31 Agustus 2012

Manga Terkenal Akan Dilepas Hak Ciptanya Ke Pasar Bebas


Shuho Sato, pengarang komik "Burakku Jyakku ni Yoroshiku" atau "Say Hello to Black Jack" berencana untuk melepas hasil karyanya tersebut ke pasar bebas secara gratis!

Manga Terkenal Akan Dilepas Ke Pasar Bebas

Ini berarti, nanti setelah tanggal 15 September, siapa pun di dunia diperbolehkan untuk mengadaptasi atau mencetak manga tersebut dengan cara apapun, baik itu untuk tujuan komersial atau non-komersial, tanpa harus membayar royalti kepada Shuho Sato. Say Hello to Black Jack adalah manga yang cukup terkenal pada tahun 2002 dengan hasil penjualan lebih dari 10 juta eksemplar di Jepang.

Di awal tahun, Shuho telah memutuskan hubungan kontrak dengan perusahaan penerbit Kodansha dan mendirikan situs manga-nya sendiri, yaitu MangaonWeb.com, yang terbukti populer karena bisa dibaca oleh semua orang secara gratis. "Model tradisional yang mencari keuntungan dengan memegang hak cipta lama kelamaan tidak akan menarik lagi," kata Shuho. "Saya ingin mengeksplorasi kemungkinan bagi seorang mangaka mencari nafkah di luar sistem biasa yang sudah ada."

Komik 'Berikan Salam Saya Ke Black Jack' menceritakan seorang mahasiswa yang baru saja menjadi dokter tetapi harus melewati sebuah perjalanan moral dan etika yang sulit karena dia telah melihat secara langsung betapa boroknya dunia kedokteran di Jepang.

Apa kamu pernah membaca komiknya?



29 Agustus 2012

27 Agustus 2012

Karyawan Dihukum Dengan Kostum Power Ranger


Selamat hari Senin, teman-teman pengunjung Jepang.net! Bagi banyak orang, hari ini adalah hari pertama masuk kerja dan sekolah setelah libur lebaran selama satu minggu.

Kali ini postingannya berhubungan erat dengan para pekerja kantoran. Sebuah perusahaan Jepang yang bergerak di bidang IT, ValuePress, telah memberlakukan sebuah peraturan yang sangat unik. Apa peraturannya? Karyawan yang terlambat masuk kantor harus mengenakan kostum Power Ranger yang lengkap saat bekerja!

Karyawan Dihukum Dengan Power Ranger

Hukuman "cosplay" tersebut dijatuhkan kepada karyawan yang datang terlambat sebanyak lima kali dalam satu bulan. Mereka yang dihukum harus memakai kostum Power Ranger (atau sejenis Super Sentai), lengkap dari atas sampai bawah, selama satu hari penuh.

Nah, pertanyaannya sekarang; apa hari ini kamu datang terlambat? :)



26 Agustus 2012

Sony LiveAction AR: Ingat Video Girl Ai?


Wahai para pria yang lahir di tahun 80-an, apa kamu tahu tentang serial manga/anime yang berjudul Video Girl Ai? Masih ingat dengan ceritanya? Nah, hari ini perusahaan Sony telah mewujudkan mimpi kita *sedikit* dengan teknologi terbarunya; LiveAction Augmented Reality. Simak video demonstrasinya berikut ini...




25 Agustus 2012

Film Rurouni Kenshin Tayang Hari Ini


Bagi kamu-kamu penggemar berat serial anime/manga Samurai X (Hans!), film live-actionnya telah ditayangkan tepat hari ini di seluruh bioskop-bioskop terdekat dengan rumah kamu... di Jepang.

Film Rurouni Kenshin Ditayangkan Hari Ini

Berikut adalah video di balik layar bersama para kru film...



Kapan film Kenshin bisa tayang di bioskop Indonesia? Sepertinya tidak akan. Paling kita hanya bisa nonton di saluran TV swasta dalam beberapa tahun lagi, atau jalur yang paling cepat adalah membeli DVD-nya dalam beberapa bulan mendatang.



