In Berita Dari Jepang Pendidikan Jepang

Murid SMA Bisa Langsung Masuk Ke Universitas


Dunia pendidikan Jepang akan mengalami perubahan drastis. Departemen Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Sains dan Teknologi (panjang amat) telah mengumumkan rencana pemerintah Jepang untuk memperkenalkan sistem "jalur cepat menuju kelulusan" untuk siswa-siswi Sekolah Menengah Atas. Apa sih arti dari sistem jalur cepat ini?

Artinya; murid-murid SMA akan diizinkan untuk langsung masuk ke universitas meskipun belum lulus SMA!

Murid SMA Jepang Bisa Langsung Masuk Ke Universitas

Tentu ada syaratnya. Para murid harus belajar selama dua tahun terlebih dahulu, lalu mengikuti ujian khusus untuk masuk ke universitas dan lulus. Kalau tidak lulus, ya harus belajar 1 tahun lagi mengikuti jalur normal pada umumnya.

Pihak kementerian Jepang menyatakan rencana tersebut diperkenalkan untuk mendorong pertumbuhan siswa, baik yang tergolong jenius maupun yang biasa-biasa saja. Sistem baru ini juga membantu para siswa mendaftar ke universitas favorit, dalam maupun luar negeri, dengan syarat yang lebih sederhana karena menggunakan jalur cepat.

Semua ini memang baru rencana, tapi bisa dipastikan persaingan antar murid di masa depan akan jauh lebih ketat dari sebelumnya. Ada kabar apa ya dari sistem pendidikan di Indonesia?



Bagikan

Related Articles

3 comments:

  1. Di Indonesia juga banyak kelas Accel kaya gini kan?
    cuma blajar 2 tahun trus kuliah ...
    tapi msti skolah jam 6 pagi pulang jam 6 sore --

    BalasHapus
  2. @Beelze - Iya, pada dasarnya semua negara ada program Accel, tapi belum dijadikan program resmi nasional. Nah, pemerintah Jepang berencana untuk meresmikannya jadi program nasional yang bisa diikuti oleh semua murid SMA.

    BalasHapus
  3. gila jepang, mending pindah aja mas ke jepang,

    BalasHapus