31 Desember 2011

Persiapan Jepang Menyambut Tahun Baru


Hari pertama di tahun baru bisa dibilang hari libur yang paling penting dan paling sakral di kalender Jepang. Sebagian besar orang benar-benar menutup jadwal kerja mereka selama beberapa hari agar mereka dapat kembali pulang ke kampung halaman untuk menghabiskan waktu dengan keluarga besar mereka.

Berikut adalah tiga tradisi terbesar dalam tradisi perayaan menyambut tahun baru di Jepang...

1. Satogaeri

Alat-alat transportasi masal seperti pesawat terbang, kereta api dan bus akan sangat sibuk di akhir tahun dan awal tahun baru. Kenapa? Karena banyak orang Jepang yang mudik. Yup, satogaeri artinya pulang kampung. Sama seperti di Indo, jangan harap bisa mendapatkan tempat yang nyaman jika mau berpergian di hari-hari super sibuk seperti ini.

2. Hatsumode

Hatsumode, sembahyang orang Jepang

Hatsumode adalah tradisi sembahyang di kuil pada hari pertama di tahun baru, meminta para dewa menjaga kesehatan keluarga mereka dan memberikan rejeki yang melimpah. Ratusan ribu orang akan memadati kuil-kuil Shinto/Buddha pada tanggal 31 Desember dan 1 Januari. Lonceng akan dibunyikan tepat pada tengah malam yang menandakan Jepang telah masuk ke lembaran baru.

3. Osechi

Tahun baru tidak akan ada artinya jika tidak ada hidangan enak di ruang makan keluarga. Maka, disiapkanlah osechi. Tidak perlu yang mewah-mewah, yang penting ada. Osechi adalah hidangan laut seperti ikan, udang dan sedikit sayur-sayuran yang disajikan di dalam kotak makanan, mirip kotak bento tapi bukan, melainkan kotak jubako yang disusun bertingkat-tingkat.

Secara tradisi, osechi dimakan saat sarapan pagi, makan siang dan makan malam selama tiga hari berturut-turut. Tapi di jaman modern ini, banyak keluarga yang makan osechi di satu hari saja.

Osechi, hidangan tahun baru orang Jepang



29 Desember 2011

Super Nintendo Mini


Kangen main game-game Super Nintendo jaman dulu?

Sekarang kita tidak perlu lagi repot-repot mencari mesin konsol SNES di toko antik. Perkenalkan, namanya adalah "SupaBoy", konsol yang baru saja diluncurkan awal bulan Desember ini oleh HyperSkin.

Bentuknya mirip dengan kontroler SNES, tapi yang ini dilengkapi dengan layar 3,5 inchi agar kita bisa main langsung game-game 16-bit favorit kamu.

Super Nintendo Mini

Super Nintendo Mini

Tidak mau menatap layar kecil itu lama-lama? Jangan khawatir, karena SupaBoy juga ada colokan kabel dibelakangnya agar kita bisa main di layar TV kita yang besar. Harganya lumayan mahal, sekitar Rp. 800.000-an.

Tapi rasanya SupaBoy bukanlah hadiah natal/tahun baru yang cocok untuk anak-anak jaman sekarang. Hanya mereka yang hari ini umurnya "cukup" yang bisa mengerti nilai dari game-game SNES ini.

Ahh, jadi ingat masa lalu yang indah...


Bagikan

28 Desember 2011

10.000 Tiket Gratis Ke Jepang? Maaf Ya


Masih ingat dengan pengumuman Badan Pariwisata Nasional Jepang yang berencana akan membagikan 10.000 tiket gratis untuk jalan-jalan ke Jepang?

Klik disini untuk baca beritanya.

Sayangnya, rencana tersebut telah resmi dinyatakan batal. Tidak akan ada pembagian tiket gratis apapun dari pemerintah Jepang, apalagi yang jumlahnya fantastis, sebanyak 10.000 tiket. Kenapa batal? Karena para anggota dewan disana menganggap biayanya terlalu besar.

10.000 Tiket Gratis Ke Jepang? Maaf Ya

"Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada orang-orang yang sudah mendukung kami sejak pengumuman ini keluar pada bulan Oktober lalu," kata juru bicara Badan Pariwisata Nasional Jepang. "Dengan berat hati pula kami umumkan bahwa program pembagian tiket gratis ini batal karena tidak disetujui oleh para dewan perwakilan rakyat."