23 Agustus 2012

Ingin Cetak Janin Anda Sendiri?


Bagi para ibu-ibu muda yang sedang hamil, mengandung sang buah hati di dalam perut, mungkin anda tertarik untuk mencetak janin anda sendiri?

Ingin Cetak Janin Anda Sendiri?

Perusahaan Jepang, Fasotec, telah bekerjasama dengan Parkside Hiroo Ladies Clinic untuk menawarkan produk mereka yang terbaru yaitu layanan mencetak bayi anda menjadi sebuah pajangan untuk anda kenang saat si buah hati masih berupa janin di perut anda. Cukup dengan merogoh kocek sebesar ¥100,000 atau sekitar Rp. 10 juta, maka cetakan janin anda akan dikirim dengan box eksklusif.

Tertarik?



19 Agustus 2012

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1433 H


Jepang.net mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1433 H bagi kamu-kamu yang merayakannya. Mohon maaf lahir dan batin. Semoga berkah dan rahmah senantiasa tercurah kepada kita semua.

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1433 H

18 Agustus 2012

Sejarah Islam Di Jepang


Dari dulu Jepang dikenal sebagai negara penganut agama Shinto dan Buddha. Apakah ada mereka yang menganut agama Islam? Tentu ada. Sekarang mari kita balik ke masa lalu dan menulusuri jejak Islam di Jepang.

Sejarah Islam Di Jepang

Sebelum tahun 1900, hanya ada dua negara di Asia yang menikmati kemerdekaan penuh, yaitu Kekaisaran Ottoman di Turki dan Kekaisaran Jepang. Karena keduanya berada di bawah tekanan negara-negara Barat, mereka memutuskan untuk membangun hubungan persahabatan dan mulai bertukar kunjungan.

Sultan Abdul Hamid II, yang memerintah Turki di era 1876-1909, mengutus laksamana Uthman Pasha untuk melakukan kunjungan resmi ke Jepang pada tahun 1890. Setelah Uthman Pasha selesai mengadakan pertemuan dengan Kaisar Jepang, dia dan enam ratus anak buahnya bersiap untuk pulang, meskipun saat itu cuaca sedang tidak bersahabat. Belum jauh kapal Al Togrul berlayar, badai besar menghantamnya sehingga menyebabkan lebih dari 550 awak kapal meninggal termasuk sang kapten.

Layaknya sahabat yang baik, pihak Jepang lalu mengirim dua kapal untuk membawa para korban yang selamat untuk pulang ke Istanbul. Seorang wartawan muda Jepang yang bernama Shotaro Noda (ada yang menyebutnya Torajiro Yamada) juga ikut dalam perjalanan itu. Dia adalah orang yang telah mengumpulkan uang sumbangan dari warga Jepang untuk diberikan kepada keluarga korban yang meninggal.

Setelah sampai di Istanbul dan menyerahkan uang sumbangan, Shotaro sempat bertemu langsung dengan Sultan Abdul Hamid yang kemudian memintanya untuk tinggal di Istanbul dan mengajarkan bahasa Jepang ke para pejabatnya. Tanpa berpikir panjang, Shotaro pun setuju. Selama tinggal di Istanbul, dia berkenalan dengan Abdullah Guillaume, seorang muslim yang berasal dari Liverpool, Inggris. Dia-lah orang yang memperkenalkan Shotaro kepada Islam.

Akhirnya Shotaro-pun memeluk agama Islam dan memilih untuk diberi nama Abdul Halim Noda (ada yang menyebutnya Abdul Khalil), yang diyakini dunia sebagai orang Jepang pertama yang beragama Islam.

Sejarah Islam Di Jepang: Shotaro Noda / Torajiro Yamada

Saat ini jumlah muslim di Jepang diperkirakan sebanyak 70.000 orang. Sekitar 90%-nya adalah orang asing yang datang dan bekerja di Jepang. Mereka berasal dari Indonesia, Pakistan, Iran, Bangladesh dan negara lainnya. Lalu sisanya 10% adalah orang Jepang asli.

Tidak gampang menjadi seorang muslim di Jepang. Mereka selalu mendapatkan rintangan dan cobaan dalam menjalani kewajiban mereka. Persoalan yang paling sering muncul, tak lain dan tak bukan, adalah persoalan makanan; dimana mereka bisa mendapatkan makanan yang halal?

Ya, memang tidak mudah mencari restoran yang bisa dinikmati orang muslim dengan tenang. Bersyukurlah bagi mereka yang tinggal dekat dengan restoran halal, tapi bagaimana dengan yang lain? Alhasil, mereka memasak makanan mereka sendiri atau beli makanan instan di minimarket terdekat. Bisa juga makan makanan cepat saji di McDonald's atau Kentucky Fried Chicken, asal tidak setiap hari.

Kenapa? Karena bisa gemuk.



Islam = Isuramukyo / イスラム教


16 Agustus 2012

Kontes Miss Science Di Jepang


Di banyak universitas di Jepang, jurusan teknik dan ilmu pengetahuan (sains / science) adalah salah satu jurusan yang paling di dominasi oleh laki-laki. Apakah ada perempuan? Tentu ada, tapi jumlahnya sangat sedikit.

Bahkan di kota besar seperti Tokyo, kita bisa melihat kurang dari 10% dari para murid yang belajar di jurusan tersebut adalah perempuan. Mungkin karena inilah anggapan negatif masyarakat masih sangat kental bahkan sampai hari ini; para perempuan yang cantik umumnya tidak terlalu pintar sehingga mereka tidak tertarik dengan jurusan yang terkenal sulit.

Tidak heran kemudian salah satu organisasi kemahasiswaan se-Jepang, CURIE, mengadakan kontes pemilihan Miss Science Jepang. Pemilihan "Rikei Joshi" atau "Putri Ilmu Pengetahuan" adalah kontes yang memberikan kesempatan kepada para mahasiswi pintar untuk membuktikan bahwa mereka juga mempunyai kecantikan selain otak.

Kontes akan diadakan pada tanggal 12 September di Balai Kota Kitazawa yang terletak sekitar 10 menit dari stasiun Shimokitazawa di Tokyo. Para peserta berasal dari beberapa universitas terkemuka yang mengambil jurusan-jurusan yang terkenal seram bagi siapapun yang mendengarnya. Berikut adalah tiga kontestan yang berhasil lolos seleksi...


1. Shiho Nakaoka - Waseda University, School of Advanced Science and Engineering, Departemen Kimia dan Biokimia.

Shiho Nakaoka - Kontes Miss Science Di Jepang


2. Akira Hayashi - Keio University, Department of Administrative Engineering.

Akira Hayashi - Kontes Miss Science Di Jepang


3. Mayumi Hino - Ochanomizu University, Department of Information Sciences and Programming.

Mayumi Hino - Kontes Miss Science Di Jepang

Bisa dibilang mereka ini adalah idol-nya para kutu buku sejati. Untuk foto-foto yang lebih lengkap dari para kontestan, kamu bisa kunjungi situs CURIE. Nah, sekarang kita lirik pertanyaannya sekali lagi; apakah benar perempuan yang cantik umumnya tidak terlalu pintar?



14 Agustus 2012

JKT48 Membuka Pendaftaran Audisi Generasi Kedua!


Apa kamu penggemar berat AKB48 dan JKT48? Mau jadi terkenal kayak mereka? Yakin bisa joget dan nyanyi dengan riang gembira sambil makan ramen dan ngomong bahasa Jepang sekaligus? Ini kesempatan kamu!

Terima kasih kepada Yadi atas infonya -- JKT48 membuka pendaftaran untuk kamu-kamu yang mau mencoba audisi untuk menjadi kenkyuusei (trainee) JKT48 generasi kedua! Lihat keterangannya dibawah ini...

