31 Oktober 2011

Happy Harou~in!


Dasar orang Jepang yang tidak bisa diam. Kalau ada sesuatu yang berhubungan dengan kostum, pasti bakal ramai. Tidak heran kalau pesta yang dulunya menghormati para arwah ini kemudian digemari oleh banyak anak muda.

Hari ini tepat hari Halloween. Toko-tokopun siap menjual segala bentuk pernak-pernik Halloween, mulai dari dari permen, buah labu yang diukir seram, sampai kostum ala vampir. Tapi dengan berkembangnya jaman, kostum-kostum yang dipakaipun tidak selalu harus seram. Ada yang lucu, ada yang aneh, ada pula yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan Halloween.

Intinya ya bersenang-senang saja dengan cosplay.

Halloween di Jepang

Halloween di Jepang


Tidak jelas kapan pesta Halloween dilaksanakan untuk pertama kalinya di Jepang, tapi yang pasti belum sampai 12 tahun yang lalu. Berarti, Halloween masih tergolong baru bagi masyarakat Jepang. Parade kostum Halloween terbesar adalah Kawasaki Halloween Parade di Prefektur Kanagawa dengan diikuti oleh lebih dari 3.000 peserta setiap tahunnya.

Halloween di Jepang

Halloween di Jepang

Halloween di Jepang

Boo!


Halloween = Harou~in / ハロウィン


Bagikan

28 Oktober 2011

[Video] Robot Kementrian Pertahanan Jepang


Kementrian Pertahanan Jepang baru saja mengadakan konferensi pers dan melakukan sedikit demonstrasi tentang robot yang telah mereka kembangkan selama bertahun-tahun, robot terbang yang dengan bangga mereka kenalkan kepada publik...





Bagikan

27 Oktober 2011

10 Alasan Kenapa Tokyo Mempesona (Bagian 2)


Lanjutan dari postingan artikel kemaren... Apa yang menjadikan kota Tokyo berhasil mencuri perhatian dunia?


5. Tokyo Disneyland

Siapa yang tidak mau ke Disneyland? Apalagi Disneyland yang satu ini terletak di kota Tokyo. Taman hiburan seluas 465,000 m² ini merupakan taman hiburan Disney pertama yang dibangun diluar Amerika Serikat.

Meskipun begitu, Tokyo Disneyland adalah satu-satunya taman hiburan Disney yang tidak dimiliki oleh Walt Disney Company, perusahaannya Disney sendiri, melainkan dimiliki oleh The Oriental Land Company, perusahaan asli Jepang. Satu lagi bukti bahwa orang Jepang lebih mementingkan investasi jangka panjang.

Tokyo Disneyland

Pada tahun 2001, The Oriental Land Company membuka lagi taman hiburan Disney yang kedua, tepat disamping Tokyo Disneyland yaitu Tokyo DisneySea, yang kemudian dinyatakan sebagai taman hiburan termahal yang pernah dibuat manusia.

Alamat:
1-1 Maihama Urayasu
Chiba 279-8511
(047) 310-0733
www.tokyodisneyresort.co.jp


4. Pasar Ikan Tsukiji

Ini adalah pasar grosir ikan terbesar di dunia. Adalah suatu keharusan bagi siapa saja yang suka makan seafood untuk datang dan melihat kesibukan di pasar ikan sebesar Tsukiji.

Pasar Ikan Tsukiji

Sekitar jam 3 pagi, kapal-kapal mulai berdatangan dari seluruh Jepang, dari Amerika, dan bahkan dari Afrika, dengan membawa banyak ikan dan hasil tangkapan lainnya yang cukup untuk memenuhi tuntutan perut sebuah negara dimana makanan laut adalah hidangan utamanya.

Pasar ini menangani hampir semua makanan laut, lebih tepatnya 450 jenis makanan laut yang dikonsumsi oleh seluruh warga Jepang. Rajanya siapa lagi kalau bukan ikan tuna?

Alamat:
5-2-1 Tsukiji, Chuo-ku,
Tokyo 104-0055
(03)-3547-8011
www.tsukiji-market.or.jp


3. Gadis-Gadis Harajuku

Tidak mungkin kamu ke Tokyo tapi tidak melihat para gadis belia yang berpakaian serba mencolok. Kalau kamu jalan sedikit lebih jauh, ke pusat Harajuku, mungkin kamu akan menemukan mereka-mereka yang berpakaian jauh lebih aneh dari yang pernah kamu bayangkan.

Gadis-Gadis Harajuku

Gadis-Gadis Harajuku

Gadis-gadis Harajuku inilah yang kemudian memelintir gaya fashion yang dulunya terkesan kaku dengan membawa jiwa pemberontak. Mereka mengambil dandanan tokoh favorit mereka di manga dan anime lalu membuat tema pakaian cosplay mereka sendiri tanpa perduli apa kata orang lain. Inilah membuat para pemain fashion dunia melirik kawasan Harajuku dengan lebih serius.

Lokasi:
Shibuya-ku
Tokyo 150-0001


2. Kuil Yasukuni

Jika ada satu tempat yang selalu dijadikan permasalahan setiap tahun oleh negara China dan negara-negara lainnya yang pernah dijajah oleh Jepang, mungkin inilah tempatnya.

