Perjudian Di Jepang: Undian Lotere Yang Menggiurkan


Perjudian di Jepang umumnya dilarang oleh hukum, tapi ada beberapa pengecualian, termasuk bertaruh di pacuan kuda dan undian lotere yang hadiah utamanya bisa mencapai 600 juta yen atau sekitar Rp. 60 miliar. Sangat menggiurkan bukan?

Takarakuji (宝くじ) adalah pesta lotere terbesar di seluruh Jepang yang diadakan secara rutin sepanjang tahun. Dengan berada dibawah naungan pemerintah, jenis perjudian ini memang diresmikan oleh undang-undang khusus untuk meningkatkan pendapatan pemerintah pusat dan daerah serta menawarkan suatu bentuk hiburan bagi banyak orang.

Perjudian Di Jepang: Undian Lotere Yang Menggiurkan
Perjudian Di Jepang: Undian Lotere Yang Menggiurkan
Perjudian Di Jepang: Undian Lotere Yang Menggiurkan

Ada tiga jenis undian lotere di Jepang, yaitu nomor unik, nomor yang dipilih bebas, dan kartu gosok. Setiap tiket lotere dijual dengan harga 100 hingga 500 yen (sekitar Rp. 10.000 sampai Rp. 50.000) dengan hadiah utamanya uang tunai yang biasanya sebesar 100 juta yen. Tapi pada akhir tahun seperti sekarang ini, hadiahnya bisa membengkak menjadi 600 juta yen.

Kenapa? Karena jika dilihat dari sisi psikologi, akhir tahun adalah waktunya untuk berbelanja besar-besaran, jadi orang akan lebih merasa "bebas" mengeluarkan uangnya. Makanya tidak heran kalau kita melihat antrian yang sangat panjang hanya untuk membeli tiket lotere di bulan November-Desember, juga dengan harapan mereka bisa merubah hidup mereka di tahun baru dengan membawa pulang ratusan juta yen.


2 komentar:

  1. Jd inget lagunya bang H.Rhoma, "Apapun nama dan bentuk judi, semuanya perbuatan keji.. jangan dilakukan dan jauhi!"
    hehe...

    BalasHapus
  2. @Lichaa - Beli tiket lotere masih murah lho. :)

    BalasHapus