Waktu Pendaftaran: 13 Agustus 2012 (Senin) 12:00 - 31 Agustus 2012 (Jumat) 23:59

Kriteria Peserta:

1. Berumur 13 – 18 tahun.
* Peserta yang berusia di bawah 17 tahun harus mengirimkan surat ijin dari orang tua dan fotokopi akta kelahiran.
* Peserta yang berusia 17 tahun ke atas harus mengirimkan fotokopi KTP/Passport
Khusus Untuk WNA:
2. Berdomisili di Indonesia dan bersedia untuk beraktifitas di Jakarta.
3. Tidak terikat kontrak professional (Agency/Product).

Hal yang perlu disertakan dalam email:

1. Formulir pendaftaran yang sudah diisi lengkap.
2. Foto terbaru (maksimal 1 bulan terakhir) setengah badan, tampak depan, rambut di ikat ke belakang bagi yang berambut panjang, tanpa soft lens warna (1 lembar).
3. Foto terbaru (maksimal 1 bulan terakhir) seluruh badan, tampak depan (1 lembar). *Masing-masing foto maksimal berukuran 500 KB.
4. Beri nama foto sesuai nama yang diisi di lembar audition form.
5. Bagi yang berumur di bawah 17 tahun: surat ijin orang tua dan akta kelahiran (dalam bentuk data).
6. Bagi yang berumur 17 tahun ke atas: kartu identitas (dalam bentuk data).
7. Bagi Warga Negara Asing, wajib menyertakan scan Passport.

Langkah-Langkah Pendaftaran:

1. Unduh audition form di http://www.mediafire.com/view/?23f3q220l68qdez
2. Isi form, print dan scan form yang sudah diisi.
3. Lampirkan audition form, Kartu identitas/Passport, Surat Ijin orang tua dan akta kelahiran
(bagi yang di bawah 17 tahun), foto setengah badan dan seluruh badan di email.
4. Kirim dengan format email sebagai berikut:

To : audisi2@jkt48.com
Subject : Audisi2JKT48
Nama :
No Telepon :


Mengenai Pendaftaran:

1. Peserta yang lolos tahap pertama akan dihubungi melalui telepon oleh JKT48 Operation Team.
2. Mohon mencantumkan nomor telepon yang mudah dihubungi.
3. Biaya transportasi dan akomodasi sampai tahap akhir audisi ditanggung oleh peserta.
4. Proses pendaftaran audisi sampai terpilih, peserta tidak dikenakan biaya.
5. Wajib menyertakan semua persyaratan pendaftaran yang telah ditentukan (tercantum di “Hal yang perlu disertakan dalam email”).

Untuk pertanyaan lebih lanjut bisa menghubungi info.audisijkt48@gmail.com

Kami tunggu pendaftarannya! :)

Terima kasih,

JKT48

JKT48 Operation Team


Setelah kamu lolos seleksi awal, kamu akan dilatih untuk menjadi kandidat anggota JKT48. Psst... Aku kasih tahu resep rahasianya untuk lolos seleksi; jadilah secentil mungkin. Hehe. :)

Kunjungi situs JKT48.com

JKT48 Membuka Pendaftaran Audisi Generasi Kedua!


12 Agustus 2012

[Film] Naruto Shippuden: Dreamers Fight


Berikut ini adalah film pendek Naruto Shippuden versi life-action (19:51 menit) yang dibuat oleh fans orang Amerika. Bagaimana menurut kamu?




11 Agustus 2012

[Video] Robot Pendongeng


Seni mendongeng atau bercerita lucu di Jepang, yang dikenal sebagai rakugo, tidak sepopuler jaman dulu. Tapi sekarang, sebuah robot android telah bergabung dengan jajaran para pendongeng yang berlutut di bantal saat bercerita.

Simak videonya berikut ini...