Kuil Yasukuni

Kuil Yasukuni adalah kuil agama Shinto yang rutin dikunjungi oleh para pejabat publik di pemerintahan Jepang, termasuk sang perdana menteri dan keluarga kaisar, untuk menghormati para serdadu dan tentara Jepang yang telah berkorban nyawa demi membela Kekaisaran Jepang pada jaman dulu.

Ini adalah satu-satunya tempat dimana sang Kaisar harus berlutut.

Alamat:
3-1-1 Kudankita, Chiyoda-ku
Tokyo 102-8246
(03)-3261-8326


1. Istana Kekaisaran Jepang

Inilah yang membuat kota Tokyo menjadi pusat perhatian para pemimpin dunia. Dibangun pada tahun 1868, Istana Kekaisaran yang menjadi lambang monarki negara Jepang ini sempat hancur karena serangan udara selama Perang Dunia II, tapi sekarang berdiri kokoh tepat di tengah kota Tokyo.

Istana Kekaisaran Jepang

Bagi rakyat Jepang, keluarga kekaisaran akan terus menjadi panutan yang sangat dihormati dan dijunjung tinggi. Sedangkan Istana Kekaisaran dianggap sebagai tempat yang keramat karena mempunyai sejarah panjang di negeri matahari terbit.

Alamat:
1-1 Chiyoda, Chiyoda-ku
Tokyo 100-8111
+81-(03)-3213-1111
www.kunaicho.go.jp



Bagikan

26 Oktober 2011

10 Alasan Kenapa Tokyo Mempesona (Bagian 1)


Tokyo.

Pusat pemerintahan Jepang, rumah bagi keluarga kerajaan, serta 13 juta orang lainnya. Kota megapolitan ini memang tidak pernah tidur sepanjang tahun. Sebenarnya ada 1001 macam alasan kenapa Tokyo sangat mempesona, tapi kita rangkum saja yang terlintas di kepala. Berikut adalah 10 alasan kenapa ibukota Jepang ini menarik perhatian dunia...


10. Roppongi Hills

Pada tanggal 23 April 2003, Roppongi Hills diresmikan dan dibuka aksesnya kepada publik di distrik Roppongi, Minato, dan langsung dipuji sebagai kawasan yang mengubah wajah Tokyo untuk selamanya.


Roppongi Hills

Roppongi Hills

Dimiliki oleh pengusaha real estate terkenal, Minoru Mori, Roppongi Hills adalah mega-komplek yang terdiri dari perkantoran, apartemen, perumahan, hotel, toko-toko, restoran, bioskop, museum, dan bahkan sebuah taman kecil yang indah.

Mori-san pernah menyatakan bahwa visinya adalah untuk membangun sebuah tempat dimana orang bisa hidup, bekerja, bermain dan belanja di satu tempat, sehingga mereka bisa meningkatkan waktu luang dan kualitas hidup mereka. Roppongi Hills adalah jawabannya. Fasilitas super lengkap nan mahal. Tidak butuh waktu lama untuk Roppongi Hills menjadi lahan incaran para ekspatriat yang bekerja di Tokyo.


9. Yodobashi Akiba

Inilah surga bagi pencinta gadget yang mempunyai dompet tebal. Kalau kamu hanya punya satu kesempatan untuk mengunjungi satu toko elektronik di Tokyo, maka kamu harus datang ke Yodobashi Akiba.


Yodobashi Akiba

Dimiliki oleh perusahaan elektronik, Yodobashi Camera Co.,Ltd. (ヨドバシカメラ), mall elektronik terbesar di Jepang dan mungkin di seluruh dunia ini dibangun menjulang 8 lantai keatas. Dari kamera, komputer, televisi, mesin cuci sampai ke mainan-mainan favorit para otaku tersedia lengkap disini.

Alamat:
Yodobashi Akiba
1-1 Kanda Hanaoka-Cho, Chiyoda-ku
+81(0)3.5309.1010


8. Ginza

Pada awal tahun 1900-an, distrik Ginza adalah lingkungan kelas atas di pusat kota Tokyo. Dengan sentuhan gaya Barat, distrik ini dibangun dengan bangunan batu bata dan jalan-jalan yang diaspal. Ginza menjadi tempat banyak orang muda nongkrong supaya tidak dibilang ketinggalan jaman.

Distrik Ginza

Pada tahun 1923, gempa bumi dengan kekuatan 8,2 Skala Richter menyerang dan meratakan Ginza sampai ke tanah, yang kemudian memaksa pemerintah kota melakukan rekonstruksi besar-besaran. Sekarang pun Ginza tetap menjadi ikon kemewahan di Tokyo dengan banyaknya label fashion dunia seperti Chanel, Dior dan Gucci yang membuka bisnisnya disana.


7. Kereta Api & Subway

Jaringan kereta api merupakan bagian penting yang membuat kota Tokyo menjadi hidup. Lebih dari 20 juta - yup, 20 juta orang - lalu lalang menggunakan alat transportasi massal ini setiap harinya.

Kereta Api & Subway

Tak heran kalau stasiun kereta di Tokyo dinobatkan sebagai stasiun kereta yang paling sibuk di dunia. Dari para pelajar, mahasiswa, pekerja kantoran, sampai ke para wisatawan yang rela berdesak-desakan di dalam gerbong adalah pemandangan yang sudah biasa terlihat setiap harinya.

Kalau kamu jalan-jalan ke Tokyo tapi belum pernah naik kereta apinya, maka kamu belom pernah ke Tokyo.


6. Persimpangan Shibuya

Entah kenapa, persimpangan di distrik Shibuya ini selalu menjadi hasil jepretan para turis mancanegara. Mungkin karena lautan manusia-nya yang berjalan melewati persimpangan ini setiap beberapa menit sekali.

Persimpangan Shibuya

Persimpangan Shibuya

Persimpangan tersibuk di seluruh Jepang ini terletak persis di depan pintu keluar Stasiun Shibuya Hachiko. Juga menjadi lokasi shooting film Hollywood berjudul "Lost in Translation" serta "The Fast and the Furious: Tokyo Drift".

Bersambung ke bagian 2...



Bagikan

25 Oktober 2011

Jepang Dimahkotai Sebagai Ibukota Kuliner Dunia


Jepang terpilih menjadi ibukota-nya makanan dunia dengan jumlah restoran bintang tiga (3) terbanyak di muka bumi ini.

Jepang Dimahkotai Sebagai Ibukota Kuliner Dunia

Michelin, perusahaan pembuat ban ternama yang telah menciptakan suatu standar internasional dalam hal kuliner, telah memahkotai Jepang karena negeri sakura tersebut memiliki 29 restoran bintang tiga. Pusat kuliner Jepang adalah Kansai dengan 15 restoran bintang tiga, diikuti oleh Osaka dan kota kuno, Kyoto.

Prancis, negeri yang sangat terkenal dengan "Le Champagne" ini berada di peringkat kedua dengan 25 restoran bintang tiga.

Standar kuliner internasional diterbitkan dalam bentuk buku yang berjudul Michelin Guide; yang berisi tentang ribuan restoran yang telah diberi peringkat oleh tim pencicip makanan profesional.

Berbeda dengan rating hotel yang diberikan sampai 5 bintang, Michelin hanya mengkategorikan restoran dengan 3 bintang saja. Restoran yang diberikan bintang satu berarti memiliki "Hidangan terbaik di kelasnya"; bintang dua berarti "Hidangan istimewa yang layak untuk dikunjungi lagi"; sedangkan bintang tiga berarti "Hidangan sempurna layak untuk kunjungan spesial."

Jepang Dimahkotai Sebagai Ibukota Kuliner Dunia

Penghargaan yang diberikan Michelin rupanya dijadikan acuan penting di dunia kuliner Jepang, dimana para pengunjung rela menunggu dalam antrean panjang dan membayar harga yang tinggi di restoran-restoran yang mendapatkan nilai bintang tersebut.



Bagikan

24 Oktober 2011

[Video] Pesan Dari Jepang


Mari kita mulai hari Senin ini dengan suka cita! Target kerjaan: pergi ke Jepang!

Grup boy band 'Arashi' yang terdiri dari Satoshi Ohno, Sho Sakurai, Masaki Aiba, Kazunari Ninomiya dan Jun Matsumoto memberikan pesan mereka kepada dunia untuk mengunjungi Jepang dalam kampanye "Maneki-Neko Nya!"

Simak videonya...





Bagikan

22 Oktober 2011

[Video] iPhone Siri vs Orang Jepang


Kamu tau Siri?

Bukan, bukan anak tetangga kamu. Tapi Siri, teknologi terbaru keluaran Apple yang ada di iPhone 4S.

Siri adalah sebuah program robot yang mampu mengenal suara manusia, yang membuat iPhone kamu seakan-akan "hidup" karena kamu bisa berbicara dengannya dan memerintahkannya untuk mengirim sms, membacakan sms, menelepon teman, mengetahui cuaca, restoran terdekat, dan masih banyak lagi.

Ini dia video iklan Siri...




Hebat kan? Tentu. Tapi, Siri hanya mengenal bahasa Inggris dengan logat/aksen Amerika Utara. Siri akhirnya diketahui agak susah untuk mendengar bahasa Inggris dengan aksen Jepang. Seperti pada contoh video berikut ini, ada orang Jepang yang sedang berusaha berbicara dengan Siri.

Tampaknya Siri masih harus banyak belajar mengenai dunia luar...





Bagikan

21 Oktober 2011

Apa Yang Wanita Jepang Anggap Menggemaskan?


Satu lagi survey yang dilakukan oleh gooRanking terhadap para wanita Jepang. Respondennya adalah 12.1% remaja dibawah 20 tahun, 16.9% diumur 20-an, 28.0% diumur 30-an, 25.4% diumur 40-an, 9.7% diumur 50-an, dan 7.9% diumur 60-an keatas.

Pertanyaannya adalah...

"Apa sih yang kalian anggap menggemaskan di pria?"

Apa Yang Wanita Jepang Anggap Menggemaskan?

