Rambut Di Cukur Habis Supaya Malu


Bagi yang sering nonton film-film Jepang jaman dulu, pasti sudah bisa membayangkan betapa mengerikannya masa-masa dimana hukum para penguasa masih berlaku. Terutama bagi mereka yang dituduh melanggar peraturan, pasti jenis hukumannya akan diingat semua orang. Tidak ada itu yang namanya hak-hak warga sipil. Tidak ada itu yang namanya tim pembela atau pengacara. Jika kita ditahan karena diduga melakukan kejahatan, meskipun belum terbukti, sudah hampir pasti kita akan dihukum tanpa ada proses yang adil.

Yang melakukan pelanggaran berat, hukumannya mulai dari penyiksaan fisik hingga leher yang dipenggal. Tapi bagi mereka yang melakukan pelanggaran ringan atau tidak fatal, misalnya seperti mencuri ayam tetangga, rambut mereka akan dicukur habis sampai botak di depan banyak orang. Untuk apa? Untuk ditertawakan. Bahkan sampai sekarang pun (terutama di Asia) jika warga desa ingin menghukum seseorang, mereka akan mencukur rambut orang yang bersalah itu dengan asal-asalan agar sengaja terlihat berantakan dan jelek untuk dijadikan tontonan.

Lukisan tua di bawah ini adalah salah satu contoh dimana seorang pria dan wanita ketahuan selingkuh...

Hukuman yang bikin malu di depan publik


Chonmage (丁髷) adalah jenis potongan rambut tradisional pria Jepang pada masa Edo. Di jaman modern sekarang ini, yang menggunakan gaya potongan chonmage adalah para pesumo profesional. Pada awalnya para samurai memotong rambut mereka sedemikian rupa agar bisa menopang helm samurai dengan stabil saat berlaga di medan perang, tapi lama-kelamaan menjadi sebuah status simbol yang dihormati. Maka dari itu kalau ada yang memotong rambut atas mereka, harga diri mereka juga hilang.

Chonmage; potongan rambut tradisional pria Jepang

Kasus yang menimpa Minami Minegishi membuatnya memotong rambutnya sendiri karena dia takut dikeluarkan dari AKB48. Dia ingin menunjukkan betapa menyesalnya dia karena telah melanggar peraturan dari manajemen, meskipun banyak orang yang berpendapat tidak perlu sampai sejauh itu.



0 comments: