Wanita Jepang Tidak Lagi Yang Berumur Paling Panjang


Setelah 26 tahun lamanya berada di puncak peringkat dunia, tahun ini harapan hidup wanita Jepang telah jatuh ke posisi kedua, dibawah Hong Kong. Ya, para perempuan dan wanita Jepang bukan lagi yang berumur paling panjang di dunia.

Wanita Jepang Tidak Lagi Yang Berumur Paling Panjang

Apa penyebabnya? Kenapa bisa sampai jatuh peringkat?

Kementerian Kesehatan dan Tenaga Kerja Jepang melaporkan bahwa bencana alam yang menewaskan hampir 20.000 jiwa pada tahun lalu adalah penyebab utama di balik penurunan angka rata-rata harapan hidup menjadi 85,90 tahun. Hal inilah yang akhirnya menempatkan para wanita Jepang berada di belakang Hong Kong dengan usia 86,7 tahun.

Bagaimana dengan para pria? Merekapun tidak luput dari angka penurunan. Harapan hidup rata-rata pria Jepang turun 0,11 tahun menjadi 79,4 tahun yang menyebabkan peringkat mereka juga turun dan bertengger bersama Italia di urutan 7 dunia. Lalu pria dari negara mana yang mempunyai predikat berumur paling panjang di seluruh dunia?

Yang memimpin adalah pria Swiss dengan rata-rata harapan hidup yang mencapai 80,2 tahun. Pihak Kementerian juga memperingatkan adanya peningkatan jumlah kasus bunuh diri pada tahun lalu yang memberikan kontribusi terhadap penurunan angka harapan hidup orang Jepang.



3 komentar:

  1. klo harapan hidup orang indonesia berapa ya??? :\

    BalasHapus
  2. @Lichaa - Harapan hidup orang Indo di kisaran 68.7 tahun (pria) dan 72.7 tahun (wanita).

    BalasHapus
  3. yang dibilang agan di atas sih itu jakarta dan sekitarnya,
    menurut ane sih indonesia lebih baik dari jepang

    BalasHapus