Ini dia hasilnya...

1. Mukanya memerah ketika dipuji (100)

2. Sangat senang melihat makanan favorit mereka di kotak bento (97.6)

3. Terlihat asyik sendiri saat makan (83.5)

4. Terlihat polos saat tidur (80.3)

5. Terlihat antusias saat berbicara tentang hobi mereka (79.9)

6. Bersenang-senang dengan teman-teman lelaki mereka (63.1)

7. Berusaha keras untuk membuat orang lain tertawa (51.8)

8. Melakukan kecerobohan saat serius melakukan pekerjaan fisik (44.2)

9. Bermain olahraga dengan sekuat tenaga (41.8)

10. Terlihat serius saat memasak di dapur (40.2)

11. Berusaha melawan rasa ngantuk mereka (38.2)

12. Berjuang mengirim decomail* ke aku (34.9)

13. Terlihat semangat saat menonton acara olahraga (32.5)

14. Terlihat kecewa saat dia gagal melakukan sesuatu (24.1)

15. Melihat menu makanan tapi tetap saja bingung (22.9)

*Decomail adalah pesan singkat melalui telepon genggam yang di dekorasi supaya kelihatan cantik.

Bagaimana menurut kalian? Kok 'terlihat kecewa saat gagal melakukan sesuatu' malah keliatan menggemaskan?



Bagikan

20 Oktober 2011

Motor Toilet Yang Dijalankan Dengan Kotoran?


Siapa pembuat toilet terkenal di seluruh dunia? Siapa lagi kalau bukan TOTO. Sekarang ini TOTO sedang mempromosikan motor toiletnya keliling Jepang, yaitu Toilet Bike Neo...

Cuma Ada Di Jepang: Motor Toilet

"Toilet Bike Neo" adalah motor yang dirancang sedemikian rupa agar bisa menyatu dengan toilet buatan TOTO sebagai tempat duduknya. Lalu apakah motornya dijalankan dengan bahan bakar kotoran manusia? Maunya TOTO sih begitu, tapi sayang belom ada teknologinya saat ini (yang ada kotoran manusia diubah jadi makanan).

Tapi, motor ini memang betul dijalankan dengan bahan bakar biogas, alias pupuk dan air limbah rumah tangga. TOTO memang sedang mempromosikan namanya sebagai perusahaan pemerhati lingkungan.

Cuma Ada Di Jepang: Motor Toilet



Bagikan

19 Oktober 2011

[Video] Mario Kart Menjadi Kenyataan


Kamu tau Mario Kart? Mario Kart adalah game balapan mobil Kart yang dimiliki Nintendo sejak jaman konsol SNES dan termasuk game balapan terlaris sepanjang masa.

Nah, di Tokyo ada 2 orang yang berkostum Mario dan Luigi yang mengendarai mobil X-Kart di jalanan kota Tokyo. Tentu saja orang-orang kebingungan dan banyak diantara mereka yang cepat-cepat mengambil foto atas kejadian langka ini.

Simak videonya...



Ada dua hal yang menarik disini; pertama, mobil Kart tersebut secara hukum boleh dipakai di jalanan kota Tokyo, dan kedua, pengendara kendaraan roda empat (walaupun hanya mobil Kart) tidak perlu memakai helm.

Kalau di Indo, mereka mungkin udah ditangkap sama polisi kali ya?



Bagikan

18 Oktober 2011

Bra Diubah Menjadi Bahan Bakar


Di Jepang, apapun bisa terjadi.

Belakangan ini para produsen pakaian sedang sibuk mengumpulkan bra bekas untuk di daur ulang menjadi bahan bakar keperluan industri, sebuah langkah yang bertujuan untuk meningkatkan profil mereka sebagai perusahaan yang sadar lingkungan, serta menawarkan kesempatan kepada para wanita menggunakan pakaian dalam lama mereka untuk tujuan mulia.

jepang

Triumph International Japan telah membagi-bagikan tas plastik gratis di beberapa toko mereka. Pelanggan dianjurkan untuk menggeledah koleksi bra mereka yang sudah tidak dipakai dan menggunakan tas tersebut untuk mereka bawa ke toko. Triumph juga menerima bra dari merek lain.

Langkah ini rupanya sejalan dengan para wanita yang bingung mau dikemanakan bra lama mereka. "Sekarang aku tidak perlu lagi khawatir tentang apa yang harus kulakukan dengan bra lama ku," kata seorang ibu rumah tangga berusia 33 tahun di sebuah toko Triumph di distrik Chuo-ku, Tokyo.

Dia bilang dia biasa memotong bra-nya menjadi kecil-kecil sebelum membuangnya keluar dengan sampah. Banyak wanita Jepang yang berpikiran bahwa membuang bra itu memalukan dan mereka merasa tidak nyaman untuk membuang pakaian dalam mereka bersama dengan sampah lainnya, karena rupanya banyak kota memiliki peraturan yang mengharuskan warga untuk menaruh sampah dalam kantong plastik transparan.

