In Berita Dari Jepang Gempa Jepang Tsunami Jepang

Jepang Akan Bebas Nuklir?


Pemerintah Jepang akhirnya memutuskan untuk menghentikan semua reaktor PLTN (Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir) untuk waktu yang tidak ditentukan. Mereka sadar bahwa resiko yang harus ditanggung oleh warga Jepang terlalu besar daripada keuntungan yang diperoleh.

Dengan demikian, Jepang akan bebas nuklir untuk pertama kalinya sejak tahun 1966.

Jepang Akhirnya Bebas Nuklir

Sebelum gempa dan tsunami yang menghancurkan Jepang pada tanggal 11 Maret 2011 lalu, terdapat 54 reaktor nuklir yang menghidupkan sepertiga-nya Jepang. Lalu apa yang akan terjadi jika listrik tiba-tiba menghilang? Apakah mereka yang tinggal di kota yang sangat tergantung kepada PLTN sanggup hidup tanpa listrik?

"Jika pasokan listrik yang stabil tidak bisa kita dapatkan dalam waktu dekat, maka akan ada banyak produsen dalam negeri berpikir untuk pindah ke negara lain, yang pada gilirannya akan mengakibatkan banyak orang kehilangan pekerjaan," kata Takashi Imai, ketua Forum Industri Atom Jepang. "Perekonomian nasional jelas akan terganggu."

Jepang adalah negara yang tidak ingin tergantung kepada sumber daya alam yang tidak mereka miliki, karena itu mereka menggunakan tenaga nuklir. Tapi, apa mungkin bagi negara yang tergantung kepada nuklir tidak akan menggunakan tenaga nuklir lagi untuk selamanya?

Jepang Akhirnya Bebas Nuklir

Masih banyak pertanyaan yang belum bisa dijawab. Tapi kita tahu, tidak akan ada kemajuan tanpa pengorbanan. Yoko Kataoka, seorang pensiunan berkata, "Mari kita wariskan bumi untuk anak cucu kita bermain dengan aman dan nyaman."


Bagikan

Related Articles

2 comments:

  1. salut dah buat jepang bisa ngutamain keselamatan rakyatnya ..gak kya di sini ngotot pgn biking PLTN di bangka..kena gampa gmn tau....deuhhhhhhhh

    BalasHapus
  2. @Anonim - Oh, ada ya rencana pemda bikin PLTN di bangka? Jangan sampe deh. Jepang aja hancur, gimana Indo...

    BalasHapus