Hasil karya profesor Hiroshi Ishiguro dari Universitas Osaka ini adalah android tiruan dari Beicho Katsura III, seorang rakugoka berusia 86 tahun yang diakui oleh pemerintah sebagai Harta Hidup Nasional Jepang.



Mendongeng = Rakugo / 落語

10 Agustus 2012

Shokuhin Sanpuru: Apa Kamu Tergiur Untuk Makan?


Mungkin kamu akan ngiler sebentar lagi, mungkin perut kamu akan berbunyi minta tolong ketika melihat makanan ini, atau mungkin kamu langsung mau meraih dan mendorong semua makanan ini ke dalam mulut kamu...

Apa Kamu Tergiur Untuk Makan Makanan Lezat Ini?
Apa Kamu Tergiur Untuk Makan Makanan Lezat Ini?
Apa Kamu Tergiur Untuk Makan Makanan Lezat Ini?

Tergiur untuk makan sekarang? Sayangnya, tidak bisa.

Kamu tidak bisa memakan makanan tersebut. Kenapa? Karena makanan-makanan tersebut adalah makanan palsu, alias cuma pajangan.

Di Jepang, pajangan yang terlihat 99,99% mirip dengan makanan asli ini disebut "shokuhin sanpuru" atau "sampel makanan" atau "contoh makanan" yang dibuat terampil oleh para pekerja yang dituntut ketelitiannya sampai ke detail yang paling kecil. Sampel makanan seperti ini sudah ada di Jepang bahkan sebelum era Perang Dunia. Dulunya, memajang shokuhin adalah salah satu cara efektif yang digunakan oleh restoran-restoran kelas atas untuk memamerkan menu mereka karena kemiripannya dengan makanan asli sehingga mudah untuk menarik perhatian pelanggan.

Apa Kamu Tergiur Untuk Makan Makanan Lezat Ini?
Apa Kamu Tergiur Untuk Makan Makanan Lezat Ini?

Tidak jelas kapan waktunya, mungkin sekitar tahun 1917-1932, ada seorang pria bernama Iwasaki yang berhasil menciptakan replika makanan omelet pertama di Jepang. Dia mencoba membuat contoh omelet tersebut karena dia ingin memperkenalkan makanan-makanan dari luar negeri kepada orang-orang Jepang.

Rupanya pada waktu itu orang-orang Jepang sama sekali tidak mau membeli menu asing. Mereka tidak tahu bagaimana bentuk dan rupa makanan-makanan tersebut sehingga tidak ada yang laku. Berkat usaha Iwasaki-lah, contoh-contoh makanan kemudian dikenal luas dan dijual ke para pengusaha restoran.

Nah, karena sekarang sudah hampir semua restoran yang memamerkan sampel shokuhin, sampai-sampai para turis Jepang yang sedang melancong ke luar negeri mengeluh karena restoran tujuan mereka tidak ada contoh makanan yang bisa dilihat secara 3 dimensi. Kata mereka, yang ada hanya foto-foto yang tidak nyata sehingga mereka bingung mau memesan apa. Nah lho!

Apa Kamu Tergiur Untuk Makan Makanan Lezat Ini?
Apa Kamu Tergiur Untuk Makan Makanan Lezat Ini?

Umumnya sampel shokuhin terbuat dari bahan resin/lilin plastik, namun beberapa restoran terkadang memasak makanan yang asli kemudian memamerkannya selama satu hari penuh di jendela depan restoran mereka. Di Indonesia, kamu bisa melihat sampel shokuhin di restoran-restoran Jepang seperti Pasta de Waraku.



Contoh Makanan = Shokuhin Sanpuru / 食品サンプル

Bagikan

09 Agustus 2012

Airport Jepang Menerapkan Sistem Pengenalan Wajah Otomatis


Sebuah sistem pengenalan wajah yang canggih mulai diperkenalkan dan di tes di pintu gerbang keimigrasian di bandar udara Haneda, Narita dan Kansai. Dalam tes tersebut, wajah-wajah para wisatawan yang masuk dan keluar akan diperiksa secara otomatis dan langsung dicocokan terhadap foto paspor serta sidik jari mereka dengan yang ada di data kantor imigrasi.

