30 Januari 2012

L'Arc~en~Ciel World Tour 2012


Akhirnya, yang ditunggu-tunggu datang juga. L'Arc~en~Ciel, atau yang juga dikenal dengan nama Laruku, telah mengumumkan jadwal konser mereka di seluruh dunia. Dan mereka juga akan mengadakan konser di Jakarta, Indonesia!

L'Arc~en~Ciel World Tour 2012

Lebih tepatnya di Gelora Bung Karno, Lapangan D, Senayan. Bagi yang mau beli tiketnya, kamu bisa beli di RajaKarcis.com. Tapi menurut @Dewi69, semua tiketnya udah kejual habis. Saatnya cari di para calo.

Bagi kamu-kamu yang bakal nonton konsernya Laruku, kamu bisa kirim foto-foto kalian ke: [Jepang.net] -- supaya diposting disini. :)

Jadwal Tour:

03 Maret 2012: Asia World EXPO ARENA / Hong Kong, China
07 Maret 2012: IMPACT ARENA / Bangkok, Thailand
10 Maret 2012: MERCEDES-BENZ ARENA / Shanghai, China
17 Maret 2012: TWTC Nangang Exhibition Hall / Taipei, Taiwan
25 Maret 2012: Madison Square Garden / New York, USA
11 April 2012: indigO2 / London, UK
14 April 2012: Le Zenith / Paris, France
28 April 2012: Singapore Indoor Stadium / Singapore, Singapore
02 Mei 2012: Lapangan D Senayan / Jakarta, Indonesia
05 Mei 2012: Jamsil Gymnasium / Seoul, Korea



Bagikan

26 Januari 2012

3 Hal Di Jepang Yang Dianggap Kelewat Mahal Oleh Turis Asing


Kita tahu bahwa Jepang memang terkenal sebagai negara dengan biaya hidup yang tinggi. Tapi tampaknya beberapa hal sengaja dijual kelewat mahal disana. Berikut adalah 5 hal yang dianggap terlalu mahal oleh para turis asing yang sedang berkunjung ke Jepang...


1. Makan di Restoran

Meskipun ada banyak restoran menawarkan harga yang wajar karena krisis ekonomi, banyak turis mengatakan bahwa makan di restoran Jepang kelewat mahal. Keluhan utamanya adalah bahwa porsi yang dihidangkan terlalu kecil, sehingga harga totalnya akan lebih mahal bagi mereka yang biasa makan banyak.

Makan di Restoran Jepang


2. Buah Melon

Disini, buah melon (dari kota Yubari) pernah terjual dengan harga 2,5 juta yen atau sekitar Rp. 250 juta. Hampir semua turis asing terkejut bukan main ketika melihat sepasang buah melon yang dijual dengan harga antara 10.000 sampai 30.000 yen.

melon di jepang

Ternyata orang Jepang menganggap bahwa buah melon adalah buah eksklusif yang sangat cocok untuk diberikan sebagai hadiah kepada atasan, klien besar atau orang tua.


3. Tiket Bioskop

Mau nonton film di Jepang? Sebagai turis, sebaiknya gak usah. Harga rata-rata tiket bioskop di Amerika Serikat adalah $7,95 (sekitar Rp. 70.000). Di Indonesia, tiket bioskop dijual antara Rp. 35.000 sampai Rp. 50.000. Di Jepang, kita harus membayar minimal 1.800 yen atau sekitar Rp. 180.000 untuk sekali nonton.

Yup, itu adalah 3 hal yang menurut para turis kelewat mahal di Jepang. Sebenarnya ada banyak harga barang di Jepang yang dijual kelewat mahal, tapi karena mereka jalan-jalan sebentar, hanya itu yang mereka ingat dengan jelas. Apalagi yang melon itu.



Bagikan

25 Januari 2012

Kakak Adik Bertemu Setelah 60 Tahun Terpisah


Keduanya lahir di Amerika Serikat dari ayah berkewarganegaraan Jepang dan ibu berkewarganegaraan Amerika, tapi terpisah setelah ayah mereka meninggal dunia. Yang satu tinggal di Jepang dan yang satunya lagi menetap di Amerika.

