebagai pahlawan sejati. Bagaimana kalau uang ini adalah uang milik boss yakuza yang notabene adalah uang hasil kejahatan dan bisnis perjudian? Lagipula, berita ini datang 1 hari setelah pemerintah kota Tokyo ingin mengeluarkan peraturan yang mempersempit ruang gerak yakuza. Apa artinya ini? Pihak kepolisian masih menyelediki hal tersebut.

Yang tidak kalah luar biasa, orang yang menemukan uang tersebut di toilet, tidak menjadi gelap mata. Dia langsung menyerahkannya kepada polisi. Hebat.

Simak videonya berikut ini...




Bagikan

29 September 2011

Yakuza Dilarang Ikut Festival


Pemerintah kota Tokyo akan memberlakukan peraturan baru: melarang semua anggota Yakuza untuk mengikuti semua kegiatan festival yang ada di ibukota Jepang itu.

Yakuza Dilarang Ikut Festival

Caranya? Pemkot akan mendata dan memeriksa latar belakang semua pengusaha yang akan membuka kios atau "stand" sebelum sebuah pagelaran festival dimulai. Pengusaha yang bersih akan diberikan kartu khusus dan bebas berjualan. Tapi, bagi pengusaha yang ada koneksi dengan organisasi yakuza, mereka akan diinterogasi dan, tentu saja, dilarang untuk mengikuti festival tersebut.

Ini dimaksudkan untuk menghentikan aliran dana segar dari pengusaha yang akan masuk ke dalam kantong para yakuza. Para pengunjung yang membeli tiket pun akan diberlakukan hal yang sama, meskipun pemeriksaannya tidak terlalu ketat. Peraturannya akan berlaku efektif mulai dari tanggal 1 Oktober 2011.

Simak videonya berikut ini...




Langkah pemkot Tokyo ini membuat banyak orang terkaget-kaget. Pertama, mereka tidak menduga kalau para pejabat pemerintah sampai seberani ini mempersempit ruang gerak para yakuza. Kedua, mereka tidak yakin kalau peraturan ini benar-benar bisa mempersempit ruang gerak para yakuza.



Bagikan

28 September 2011

[Iklan] Lowongan Pekerjaan: Binus Job Expo


Lowongan Pekerjaan: Binus Job Expo

Kerjasama dengan Hatarako Indonesia.


Bagikan

Obama Bertemu Perdana Menteri Jepang


Belum lama menjadi Perdana Menteri Jepang yang baru, Yoshihiko Noda sudah bertemu dengan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama.

Obama Bertemu Perdana Menteri Jepang



Bagi Obama, ini merupakan keempat kalinya dia bertemu dengan Perdana Menteri Jepang. Dan setiap kali bertemu, orangnya berbeda-beda pula. Para jurnalis di Amerika merasa bahwa pertemuan ini percuma karena jangan-jangan Perdana Menteri Jepang akan diganti lagi tahun depan.

Seperti biasa, pertemuan mereka hanya membicarakan hubungan antara kedua negara. Membosankan bagi kita yang masih muda-muda. :)



Bagikan

27 September 2011

[Video] Demonstrasi Polisi Tokyo


Bukan cuma Indonesia saja yang dipusingkan oleh para teroris. Jepang-pun mempunyai masalah yang tidak jauh berbeda. Kepolisian kota Tokyo baru saja mendemonstrasikan cara mereka menangani orang-orang yang tampak mencurigakan dan adanya kemungkinan bom di keramaian.

Simak videonya berikut ini...






Bagikan

26 September 2011

Gratis: Buku Panduan Jalan-Jalan Ke Jepang!


UPDATE: Pengumuman yang beruntung mendapatkan buku panduan jalan-jalan ke Jepang ada disini!

------------------------------------------------------------------------------------

Hallo, mina-san! Dulu kita pernah kasih hadiah ke Lissa, salah satu pengunjung setia Jepang.net, sekarang kita mau bagi-bagi sesuatu lagi nih.

Apa sih yang mau dibagi-bagikan? Ini dia; buku panduan jalan-jalan yang berjudul "The Expat's Guide To Japan 2010-2011" - Everything you need to know about living and working in Tokyo and Yokohama! (112 Halaman / Edisi Bahasa Inggris)

Gratis: Buku Panduan Jalan-Jalan Ke Jepang!

Buku ini dicetak di Jepang oleh Mais.co.jp dengan sponsor dari perusahaan-perusahaan besar seperti Visa, Toyota, Sumitomo, dan lain-lain untuk situs ExpatsGuide.jp. Buku ini memang sengaja dibagikan gratis untuk mendukung dunia pariwisata Jepang secara umum.

