25 Februari 2013

Mau Software Gratis Hatsune Miku?


Seperti yang sudah kita ketahui, Hatsune Miku adalah salah satu gadis idol Jepang yang paling terkenal di seluruh dunia. Dan dia bahkan bukan manusia asli. Dia adalah gadis imut-imut yang bisa menyanyi dan menari dengan lincah di dalam dunia virtual. Tapi tahukah kamu bahwa ada software gratis yang membuat Hatsune Miku menari-nari di dalam komputer kamu?

Namanya MikuMikuDance (MMD).

Kalau kamu mengunjungi website Youtube, coba cari kata "MMD". Akan ada lebih dari 170.000 video muncul di layar hasil pencarian. Jika kamu perhatikan, sebagian besar video menampilkan gadis-gadis anime dalam bentuk 3 Dimensi yang menyanyi dan menari selagi musik J-Pop diputar.



Kelihatan memukau ya? Tapi jangan salah, video-video ini tidak dibuat oleh studio anime professional, melainkan para amatir dari usia remaja hingga dewasa yang tidak hanya berasal dari Jepang, tapi juga dari seluruh penjuru dunia.

MikuMikuDance (MMD) adalah program animasi yang bisa di download secara gratis dan digunakan oleh siapa saja. Software ini pertama kali diluncurkan pada Februari 2008 oleh programmer Jepang, Yu Higuchi, dengan fitur-fitur yang dapat memungkinkan para pengguna untuk menganimasikan model 3D Hatsune Miku - si gadis idol terkenal yang menjadi maskot program menyanyi Vocaloid.

Karakter-karakter di Vocaloid sudah tersedia di software ini, tapi itu bukan berarti kamu tidak bisa membuat karakter kamu sendiri. Banyak orang yang berhasil membuat model 3D karakternya sendiri dengan memodifikasi karakter Vocaloid yang sudah ada, dan sebagian besar hasilnya pun dibagi-bagikan melalui Internet agar semakin banyak orang dapat menggunakannya.

Saking digemarinya program ini, ada sebuah turnamen online di website video sharing NicoNico yang khusus dibuat oleh para penggemar MMD, yaitu MMD Cup. Kontes ini diprakarsa oleh seorang animator 3D di NicoNico, yang kemudian menerima lebih dari 500 video dalam setiap event. MMD Cup 2013 sekarang sedang dalam tahap voting terakhirnya.

Mau Software Gratis Hatsune Miku?

Saat ini Yu Higuchi sudah tidak melanjutkan pengembangan software MMD, tapi karena antusias para fans begitu besar, maka dibuatlah program alternatif baru yang bernama MikuMiku Moving (MMM) yang dikembangkan oleh para fans. Aplikasi ini menawarkan layout baru yang semakin memudahkan para pengguna dalam memprogram model 3 Dimensi dan bahkan membuat video animasi pendek.

Kalau kamu tertarik, kamu bisa download softwarenya disini.

Posted By: Service Class

Mau Software Gratis Hatsune Miku?

Share:

Post a Comment

Facebook
Blogger

5 komentar:

Follow Us

Like Us!

Total Pageviews

© Apa Saja Yang Terjadi Di Jepang? All rights reserved | Search by Google