Kakak Adik Bertemu Setelah 60 Tahun Terpisah

Hiroshi Kamimura (kiri) yang kini telah berusia 84 tahun akhirnya bisa bertemu kembali bersama kakaknya Minoru Ohye (kanan) yang berusia 86 tahun.

Setelah 60 tahun lamanya tidak bertemu muka, Minoru terbang dari California berkat program "Thrill of a Lifetime" (program reality show yang mengabulkan permintaan orang) untuk melihat adiknya yang tinggal Kyoto. Keduanya pun tidak menguasai bahasa yang sama, akhirnya pembicaraan pun didampingi penterjemah. Hiroshi berkata, "Aku sangat senang. Dia adalah satu-satunya saudara yang aku miliki, dan ini mungkin pertemuan kami yang terakhir."

Bagaimana dengan kamu? Bagaimana rasanya kalau kamu terpisah dengan saudara kandungmu selama 60 tahun?



Bagikan

24 Januari 2012

Apakah Jepang Merayakan Hari Raya Imlek?


Saat ini di seluruh dunia, dimanapun ada orang Tionghoa, mereka semua sedang merayakan hari raya tahun baru Imlek (tahun baru berdasarkan perhitungan kalender bulan). Entah itu di Asia, Amerika atau Eropa, semuanya sedang ramai menggelar pesta dari yang sederhana; makan malam dengan keluarga, sampai yang paling meriah; menggelar pesta kembang api besar-besaran.

Lalu bagaimana dengan orang Jepang? Apakah mereka juga ikut merayakan hari raya Imlek?

Jawabannya: tidak.

Pecinan di Nagasaki

Kalender bulan (lunar calendar) adalah jenis kalender yang digunakan oleh bangsa China sejak jaman dahulu kala, dan hari raya Imlek dihitung berdasarkan kalender ini. Kemudian bangsa Jepang mengadopsi kalender tersebut dan menggunakannya selama lebih dari 13 abad.

Sampai suatu saat, pemerintah Jepang pada masa restorasi Meiji melihat pentingnya komunikasi dengan bangsa barat, akhirnya mereka setuju memberlakukan kalender bangsa barat -- yaitu kalender Gregorian; seperti yang kita pakai saat ini -- secara resmi tepat pada tanggal 1 Januari 1873.

Maka dari itu bisa dibilang rakyat Jepang secara umum tidak merayakan hari raya Imlek sama sekali, meskipun agama Buddha adalah agama mayoritas disana dan mereka masih menggunakan kalender bulan untuk beberapa perayaan.

Tidak ada libur dan tidak ada pesta apa-apa. Tapi tentunya ada saja yang merayakan Imlek, seperti mereka yang berada di daerah pecinan di Yokohama Chinatown, Nagasaki Chinatown dan Kobe Chinatown.

Disana mereka merayakannya sama seperti di negara-negara lain; mereka makan-makan, main kembang api, dan membagi-bagikan angpao ke sanak keluarga mereka. Dan, yang mungkin akan menjadi tren di tahun baru naga ini adalah; ibu-ibu melahirkan.



Bagikan

22 Januari 2012

[Video] Tertibnya Orang Jepang Seperti Ini


Kalau kamu penasaran seberapa tertibnya orang Jepang jika dibandingkan dengan orang Indo, nonton video berikut ini sampai habis...



Video diatas diambil di sebuah acara Comiket (Comic Market) pada Desember 2011 lalu dimana para pengunjung datang dan mengantri dari tengah malam untuk bisa masuk ke gedung.


Bagikan

21 Januari 2012

19 Januari 2012

Akhirnya Terjadi Juga... Ayumi Cerai!


Ayumi, Ayumi...

Sudah aku bilang berkali-kali dari dulu... pernikahan kamu bersama bule gak jelas itu tidak akan berhasil. Klik disini untuk baca postinganku tahun lalu mengenai pernikahan Ayumi Hamasaki.

Akhirnya Terjadi Juga... Ayumi Cerai!

Beberapa hari yang lalu, Ayumi telah memasukkan permohonan cerainya ke kantor pemerintah kota Tokyo. Seperti yang telah diprediksi oleh banyak orang (termasuk aku), Ayumi akhirnya cerai dengan aktor/model asal Austria, Manuel Schwarz. Ayumi bahkan mengaku bahwa gagalnya pernikahan mereka adalah salahnya sendiri.

Ayumi menikah pada tanggal 1 Januari 2011 dan berencana untuk tinggal permanen di Amerika bersama suaminya. Tapi, kata Ayumi, semuanya berubah ketika bencana gempa dan tsunami menyerang Jepang pada tanggal 11 Maret lalu. Dia bilang dia tidak tega meninggalkan kampung halamannya yang sedang kacau balau.

Alasannya "bagus" amat.



Bagikan

18 Januari 2012

[Video] Buat Gigimu Menyala


Kemaren ada postingan tentang tato di gigi, sekarang ada video tentang orang-orang Jepang yang membuat gigi mereka bisa menyala dengan terang...




Bagikan

17 Januari 2012

Cuma Ada Di Jepang: Tato Gigi


Kamu tau tato? Kalau kamu sedang mempertimbangkan untuk membuat tato, pernah terpikir untuk bikin satu di gigimu?

Cuma Ada Di Jepang: Tato Gigi

Yup. Inilah tren yang sedang berkembang di kalangan anak muda Jepang. Kawat gigi sudah biasa kata mereka, sekarang waktunya bikin tato di tempat yang tidak biasa, yaitu di gigi. Atau bisa juga di kuku (nail art).

Tapi jangan khawatir dulu. Itu bukan tato permanen kok, melainkan tato sementara yang dijiplak di gigi kamu. Mengingat di Jepang banyak orang aneh, mungkin suatu hari nanti akan ada yang men-tato giginya secara permanen. Dengan jarum. Atau paku.



Bagikan

16 Januari 2012

KOBOT: Kendaraan Mini Super Canggih


Kowa Tmsuk mungkin baru saja berusia 10 bulan dan hanya mempunyai 5 karyawan tetap, tapi perusahaan kecil ini telah membuktikan kemampuannya dalam memproduksi kendaraan bertenaga listrik yang sudah terkoneksi dengan smartphone.

KOBOT: Kendaraan Mini Super Canggih

KOBOT: Kendaraan Mini Super Canggih


KOBOT adalah namanya. Kecil, canggih, dan designnya cantik pula. Kowa Tmsuk memproduksi 3 tipe untuk pasar Jepang, yaitu 2 motor dan 1 mobil mini. Yang luar biasa, motor KOBOT bisa melipat sendiri menjadi lebih kecil cukup dengan menekan satu tombol di smartphone kita.

Simak videonya...



Apa sebegini jauhnya teknologi bangsa kita tertinggal? :(



Bagikan

14 Januari 2012

Jepang Merayakan Hari Kedewasaan


Minggu lalu rakyat Jepang merayakan "Hari Kedewasaan" atau "Seijin no Hi" yang merupakan hari penyambutan para remaja Jepang yang baru saja beranjak menjadi orang dewasa yaitu mereka yang telah berusia 20 tahun.

Jepang Merayakan Hari Kedewasaan

Lihatlah, betapa bangganya laki-laki di foto atas ini. Dia belom tahu kalo cari duit itu susah. Hehehe.


Pada hari perayaan tersebut, laki-laki harus mengenakan kimono atau bisa juga jas formal. Sedangkan para perempuan mengenakan furisode, kimono khusus bagi perempuan yang belum menikah, lengannya panjang ke bawah dan mempunyai corak lebih mendetail serta berwarna cerah.

Menurut hukum di Jepang, usia 20 tahun adalah usia dimana seseorang sudah tidak lagi terlalu tergantung pada orang tua (di Indonesia usia masuk dewasa adalah 17 tahun, sedangkan Amerika Serikat 18 tahun).

Jepang Merayakan Hari Kedewasaan

Lalu perubahan apa saja yang terjadi dalam hidup mereka?

Mereka sudah boleh merokok, minum minuman beralkohol, main judi, menandatangani kontrak, dan mengikuti pemilihan umum. Dibalik semua hak-hak "istimewa" itu, mereka juga mendapatkan tanggung jawab baru.