Kobashi Monami dari Mais.co.jp telah berbaik hati mengirimkan 5 buku ini langsung dari Jepang ke rumahku. 1 buku untuk aku sendiri (hehe), 1 untuk temen, dan 3 lagi untuk dibagi-bagikan ke para pengunjung Jepang.net. Isinya ada 112 halaman dan berbahasa Inggris.

Sebenarnya buku ini lebih ditujukan kepada para calon ekspatriat yang mau datang, bekerja dan tinggal di Tokyo dalam jangka waktu yang lama. Tapi, toh sama saja jika diberikan ke kamu yang mau jalan-jalan sebentar kesana, karena informasi di dalam buku ini lumayan lengkap kok.

Mulai dari jadwal festival, olahraga, tempat-tempat bermain, tempet berbelanja, tempat makan terkenal, akomodasi, transportasi, sampai ke peta-petanya. Jadi, lumayanlah kalo kamu mau jalan-jalan ke Tokyo atau Yokohama. Gak bakal tersesat. :)

Mau? Caranya gampang. Jadilah temannya Vivi Lie di Facebook ini ya...

(Link sudah dicabut)

Vivi akan memilih 3 orang yang akan mendapatkan buku panduan ini. Pengumumannya akan diposting pada tanggal 3 Oktober 2011. Bukunya akan dikirim melalui pos ke alamat masing-masing yang beruntung tanpa ada biaya apapun, alias 100% gratis.

Yup. Tunggu apa lagi? Ayo jadi temannya Vivi! (^0^)


Add Vivi at Facebook

------------------------------------------------------------------------------------

UPDATE: Pengumuman yang beruntung mendapatkan buku panduan jalan-jalan ke Jepang ada disini!



Bagikan

24 September 2011

Belajar Bahasa Jepang: Meminta Maaf


Belakangan ini aku banyak melakukan kesalahan dan membuat beberapa orang marah, jadi kayaknya aku harus meminta maaf sama mereka. (v_v)

Belajar Bahasa Jepang: Meminta Maaf

Orang Jepang biasanya jauh lebih sering meminta maaf dibandingkan dengan orang-orang dari negara lain. Ini mungkin hasil dari budaya mereka yang terkenal disiplin dan selalu menjunjung tinggi kejujuran dan menghormati mereka yang lebih tua.

Berikut adalah beberapa kata yang digunakan untuk meminta maaf.

1. Sumimasen (すみません)

Ini mungkin adalah kata yang paling umum digunakan untuk meminta maaf. Beberapa orang melafalkannya dengan kata "Suimasen (すいません)".

Kata "Sumimasen" dapat digunakan dalam situasi yang berbeda-beda (seperti ketika kita meminta sesuatu, ketika mengucapkan terima kasih kepada seseorang, dll) tergantung kata ini dipakai dalam kalimat apa. Jika kita meminta maaf karena sesuatu telah dilakukan, "Sumimasen deshita (すみません でした)" dapat digunakan.

2. Moushiwake arimasen (申し訳ありません)

Kata ini digunakan dalam situasi yang sangat formal. Digunakan jika kita berbicara dengan atasan. Jika kita meminta maaf bahwa sesuatu telah dilakukan, "Moushiwake arimasen deshita (申し訳ありませんでした)" dapat digunakan. Seperti "Sumimasen", "Moushiwake arimasen" juga bisa dipakai untuk mengekspresikan rasa terima kasih kita.

3. Shitsurei shimashita (失礼しました)

Kata ini juga merupakan ekspresi formal, tetapi tidak menunjukkan sekuat kata "Moushiwake arimasen".

4. Gomennasai (ごめんなさい)

Nah, kata ini mungkin yang paling umum dipakai orang Jepang dan juga non-Jepang. Tidak seperti "Sumimasen", kata "Gomennasai" khusus dipakai hanya untuk meminta maaf. Karena kurang formal dan memiliki sifat sedikit kekanak-kanakan, kata ini tidak boleh dipakai kepada atasan atau orang yang jauh lebih tua dari kita (kecuali ada hubungan keluarga).

5. Shitsurei (失礼)

Kata non-formal. Sebagian besar digunakan oleh pria. Kata ini juga dapat digunakan sebagai ucapan "Permisi".

6. Doumo (どうも)

Kata non-formal. "Doumo sumimasen" artinya maaf. Kata ini juga dapat digunakan sebagai ucapan "Terima kasih" jika digabung "doumo arigatou".

7. Gomen (ごめん)

Kata yang sangat non-formal, kependekannya dari "Gomennasai". Biasa ditambahkan partikel akhiran "Gomen ne (ごめんね, diucapkan oleh perempuan atau anak-anak)" atau "Gomen na (ごめんな, diucapkan oleh laki-laki). Kata ini hanya digunakan dengan teman dekat atau anggota keluarga.

Permintaan maaf orang Jepang selalu disertai dengan sikap membungkuk. Kita akan membahas mengenai itu minggu depan.



Bagikan

23 September 2011

Angin Topan Besar Melibas Jepang Untuk Ketiga Kalinya


Tiga kali angin topan mengganggu ketenangan Jepang di tahun ini. Pertama, angin topan Ma-On di bulan Juli. Kedua, angin topan Talas di awal bulan September. Sekarang, belum satu bulan, datang lagi angin topan Roke.

Seberapa mengerikannya angin topan Roke? Lihat saja foto dibawah ini...

angin topan Roke

angin topan Roke

Topan Roke mendarat pada Rabu sore dekat kota Hamamatsu sebelum akhirnya melibas kota Tokyo dan membawa serta hujan deras, angin kencang yang juga memicu tanah longsor dan banjir. Lebih dari 450 jadwal penerbangan dibatalkan, ribuan penumpang kereta api terlantar, dan 500.000 keluarga di berbagai daerah terpaksa melewati malam tanpa listrik.

Simak videonya...





Bagikan

21 September 2011

Sejarah Mie Instan


Berkat pengusaha yang sangat suka makan mie inilah kita bisa menikmati cepatnya makan mie, tanpa perlu dimasak lagi. Momofuku Ando lahir pada tanggal 5 Maret 1910 di Taiwan (yang pada waktu itu dibawah pendudukan Jepang). Dia memasuki bisnis makanan saat krisis makanan melanda Jepang setelah Perang Dunia II usai.

Momofuku Ando


Dengan tabungannya, dia pindah ke Jepang dan mendirikan perusahaan Nissin Foods pada tanggal 4 September 1948 di Ikeda, Osaka. Ando terinspirasi untuk mengembangkan produk instan ketika ia melihat barisan panjang orang yang mengantri untuk membeli mie ramen di sebuah warung pasca-perang. "Seseorang harus melakukan sesuatu untuk mengatasi ini," katanya.

10 tahun kemudian, dengan seringnya melakukan kegagalan dalam bereksperimen, dia akhirnya berhasil menciptakan mie instan pertama di dunia. Pada tanggal 25 Agustus 1958, mie ayam ramen instan (chikin ramen) pertama diedarkan di pasaran dalam bungkusan plastik.

Mie ayam ramen instan

Inilah yang membuat PT. Indofood Sukses Makmur di Indonesia memproduksi mie instan yang sekarang kita kenal dengan merk dagang "Indomie"...

Sejarah Mie Instan


Lalu pada tahun 1971, Ando mengeluarkan produk mie instan pertama yang siap saji dalam wadah styrofoam tahan air. Rasanya yang enak dan gampangnya cara penyajian - cukup ditambah dengan air panas - membuat produknya ini meraih sukses besar. Ando melihat penemuannya ditebar di rak toko-toko di seluruh dunia.

Menurut asosiasi produsen mie instan Jepang, pada tahun 2010 lebih dari 95 miliar porsi mie instan telah dikonsumsi di seluruh dunia. "Perdamaian datang saat orang-orang sudah cukup makan." Itulah kutipannya yang paling terkenal.

Momofuku Ando meninggal karena gagal jantung pada tanggal 5 Januari 2007 diumurnya yang ke 96 tahun. Ando sempat berkata bahwa rahasianya berumur panjang adalah dengan bermain golf dan memakan chikin ramen hampir setiap hari. Bahkan dia masih memakan chikin ramen sehari sebelum dia meninggal.

Sejarah Mie Instan


Sekarang Nissin Foods memperkerjakan lebih dari 22.000 pegawai di seluruh dunia, dipimpin oleh 2 anak laki-laki sang pendiri, Koki Ando (Presiden Direktur) dan Noritaka Ando (Direktur Marketing) serta 1 anak perempuannya, Kiyotaka Ando (Presiden Direktur Nissin di China).



Mie Instant = Insutantoramen / インスタントラーメン


Bagikan

20 September 2011

Museum Mie Instan Terbesar Telah Dibuka


Ini adalah museum terbesar di dunia yang khusus memajang segala sesuatu yang berhubungan dengan mie instan. Nissin Foods membangun museum keduanya ini di Yokohama dengan luas lebih dari 10.000 meter persegi, 3 kali lebih besar daripada museum mie instan pertama di Osaka.