Simak videonya...



Dalam tes perdana tersebut, kantor imigrasi hanya menargetkan warga negara Jepang dan belum digunakan untuk wisatawan asing. Sistem komputer ini dimaksudkan untuk mempercepat kinerja keimigrasian dan memperpendek antrian yang ada. Berdasarkan hasil tes, Departemen Kehakiman akan mempelajari bagaimana meningkatkan fungsi sistem gerbang otomatis tersebut dan mungkin akan memberlakukannya ke semua orang yang keluar/masuk melalui bandara.



08 Agustus 2012

Jepang Memang Harus Di Bom?


Tanggal 6 dan 9 Agustus 1945 adalah dua hari yang paling penting dalam sejarah keberadaan Jepang. Hari dimana Amerika Serikat menjatuhkan bom atom di Hiroshima dan Nagasaki yang menewaskan lebih dari 200.000 jiwa dalam sekejap. Kemarin, Jepang kembali mengingat peristiwa pemboman mematikan itu dalam sebuah upacara peringatan yang ke 67 tahun.

Lebih dari 50.000 orang hadir dalam upacara tersebut, termasuk perwakilan dari 70 negara sahabat dan Clifton Truman Daniel, cucu Harry Truman, presiden Amerika Serikat yang pada waktu itu memberikan perintah pemboman di Hiroshima dan Nagasaki.

Upacara Peringatan Pemboman Hiroshima dan Nagasaki

Clifton tidak ingin berkomentar mengenai pertanyaan apakah kakeknya telah mengambil keputusan yang benar atau salah 67 tahun yang lalu. "Saya berada dua generasi dibawah orang-orang yang terlibat perang, jadi saya tidak berhak menjawab pertanyaan itu. Yang saya tahu sekarang adalah saya mempunyai tanggung jawab untuk memastikan bahwa kita tidak lagi menggunakan bom nuklir."

Kalau dipikir-pikir lagi, setelah peristiwa pemboman itu, ada satu hal penting yang terjadi dan ada satu hal penting yang tidak terjadi. Yang terjadi adalah pihak Amerika menewaskan ratusan ribu jiwa, memaksa Jepang untuk menyerah dan itu mempercepat berakhirnya Perang Dunia II.

Yang tidak terjadi adalah, Perang Dunia akan berlangsung lebih lama, dan mungkin, akan menewaskan lebih banyak orang. Jika Perang Dunia terus berlangsung, maka kemungkinan besar Jepang akan sangat berbeda dengan Jepang yang kita semua kenal hari ini. Jepang mungkin tidak akan semenarik sekarang yang kita lihat di televisi dan majalah-majalah.

Mungkin kita tidak akan mengenal yang namanya One Piece, Naruto, Gundam dan Doraemon. Bagaimana menurut kamu?



07 Agustus 2012

Jepang Menang Cosplay World Summit 2012


Lebih dari 18.000 orang menghadiri ajang cosplay terbesar di dunia, World Cosplay Summit 2012 di Nagoya, Jepang. 40 tim datang dari 20 negara, termasuk Indonesia, bersaing untuk menjadi cosplayer yang terbaik.

Tahun ini, cosplayer asal Jepang-lah yang memenangkan hadiah utama sebagai karakter Toshizo Hijikata dan Chikage Kazama dari serial game/anime Hakuoki Shinsengumi Kitan. Ini adalah kemenangan tim Jepang yang kedua dalam empat tahun terakhir, setelah menjadi juara pada tahun 2009 lalu.

Lalu bagaimana hasil penampilan dari tim Indonesia? Mereka merebut tempat ketiga! Adalah Yesaya Marito dan Rizki Karismana yang berkostum menjadi robot Ingram dan Griffon dari serial manga/anime Patlabor. Simak video aksi para cosplayer berikut ini...