Umumnya para orangtua sudah mulai mengikis uang jajan mereka dan menyarankan mereka untuk mulai mencari kerja. Dan kalau mereka melanggar hukum, mereka juga akan disidang sebagai orang dewasa dan masuk penjara. Segala hal memang ada enaknya, ada juga gak enaknya.



Bagikan

13 Januari 2012

[Video] Ikan Mas Koki Buatan Riusuke Fukahori


Mina-san! Maaf lagi sibuk banget belakangan ini jadi gak bisa posting banyak tulisan. Kemaren, Pratama Budiman ada kirim video ke aku (arigatou, Tama-san). Videonya memperlihatkan seorang seniman Jepang, Riusuke Fukahori, melukis ikan-ikan mas koki dengan cara yang sangat unik...




Bagikan

09 Januari 2012

Apa Dan Siapa Sih Danbo?


Dia sangat populer di seluruh dunia. Dia lucu dan dia menggemaskan....

Danbo Jepang

Danbo Jepang

Danbo Jepang

Danbo Jepang


Fenomena Danbo berawal dari Azuma Kiyohiko, pengarang manga "Yotsuba&!" yang mendapatkan tugas dari pihak sponsor Amazon Jepang untuk menciptakan sebuah karakter yang menggambarkan bisnis mereka.

Maka, terciptalah Danbo (段ボール) yang artinya kardus karton.

Amazon pun kemudian membuat dan menjual mainan figurinnya di situs mereka. Kenapa kardus karton? Karena Amazon setiap hari mengirim barang yang mereka jual dengan cara dimasukan ke dalam kardus-kardus karton. Tidak disangka sebuah karakter yang tercipta dari ide yang amat sangat sederhana ini ternyata disukai oleh para otaku mania.

Danbo muncul pertama kali di manga "Yotsuba&!" jilid 28, dimana Miura Hayasaka, salah satu karakter di manga tersebut, memakai kostum yang terbuat dari kardus karton.


Danbo Jepang



Bagikan

08 Januari 2012

[Video] Kompilasi Cosplay 2011


Berikut adalah video hasil kompilasi dari seorang photographer dan videographer profesional, Angel James de Ocampo, yang meliput cosplayer terbaik yang menghadiri konvensi anime di Amerika Serikat selama tahun 2011.

Cosplayernya cantik-cantik lho...




Bagikan

07 Januari 2012

Top 10 Kostum Cosplay Terlaris Di Jepang 2011


Siapa saja bisa menjadi cosplayer. Ada yang menjahit kostumnya sendiri, ada pula yang membeli kostum mereka di toko. Berikut adalah top 10 kostum cosplay terlaris yang dijual Cospa selama tahun 2011...


Top 10 Kostum Cosplay Terlaris Di Jepang 2011
Top 10 Kostum Cosplay Terlaris Di Jepang 2011
Top 10 Kostum Cosplay Terlaris Di Jepang 2011

Iya, semuanya kostum perempuan. Bisa tebak kostum siapa di peringkat pertama?



Bagikan

06 Januari 2012

Rekor Baru: Seekor Ikan Tuna Terjual Rp. 5,6 Miliar!


Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, pasar ikan terbesar di dunia, Tsukiji melakukan tradisi lelang perdana di tahun baru ini. Dan yang selalu menjadi sorotan publik di seluruh dunia adalah berapa harga tertinggi yang berani dibayar untuk 1 ekor ikan tuna.

Rekor Baru: Seekor Ikan Tuna Terjual Rp. 5,6 Miliar

Hasilnya? Rekor dunia baru telah tercipta. Operator restoran Sushi-Zanmai di Tokyo, Kiyomura Co, telah membayar 56 Juta Yen atau sekitar Rp. 5,6 Miliar setelah memenangi seekor ikan tuna sirip biru seberat 269 kg pada acara lelang kemarin.

