In Berita Dari Jepang Kekaisaran Jepang Sejarah Jepang

Peringatan 100 Tahun Wafatnya Kaisar Meiji


Kaisar Meiji mungkin adalah penguasa tertinggi kekaisaran Jepang yang paling diingat oleh rakyat Jepang. Kenapa? Karena di bawah kekuasaannya, Jepang berubah menjadi salah satu negara terkuat di dunia. Di bawah kepemimpinannya, Jepang melewati masa-masa perubahan kekuatan politik dan ekonomi yang kita kenal dengan masa Restorasi Meiji.

Kaisar Meiji

Meiji diangkat menjadi Kaisar Jepang yang ke 122 saat dia baru berusia 15 tahun setelah ayahnya, Kaisar Komei, diduga meninggal karena diracun. Banyak yang ragu apakah Kaisar Meiji benar-benar mempunyai kekuatan politik pada saat itu, karena Shogun dan para daimyo-lah yang berkuasa mutlak atas Jepang.

Tapi Meiji berhasil merebut kembali kekuatan politik Kaisar Jepang dari shogun dan merubah nama Edo menjadi Tokyo pada tahun 1868. Banyak film dan manga/anime yang menggambarkan konflik saat Restorasi Meiji berlangsung, termasuk diantaranya adalah serial Rurouni Kenshin dan film 'The Last Samurai' yang dibintangi oleh Tom Cruise.

Lahir pada tanggal 3 November 1852 dan meninggal di usianya yang ke 59 pada tanggal 30 Juli 1912, Kaisar Meiji adalah kakek buyutnya sang Kaisar Jepang yang sekarang berada di tahta yaitu Kaisar Akihito.

Peringatan 100 Tahun Wafatnya Kaisar Meiji

Dalam foto diatas, Kaisar Akihito sedang berada di kuil Meiji untuk berdoa dan memperingati 100 tahun wafatnya Kaisar Meiji.




Bagikan

Related Articles

1 comments: