Dunia Berumur Lebih Panjang, Tapi...


Baru-baru ini telah terbit hasil penelitian skala global yang dibiayai oleh Bill & Melinda Gates Foundation (organisasi nirlaba milik Bill Gates). Lebih dari 480 peneliti di 50 negara mengumpulkan data sampai dengan 2010. Kesimpulannya: harapan hidup naik hampir di mana-mana, tapi penyakit akan semakin banyak.

Diperkirakan jumlah orang yang hidup dengan hal-hal seperti kehilangan penglihatan, pendengaran dan masalah kesehatan mental seperti depresi, akan meningkat tajam di masa depan. Hampir di seluruh dunia, orang-orang akan hidup lebih panjang, tapi semakin hari orang akan semakin bergulat dengan penyakit dari kehidupan modern seperti diabetes dan obesitas di usia muda.

Gula Penyebab Diabetes

Studi komprehensif terakhir dilakukan pada tahun 1990 dan perhatian utama waktu itu adalah kematian anak-anak di bawah 5 tahun, lebih dari 10 juta jiwa setiap tahunnya. Sejak itu, kampanye untuk memvaksinasi anak-anak terhadap penyakit seperti polio dan campak telah mengurangi jumlah anak yang meninggal sekitar 7 juta. Malnutrisi pernah menjadi ancaman kesehatan utama bagi anak-anak, tapi sekarang mereka jauh lebih mungkin terkena penyakit karena makan berlebihan daripada kelaparan (kecuali Afrika).

Sama seperti pada tahun 1990, Jepang menduduki di peringkat pertama dalam daftar harapan hidup pada tahun 2010, dengan 79 untuk pria dan 86 untuk wanita. Asia Tenggara memiliki tingkat stroke fatal yang tertinggi pada orang dewasa muda dengan 15 kasus per 100.000 kematian. Secara global, penyakit jantung dan stroke tetap menjadi pembunuh teratas. Kanker paru-paru pindah ke penyebab kematian nomor 5, sedangkan kanker lainnya, termasuk lambung, hati dan usus, berada di atas 20. AIDS melompat dari penyebab kematian nomor 35 pada tahun 1990 menjadi penyebab utama ke 6.

"Kita harus melihat data ini sebagai peringatan agar kita berhati-hati," kata salah satu pemimpin studi, Christopher Murray, direktur Institute of Health Metrics and Evaluation di Universitas Washington.


4 komentar:

  1. wah makin banyak penyakit ya..hum apa karena bahan pengawet ya

    BalasHapus
  2. @Hima - Yang pasti sekarang hampir semua makanan udah ada bahan kimianya, entah itu bahan pengawet, pewarna, perasa tambahan, dll.

    BalasHapus
  3. Ya, kesehatan memang menjadi salah satu hal yang akan menjadi momok di masa depan. Pernah saya membaca *lupa sumbernya* bahwa kesehatan akan menjadi mahal di masa depan.

    BalasHapus
  4. @Lilih - Kayaknya kesehatan udah mahal sekarang, gak perlu tunggu masa depan. :(

    BalasHapus