Museum Mie Instan Terbesar Telah Dibuka

Museum Mie Instan Terbesar Telah Dibuka


Di museum ini para pengunjung bisa melihat sejarah mie instan pertama kali dibuat, cara membuat mie-nya, cara membuat mangkok gabusnya, serta mempraktekkan langsung membikin mie sesuai dengan selera masing-measing orang.

"Kami membuka museum ini untuk memberikan semua orang sebuah pengalaman dan pengetahuan mengenai mie instan yang sering mereka makan di rumah, di sekolah maupun di kantor," kata Koki Ando, presiden direktur Nissin Foods, yang juga merupakan anak pembuat mie instan pertama di dunia, Momofuku Ando.

Dalam acara pembukaan, mantan perdana menteri Jepang Junichiro Koizumi juga turut diundang.

Museum Mie Instan Terbesar Telah Dibuka



Bagikan

18 September 2011

[Video] Kucing Toilet


Perkenalkan Anku, seekor kucing yang suka sekali mengganggu orang di toilet...





Bagikan

17 September 2011

Makam Binatang Peliharaan


Sama seperti negara-negara barat pada umumnya, orang Jepang pun sangat sayang dengan binatang peliharaan mereka. Beberapa bahkan sudah menganggap anjing dan kucing sebagai keluarga mereka sendiri.

Orang-orang Jepang tidak sungkan untuk memberikan yang terbaik untuk binatang peliharaan mereka, termasuk doa dan penghormatan terakhir bagi teman berbulu mereka yang sudah meninggal. Banyak dari binatang-binatang ini dikremasi lalu debu mereka dimasukkan ke dalam pot/guci kecil yang diberi hiasan serta tulisan sang pemilik.

Makam Binatang Peliharaan di Jepang

Makam Binatang Peliharaan di Jepang

Makam Binatang Peliharaan di Jepang

Makam Binatang Peliharaan di Jepang

Entah kenapa, rasanya lebih nyaman dan menenangkan hati jika melihat foto-foto di makam ini daripada di pemakaman manusia. Bagaimana menurut kamu?



Bagikan

16 September 2011

Menumbuhkan Gigi Di Dalam Ginjal?


Apa sih yang tidak bisa dilakukan orang Jepang? Belom lama ini, para ilmuwan di Universitas Tokyo berhasil menumbuhkan gigi di dalam ginjal seekor tikus. Caranya? Mereka menanamkan sell gigi yang telah dimodifikasi sedemikian rupa ke dalam ginjal tikus percobaan.

Ilmuwan Jepang menumbuhkan Gigi Di Dalam Ginjal?

Sebelumnya para ilmuwan telah menumbuhkan sebuah gigi utuh di dalam wadah laboratorium, tapi sekarang mereka menemukan metode baru yang dapat menumbuhkan gigi jauh lebih cepat daripada metode apapun.

Bekerjasama dengan Tokyo Medical and Dental University serta Universitas Tohoku, tim peneliti ini kemudian mengambil gigi tersebut lalu mentransplantasikannya ke gusi tikus lain. Gigi buatan tersebut ternyata berhasil menyatu dengan alami, seakan-akan itu adalah gigi aslinya.

Professor Takashi Tsuji, kepala peneliti di departemen ilmu pengetahuan berkata, "Ini adalah langkah pertama menuju tujuan utama kami, yaitu menumbuhkan organ baru dan mengganti organ rusak para pasien (manusia) tanpa adanya komplikasi atau efek samping yang beresiko tinggi."

Misalnya; selama ini jika seseorang ingin menjalani operasi cangkok jantung, dia harus menunggu donor jantung yang sesuai dengan darahnya dan benar-benar bersih dari segala macam penyakit. Untuk menunggu donor jantung yang tepat, sang pasien harus menunggu berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun lamanya. Kalaupun sudah dapat dan berhasil dicangkok, itupun masih belum bisa dikatakan aman karena tubuh sang pasien bisa menolak jantung baru tersebut.

Dengan metode penumbuhan organ baru ini, maka sang pasien tidak perlu menunggu lama dan tubuhnya juga tidak akan menolak jantung baru itu karena dikembangkan dengan sell DNA-nya sendiri.

Hmm. Kita semakin dekat dengan penerapan teknologi kloning manusia. Pertama kita hanya kloning organ manusia, lama-lama kita akan mengkloning dan "menghidupkan" kembali Michael Jackson. :)



Bagikan

15 September 2011

Kekerasan Dalam Hubungan Pacaran Di Jepang


Di Jepang, para murid Sekolah Menengah Atas banyak dibatasi oleh peraturan orang tua dan sekolah mereka jika menyangkut soal pacaran. Ini wajar. Tapi sebuah survei menunjukkan bahwa lebih dari sepertiga dari siswi SMA sekarang diberi aturan ketat justru oleh pacar mereka sendiri.