Banyak wanita juga khawatir tentang pakaian mereka dicuri oleh para hidung belang. "Sementara mempertimbangkan apa yang bisa kita lakukan untuk melestarikan lingkungan, kami datang dengan sebuah ide yang juga dapat mengurangi kecemasan para pelanggan kami," kata juru bicara Triumph.

Sebuah survei pada tahun 2004 oleh Wacoal, produsen pakaian dalam asal Jepang, menemukan bahwa 61% responden ragu-ragu untuk membuang bra mereka dengan sampah.

Triumph telah mengumpulkan lebih dari 200.000 bra dan mengubahnya menjadi 14 ton bahan bakar industri. Sedangkan Wacoal telah mengumpulkan lebih dari 179.200 bra dan menghasilkan 17,9 ton bahan bakar.



Bagikan

17 Oktober 2011

Makan Di Restoran Yoshinoya, Mall Ciputra


Yup, hari ini adalah postingan makan-makan kita di restoran Yoshinoya yang berlokasi di Mall Ciputra. Yoshinoya adalah salah satu restoran cepat saji yang paling terkenal di Jepang karena daging sapi olahannya yang empuk serta disajikan dalam mangkok besar.

Aku memesan menu "Large Vegetable & Beef Rice Bowl" dengan paket tempura serta ocha (teh Jepang) yang bisa di refill sepuasnya - setelah kita upgrade dengan tambahan Rp 10.000. Hmm, menurut kamu berapa orang yang benar-benar refill tehnya?

Ini dia hasil jepretan kita...

Makan Di Restoran Yoshinoya, Mall Ciputra

Makan Di Restoran Yoshinoya, Mall Ciputra


Sedangkan Vivi memesan 1 porsi "Large Yakiniku Rice Bowl" juga dengan tempura dan teh ocha yang bisa refill sepuasnya...

Makan Di Restoran Yoshinoya, Mall Ciputra

Makan Di Restoran Yoshinoya, Mall Ciputra


Setelah makan, kita ada foto-foto sedikit di dekat panggung festival Jepang-Korea gitu. Lupa nama acaranya...

Makan Di Restoran Yoshinoya, Mall Ciputra


Dan ini dia total harga yang harus kita bayar...

Makan Di Restoran Yoshinoya, Mall Ciputra

Yoshinoya Citraland
Jl. Arteri S.Parman, Grogol
Jakarta - 11470



Bagikan

14 Oktober 2011

Mau Topeng Muka Seasli Kulit Manusia?


Satu lagi produk yang unik dari Jepang.

REAL-f adalah sebuah perusahaan teknologi sintetik yang baru saja menciptakan 3DPFs atau "Foto 3 Dimensi" yaitu sebuah produk yang berupa salinan wajah manusia yang sebenar-benarnya. Perusahaan yang belum lama berdiri ini menawarkan dua versi, replika jenis topeng dan replika kepala manusia.

Tertarik? Datang saja ke kantor REAL-f di Tokyo. Mereka akan memfoto wajah kamu dari berbagai sudut lalu mencetaknya dengan bantuan software canggih buatan mereka sendiri yang mampu mereplika bentuk mata, pembuluh darah, serta bekas luka secara detail.


Mau Topeng Muka Seasli Kulit Manusia?

Mau Topeng Muka Seasli Kulit Manusia?

Kalau dilihat-lihat, serem juga ya megang kulit muka kamu sendiri? ... Kamu bisa memiliki topeng ini kalau kamu rela mengeluarkan uang sebesar Rp. 35 juta. Yup. Harganya segitu.



Bagikan

12 Oktober 2011

10.000 Tiket Gratis Ke Jepang?


Oke. Berita ini baru masuk kemaren (arigato indra-san).

Badan Pariwisata Nasional Jepang telah mengumumkan rencana mereka untuk memberikan 10.000 tiket penerbangan secara gratis kepada para turis internasional untuk menghidupkan kembali industri pariwisata Jepang yang merosot tajam sejak bencana tsunami dan nuklir di Fukushima.

10.000 Tiket Gratis Ke Jepang?


Mereka yang tertarik harus mendaftar terlebih dahulu untuk mendapatkan tiket gratis ini. Persyaratannya adalah mereka yang beruntung terpilih harus menuliskan cerita pengalaman mereka selama jalan-jalan di Jepang.

Jumlah wisatawan internasional yang mengunjungi Jepang merosot lebih dari 30% selama bulan Juni, Juli dan Agustus lalu. Bahkan di beberapa daerah wisata tingkat hunian anjlok sampai 90%. Karena itulah pemerintah Jepang berniat untuk membantu industri perhotelan dan tempat-tempat wisata yang sangat tergantung kepada turis untuk bangkit kembali serta memberikan para pelancong pengalaman terbaik mereka.

Lalu, dimana calon wisatawan dapat mengirimkan aplikasi mereka? Dimana para turis bisa mendaftarkan diri? Saat ini belum ada keterangan lebih lanjut dari Badan Pariwisata Nasional Jepang mengenai program pembagian tiket gratis ini. Bahkan situs resmi mereka, www.jnto.go.jp, sempat "crash" alias tidak aktif karena dikunjungi oleh jutaan orang sekaligus.
10.000 Tiket Gratis Ke Jepang?
Rencana ini, jika disetujui oleh dewan perwakilan rakyat Jepang, baru mulai dilaksanakan pada bulan April 2012. Para turis hanya akan mendapatkan tiket pulang-pergi secara gratis, sedangkan biaya akomodasi (hotel dan lainnya) ditanggung sendiri.

