Sepeda Punya Plat Nomor Sendiri?


Sebuah kelompok studi yang dibentuk oleh pemerintah kota Tokyo untuk mencari solusi demi menurunkan jumlah kecelakaan yang melibatkan pengendara sepeda serta meningkatkan etika bersepeda, baru saja merekomendasikan bahwa sepeda pun harus memiliki plat nomornya sendiri.

Sepeda (Bukan Motor) Akan Punya Plat Nomor Sendiri

Kelompok yang terdiri dari para ahli di bidang keselamatan lalu lintas dan pendidikan, mengatakan bahwa plat nomor resmi (sama seperti yang dimiliki oleh mobil dan motor) akan membuat pengendara sepeda lebih bertanggung jawab dan mengurangi jumlah sepeda yang ditinggalkan.

Shigeru Morichi, profesor dari National Graduate Institute for Policy Studies yang juga memimpin kelompok studi tersebut, menegaskan bahwa pemerintah harus segera mengambil tindakan atau jumlah kecelakaan yang melibatkan sepeda akan terus meningkat.

Sebenarnya pada bulan Januari lalu aturan baru telah diberlakukan di Tokyo, yaitu pengendara sepeda harus selalu berada di sisi kiri jalan. Saat ini pemerintah juga sedang membahas pemberian warna pada jalur khusus sepeda.

Kalau peraturan untuk memliki plat nomor sendiri ini benar-benar diterapkan, lama-lama orang harus mempunyai SIM untuk mengendarai sepeda nih.



Bagikan

5 komentar:

  1. sepeda saya di sini juga punya plat sendiri
    tulisannya Bike To Work. Hehehe

    BalasHapus
  2. bagus juga tuh^_^ kalo diterapkan di indo mungkin indo bakal gk terlalu berpolusi lagi

    BalasHapus
  3. ah, di indo jman skrg sepeda cuma jadi komunitass,...

    saya yg naek speda tiap hari, suka di tegor polisi/pngendara spedamotor/mobill,...

    mreka bilang "mnding naek motor" - "masih jaman naek speda???" - "ah nympah aja nih speda minggir" etc (yg ngative2a)

    pda hal saya lwat jalur kirii n gk mlanggar apapun,... dasar jakrta (pd maless) =.=

    BalasHapus