Sebuah organisasi nirlaba yang banyak menangani kasus kekerasan dalam rumah tangga, Women Net Kobe, mewawancarai 2,600 perempuan dan 1,800 laki-laki siswa Sekolah Menengah Atas selama dua tahun terakhir ini dan menemukan bahwa banyak sekali hubungan asmara remaja yang ternyata melibatkan kekerasan, pemaksaan dan berbagai macam aturan.


Kekerasan Dalam Hubungan Pacaran Di Jepang


Dalam survei itu, 33% pelajar perempuan mengatakan bahwa pacar-pacar mereka memberlakukan banyak larangan kepada mereka. Pelarangan ini termasuk pacar yang meminta mereka tidak pergi jalan dengan teman-teman lainnya, membatasi waktu mereka untuk bisa pergi keluar rumah dan menghapus nomor teman-teman dari ponsel mereka.

Survei tersebut juga menemukan bahwa 27% dari siswa perempuan ternyata mengalami kekerasan psikologis seperti pelecehan verbal (intimidasi, ancaman, gertakan dan lain-lain). Selain itu, 15% mengalami kekerasan fisik dari pacar mereka, seperti ditampar atau dipukul.

Jika dilihat dari pengalaman puluhan tahun dari orang-orang sebelum kita, kalau hubungan tidak sehat seperti ini terus dilangsungkan sampai ke pernikahan, bisa dipastikan sang wanita-lah yang paling menderita selama menjalani kehidupan rumah tangga.

Hallo para remaja perempuan; ini yang harus kalian ingat...

Juru bicara Women Net Kobe, Mihiro Yanagihara berkata "Jika orang tua kalian memberikan peraturan ketat dalam berpacaran, itu karena mereka mau yang terbaik untuk kalian. Tapi kalau pacar kalian yang memberikan peraturan ketat dalam berpacaran, itu artinya mereka mau yang terbaik hanya untuk mereka sendiri."

Dan tentu saja, tinggalkan pacar yang melukai kalian secara fisik. Jangan merasa kasihan kepada mereka dan jangan percaya bahwa mereka akan berubah. Orang memang bisa berubah, tapi kalau yang berhubungan dengan judi, alkohol dan kekerasan, jangan berharap terlalu tinggi.

Gimana? Kalian setuju dengan pernyataan ini?



Bagikan

14 September 2011

Miss Universe 2011 (Jepang & Indonesia)


Ajang Miss Universe 2011 baru saja usai dilangsungkan di Brazil dengan Miss Angola, Leila Lopes (25) dimahkotai sebagai Miss Universe tahun ini. Berikut adalah video wawancara singkat dengan 2 kontestan dari 2 negara yang kita cintai.

Maria Kamiyama, Miss Japan...




Nadine Alexandra Dewi Ames, Miss Indonesia...





Bagikan

13 September 2011

Apa Hubungan World Trade Center Dengan Jepang?


Waktu itu, kalo gak salah inget, aku sedang main game Playstation di rumahku. Tiba-tiba ibu-ku turun dari lantai atas, dan dengan sedikit teriak-teriak menyuruhku membuka saluran TV. Saat itulah aku melihat tayangan langsung dimana pesawat kedua yang dibajak teroris menabrak gedung WTC di New York.

Wow. Kita sekeluarga seperti sedang menonton film buatan Hollywood. "Ini beneran?" aku bertanya. Ternyata benar. Sekarang, tak terasa 10 tahun telah berlalu. Pada hari Minggu kemaren seluruh rakyat Amerika berkabung. Mereka mengenang kembali kejadian mengerikan pada tanggal 11 September 2001 itu.


World Trade Center


Lalu apa hubungannya World Trade Center dengan Jepang?

Minoru Yamasaki (山崎實).

Dia adalah orang yang merancang menara kembar WTC pada tahun 1965. Lahir di Seattle, Washington, Minoru adalah warga negara Amerika Serikat yang bangga mempunyai darah Jepang. Dengan berhasil meraih gelar master-nya di jurusan arsitektur di New York University, Minoru seakan ditakdirkan untuk menoreh goresan-goresan pensilnya di angkasa kota New York.

Pencanangan tiang pertama menara WTC berlangsung pada tanggal 5 Agustus 1966 dan selesai dibangun pada Desember 1972 (menara pertama) dan Juli 1973 (menara kedua) dengan dana lebih dari $400 juta - jumlah itu sama dengan $2,1 miliar pada tahun 2011. Minoru akhirnya bisa menatap hasil karyanya yang saat itu menjadi gedung tertinggi di dunia.