06 Agustus 2012

Kuratas Membawa Kita Semakin Dekat Dengan Era Gundam


Kuratas adalah robot yang bisa kamu beli dengan harga Rp.10 miliar dan bisa kamu kendalikan layaknya di serial Gundam. Simak videonya...



Kalo aku bisa beli robot ini, aku akan pakai seharian, pamer ke semua orang di jalanan, lalu Tuhan boleh mengambil nyawaku keesokan harinya karena hidupku sudah sempurna.



05 Agustus 2012

[Trailer] Road To Ninja: Naruto The Movie


Nana-chan ningyou (boneka Nana-chan) adalah sebuah boneka manekin yang dipajang di depan Meitetsu Department Store di Nagoya. Nana-chan terkenal karena dia sudah berdiri disana sejak tahun 1973 dan juga karena tingginya yang mencapai lebih dari 6 meter.

Baru-baru ini Nana-chan terlihat memakai kostum Naruto untuk mempromosikan film Naruto yang terbaru. Filmnya sih aku yakin bagus, tapi kok rasanya ada yang salah kalau Nana-chan memakai kostum Naruto ya...

Nana-chan ningyou


Simak trailer film "Road to Ninja: Naruto the Movie" berikut ini...





04 Agustus 2012

Perpeloncoan (Bullying) Di Sekolah: Masalah Yang Tidak Akan Hilang?


Apakah mengganggu orang lain sudah menjadi sifat dasar manusia sejak kecil? Atau apakah pihak sekolah terlalu sibuk untuk menghadapi masalah yang sangat menghantui mereka yang terlihat lebih lemah?

Perpeloncoan (Bullying) Di Sekolah: Masalah Yang Tidak Akan Hilang?

Pada Oktober tahun lalu, seorang murid SMP di Kyoto merasa tidak tahan karena diganggu terus-menerus oleh teman sekelasnya, sedangkan para guru seakan tidak peduli dan tidak menganggap serius permasalahan anak tersebut. Lalu apa yang anak itu lakukan? Dia melompat dari lantai 14 di apartemen orang tuanya. Bisa membayangkan bagaimana hancurnya tubuh murid tersebut? Dia baru berusia 13 tahun.

Teman-temannya, yang diduga menggangu anak tersebut, sama sekali tidak menunjukkan perasaan bersalahnya. Sang ayah lantas melaporkan kejadian tersebut dan mengadukan pihak sekolah ke polisi. Hasilnya? Polisi tidak bisa membuktikan siapa yang bersalah. Tujuh tahun lalu, seorang gadis yang baru berusia 12 tahun, Yumi Nakai, juga bunuh diri dengan melompat dari sebuah apartemen. Hingga hari ini kasusnya belum selesai. Tidak lupa juga kasus pada tahun 2010 dimana putri Aiko, cucu sang Kaisar Jepang, diganggu oleh teman-temannya sampai putri Aiko tidak mau masuk sekolah selama beberapa hari.

Putri Aiko Diganggu: Perpeloncoan (Bullying) Di Sekolah

Kementerian Pendidikan Jepang secara resmi mencatat lebih dari 77.000 kasus "ijime" (perpeloncoan) dalam setahun, dari yang ringan sampai yang berat. Pertanyaan yang paling sering diutarakan adalah; Haruskah perpeloncoan di sekolah disamakan dengan tindak kejahatan pidana dan para pelakunya (yang masih dibawah umur) harus dimasukkan ke penjara selama bertahun-tahun?

Dalam mencari jawabannya, para orang tua menelaah beberapa penyiksaan yang tampaknya mendorong seorang anak untuk melompat bunuh diri. Diantaranya adalah pemukulan fisik secara rutin, dipaksa memakan serangga mati, dipaksa mencuri, dan yang paling parah, diajak bermain permainan bunuh diri. Banyak yang mengatakan bahwa kekuatan hukum penuh adalah satu-satunya bahasa yang dimengerti oleh anak-anak "tangguh" itu. Bukan hukum sekolah, bukan hukum orang tua, dan juga bukan hukum kekeluargaan.