Pada umumnya seekor ikan tuna besar bisa dipotong tipis-tipis menjadi 10.000 bagian. Ini berarti, restoran Sushi-Zanmai harus menjual ikan tuna tersebut dengan harga Rp. 560 ribu per 1 irisan tipis hanya untuk balik modal -- belum untung lho!


sushi mahal


Tapi yang luar biasa, restoran Sushi-Zanmai tidak akan menjual dengan harga setinggi itu. Restoran lain mungkin akan menjualnya lebih dari Rp. 560 ribu per iris dan hanya orang-orang kaya saja yang mampu membelinya, tapi Kiyoshi memutuskan untuk menjual sushi ikan tuna barunya dengan harga Rp. 50.000 untuk setiap irisnya.

Rugi? Jelas. Tapi Kiyoshi tidak takut. "Ini bukan hanya soal uang. Kami percaya akan adanya hal-hal positif yang datang setelah kami membeli ikan ini," kata Kiyoshi Kimura, presiden direktur Kiyomura Co. "Ini juga tentang semangat orang Jepang."

Kiyoshi menambahkan bahwa perusahaan asing telah mengalahkannya di acara lelang Tsukiji dalam tiga tahun terakhir, jadi dia berpikir sekarang saatnya perusahaan orang Jepang yang menang. Sekarang saatnya ikan tuna termahal di dunia dimakan oleh orang-orang Jepang sendiri, bukan untuk di eskpor ke luar negeri.

Menurut data dari PBB, orang Jepang memakan lebih banyak ikan dibandingkan penduduk negara maju lainnya, dengan rata-rata mengkonsumsi 56,7 kilogram per tahun. Ikan juga menyumbang 23% dari total jumlah protein dalam makanan harian orang Jepang, jauh diatas Amerika Serikat dengan hanya 4%.

"Pembelian tersebut menunjukkan bahwa perusahaan-perusahaan Jepang masih memiliki stamina," kata Masao Morita, salah satu direktur Sony Pictures Entertainment Japan, hari ini di Tokyo.

*Catatan: Disini saya anggap 1 Yen = Rp. 100,-



Bagikan

05 Januari 2012

Top 10 Box Office Jepang Di Tahun 2011


10. Meitantei Conan: Chinmoku no kuota (Detective Conan: Quarter of Silence) -- Total Pendapatan: $38,010,276

Detective Conan: Quarter of Silence


09. Cars 2 -- Total Pendapatan: $38,124,194

Cars 2


08. Gantz -- Total Pendapatan: $40,127,423

Gantz 2011


07. SP: The Motion Picture Kakumei Hen -- Total Pendapatan: $40,242,318

SP: The Motion Picture Kakumei Hen


06. Sutekina Kanashibari (Once in a Blue Moon) -- Total Pendapatan: $49,645,750

Sutekina Kanashibari


05. Gekijouban Pokketo Monsuta Besuto Wisshu (Pokemon: Best Wishes) -- Total Pendapatan: $53,387,786

Pokemon: Best Wishes


04. Transformers 3 -- Total Pendapatan: $54,167,274

Transformers 3


03. Kokuriko-Zaka Kara -- Total Pendapatan: $56,029,61

Kokuriko-Zaka Kara


02. Pirates of the Caribbean: On Stranger Tides (3D) -- Total Pendapatan: $108,856,481

Pirates of the Caribbean: On Stranger Tides


01. Harry Potter and the Deathly Hallows (Part Two) -- Total Pendapatan: $124,331,909


Harry Potter and the Deathly Hallows



Bagikan

02 Januari 2012

Serah-Terima Tugas Dari Kelinci Ke Naga


Orang Jepang melakukan upacara "serah-terima tanggung jawab" dari kelinci (hewan yang melambangkan shio di tahun 2011) kepada naga (hewan yang melambangkan shio di tahun 2012 ini).

Dari Kelinci Ke Naga

Tapi aku yakin itu yang di akuarium bukan naga, melainkan kuda laut. Ya kan?



Naga = Doragon / ドラゴン


Bagikan

01 Januari 2012

Selamat Tahun Baru 2012!


Selamat Tahun Baru 2012!


Selamat Tahun baru = Akemashite Omedetou / あけましておめでとう


Bagikan
Follow Us

Like Us!

Total Pageviews

© Apa Saja Yang Terjadi Di Jepang? All rights reserved | Search by Google