Oh ya, satu lagi... Minoru Yamasaki ternyata mengidap acrophobia. Dia takut pada ketinggian.

Minoru Yamasaki



Bagikan

12 September 2011

AKB48 = JKT48 / JAKARTA 48


Sebelumnya aku rada pesimis dengan rumor-rumor seperti ini, tapi setelah aku cek langsung ke situs AKB48, ternyata rumor ini benar adanya (terima kasih atas infonya, syifa).

Grup idola Jepang yang anggotanya perempuan semua, AKB48, kemaren telah mengumumkan secara resmi bahwa mereka akan membentuk grup kembar (sister-group) pertama mereka diluar Jepang.

Dimana? Di Jakarta, Indonesia!

AKB48 Jepang


Dengan nama JKT48 - yang berarti "JAKARTA 48" - grup idola ini juga akan beranggotakan 48 perempuan cantik nan imut, sama seperti AKB48.

Pengumuman yang mengejutkan banyak orang ini dibuat pada acara promo rilis lagu terbaru AKB48 yaitu "Flying Get" di kota Chiba. Yasushi Akimoto, sang produser yang melahirkan dan membesarkan AKB48, juga akan menjadi produser utama untuk JKT48.

Berkat Akimoto-lah, AKB48 bisa terkenal di seluruh dunia dan tampil bernyanyi di New York, Los Angeles, Cannes, Paris, Moskow, Makao, Korea, Taiwan dan Singapura. Sebelumnya AKB48 sudah mempunyai 4 grup-kembar, yaitu SDN48 (versi dewasanya AKB48), SKE48 (Nagoya), NMB48 (Osaka) dan HKT48 (Fukuoka).

Audisi untuk mencari dan mengumpulkan anggota JKT48 akan dimulai pada pertengahan bulan Oktober ini. Yang terpilih akan menerima pelajaran bernyanyi sampai mereka tampil secara resmi di akhir tahun 2011.

Tertarik untuk ikut audisi?


JKT48 / JAKARTA 48


Yup! Audisi dibuka untuk umum hari ini!

Cara mendaftar:

* Mendaftar langsung di situs resmi audisi.
* Prosedur pendaftaran akan dilanjutkan di AOI ASIA Studio.
* Form aplikasi akan diberikan dan diisi langsung di tempat pendaftaran, proses pemotretan juga akan dilaksanakan di tempat yang sama.

Persyaratan:

* Pendaftar harus seorang perempuan berusia antara 13 s/d 20 tahun.
* Menandatangani kontrak dengan JKT48 setelah terpilih menjadi anggota.
* Tidak terkait dengan produksi atau agensi apa pun saat mendaftar.
* Warga negara Indonesia.

Batas waktu pendaftaran: 16 September 2011

Situs resmi JKT48: www.jkt48.com
Facebook resmi JKT48: www.facebook.com/official.JKT48

Yang aku bingung: katanya pendaftaran pertama bisa di situs resmi mereka, tapi kok enggak ada link ke halaman pendaftaran ya? Mungkin panitianya masih terkaget-kaget jadi belom siap. :)

UPDATE 14 September 2011: Situsnya sudah ada formulir yang bisa di download.
UPDATE 17 September 2011: Pendaftaran ditutup.

Alamat AOI ASIA Studio...

Jl. Brawijaya 8 No.11
Kebayoran Baru
Jakarta 12160

Hubungi Shanti atau Denny di 0812-87815780

JKT48 adalah hasil kerjasama dengan...

PT. Warato Indonesia
Menara Mulia 1710/ The East 09-1B
Jakarta Selatan, 12950
Telepon: 021-57958160



Bagikan

10 September 2011

Shunsuke, Anjing Twitter Jepang


Perkenalkan Shunsuke, seekor anjing jenis Pomeranian (atau yang lebih dikenal dengan sebutan Pom Pom), rupanya sedang naik daun di kalangan pengguna Twitter Jepang. Kenapa? Karena tampangnya yang sangaaaaaaaat lucu.

Shunsuke, Anjing Twitter Jepang


Kamu bisa membedakan yang mana Shunsuke diantara boneka-boneka yang ada? Sekarang lihat videonya...



Ketika sang pemilik memposting foto-foto Shunsuke, orang-orang mulai mengikuti akun Twitternya (http://twitter.com/keep0109). Dari beberapa ribu sampe sekarang yang sudah mencapai lebih dari 40.000 pengikut yang setia menunggu foto-foto terbaru dari anjing "mainan" ini.

Shunsuke adalah anjing pertama di Jepang (dan mungkin juga pertama di dunia) yang mempunyai banyak penggemar di Twitter. Itu sebabnya dia dijuluki sebagai anjing Twitter.

