29 Juli 2012

[Video] Semangat OIimpiade!





[Video] Olimpiade: Mr. Bean


Kali ini videonya tidak berhubungan dengan Jepang, tapi Mr. Bean yang turut memeriahkan pesta pembukaan Olimpiade London kemaren...





28 Juli 2012

Sikat Gigi Seharga Handphone!


Apa itu sikat gigi nanomineral? Sikat gigi yang mengandung lapisan mineral berukuran nano (tidak bisa dilihat dengan mata manusia) yang diklaim bisa membunuh kuman-kuman yang ada di dalam mulut tanpa odol serta menghilangkan bau mulut dan menjaga kesegarannya selama satu hari penuh. Sekilas terlihat seperti sikat gigi biasa...

Sikat Gigi Nanomineral
Sikat Gigi Nanomineral



Kalau keluargaku tahu aku beli sikat gigi super ini, aku pasti kena marah habis-habisan. Kenapa? Karena harganya yang mencapai Rp. 1.000.000,- per 1 set!



26 Juli 2012

Juara Dunia Sepakbola Wanita Dihargai Tiket Kelas Ekonomi


Kontingen Indonesia telah tiba di London, Inggris, untuk mengikuti pagelaran olahraga terbesar di dunia yaitu Olimpiade XXX. Bagaimana dengan kontingen dari Jepang?

Juara Dunia Sepakbola Wanita Dihargai Tiket Kelas Ekonomi

Nadeshiko (nama julukan tim sepakbola wanita Jepang) baru saja memenangi turnamen piala dunia sepakbola wanita FIFA tahun 2011. Mereka berhasil mengalahkan tim kuat Amerika Serikat di pertandingan final yang berlangsung spektakuler. Kemenangan tim Nadeshiko pun telah memberikan semangat kepada semua orang Jepang setelah negeri mereka dihantam gempa dan tsunami yang hebat. Waktu itu, mereka disambut bak pahlawan super.

Sayangnya, kemenangan itu dihargai dengan tiket kelas ekonomi.

Ya, tim pemenang FIFA Women's World Cup itu telah berangkat ke Inggris dengan tiket kelas ekonomi. Sedangkan tim sepakbola pria (junior) Jepang, yang berangkat bersama mereka, yang belum pernah memenangi kejuaraan apapun, terbang dengan tiket kelas bisnis, duduk di kursi yang lebih besar dan lebih empuk.

Tiket Pesawat Kelas Bisnis

Tiket pesawat terbang kelas ekonomi dari Jepang ke Eropa harganya sekitar Rp. 16 juta, jauh dibawah kelas bisnis yang harganya mencapai Rp. 40 juta per kursi. "Seharusnya kami yang duduk di kelas bisnis dan mereka duduk di kelas ekonomi," kata Homare Sawa, pesepakbola wanita terbaik tahun 2011. "Bahkan jika dilihat dari segi umur saja, kami lebih senior."

Tahun ini, tim sepakbola wanita Jepang ditargetkan untuk menyumbang medali emas atau paling tidak perunggu, sedangkan Tim sepakbola pria Jepang sama sekali tidak ada target untuk menyumbang medali apapun. Pada Olimpiade tahun ini tercatat lebih banyak atlit wanita yang akan berlaga di arena pertandingan ketimbang atlit pria, tapi tampaknya wanita masih mendapatkan perlakuan dibawah pria.




21 Juli 2012

Selamat Menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan 1433 H

Menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan Di Jepang

Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan kepada teman-teman pecinta Jepang yang melaksanakannya.



Bagikan

20 Juli 2012

Peringatan 100 Tahun Wafatnya Kaisar Meiji


Kaisar Meiji mungkin adalah penguasa tertinggi kekaisaran Jepang yang paling diingat oleh rakyat Jepang. Kenapa? Karena di bawah kekuasaannya, Jepang berubah menjadi salah satu negara terkuat di dunia. Di bawah kepemimpinannya, Jepang melewati masa-masa perubahan kekuatan politik dan ekonomi yang kita kenal dengan masa Restorasi Meiji.

Kaisar Meiji

Meiji diangkat menjadi Kaisar Jepang yang ke 122 saat dia baru berusia 15 tahun setelah ayahnya, Kaisar Komei, diduga meninggal karena diracun. Banyak yang ragu apakah Kaisar Meiji benar-benar mempunyai kekuatan politik pada saat itu, karena Shogun dan para daimyo-lah yang berkuasa mutlak atas Jepang.