Mengingat banyaknya masalah yang menimpa Jepang saat ini, rasanya wajar kalau rencana ini dibatalkan. Bayangkan apa yang akan dirasakan para korban bencana gempa dan tsunami jika uang sumbangan yang dikumpulkan dengan susah payah ternyata digunakan untuk memberikan tiket gratis kepada para wisatawan untuk bersenang-senang.



Bagikan

27 Desember 2011

Wendy's Hadir Lagi Di Jepang


Wendy's, restoran cepat saji asal Amerika yang pada tahun 2009 lalu menutup usahanya di Jepang, hari Selasa ini telah kembali dan membuka cabang pertamanya di Tokyo.

Wendy's Hadir Lagi Di Jepang

Wendy's menutup semua 71 restorannya di seluruh Jepang pada Desember 2009 karena kontraknya dengan pemegang lisensi Zensho Co. Ltd telah berakhir setelah 29 tahun bekerja sama. Tapi mereka tidak mau lama-lama menutup usahanya, karena mereka tahu bahwa Jepang adalah pasar makanan cepat-saji yang terbesar No.2 setelah Amerika Serikat.

Dengan menggandeng mitra bisnis yang baru, Higa Industries, Wendy's menciptakan paket makanan baru yang bernama "Japan Premium" dan berencana untuk membuka 100 restoran dalam 5 tahun.



Bagikan

26 Desember 2011

Para Otaku Juga Ikut Merayakan Natal


Setiap orang merayakan pesta natal dengan caranya masing-masing. Ada yang jalan bersama keluarga, ada yang kencan bersama kekasihnya, ada pula yang makan seorang diri di rumah, seperti para otaku dibawah ini...

Para Otaku Juga Ikut Merayakan Natal

Para Otaku Juga Ikut Merayakan Natal

Para Otaku Juga Ikut Merayakan Natal

Para Otaku Juga Ikut Merayakan Natal

Para Otaku Juga Ikut Merayakan Natal

Yup. Mereka adalah orang-orang yang belom punya pacar. :(



Bagikan

25 Desember 2011

Merii Kurisumasu! 2011


Merii Kurisumasu! 2011


Selamat Natal = Merii Kurisumasu / メリークリスマス


Bagikan

24 Desember 2011

Natal Di Jepang Sedikit Berbeda


Ahh, natal telah tiba.

Meskipun sebagian besar orang Jepang beragama Shinto dan Buddha -- dan tanggal 25 Desember bukan merupakan hari libur nasional -- mereka tidak melewatkan perayaan natal begitu saja.

Masyarakat Jepang termasuk masyarakat yang memiliki sikap toleransi yang tinggi antar umat beragama, maka dari itu tidaklah heran kalau perayaan natal di Jepang hampir selalu diwarnai dengan lampu-lampu yang menghiasi malam dengan indah.

Terutama bagi para kawula muda disana, hari natal dianggap sama seperti hari valentine, dimana mereka saling bertukar hadiah satu sama lain. Atau, bagi mereka yang masih single, hari natal adalah momen yang sangat tepat untuk menyatakan cinta.

Natal Di Jepang Sedikit Berbeda


Tapi yang luar biasa, banyak sekali orang Jepang yang menganggap bahwa hidangan spesial di hari natal adalah hidangan dari paket menu KFC!

Ya, Kentucky Fried Chicken di Jepang memang hebat. Mereka adalah pencipta promosi hidangan natal yang pertama di negeri matahari terbit. Sejak tahun 1974, KFC memang sangat gencar melakukan kampanye di televisi Jepang saat natal tiba. Sampai-sampai, orang Jepang menganggap hidangan natal yang wajib adalah menu ayam goreng dari KFC.

KFC Jepang pun sangat senang karena penjualan tertinggi mereka selama satu tahun ada di bulan Desember.

Natal Di Jepang Sedikit Berbeda


Bagikan

Jepang Bersiap Menyambut Natal


Seorang penyelam berkostum Sinterklas memberikan makan ke seekor hiu paus di taman akuarium Hakkeijima Sea Paradise, Yokohama.

Jepang Bersiap Menyambut Natal



Bagikan

22 Desember 2011

Grup Boy Band Korea Ditangkap & Di Penjara Di Jepang


Polisi Jepang telah menangkap dan memenjarakan satu grup boy band asal Korea Selatan yang tampaknya sedang mengadakan konser musik di Jepang.