Klik disini untuk melihat galerinya.



Bagikan

09 September 2011

Remaja Bunuh Diri Akibat Perpeloncoan


"Bully" adalah intimidasi orang terhadap seseorang yang dianggap lebih lemah. Bully bisa terjadi dimana saja, tapi kalau di sekolah, mungkin lebih dikenal dengan sebutan "perpeloncoan".

Seorang murid sekolah menengah pertama di Maedakita Junior High School di Sapporo, Jepang, meninggal dunia setelah terjun dari atap gedung apartemen berlantai 9.

Remaja Bunuh Diri Akibat Perpeloncoan

Siswa yang baru berusia 13 tahun itu diketahui oleh teman-temannya berada dalam kondisi yang cukup tertekan karena sering di intimidasi oleh kakak kelasnya. Sang ibu mengatakan kepada polisi bahwa anaknya berangkat ke sekolah jam 8:30 pagi, tapi anehnya dia tidak pernah tiba di sekolah.

Anak laki-laki itu rupanya pergi ke komplek apartemen di daerah Teine-ku untuk lompat bunuh diri. Dia tidak meninggalkan surat atau pesan apapun, tapi pihak keluarga yakin kalau dia mengalami depresi berat.

Yoshio Arasawa, kepala sekolah Maedakita, menyebutkan kalau dia akan segera membentuk tim untuk mencari tahu siapa saja murid yang mengintimidasi anak itu.



Bagikan

08 September 2011

Ditolak Masuk Ke Jepang?


Pernah denger kalo masuk ke Jepang itu susah? Atau mungkin kamu pernah mengalaminya sendiri? Jangan merasa terlalu kecewa, karena kamu enggak sendirian.

Grup boy band asal Korea, "CN Blue" dan "BEAST" baru saja passport-nya ditolak oleh pihak imigrasi Jepang. Mereka itu datang ke Jepang untuk mengadakan konser, tentu pihak perusahaan telah melengkapi segala persyaratan keimigrasian. Tapi, masih saja ditolak masuk.

Jepang memang termasuk salah satu negara yang paling susah untuk dikunjungi, terutama kalau kamu niatnya cari uang disana. Tidak peduli orang biasa atau artis kaya sekalipun, semuanya akan mendapatkan perlakuan yang sama.

CN Blue, Korea


Lain lagi dengan Bae Yong-joon, yang mendarat dengan mulus di Haneda Airport pada tanggal 2 September kemaren. Dia disambut oleh lebih dari 4.500 penggemar yang memadati area kedatangan. Bae datang ke Tokyo dalam rangka promo serial drama Korea "Dream High" yang lumayan terkenal di Jepang.

Bae Yong-joon, Korea



Bagikan

07 September 2011

Topan Talas Merobek Jepang


Jepang benar-benar pusing tahun ini. Sebuah angin topan berkekuatan 100 km/jam merobek Jepang Barat beberapa hari yang lalu. Bencana topan yang terparah dalam 7 tahun terakhir ini menewaskan sedikitnya 37 jiwa dan lebih dari 50 orang hilang.

Topan Talas Merobek Jepang

Topan Talas dianggap sebagai salah satu bencana angin topan paling mematikan dalam beberapa tahun terakhir. Hembusan angin yang mencapai 100-120 km per jam ketika melintasi pulau Shikoku dan bagian barat pulau Honshu mengakibatkan sungai meluap deras dan tanah longsor melahap rumah-rumah para penduduk disana.

"Saya telah bekerja di kantor prefektur selama lebih dari 40 tahun, tapi ini adalah yang terburuk dalam ingatan saya," kata Tsutomu Furukawa dari prefektur Wakayama, salah satu dari tiga prefektur di Semenanjung Kii, dimana Topan Talas menyebabkan kerusakan terparah.

Topan Talas Merobek Jepang

Yoshihiko Noda sudah harus berhadapan dengan masalah baru padahal belum 3 hari dia terpilih menjadi Perdana Menteri Jepang yang baru. "Kami akan melakukan apapun yang bisa kami lakukan untuk menyelamatkan dan mencari orang yang hilang," kata Noda.

Kantor berita NHK melaporkan bahwa peringatan dini telah memaksa (dan menolong) lebih dari 3.000 orang ber-evakuasi selama akhir pekan. Sekarang, puluhan ribu orang hidup tanpa listrik dan banyak lainnya yang tinggal di bandara, stasiun kereta api dan jalanan.

Kehancuran ini menambahkan lebih banyak penderitaan bagi Jepang yang masih belum pulih dari bencana gempa bumi dan tsunami enam bulan lalu.



