In Anime Berita Dari Jepang Orang Jepang Otaku

Totoro Adalah Dewa Kematian!


Apa kamu sudah pernah nonton My Neighbor Totoro?

My Neighbor Totoro (となりのトトロ, Tonari no Totoro) adalah salah satu film anime terfavorit banyak keluarga, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa, semuanya menyukai kisah dua gadis kakak-beradik di suatu pedesaan Jepang yang indah dengan makhluk-makhluk ajaibnya. Tapi menurut beberapa orang, ada kegelapan yang mengintip di balik semua keceriaan itu. Kata mereka, Totoro bukanlah makhluk yang lucu.

Dia adalah Dewa Kematian.

Totoro Adalah Dewa Kematian

Tidak sedikit yang percaya bahwa Totoro adalah Dewa Kematian, sehingga orang-orang yang bisa melihat Totoro sebenarnya adalah orang-orang yang sudah dekat dengan kematian, atau memang sudah meninggal.

Dalam film tersebut -- spoiler alert bagi yang belum nonton! -- ketika Mei menghilang dan sandalnya ditemukan di kolam, Mei sebenarnya sudah tenggelam dan meninggal. Ketika Satsuki ditanya tentang sandal itu, dia tidak bisa mengatakan yang sebenarnya dan dia berbohong kalau sandal itu bukan milik Mei. Jadi, Satsuki pergi mencari Totoro dan seakan-akan berhasil membuka pintu ke dunia orang mati.

Dengan bantuan Totoro, Satsuki berhasil menemukan adiknya yang sudah meninggal dan akhirnya pergi bersama-sama ke rumah sakit untuk bertemu dengan ibu mereka. Di sana, satu-satunya orang yang bisa melihat kedua gadis tersebut adalah ibu mereka sendiri, yang juga akan segera meninggal. Dan dalam adegan terakhir, Satsuki dan Mei tidak memiliki bayangan sama sekali!

Teori ini tidak berhenti disitu. Ada kasus pembunuhan terkenal yang disebut dengan 'Insiden Sayama' (film My Neighbor Totoro berlangsung di Sayama) dimana dua perempuan kakak-beradik meninggal secara tragis. Yang satu karena dibunuh, yang satu lagi bunuh diri karena depresi. Cerita yang beredar mengatakan bahwa sang adik melihat penampakan seekor kucing hitam sebelum bunuh diri (Totoro memang berwujud mirip seperti kucing/kelinci hitam).

Jadi, apakah benar Totoro diciptakan untuk menjadi Dewa Kematian?


Related Articles

6 comments:

  1. Jadi gitu, ya ceritanya?? Padahal aku suka banget loch sama film itu^_^ gak nyangka ceritanya jadi gitu...>_<totoronya jadi serem

    BalasHapus
  2. @Ersa - Studio Ghibli sih bilangnya Totoro enggak dibuat untuk jadi dewa kematian.

    BalasHapus
  3. duh duh...
    padahal aku barusan nonton lho...

    BalasHapus
  4. @Zombie - Gak apa. Filmnya bagus kan?

    BalasHapus
  5. Pelajari apa yang bisa dipelajari dari sisi positifnya.

    BalasHapus
  6. Tonton dua kali biar loe bisa lihat perbedaan antara sandal mei dan sandal yang ditemukan dikolam,,, lihat baik2 adegan terakhir ketika mei meninggalkan rumah, disitu jelas banget pas mei lagi pake sendal, sendalnya di closeup supaya kelihatan jelas bentuk sendalnya yaitu berbentuk "=" (sama dengan), sedangkan yang ditemukan di kolam berbentuk "X" (silang) dengan bunga di atasnya, KESIMPULANnya teori loe tentang sandal gagal total, wkwkwk, sedih gak loe. kalo teori yg laennya sih gue belum yakin..

    BalasHapus