Grup Boy Band Korea Ditangkap & Di Penjara

Kenapa mereka ditangkap? Rupanya mereka sedang mencari uang di Jepang dengan visa turis! Grup yang baru saja memulai debut mereka di tangga musik K-Pop itu masuk ke Jepang pada bulan Oktober lalu sebagai turis, tapi mereka dan agensinya tetap saja nekat melakukan beberapa konser disana.

Tentu saja perbuatan mereka dianggap ilegal, dan sekarang setelah dipulangkan ke Korea, mereka tidak akan bisa datang ke Jepang lagi dalam waktu yang cukup lama. Simak video penangkapan mereka...





Bagikan

21 Desember 2011

Puing-Puing Bekas Tsunami Tiba Di Amerika


Setelah kejadian mengerikan yang hampir melumpuhkan Jepang 9 bulan yang lalu, puing-puing pertama bekas tsunami akhirnya tiba di Amerika Serikat.

Puing-Puing Bekas Tsunami Tiba Di Amerika


Bagikan

19 Desember 2011

[Film] Rurouni Kenshin / Samurai X


Akhirnya, yang ditunggu-tunggu menjadi kenyataan juga!

Pada tanggal 28 Juni yang lalu, pihak Warner Bros Jepang mengumumkan bahwa mereka sedang memproduksi film adaptasi dari serial manga terkenal karangan Nobuhiro Watsuki, yaitu film LIVE ACTION (non-anime) Rurouni Kenshin.

Nah, beberapa hari yang lalu mereka mengeluarkan trailer film tersebut dan mengatakan bahwa film Rurouni Kenshin akan diedarkan di seluruh Jepang pada tanggal 25 Agustus 2012.

Aktor yang memerankan Kenshin adalah Takeru Satoh, yang terkenal setelah main menjadi Kamen Rider Den-O. Sedangkan yang memerankan karakter Kaoru adalah Emi Takei, aktris muda yang rasanya kok gak terlalu cocok untuk menjadi Kaoru.

Simak trailernya...




Berikut adalah video musik berjudul "Kagen no Tsuki" yang dinyanyikan oleh Domoto Koichi...



Pameran:

1. Takeru Sato sebagai Himura Kenshin
2. Emi Takei sebagai Kamiya Kaoru
3. Munetaka Aoki sebagai Sanouske Sagara
4. Yuu Aoi sebagai Megumi Takani
5. Taketo Tanaka sebagai Yahiko Myojin



Bagikan

15 Desember 2011

[Video] Rekaman Terbaru Saat Tsunami Menyapu


Kita telah melihat banyak rekaman video saat tsunami menerjang Jepang pada 11 Maret 2011 lalu, tapi video berikut ini adalah video terbaru yang ditayangkan oleh stasiun televisi di Inggris.

Simak videonya...




Bagikan

14 Desember 2011

Sepatu Kaos Kaki Atau Kaos Kaki Sepatu?


Satu lagi ide yang tidak terpikirkan oleh orang lain. Sederhana, tapi luar biasa. Produk ini sebenarnya adalah produk kaos kaki biasa, tapi mempunyai corak layaknya sepatu kita.

Sepatu Kaos Kaki Atau Kaos Kaki Sepatu?

Sepatu Kaos Kaki Atau Kaos Kaki Sepatu?

Sepatu Kaos Kaki Atau Kaos Kaki Sepatu?

"Kutsu-Kutsushita" atau "Sepatu Kaos Kaki" ini adalah produk ciptaan Sunayama Socks yang terinspirasi dari kebiasaan orang Jepang yang selalu melepas sepatu tapi tetap menggunakan kaos kaki saat bertamu.

Dengan adanya corak yang menyerupai sepatu, maka orang yang memakai kaos kaki ini akan merasa bahwa dia masih menggunakan sepatu. Apa kamu tertarik? Harganya *cuma* Rp. 147.000,- per pasang.



Bagikan

13 Desember 2011

Susu Formula Di Jepang Tidak Aman?


Beberapa hari ini terdapat berita dimana sebuah perusahaan pengelola makanan, Meiji, yang menarik kembali sedikitnya 400.000 produk susunya di pasaran karena produk tersebut telah terkontaminasi zat radioaktif nuklir yang diduga dapat menimbulkan penyakit kanker.

Susu Formula Di Jepang Tidak Aman?

Lalu apakah ini berarti semua produk Jepang yang diekspor ke seluruh dunia juga telah terkontaminasi? Apakah benar berbahaya? Mari kita lihat.

Berdasarkan penyelidikan The Houston Press di Amerika Serikat pada tahun 2010, ternyata banyak sekali makanan dan buah-buahan yang kita makan setiap hari juga terkontaminasi oleh zat radioaktif, seperti pisang dan wortel.

Berikut datanya...

1. Pisang – terdapat zat radioaktif sebanyak 130 becquerels/kg
2. Wortel – 126 becquerels/kg
3. Kentang – 118 becquerels/kg
4. Kacang Brazil – 44 becquerels/kg
5. Kacang buncis – 170 becquerels/kg

Ya, ternyata pisang pun bisa mengakibatkan kanker pada tubuh kita!

Zat radioaktif yang terdapat dalam buah-buahan ini tercipta akibat proses alami (mungkin karena terkena sengatan cahaya matahari). Tapi jangan takut dulu, karena tubuh manusia bisa mengeluarkan zat radioaktif ini saat kita buang air kecil dan besar. Dan, untuk pisang menjadi makanan berbahaya bagi tubuh manusia, kita harus memakan lebih dari 800 buah dalam 1 hari.

Sedangkan zat yang ditemukan dalam kaleng susu "Meiji Step" memang benar adalah zat radioaktif jenis cesium. Tapi kandungan cesium yang ditemukan hanya sebanyak 22 sampai 31 becquerels per kilogram, ini masih jauh dibawah standar toleransi yang diizinkan yaitu makanan tidak boleh melebihi 200 becquerels per kilogram. Bahkan Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan Jepang sudah menyatakan bahwa mengkonsumsi susu “Meiji Step” tidak akan berdampak apapun pada kesehatan bayi.

Kesimpulannya? Tidak ada yang perlu dikhawatirkan.



Bagikan

12 Desember 2011

10 Desember 2011

[Film] Blind


Film pendek berdurasi 5 menit ini bercerita tentang keadaan dimana Tokyo sudah lama terkontaminasi radioaktif. Nonton filmnya disini...




Bagikan

09 Desember 2011

Anjing Tertua Di Dunia Ada Di Jepang


Sayangnya, dia sudah mati.

Anjing Tertua Di Dunia Ada Di Jepang

Pusuke, yang diakui sebagai anjing tertua di dunia tahun lalu oleh Guinness World Records, akhirnya mati karena usianya. Sang pemilik, Yumiko Shinohara, mengatakan bahwa Pusuke pergi dengan tenang dalam tidurnya.

Anjing jenis Shiba ini usianya telah mencapai 26 tahun 8 bulan. Ini sama artinya dengan 125 tahun umur manusia.



Bagikan

07 Desember 2011

8 Ferrari, 3 Mercedes, 1 Lamborghini Diablo, 1 Nissan GT-R, dan 1 Prius


Sebanyak itulah mobil-mobil yang hancur setelah mengalami tabrakan beruntun yang terjadi beberapa hari yang lalu. 8 mobil Ferrari, 3 Mercedes, 1 Lamborghini Diablo, 1 Nissan GT-R, dan 1 Toyota Prius hancur berantakan.

jepang

Polisi telah menginterogasi para saksi dan pengendara mobil-mobil mewah tersebut. Kesimpulannya adalah semua bermula ketika satu pengendara mobil Ferrari terdepan (berusia 60 tahun) yang berusaha menyalip kendaraan di depannya, tetapi malah menabrak pembatas jalan dan memaksa mobilnya berputar mengenai mobil-mobil lainnya di belakang.

Kondisi jalan yang basah akibat hujan juga menjadi salah satu faktor yang memperparah tabrakan beruntun di jalan tol ini. Tidak ada yang terluka serius dalam kecelakaan ini, tapi kerugian diperkirakan mencapai lebih dari Rp. 10 miliar. Tidaklah heran kalau ada orang yang menyebut kecelakaan ini sebagai "kecelakaan termewah" yang pernah terjadi di Jepang.

Mobil-mobil super mahal ini memang sedang dibawa jalan bersama dalam acara yang diselenggarakan oleh klub mobil mewah. Simak cuplikan beritanya berikut ini...




