Pulau Aogashima, Keindahan yang Tersembunyi


Kita sering berpikir bahwa Jepang hanya terdiri dari 4 pulau saja (yaitu Hokkaido, Honshu, Shikoku dan Kyushu). Tapi kenyataannya, Jepang memiliki puluhan pulau kecil lainnya. Mereka banyak yang tersembunyi, alias jarang dibicarakan oleh banyak orang, meskipun pulau-pulau tersebut mempunyai pemandangan yang luar biasa.

Salah satunya adalah pulau Aogashima.

Pulau Aogashima, Keindahan yang Tersembunyi
Pulau Aogashima, Keindahan yang Tersembunyi
Pulau Aogashima, Keindahan yang Tersembunyi

Aogashima (yang berarti "pulau biru") adalah pulau vulkanik yang berada di kepulauan Filipina. Meskipun lokasinya 358 kilometer jauh dari kota Tokyo, pulau ini berada dibawah pengurusan pemerintah kota Tokyo.

Penduduknya hanya sekitar 200 orang yang rata-rata berprofesi sebagai nelayan dan petani. Disana terdapat 1 sekolah dan 1 kantor pos. Tidak ada hotel, tidak ada restoran. Ya, pulau ini sangatlah sepi. Kenapa? Karena Aogashima sendiri adalah gunung merapi yang bisa meletus setiap saat.

Tidak gampang untuk menuju ke Aogashima. Kita bisa menggunakan kapal ferry atau helikopter, tapi karena lokasinya yang sangat terpencil dan jauh dari pulau-pulau lainnya, maka cuaca menjadi perhatian utama. Kalau ada badai sedikit saja, maka tidak akan ada yang boleh keluar masuk pulau tersebut. Sesampainya disana pun tidak ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan selain mandi di tempat pemandian air panas.

Sempurna bagi mereka yang ingin beristirahat dari hiruk pikuk kota besar.



Aogashima = 青ヶ島


Bagikan

6 komentar:

  1. wohh.. mantab !! saya mw ksana !!!!!!!

    BalasHapus
  2. Sendy
    Alhamdulillah msh jauh dr filipina! Hahaha! Aku agak gimana gitu ma filipina! Gk suka aja klu pilipin akrab sm jepang!! Hehe aku aneh!

    BalasHapus
  3. pulau ini tahun lalu kena tsunami juga ga ?

    BalasHapus
  4. @sapril - Enggak kena kayaknya. Tapi kalaupun kena tsunami, gak akan ada efeknya.

    BalasHapus