UPDATE: Rencana batal.



Bagikan

10 Oktober 2011

Robot Jepang Yang Bisa Mencuci Rambut Kamu


Ini bisa jadi robot impian para wanita.

Panasonic telah mengembangkan sebuah robot yang bisa mencuci rambut dengan menggunakan teknologi canggih untuk meniru teknik sentuhan manusia. Tujuan dibuatnya robot ini adalah untuk membantu memberikan perawatan rambut kepada para lansia yang semakin hari tampaknya semakin banyak saja.

Robot Jepang Yang Bisa Mencuci Rambut Kamu


Mesin yang menggunakan -- bukan 10 -- tapi 24 jari tangan robot ini terlihat cekatan dalam memberikan pijatan di kepala boneka, pelanggan pertamanya. "Dia dapat mencuci rambut dan memijat kepala sebaik jari tangan para ahli di salon-salon kecantikan", kata Nakamura Tohru, kepala tim yang memimpin proyek robot tersebut.

Selain itu, robotnya bisa memberikan shampo, memijat kulit kepala, membilas, serta segala sesuatu yang biasa dilakukan di salon dalam waktu tiga menit, kecuali memotong. Dia belum bisa memotong rambut. Jika pelanggan ingin menggunakan conditioner dan blow dry, akan memakan waktu lima menit.

Panasonic menargetkan robot ini siap untuk dijual tahun depan dengan menjualnya ke beberapa rumah sakit dan panti jompo. Lho? Bukannya dijual di salon? Nakamura menambahkan bahwa pengusaha salon mungkin tidak akan berminat karena bisa di demo oleh karyawannya sendiri. Haha.



Bagikan

09 Oktober 2011

[Video] Anjing Kucing?


Apa jadinya kalo anjing dibesarkan bersama kucing? Jadinya seperti Okenpi, anjing yang bisanya mengeluarkan suara "meow" seperti layaknya seekor kucing. Simak videonya...



Pemiliknya juga berkata bahwa dia tidak pernah mendengar Okenpi menggonggong seperti anjing. Nah lho.



Bagikan

08 Oktober 2011

Jepang Berduka Atas Kepergian Pendiri Apple


Aku suka Apple. Aku pernah mempunyai iPod (yang kemudian hilang jatuh di jalanan) dan iPhone 3GS (yang kemudian aku jual karena lagi butuh uang). Aku benar-benar kaget saat mendengar mamaku memberitahu kalau pendiri Apple telah meninggal dunia.

Yup. Seluruh dunia berduka atas kepergian sang legendaris dan innovator yang tidak lulus kuliah ini. Termasuk Jepang, tempat dimana iPhone hampir selalu menempati urutan pertama dalam daftar penjualan smartphone terlaris.

Toko penjualan Apple di Ginza, Tokyo, banyak didatangi orang yang ingin menyampaikan rasa belasungkawanya. Ada yang menaruh karangan bunga, menulis pesan, sampai mereka yang membungkuk dan memberikan penghormatan terakhir.




"Steve adalah sang jenius di masa kita, seseorang dengan kemampuan langka yang sanggup menyatukan seni dengan teknologi. Ratusan tahun dari sekarang, dia akan diingat sama seperti Leonardo da Vinci," kata Masayoshi Son, pendiri Softbank, yang juga merupakan rekan kerjasama Apple dari dulu.

Apakah Masayoshi berlebihan? Tidak juga.

Steven Paul Jobs lahir pada tanggal 24 Februari 1955 di kota San Francisco tanpa ada orang tua kandung yang mendampinginya. Ayah kandungnya, Abdulfattah John Jandali, seorang muslim dari Syria yang menjadi imigran di Amerika Serikat, tidak pernah berbicara dengan Steve sekalipun.

Hubungan Abdulfattah dengan Joanne Schieble, sang ibu kandung, tidak pernah direstui oleh kedua orangtua Joanne. Alhasil, Steve lahir menjadi anak yang "terbuang" dan diadopsi oleh Paul Jobs dan Clara Jobs. 19 tahun kemudian, anak yang "terbuang" ini keluar dari universitasnya karena masalah keuangan yang dialami orangtua angkatnya.

Steve bahkan pernah menukarkan botol-botol coca-cola hanya untuk mendapatkan koin-koin yang bisa dia kumpulkan untuk membeli makanan. Semakin gelapkah masa depan anak ini?

Ternyata tidak.

Dia berhasil mendapatkan pekerjaan pertamanya di perusahaan game (Atari), mendirikan perusahaan komputer (Apple), membangun perusahaan animasi (Pixar), menjadi pemegang saham terbesar di perusahaan konglomerasi (Disney), mengubah industri musik dunia (melalui iPod), serta menciptakan telepon genggam dengan penggemar terfanatik di dunia (iPhone). Di tahun 2011 ini, Steve berada di peringkat ke 110 orang terkaya di muka bumi berdasarkan perhitungan majalah Forbes.