Bagikan

06 Desember 2011

Jepang Memenangi Kejuaraan Pemandu Sorak Dunia


Cheerleading World Championship 2011 dengan tema "Dare To Cheer" baru saja usai diselenggarakan di Hong Kong pada bulan November yang lalu. Hasilnya? Tahun ini tim Jepang menduduki peringkat pertama dalam 3 kategori sekaligus, yaitu Cheerleading All Female, Group Stunts All Female, dan Cheerleading Mixed.

Jepang Menang Kejuaraan Pemandu Sorak Dunia

Simak penampilan yang membuat tim Jepang meraih medali emas di video berikut ini...




Hei, jangan lupa juga dengan tim Indonesia! Yup, tim kita juga mengikuti kejuaraan tersebut. Berikut videonya...





Bagikan

05 Desember 2011

Sewa Film Di YouTube? Bisa!


Sekarang memang sudah jamannya serba instan, dimana kita tidak perlu lagi menyewa kepingan DVD lagi. Cukup mendaftar dan membayar biayanya, maka kita sudah bisa menonton film-film keluaran Hollywood langsung di YouTube.

Yup, situs video terbesar di dunia, YouTube.com, sekarang menawarkan fasilitas penyewaan (rental) film kepada para penggunanya di Jepang. Sebelumnya mereka sudah membuka pasar penyewaan film ini di Kanada dan Inggris.


Sewa Film Di YouTube? Bisa!


Cara kerjanya bagaimana? Kita pilih film apa yang kita mau nonton, kita bayar biaya rental-nya (berkisar antara Rp.10.000 s/d Rp.100.000 per film), lalu kita diberikan waktu 30 hari untuk menonton film tersebut.

YouTube telah bekerjasama dengan dua studio film terbesar di Jepang, yaitu Bandai dan Toei, untuk memberikan banyak pilihan film anime. Sedangkan untuk film-film Hollywood, YouTube telah menggandeng Warner Bros, NBC Universal, serta Sony Pictures Home Entertainment, yang berarti film-film Harry Potter juga bisa dinikmati.

Untuk pasar Indonesia bagaimana? Apakah para pengguna di Indonesia juga bisa menyewa film di YouTube? Sebaiknya jangan terlalu berharap banyak.



Bagikan

02 Desember 2011

Putri Aiko Berulang Tahun Yang Ke 10


Kemaren tanggal 1 November 2011, Putri Kekaisaran Jepang baru saja merayakan hari ulang tahunnya yang ke 10. Putri Aiko, satu-satunya anak Pangeran Naruhito dengan Putri Masako, tampak senang saat bermain bangun-bangunan bersama kedua orang tuanya di foto ini...

Putri Aiko Berulang Tahun Yang Ke 10

Tidak banyak berita yang beredar mengenai sang putri kecil ini. Saat ini dia bersekolah di Sekolah Dasar Gakushuin, Tokyo, dan dikabarkan sedang giat berlatih alat musik Cello karena dia masuk menjadi anggota klub orkestra di Gakushuin.

Pada awal November lalu, Putri Aiko menjalani rawat inap di rumah sakit Universitas Tokyo karena di diagnosa terserang penyakit mycoplasma pneumonia, sejenis infeksi pada paru-paru akibat bakteri. Sekarang dia masih dalam tahap pemulihan.



Bagikan

01 Desember 2011

Maskot-Maskot Terbaik Di Jepang


Selama akhir pekan kemaren, pagelaran National Yuru-chara Summit tahun 2011 (acara tahunan pemilihan maskot se-nasional) diselenggarakan di prefektur Saitama. Lebih dari 300 maskot dari seluruh Jepang menghadiri acara akbar tersebut. Di hari terakhir, panitia mengumumkan 3 pemenang yang memiliki nilai voting tertinggi.

Apa maskot nomor satu yang dipilih oleh orang Jepang?

Juara pertama adalah Kumamon dari prefektur Kumamoto (tengah), pemenang kedua adalah Bary-san dari kota Imabari (kiri) dan yang meraih tempat ketiga adalah Nishiko-kun (kanan) dari distrik Nishikokubunji, Tokyo.

Simak cuplikan videonya...





Hmm. Orang-orang yang mengenakan kostum maskot di Jepang merasa kepanasan atau tidak ya? Aku penasaran karena aku lihat mereka tampak selalu bersemangat seakan-akan di dalam kostum maskot tersebut terasa dingin.



Bagikan
Follow Us

Like Us!

Total Pageviews

© Apa Saja Yang Terjadi Di Jepang? All rights reserved | Search by Google