Tapi Meiji berhasil merebut kembali kekuatan politik Kaisar Jepang dari shogun dan merubah nama Edo menjadi Tokyo pada tahun 1868. Banyak film dan manga/anime yang menggambarkan konflik saat Restorasi Meiji berlangsung, termasuk diantaranya adalah serial Rurouni Kenshin dan film 'The Last Samurai' yang dibintangi oleh Tom Cruise.

Lahir pada tanggal 3 November 1852 dan meninggal di usianya yang ke 59 pada tanggal 30 Juli 1912, Kaisar Meiji adalah kakek buyutnya sang Kaisar Jepang yang sekarang berada di tahta yaitu Kaisar Akihito.

Peringatan 100 Tahun Wafatnya Kaisar Meiji

Dalam foto diatas, Kaisar Akihito sedang berada di kuil Meiji untuk berdoa dan memperingati 100 tahun wafatnya Kaisar Meiji.




Bagikan

19 Juli 2012

Dijual Tanah Di Jepang Hanya Rp. 12.000 Per Meter


Selama ini kita tahu bahwa Jepang adalah negara yang apa-apa serba mahal. Kalau produk seperti buah melon saja dijual kelewat mahal bagi ukuran dompet kita, apalagi harga tanah. Pasti akan sangat mahal.

Dijual Tanah Di Jepang Hanya Rp. 12.000 Per Meter

Tapi berita ini benar adanya. Ada yang menjual tanahnya dengan harga Rp. 12.000,- per meter. Dimana? Di Yuni, sebuah kota kecil yang terletak di pulau Hokkaido. Rupanya pemerintah kota Yuni sedang mempromosikan tanah seluas 330 meter persegi di kota mereka agar ada warga dari kota besar yang mau datang dan membeli tanahnya. Mereka melakukan ini karena penduduk di kota Yuni, yang sekarang tercatat hanya 5.900 jiwa, semakin hari semakin sedikit.

Dengan adanya promo ini, mereka berharap jumlah penduduk mereka bertambah. Karena syaratnya adalah bagi mereka yang sudah membeli tanah tersebut, mereka harus membangun rumah dan tinggal di dalamnya. Harga tanah yang normal di kota Yuni sendiri adalah Rp. 600.000,- per meter.

Mau tahu berapa harga tanah di kota Tokyo? Harga tanah di distrik Ginza yang terkenal dengan keramaiannya bisa mencapai Rp. 2.000.000.000,- (2 Miliar) per meternya!

Harga Tanah Di Kota Tokyo

Memang, tanah yang dijual murah bukan di kota besar, tapi lumayanlah. Kalau kita beli, kan kita bisa berbangga dengan memiliki tanah di Jepang, betul? Lagipula, kota Yuni mempunyai pemandangan indah yang tidak kalah dengan kota-kota lainnya.



Tanah = Tochi / 土地


Bagikan

18 Juli 2012

Patung Raksasa [One Piece] Yang Seksi


Tampaknya Jepang suka dengan yang besar-besar ukurannya.

Kalau beberapa tahun lalu ada robot Gundam berukuran raksasa, sekarang karakter One Piece yang dibuat patung raksasanya. Bukan Luffy, bukan Nami, bukan juga Nico Robin, melainkan Putri Shirahoshi dari serial manga/anime One Piece yang menarik banyak pengunjung datang ke Shirahoshi Mermaid Park di Odaiba.

Patung Raksasa One Piece Yang Seksi
Patung Raksasa One Piece Yang Seksi
Patung Raksasa One Piece Yang Seksi

Putri Shirahoshi adalah putri duyung di kerajaan Ryugu, anak dari Raja Neptunus, yang memang terlahir sebagai raksasa. Pada saat Shirahoshi masih balita, ukurannya sudah jauh lebih besar daripada ibunya dan kakak-kakaknya sendiri. Pertama kali muncul di serial manga One Piece edisi 62, karakter Shirahoshi digambarkan sebagai gadis berusia 16 tahun yang lugu dan manja.

Patungnya cukup seksi ya? Udah mulai masuk ke bulan puasa nih, jadi enggak boleh munculin postingan seperti ini lagi. :)


Bagikan

17 Juli 2012

Buku Manga Super Mini


Kamu suka baca komik (manga) Jepang? Kamu suka sesuatu yang bentuknya kecil dan imut-imut? Mungkin kamu akan tertarik dengan buku manga super mini berikut ini...