Mobilnya pribadinya, Mercedes SL55 AMG tahun 2008 berwarna silver, tidak memerlukan plat nomor. Dan gajinya di Apple hanya $1 per tahun. Itu sekitar Rp.10.000-an.


Jepang Berduka Atas Kepergian Pendiri Apple, Steve Jobs



Bagikan

06 Oktober 2011

Software Pengukur Stress


Para ahli Jepang telah menciptakan sebuah software untuk mengukur tingkat stress seseorang. Apakah benar bisa mengukur stress? Simak videonya...




Bagikan

05 Oktober 2011

Negara-Negara Penyumbang Bencana Jepang


Seven Eleven, jaringan toserba (toko serba ada) terbesar di dunia yang berkantor pusat di Jepang, telah mengeluarkan daftar negara-negara penyumbang bencana alam kembar pada 11 Maret lalu yang menimpa Jepang.

Seven Eleven Jepang

Jumlah total dana yang terkumpul di toko-toko "Seven Eleven" di seluruh dunia - tidak termasuk Eropa - mencapai 420 juta yen (atau sekitar Rp. 45 Miliar). Jumlah dana yang terkumpul di masing-masing negara adalah sebagai berikut:
1. Taiwan (4.753 toko) – 303.680.000 yen
2. Amerika / Kanada (6,636 toko) – 65.340.000 yen
3. Thailand (5.962 toko) – 16.000.000 yen
4. Hong Kong (949 toko) – 11.880.000 yen
5. Singapura (550 toko) – 11.270.000 yen
6. Malaysia (1.235 toko) – 5.280.000 yen
7. Meksiko (1.240 toko) – 3.870.000 yen
8. Indonesia (27 toko) – 2.930.000 yen (Rp. 300 jutaan)
9. Korea Selatan (3.404 toko) – 740.000 yen
10. Filipina (577 toko) – 300.000 yen

Rata-rata uang yang terkumpul per toko:
1. Indonesia – 108.518 yen (Rp. 12 jutaan)
2. Taiwan – 63.892 yen
3. Singapura – 20.491 yen
4. Hong Kong – 12.518 yen
5. Amerika / Kanada – 9.846 yen
6. Malaysia – 4.275 yen
7. Meksiko – 3.120 yen
8. Thailand – 2.684 yen
9. Filipina – 520 yen
10. Korea Selatan – 217 yen

Hmm... menarik juga melihat Indonesia berada di urutan pertama. Tapi ini lebih dikarenakan oleh jumlah toko "Seven Eleven" yang sangat sedikit di negara kita (hanya ada 27 toko).

Kamu pernah/sering ke Seven Eleven?



Bagikan

04 Oktober 2011

Danau Misterius Muncul Di Gunung Fuji


Setelah 3 angin topan besar yang menyapu Jepang dalam beberapa bulan terakhir ini, sekarang muncul sebuah danau misterius di dekat Gunung Fuji.

Dari dulu Gunung Fuji dikelilingi oleh 5 danau terkenal (yaitu Kawaguchi, Yamanaka, Sai, Motosu dan Shoji). Tapi sekarang, sebuah fenomena alam membuat para warga serta turis lokal datang untuk menyaksikannya sendiri. Sebuah danau baru "lahir" di samping danau Shoji.

Simak video liputannya...




Danau kecil ini, yang kemudian dinamakan danau Akaike, rupanya mempunyai air yang sangat jernih. Para ahli menduga munculnya danau misterius ini karena adanya jalur bawah tanah dari danau Shoji. Ditambah dengan curah hujan tinggi yang dibawa beberapa angin topan membuat danau Shoji meluap dan memberikan "nyawa" baru ke Akaike.

Danau Misterius Muncul Di Gunung Fuji



Bagikan

03 Oktober 2011

Siapa Saja Mendapatkan Buku Panduan Jalan-Jalan Ke Jepang?


Ya! Sudah selesai! Vivi sudah memilih 3 orang yang beruntung mendapatkan buku panduan jalan-jalan ke Jepang!

Gratis: Buku Panduan Jalan-Jalan Ke Jepang!

Mereka adalah...

Rani Wibowo
Muh Rzk Akbar
Eka Hadi Sudjana

Omedetogozaimasu!

Kami sudah meminta alamat lengkap kepada Rani, Akbar dan Eka melalui Facebook, jadi buku akan segera dikirim dalam waktu dekat. Dengan begini, pembagian buku gratis dinyatakan selesai. Terima kasih bagi kamu-kamu yang berpartisipasi.

Kunjungi Jepang.net setiap hari ya, karena siapa tahu kita bagi-bagi hadiah gratis lagi. (^_^)



Bagikan

Jak-Japan Matsuri 2011


Minggu lalu, tepatnya tanggal 25 September, aku bersama Vivi mengunjungi festival "Jak-Japan Matsuri 2011" di Monas, Jakarta. Berikut hasil jepretan aku...