"Anak-anak melakukannya karena hati mereka sendiri terganggu," kata Shinichiro Hori, kepala sekolah Kinokuni Children's Village. "Dengan situasi dan kondisi masyarakat yang memaksakan cita-cita tinggi pada mereka, mereka sendiri tidak dapat bernapas. Hati mereka seakan tidak mendapatkan cukup oksigen, lalu mereka mencari kesenangan lain yaitu dengan menggangu anak-anak yang terlihat lebih lemah. Tentu anda bisa menghukum mereka, tapi itu tidak akan menyelesaikan akar permasalahannya."

"Yang paling penting adalah anak-anak harusnya bahagia di sekolah. Untuk itu terjadi, para guru pun harus bergairah dalam apa yang mereka kerjakan di sekolah. Tapi apa yang terjadi? Apakah guru senang dengan pekerjaannya? Tidak. Mereka terlalu dibebani dengan tanggung jawab administratif," kata Shinichiro. "Guru perlu bebas untuk menggunakan imajinasi mereka. Tanpa adanya perubahan radikal di sistem pendidikan kita dari yang paling atas sampai bawah, saya sangat ragu masalah ini bisa diselesaikan."

Perpeloncoan (Bullying) Di Sekolah: Masalah Yang Tidak Akan Hilang?

Kasus perpeloncoan yang pertama kali menarik perhatian seluruh Jepang terjadi pada tahun 1986 dimana seorang anak berusia 13 tahun gantung diri dalam sebuah kamar mandi di pusat perbelanjaan di Tokyo. Dia meninggalkan catatan yang menjelaskan jenis penyiksaan yang dialaminya yaitu "pemakaman tiruan" - lengkap dengan bunga dan dupa - dengan dirinya sebagai mayat. Inilah yang disebut sebagai permainan "praktek bunuh diri" yang terkenal di kalangan remaja Jepang.



Perpeloncoan = ijime / いじめ


03 Agustus 2012

Wanita Jepang Tidak Lagi Yang Berumur Paling Panjang


Setelah 26 tahun lamanya berada di puncak peringkat dunia, tahun ini harapan hidup wanita Jepang telah jatuh ke posisi kedua, dibawah Hong Kong. Ya, para perempuan dan wanita Jepang bukan lagi yang berumur paling panjang di dunia.

Wanita Jepang Tidak Lagi Yang Berumur Paling Panjang

Apa penyebabnya? Kenapa bisa sampai jatuh peringkat?

Kementerian Kesehatan dan Tenaga Kerja Jepang melaporkan bahwa bencana alam yang menewaskan hampir 20.000 jiwa pada tahun lalu adalah penyebab utama di balik penurunan angka rata-rata harapan hidup menjadi 85,90 tahun. Hal inilah yang akhirnya menempatkan para wanita Jepang berada di belakang Hong Kong dengan usia 86,7 tahun.

Bagaimana dengan para pria? Merekapun tidak luput dari angka penurunan. Harapan hidup rata-rata pria Jepang turun 0,11 tahun menjadi 79,4 tahun yang menyebabkan peringkat mereka juga turun dan bertengger bersama Italia di urutan 7 dunia. Lalu pria dari negara mana yang mempunyai predikat berumur paling panjang di seluruh dunia?

Yang memimpin adalah pria Swiss dengan rata-rata harapan hidup yang mencapai 80,2 tahun. Pihak Kementerian juga memperingatkan adanya peningkatan jumlah kasus bunuh diri pada tahun lalu yang memberikan kontribusi terhadap penurunan angka harapan hidup orang Jepang.



Follow Us

Like Us!

Total Pageviews

© Apa Saja Yang Terjadi Di Jepang? All rights reserved | Search by Google