Buku Manga Super Mini Osamu Tezuka
Buku Manga Super Mini Osamu Tezuka
Buku Manga Super Mini Osamu Tezuka

Komik-komik super mini yang dijual satu paket (berisi 200 komik) sekaligus dengan rak-nya ini adalah karangan (alm) Osamu Tezuka, sang dewa manga. Harganya mencapai Rp. 13 juta. Ukurannya yang kecil membuat komiknya mudah dibawa kemana-mana. Mungkin hanya otaku sejati yang rela membeli koleksi buku komik super mini dengan ukuran 5 x 6,8 cm ini.


Bagikan

14 Juli 2012

Koleksi 1000 Foto Tua Di Harvard Library


Bagi kamu yang tertarik dengan sejarah dan masa lalunya Jepang, kamu pasti akan tertarik dengan apa yang disediakan oleh Perpustakaan Online milik Universitas Harvard.

Koleksi Foto Tua Dari Jepang Di Harvard
Koleksi Foto Tua Dari Jepang Di Harvard
Koleksi Foto Tua Dari Jepang Di Harvard

"Koleksi ini menangkap momen yang bersejarah dan menunjukkan potensi yang luar biasa dari kolaborasi antara Harvard dengan keterampilan para staf yang bekerja siang dan malam, memperbaiki foto-foto pada proyek ini," kata Franziska Frey, kepala pelestarian, konservasi dan digital imaging untuk Perpustakaan Harvard.

Klik disini untuk melihat koleksi foto-foto Jepang di era Meiji (1868-1912) selengkapnya.



Bagikan

13 Juli 2012

Hujan Lebat Memaksa 50.000 Orang Mengungsi




Hujan dimulai pada Kamis dini hari di prefektur Kumamoto dan Oita dengan curah hujan yang mencapai 500 milimeter per jam. Tercatat lebih dari 10 orang meninggal, 15 hilang, serta 50.000 (sekarang) 240.000 orang dipaksa mengungsi ke daerah yang lebih aman. Badan Meteorologi Jepang menyatakan bahwa hujan yang melanda prefektur Kumamoto dan Oita sekarang ini adalah yang terparah dalam 50 tahun terakhir.

Tampaknya bencana alam masih mengincar Jepang sebagai sasarannya.



Bagikan

08 Juli 2012

Doraemon Mengajar Cara Sikat Gigi


Ingin anak anda mau bersikat gigi sendiri tanpa disuruh? Ingin anak anda tahu cara sikat gigi yang baik dan benar? Boneka Doraemon dan Doremi berikut ini mungkin bisa mambantu...

Doraemon Mengajar Cara Sikat Gigi

Err... kok rasanya agak serem ya?



Bagikan

07 Juli 2012

Tanabata, Festival Cinta Pada Malam Ketujuh


Orihime, putri Kaisar Tentei, adalah seorang dewi penenun yang membuat pakaian-pakaian indah untuk ayahnya. Pada suatu hari ia duduk termenung di samping sungai Amanogawa. Rupanya Orihime sedang diliputi kesedihan karena ia saking sibuknya dengan tenunan sampai-sampai dia tidak bisa jatuh cinta.

Tentei, sang penguasa langit, pun ikut sedih. Lalu dia mengatur sebuah pernikahan untuknya dengan Hikoboshi, si penggembala sapi, yang tinggal di seberang sungai. Pasangan itu sangat bahagia dan sangat mencintai satu sama lain. Mereka bertemu setiap hari. Akibatnya, mereka mengabaikan pekerjaan mereka. Mereka lupa kalau mereka mempunyai kewajiban yang harus mereka lakukan.

Ini membuat marah Kaisar Tentei, sehingga dia memutuskan untuk memisahkan pasangan tersebut dan menempatkan mereka kembali di sisi sungai yang berlawanan. Tentei menetapkan bahwa pasangan itu hanya boleh bertemu dan melihat satu sama lain pada satu malam setiap tahunnya, yaitu pada hari ketujuh di bulan ketujuh.

Tanabata, Festival Cinta Pada Malam Ketujuh

Tanabata (juga dikenal sebagai festival bintang) adalah festival yang merayakan penyatuan antara dua orang yang sedang jatuh cinta yang sudah lama tidak bertemu. Festival ini berasal dari negeri China dan dianggap hari Valentine-nya orang China dimana banyak pasangan kekasih merayakan dengan makan malam sederhana nan romantis.