Jak-Japan Matsuri 2011

Jak-Japan Matsuri 2011

Jak-Japan Matsuri 2011

Jak-Japan Matsuri 2011

Jak-Japan Matsuri 2011


Aku enggak ngambil banyak foto karena kita memang datang kesana sudah sore dan banyakan nonton tarian-tarian di panggung utama.

Berikut video dari BeritaIndonesiaJepang...




Bagikan

02 Oktober 2011

[Video] Elevator Lady


Di Jepang, ada satu pekerjaan yang dinamakan Elevator Lady, yaitu para wanita yang menunggui elevator (di Indonesia kita sebut sebagai "lift") dan melayani para penggunanya. Pekerjaan ini keliatannya biasa saja, tapi lihat dulu bagaimana orang Jepang melakukannya...







Bagikan

01 Oktober 2011

Budaya Orang Jepang: Membungkuk


Jika dilihat sekilas, Jepang adalah negara yang paling sopan penduduknya. Kenapa? Karena mereka paling sering membungkuk. Entah itu meminta maaf, berkenalan, bertamu di rumah orang, mengatakan permisi, bahkan sampe berbicara di telepon pun orang jepang sampe membungkuk sedikit (padahal orang yang berbicara dengannya tidak bisa melihat dia).

Budaya Orang Jepang: Membungkuk

Membungkuk (お辞儀, ojigi) adalah sebuah keharusan. Tradisi yang sudah harus diajarkan kepada anak-anak sejak balita. Ada beberapa jenis cara membungkuk, mari kita pelajari satu per satu...

1. Mengangguk Pelan, 5 Derajat:

Ini hanya anggukan kecil kepala kamu. Cara anggukan ini lebih ditujukan jika kamu bertemu dengan teman lama, tetangga, atau keluarga dekat. Oh ya, kalau kamu orang yang berpangkat tinggi (seperti Perdana Menteri atau Boss Yakuza), kamu juga bisa mengangguk pelan seperti ini kepada orang-orang yang membungkuk ke kamu. Ini artinya orang lain-lah yang harus lebih menghormati kamu, kamu cukup mengangguk pelan saja untuk menerima penghormatannya.

2. Membungkuk Salam (Eshaku / 会釈), 15 Derajat:

Cara membungkuk ini sedikit lebih formal. Digunakan untuk memberi salam kepada orang-orang yang sudah kamu kenal di kantor atau kepada orang-orang yang kamu tahu tapi tidak terlalu kenal.

3. Membungkuk Hormat (Keirei / 敬礼), 30 derajat:

Ini adalah cara membungkuk yang sangat formal. Digunakan untuk menunjukan rasa hormat kamu kepada boss di kantor, kepada orang-orang yang jabatannya lebih tinggi atau kepada mereka yang jauh lebih tua.

4. Membungkuk Hormat Tertinggi (Sai-keirei / 最敬礼), 45 derajat:

Ini adalah cara membungkuk yang mempunyai arti sangat dalam. Ini adalah cara kamu menunjukkan rasa bersalah kamu yang sangat dalam. Ini adalah cara kamu meminta maaf kalau kamu melakukan kesalahan besar. Atau bisa juga digunakan untuk memberikan hormat kepada orang-orang yang sangat tinggi jabatan dan status sosialnya, seperti Kaisar Jepang misalnya.

5. Membungkuk Berlutut:

Kamu tidak akan terlalu sering melihat orang membungkuk seperti ini di muka umum, karena cara membungkuk seperti ini adalah cara membungkuk yang amat sangat dalam artinya. Orang akan berlutut seperti ini jika dia telah melakukan kesalahan fatal, seperti kesalahan yang mengakibatkan kematian orang lain. Ini juga cara orang-orang menghormati Kaisar di jaman dulu.

jepang

Intinya, semakin kamu menghormati orang tersebut, semakin dalam bungkukan kamu. Semakin besar perasaan bersalah kamu kepada seseorang, semakin dalam pula bungkukan kamu. Orang Jepang memang dikenal paling sering meminta maaf.

Mungkin karena meminta maaf berarti mengakui kegagalan sendiri atau mengaku bersalah, kita tampak enggan untuk meminta maaf sebelum terbukti siapa yang melakukan kesalahan. Tapi di Jepang, kata "egoisme" tidak ada tempat untuk berkembang. Di Jepang, meminta maaf dianggap sebagai kewajiban, meskipun belum tentu kamu yang salah. Permintaan maaf menunjukkan bahwa seseorang rela bertanggung jawab dan menghindari menyalahkan orang lain.

Semakin tinggi jabatan seseorang, maka dia harus semakin berani meminta maaf jika dia atau anak buahnya melakukan kesalahan. Makanya tidak heran jika banyak pejabat pemerintahan, seperti walikota, gubernur, menteri dan perdana menteri sekalipun yang membungkuk meminta maaf kepada publik dan akhirnya memilih mengundurkan diri daripada malu dibicarakan orang -- sesuatu yang amat sangat jarang kita lihat di Indonesia.



Membungkuk = Ojigi / お辞儀


Bagikan
Follow Us

Like Us!

Total Pageviews

© Apa Saja Yang Terjadi Di Jepang? All rights reserved | Search by Google