Bagikan

06 September 2011

Yoshihiko Noda, Perdana Menteri Jepang Yang Baru


Apa saja yang terjadi di Jepang pada minggu lalu saat kita sedang pergi liburan?

Naoto Kan, Perdana Menteri Jepang, telah mengundurkan diri sebagai kepala pemerintahan karena rakyat Jepang kecewa terhadap kinerjanya dan caranya menangani pemulihan bencana gempa/tsunami raksasa Maret lalu.

Sekarang Jepang telah memiliki Perdana Menteri yang baru, yaitu Yoshihiko Noda, yang sebelumnya menjabat sebagai menteri keuangan. Noda mewarisi sebuah pekerjaan rumah yang sangat melelahkan; bencana alam, krisis ekonomi dan kekurangan bayi.

Yoshihiko Noda, Perdana Menteri Jepang Yang Baru

Yap. Jepang memang sedang dalam gonjang-ganjing kebingungan. Bayangkan, dalam 5 tahun terakhir, Jepang telah mengganti perdana menteri sampai 6 kali (Noda yang ke-6). Ini berarti rata-rata usia jabatan seorang perdana menteri Jepang kurang dari 1 tahun.

Sementara itu, pada tanggal 1 September lalu, Jepang mengadakan pelatihan penanganan bencana alam secara massal. Lebih dari 500.000 orang di seluruh Jepang, mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa, turut serta dalam pelatihan "Disaster Prevention Day" atau "Hari Pencegahan Bencana" dalam memperingati gempa raksasa di Kanto pada tanggal 1 September 1923 yang menewaskan 100.000-140.000 jiwa.

Disaster Prevention Day, Jepang

TEPCO, perusahaan listrik yang terkena bencana, telah mengumumkan bentuk kompensasi yang akan diberikan kepada para keluarga korban musibah PLTN (Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir) di Fukushima.

TEPCO akan memberikan ¥120.000 (sekitar Rp.12 jutaan) kepada lebih dari 400.000 kepala keluarga per bulan terhitung dari Maret sampai masalah radiasi ini benar-benar teratasi. TEPCO juga akan mengganti 100% gaji yang hilang sejak bulan Maret, ¥8000 (sekitar Rp.800 ribuan) untuk akomodasi per malam, ¥8000 untuk cek ke dokter per kunjungan, serta banyak lagi.



Bagikan

05 September 2011

Kyary Pamyu Pamyu!


Oke, teman-teman, sudah puas liburannya? Sudah siap balik belajar/bekerja lagi? Belum? Mudah-mudahan postingan hari ini bisa menyegarkan harimu.

Atas permintaan dari Lina, kali ini kita akan membahas tentang Kyary Pamyu Pamyu. Apa itu Kyary Pamyu Pamyu? Ternyata itu adalah nama panggilan seorang gadis belia dari Tokyo yang belakangan ini sedang naik daun karena aksi-aksinya yang menggemaskan dan pengetahuannya di dunia fashion Jepang.

Kyary Pamyu Pamyu

Kyary Pamyu Pamyu atau juga dikenal dengan nama "Carrie Pam" mulanya adalah seorang blogger yang banyak menulis tentang fashion di Harajuku. Yap, Pamyu Pamyu adalah penggila sejati segala sesuatu yang berbau Harajuku.

Mungkin ini adalah kembarannya Lady Gaga yang berada di sisi lain. Kedua orang ini sama-sama suka dengan fashion Harajuku yang aneh. Kalau Lady Gaga memilih sisi gothic (hitam/gelap), maka KPP memilih sisi lolita (cerah).

Gadis yang lahir pada tahun 1993 ini rupanya mengidolakan artis panyanyi asal Amerika, Katy Perry, jadi jangan heran kalau dia juga hobi menyanyi. Suatu hari, produser musik di Warner Bros Jepang tertarik melihat keunikan sang Pamyu Pamyu, alhasil terciptalah "Ponponpon" yang menjadi lagu single pertamanya.

Simak video klipnya...




Tidak selesai disitu, dia juga telah menulis sebuah buku yang berjudul "Oh! My! God! Harajuku Girl" yang bercerita tentang kehidupan pribadinya, mulai dari kanak-kanak, remaja, sampai dia menjadi terkenal seperti sekarang ini.

Oh! My! God! Harajuku Girl

Mau berkenalan dengannya?

Ini blognya: http://ameblo.jp/kyarypamyupamyu/

Ini Facebook-nya: www.facebook.com/Kyarypamyupamyu

Ini Twitternya: http://twitter.com/pamyurin



Bagikan
Follow Us

Like Us!

Total Pageviews

© Apa Saja Yang Terjadi Di Jepang? All rights reserved | Search by Google