Dalam tradisi Jepang, orang-orang menulis keinginan mereka pada kertas tanzaku (kertas berwarna-warni) dan menggantungnya pada pohon bambu. Orang juga menghiasi pohon bambu dengan berbagai macam ornamen dan dekorasi kertas serta menempatkannya diluar rumah mereka.

Keinginan yang ditulis pun bisa bermacam-macam. Tidak harus berhubungan dengan jalinan cinta mereka. Banyak yang menulis untuk kesehatan mereka, pekerjaan yang lebih baik, dan lain-lain. Tidak semua orang di Jepang merayakannya secara bersamaan. Ada yang hari ini, ada pula yang di bulan Agustus, tergantung tradisi daerahnya masing-masing.

Tanabata, Festival Cinta Pada Malam Ketujuh

Sekarang pertanyaannya: Bagaimana rasanya kalau kamu bisa bertemu dengan kekasihmu hanya satu hari dalam satu tahun?



Tanabata = 七夕


Bagikan

06 Juli 2012

2020: Mobil Berjalan Sendiri Tanpa Pengemudi


Jepang akan dipenuhi oleh mobil-mobil yang berjalan sendiri tanpa pengemudi. Ya, paling tidak rencananya baru akan terealisasi nanti pada tahun 2020.

Kementrian Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi dan Turisme Jepang mengatakan bahwa mereka ingin melihat semua jalanan di Jepang dilalui oleh mobil-mobil super canggih yang bisa berjalan sendiri. Pihak kementrian telah mengundang perusahaan-perusahaan besar seperti Nissan, Toyota, Fuji Heavy Industries, Honda, dan Mazda untuk bekerja sama. Ini artinya Jepang adalah negara pertama di dunia yang pemerintahnya telah membicarakan dengan serius tentang rencana "memasyarakatkan" mobil tanpa pengemudi.

Mobil Berjalan Sendiri Tanpa Pengemudi

Kamu pernah lihat mobil yang bisa berjalan sendiri tanpa dikemudikan oleh siapapun? Di film atau di siaran berita televisi? Mobil super canggih ini sebenarnya bukan teknologi baru. Mercedes-Benz telah membuat mobil pertama di dunia yang bisa berjalan sendiri pada tahun 1980-an. Kemudian baru-baru ini pemerintah daerah Nevada, California, telah mengeluarkan ijin khusus untuk satu mobil Toyota Prius milik Google sehingga mobil tersebut diperbolehkan untuk berjalan sendiri di jalan raya.

Tampaknya era masa depan akan semakin dekat. Suatu hari nanti, kita tidak perlu menyentuh setir mobil lagi. Kita tinggal memasukkan tujuan kita kemana, lalu mobil akan membawa kita ke tempat tujuan secara otomatis.



Bagikan

04 Juli 2012

Hal-Hal Yang Tidak Kamu Ketahui Tentang Mario Bros


Kita tahu kalau dia punya kumis tebal, topi merah dan kecenderungan untuk melompat di atas kepala orang, tetapi apakah kamu benar-benar mengenal karakter video game yang paling terkenal di seluruh dunia ini? Yuk, kita selidiki bersama...

Hal-Hal Yang Tidak Kamu Ketahui Tentang Mario Bros

1. Tahukah kamu kalau Mario pernah memiliki 3 nama?

Shigeru Miyamoto, pencipta Mario, ingin menamakannya Mr. Video. Kenapa? Karena Shigeru berencana untuk memunculkan Mario di semua game yang diciptakannya. Slogannya kira-kira seperti ini... "Mr. Video Game yang muncul dimana-mana."

Untungnya, dia tidak jadi menggunakan nama tersebut. "Jika dia dipanggil 'Mr. Video' dia mungkin telah menghilang dari muka bumi sejak lama," kata Shigeru sambil tersenyum.

Lalu dalam penampilannya yang pertama di muka bumi, yaitu di game Donkey Kong pada tahun 1981, Mario menggunakan nama Jumpman karena dia memang suka melompat-lompat. Nama ketiga adalah, tentu saja, Mario, yang konon (sampai sekarang belum dikonfirmasi oleh pihak Nintendo) diambil dari nama seorang pengusaha Amerika Serikat, Mario Segale.

Mario Segale adalah pemilik gudang, yang gudangnya disewa oleh Nintendo untuk dijadikan kantor di Amerika waktu itu.


2. Tahukah kamu kalau Mario bukan hanya seorang tukang ledeng?

Mario boleh saja dikenal sebagai karakter tukang ledeng yang paling tersohor di dunia, tapi sebenarnya dia memulai karir (dalam game Donkey Kong) sebagai tukang kayu. Dia tidak pindah ke urusan pipa-pipaan sampai ia mendapat game-nya sendiri. Mario juga pernah menjadi pemain basket, sepak bola, tenis, golf, seorang arkeolog, seorang presiden direktur dari sebuah perusahaan mainan dan bahkan menjadi dokter.

Hal-Hal Yang Tidak Kamu Ketahui Tentang Mario Bros


3. Tahukah kamu kalau tidak ada yang tahu nama lengkapnya?

Baik Nintendo maupun Shigeru Miyamoto tidak pernah secara resmi mengungkapkan nama lengkap Mario. Banyak yang menganggap nama belakangnya juga Mario, jadi lengkapnya adalah Mario Mario. Tapi banyak pula yang tidak setuju dan menganggap nama Mario Mario adalah nama yang aneh. Sampai sekarang hal ini menjadi bahan perbincangan yang seru antar sesama penggemar Mario.

Begitu pula dengan saudaranya Mario, si Luigi, juga tidak ada yang tahu nama lengkapnya. Tampaknya ada kesengajaan dari pihak Nintendo agar para fans terus mengira-ngira untuk waktu yang lama. Kalau semua misteri sudah terjawab, tidak menyenangkan lagi kan?



Bagikan

03 Juli 2012

Demonstrasi Terbesar Di Tokyo Sejak Tahun 1960


Pemerintah Jepang akhirnya kembali mengaktifkan reaktor nuklir mereka. Perdana Menteri Yoshihiko Noda telah mengabaikan kekhawatiran masyarakat tentang keamanan ketika ia memerintahkan diaktifkannya kembali PLTN Ohi di Jepang barat. Ohi adalah PLTN pertama yang kembali beroperasi sejak kecelakaan fatal tahun lalu di Fukushima yang memaksa pemerintah mematikan semua PLTN yang ada di Jepang. Sayang sekali, penutupan ini tidak berlangsung lama.

Demonstrasi Terbesar Di Tokyo Sejak Tahun 1960

Meneriakkan slogan-slogan anti-nuklear dan memukul-mukul drum, puluhan ribu demonstran berkumpul di depan kediaman sang Perdana Menteri untuk memprotes keputusan pemerintah yang kembali menggunakan pembangkit listrik tenaga nuklir. Di kerumunan tersebut, pria, wanita dan anak-anak mereka meneriakkan kata-kata "Jangan ada lagi Fukushima!"

Di Jepang, yang namanya demonstrasi itu sangat jarang terlihat, apalagi yang sampai ribuan orang turun ke jalan. Mungkin karena tidak ada masalah yang terlalu besar untuk diprotes. Tapi kali ini, tampaknya orang Jepang merasa pemerintah mereka sudah melewati batas. Media lokal memperkirakan jumlah para demonstran berada di kisaran angka 20.000 dan 45.000 orang, yang mereka gambarkan sebagai gerakan protes terbesar di pusat kota Tokyo sejak tahun 1960-an.

Yoshihiko Noda mengatakan ia memerintahkan dimulainya kembali reaktor nuklir untuk menghindari kekurangan pasokan tenaga listrik yang dapat menyebabkan pemadaman selama musim panas dan melumpuhkan banyak pabrik. Para analis politik telah memperingatkan akan adanya serangan publik besar-besaran setelah jajak pendapat menunjukkan bahwa dua per tiga dari warga Jepang menentang keputusan ini dengan mengatakan bahwa pemerintah telah gagal meyakinkan mereka bahwa reaktor nuklir telah dibuat aman.

Demonstrasi Terbesar Di Tokyo Sejak Tahun 1960

"Jepang kurang mengeluarkan suaranya untuk menentang pemerintah," kata Yoko Kajiyama, seorang ibu rumah tangga yang membawa anaknya ikut serta. "Sekarang kita harus mengeluarkan suara yang lantang atau pemerintah akan membahayakan kita semua." Ketika diwawancara, para demonstran berkata bahwa reaktor-reaktor nuklir ini pasti akan kembali bocor dan menelan korban jika negara masih tergantung pada PLTN.

Sementara itu, sang Perdana Menteri tampak terpengaruh oleh protes yang berlangsung. "Mereka membuat banyak kebisingan," kata Yoshihiko kepada para wartawan saat ia meninggalkan kantornya.



Bagikan
Follow Us

Like Us!

Total Pageviews

© Apa Saja Yang Terjadi Di Jepang? All rights reserved | Search by Google